8 Insight Hiasan Dinding Ruang Makan

Bagi sebagian orang, keindahan interior ruang makan tidak begitu penting. Padahal, masih bisa ditambahkan hiasan dinding ruang makan dengan beberapa elemen dekoratif yang kreatif.

Disadari atau tidak, ide akan memunculkan banyak manfaat dan keuntungan. Seperti, dari sisi visual enak dipandang sehingga ketika ada tamu akan memberi nilai lebih.

Selain itu, ruang makan yang menarik juga pasti bisa meningkatkan mood untuk menyantap hidangan yang ada di meja makan.

Apalagi, ruang makan juga seringkali dijadikan tempat untuk momen berkumpulnya keluarga tercinta. Maka sudah sewajarnya, diperlukan beberapa hiasan yang bisa memanjakan mata supaya tercipta suasana yang lebih akrab dan hangat.

Nah, untuk memberikan gambaran ide seperti apa yang bisa kalian lakukan untuk menambahkan hiasan dinding ruang makan, artikel ini hadir untuk Anda.

Silakan simak selengkapnya dengan membacanya sampai habis ya.

Ide Hiasan Dinding Ruang Makan yang Estetik, Bagus

Hiasan Dinding Ruang Makan
Hiasan Dinding Ruang Makan

Perlu Anda ketahui, bahwasannya antara hiasan dinding dan desain ini serupa namun tidak sama.

Kesamaan yang dimiliki antara keduanya adalah untuk menambah keindahan di ruang makan, sehingga mood makan juga akan bertambah.

Berikut ini ada beberapa ide hiasan dinding ruang makan minimalis yang bisa Anda pilih, diantaranya dalam bentuk:

1. Kata (Quotes) Favorit

Anda pasti sudah tidak asing dengan tren membuat kata-kata favorit yang dibingkai ke dalam sebuah foto. Bahkan hiasan ini bisa dibuat sendiri dengan sangat mudah di rumah.

Carilah kata-kata bijak dari kutipan film, lagu atau mungkin yang Anda buat sendiri.

Selanjutnya, bisa Anda ketik melalui komputer dengan font yang menarik dan gampang dibaca. Jika ingin lebih aestetik, Anda bisa menulis dengan memakai bahan kayu yang diukir.

Jadikan ini sebagai hiasan dinding ruang makan di rumah Anda maka hasilnya akan terlihat keren.

2. Lukisan Dinding

Untuk menciptakan ruang makan yang lebih mewah, Anda juga bisa menambahkan lukisan dinding berukuran besar di sana. Pilihlah lukisan yang memiliki dominan warna senada dengan ruang makan supaya terlihat serasi.

Opsi lainnya Anda bisa gambar atau foto menu-menu cantik dan aestetik sering dijumpai di rumah makan ataupun kafe. Tambahkan hiasan apa saja yang sesuai selera agar semakin menarik.

3. Foto Keluarga

Foto keluarga bisa kok dijadikan hiasan dinding ruang makan Anda.

Memang, foto keluarga umumnya dipajang di ruang tamu, namun tidak ada salahnya jika foto keluarga ini dijadikan hiasan dinding ruang makan.

Hal ini sangat wajar dilakukan, mengingat ruang makan juga sering dijadikan sebagai tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga.

Pilihlah foto keluarga dengan tema santai sehingga lebih natural. Sepertinya akan aneh jika Anda memasang foto keluarga gaya formal di tempat untuk menyantap makanan ini.

4. Wall Panel 3D

Untuk Anda yang bingung ingin membuat hiasan dinding seperti apa, maka wall panel 3D ini mungkin bisa dijadikan solusi.

Dengan adanya hiasan ini, ruang makan kecil Anda akan menjadi lebih menarik dan menambah nafsu makan. Pilihlah wall panel 3D kategori alam seperti gunung atau taman agar bisa memberikan kesan sejuk di ruangan tersebut.

5. Furnitur Vintage

Menambahkan sentuhan barang vintage di dinding ruang makan juga sangat epik. Misalnya, menaruh barang-barang kuno seperti botol kaca, gelas, cangkir dan sebagainya di rak yang tergantung di dinding.

Hiasan seperti ini akan memberi kesan masa lalu bagi siapa saja yang berada di sana.

6. Tanaman Cantik

Memilih hiasan dinding ruang makan berupa tanaman juga tidak akan merusak keindahan ruangan tersebut. Justru hiasan seperti ini akan membuat ruang makan menjadi lebih segar dan cantik.

Pilihlah tanaman hias hias dengan ukuran kecil dengan diletakkan di rak dinding ataupun digantung. Nuansa hijau seperti ini, bisa membuat ruangan lebih sehat.

7. Cermin Antik

Umumnya cermin memang sering dipasang di kamar tidur dan kamar mandi. Namun Anda juga bisa menambahkan cermin di ruang makan.

Pilihlah cermin dengan model antik berwarna keemasan dan letakkan di dinding belakang kursi agar bisa menambah keindahan.

8. Bingkai Simetris

Bagi sebagian orang tidak suka memajang foto atau memasang lukisan di dinding.

Untuk mengakali supaya dinding tidak terkesan kosong, maka bisa diakali dengan membuat bingkai simetris yang disusun sejajar yang seakan mengapit lampu gantung di ruang makan.

Ide hiasan dinding ruang makan ini terlihat simpel namun akan mengesankan sebuah visualisasi yang tidak biasa. Coba saja!

Tips Membuat Ruang Makan Tampak Mewah

Selain memperhatikan apa saja hiasan dinding ruang makan yang sesuai, untuk menciptakan ruangan yang tampak mewah juga membutuhkan pertimbangan yang tidak sedikit. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah:

1. Meja dan Kursi Senada

Selain menggunakan meja dan kursi yang sesuai dengan tema yang dipilih, pastikan jika keduanya juga senada. Anda bisa menggunakan meja dari material keramik ataupun metal yang bisa memberi kesan mewah di ruang makan.

2. Memilih Palet Warna Gelap

Setiap palet tentunya memberi kesan yang tidak sama satu sama lain. Untuk mengakalinya supaya terkesan mewah, maka pilihlah palet dengan warna-warna yang gelap seperti hitam, maroon dan biru tua lalu padukan dengan warna keemasan.

Supaya tercipta kesan elegan yang sederhana, Anda juga bisa memilih perabot glossy berwarna putih, baik untuk kabinet ataupun meja.

3. Menggunakan Marmer

Sudah bukan rahasia jika penggunaan marmer pada setiap ruangan akan menciptakan kesan mewah sekaligus elegan. Oleh sebab itu, Anda juga bisa menggunakan marmer untuk lantai di ruang makan.

4. Pasang Dekorasi

Ada banyak pilihan hiasan yang bisa Anda letakkan di ruang makan seperti beberapa pilihan hiasan dinding yang telah disebutkan di atas. Namun pastikan jika hiasan yang Anda pilih sesuai dengan nuansa yang ingin diciptakan di ruang makan.

5. Pajang Hiasan Bunga Cantik

Agar bisa menciptakan sentuhan ruangan yang lebih hangat, maka Anda bisa menambahkan hiasan gambar bunga cantik yang ditata di tengah meja makan.

Anda bisa memilih menggunakan bunga artifisial. Pilihlah warna bunga yang mencolok supaya bisa memberi variasi warna di meja makan.

6. Gunakan Lampu Gantung yang Elegan

Pencahayaan sudah pasti menjadi unsur paling penting untuk setiap ruangan, tidak terkecuali ruang makan. Untuk menghadirkan ruang makan yang terkesan menawan, Anda bisa menambahkan lampu gantung dengan pencahayaan yang lembut.

Namun jangan terlalu redup, supaya saat orang yang sedang menikmati hidangan bisa tetap merasa nyaman. Ide ini jelas akan menghadirkan ruang makan yang nyaman dan cozy. Layak dicoba nih!

7. Menggunakan Crown Molding

Bagi Anda yang belum tahu, crown molding merupakan transisi diantara langit-langit dengan dengan dinding yang berupa gipsum. Dengan melengkapi langit-langit ruang makan dengan crown molding ini, maka ruangan yang tadinya terlihat biasa saja menjadi semakin terlihat mewah, elegan dan minimalis.

Beberapa ide hiasan dinding ruang makan di atas tentu saja bisa membantu Anda agar ruang makan di rumah menjadi terlihat hidup dan tidak monoton.

Pilihlah hiasan yang sesuai dengan tema ruang makan Anda dan jangan lupa untuk memperhatikan beberapa tips menata ruangannya. Dengan begitu, area ruang makan bisa menjadi lebih segar, sejuk dan nyaman sehingga membuat Anda bisa lebih menikmati waktu menyantap hidangan di meja.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *