Begini Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 7×12

Bingung bagaimana cara mengestimasi biaya bangun rumah 2 lantai 7×12? Tak perlu khawatir, berikut adalah panduan yang dapat dijadikan referensi untuk merinci anggaran proyek pembangunan tersebut.

Keinginan untuk memiliki hunian pribadi dengan desain rumah minimalis seringkali menjadi impian banyak individu. Rumah dua lantai minimalis muncul sebagai opsi menarik, terutama jika lahan yang dimiliki terbatas.

Dengan desain ini, rumah bisa tetap fungsional untuk keluarga kecil yang memiliki beberapa anggota. Namun, perlu diingat bahwa kehadiran lantai tambahan juga berarti peningkatan biaya pembangunan.

Oleh karena itu, bagi yang berniat membangun rumah bertingkat, langkah pertama yang perlu diambil adalah menghitung secara teliti biaya bangun rumah 2 lantai 7×12 yang dibutuhkan.

Dengan demikian, pembangunan rumah dua lantai minimalis bukan hanya memperluas ruang, tetapi juga menghadirkan pertimbangan finansial yang perlu dipertimbangkan dengan cermat sebelum memulai proyek.

Cek penjelasannya dibawah ini untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang langkah-langkah menghitung biaya bangun rumah 2 lantai 7×12 impian Anda.

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 7×12

Jika Anda memiliki tanah seluas 7 x 12 meter, Anda memiliki opsi untuk konstruksi rumah 2 lantai. Anda dapat merancang lantai pertama dengan ukuran 7 x 10 meter dan lantai kedua dengan ukuran 7 x 9 meter.

Jika demikian, Anda dapat meghitung estimasi biaya bangun rumah 2 lantai 7×12 yang diperlukan, adalah sebagai berikut :

  • Luas lantai 1 = 7 x 10 = 70 meter persegi.
  • Luas lantai 2 = 7 x 9 = 63 meter persegi.
  • Luas total adalah 133 meter persegi.

Sementara biaya pembangunan per meter persegi diasumsikan sebesar Rp5.000.000. Oleh karena itu, biaya bangun rumah 2 lantai 7×12 dan luas total 133 meter persegi, biayanya akan menjadi 133 m² x Rp5.000.000 = Rp665.000.000,-.

Estimasi biaya bangun rumah 2 lantai 7×12 tersebut hanya perkiraan saja karena biaya Pembangunan untuk setiap daerah tentu saja berbeda – beda.

Kelebihan Membangun Rumah 2 Lantai 7×12

Setelah tahu estimasi biaya bangun rumah 2 lantai 7×12 secara hitungan kasar, selanjutnya Anda bisa memantapkan diri apakah angka tersebut sesuai dengan budget Anda atau tidak.

Keterbatasan lahan seringkali menjadi kendala utama dalam menciptakan kediaman yang nyaman. Seiring waktu, keluarga yang beranggotakan sedikit akan menginginkan lebih banyak ruang agar dapat bergerak dengan leluasa di dalam rumah.

Oleh karena itu, opsi terbaik adalah memilih rumah dua tingkat untuk memenuhi kebutuhan ruang tersebut. Pelajari artikel ini untuk mengetahui berbagai keunggulan rumah dua lantai dan petunjuk dalam menghitung biaya bangun rumah 2 lantai 7×12.

Selain menawarkan lebih banyak ruang, memiliki rumah dua lantai juga memberikan sejumlah manfaat bagi pemiliknya. Berikut adalah penjelasannya untuk Anda, yaitu sebagai berikut :

Rumah Jadi Lebih Luas

Meskipun tanah yang tersedia terbatas, memiliki rumah dua lantai akan memberikan ruang ekstra melalui penambahan lantai. Kemampuan untuk membangun ke atas tidak hanya menciptakan tambahan ruang, tetapi juga memberikan pemilik rumah kebebasan untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang terbatas.

Dengan memilih opsi ini, pemilik rumah dapat memaksimalkan fungsionalitas rumahnya tanpa harus mengorbankan kenyamanan. Pilihan untuk membangun vertikal membuka peluang kreatif dalam desain rumah.

Serta dapat memberikan solusi cerdas untuk mengatasi keterbatasan ruang tanah. Sehingga, memiliki rumah dua lantai menjadi solusi efektif bagi mereka yang menghadapi keterbatasan lahan.

Pemisah Area Privat dan Publik

Membangun rumah bertingkat dua memberikan keleluasaan dalam memisahkan antara ruang privat dan publik. Lantai pertama dapat difungsikan sebagai area bersosialisasi, termasuk ruang tamu, teras, dapur, dan kamar mandi tamu.

Sementara itu, lantai kedua dapat dioptimalkan sebagai tempat bersama keluarga, seperti ruang keluarga untuk menonton televisi, kamar tidur, ruang kerja atau belajar, serta ruangan lainnya.

Dengan konsep ini, ruang di rumah dapat diorganisir dengan lebih efisien, menciptakan suasana yang nyaman dan memenuhi kebutuhan beragam anggota keluarga. Rumah dua lantai tidak hanya memberikan tata letak yang praktis, tetapi juga menciptakan suasana yang lebih intim dan fungsional.

Menciptakan Peluang Bisnis

Memiliki rumah bertingkat dan sedikit anggota keluarga memberikan kebebasan untuk memanfaatkannya sebagai peluang bisnis. Misalnya, Anda dapat mengonversinya menjadi kos-kosan atau mendirikan warung kecil di lantai pertama, dekat teras.

Dengan memaksimalkan ruang yang tersedia, Anda dapat menciptakan sumber penghasilan rutin setiap bulan. Mengadaptasi rumah untuk kegiatan komersial tidak hanya memberikan manfaat finansial, tetapi juga mengoptimalkan penggunaan properti Anda secara efisien.

Dengan begitu, Anda dapat meraih potensi penuh rumah Anda sambil mendukung kestabilan finansial melalui pendapatan yang terus-menerus dari usaha tersebut.

Baca juga: Ketahui Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 5×7

Menikmati Pemandangan

Umumnya, orang memanfaatkan lantai dua rumah untuk menciptakan balkon yang estetis dan berfungsi. Desain balkon dapat dipilih sesuai dengan preferensi pribadi. Keberadaan balkon ini menjadi tempat ideal untuk menikmati momen senja sambil menyeruput secangkir kopi atau teh.

Dengan memaksimalkan ruang di lantai dua, rumah menjadi lebih fungsional dan menawarkan pengalaman santai yang menyenangkan. Suasana balkon menciptakan kesempatan untuk menikmati udara segar dan pemandangan sekitar, memberikan tambahan nilai estetika pada rumah.

Sebagai area serbaguna, balkon menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai dan menyaksikan keindahan alam dari ketinggian.

Biaya Lebih Terjangkau

Pertimbangan utama dalam membangun rumah dua lantai adalah biaya, yang menjadi fokus setiap orang ketika mereka memutuskan untuk memulai proyek ini. Walaupun benar bahwa biaya bangun rumah 2 lantai 7×12 cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan rumah satu lantai.

Akan tetapi, jika dilihat dari segi perbandingan harga, pembangunan rumah dua lantai bisa lebih terjangkau. Sebagai ilustrasi, untuk membangun rumah satu lantai dengan luas 72 meter persegi, biayanya berkisar antara Rp100 hingga Rp120 juta.

Namun, jika rumah tersebut dibangun menjadi dua lantai dengan luas yang sama, biayanya mungkin tidak melebihi Rp200 juta, bahkan bisa mencapai Rp180 juta atau bahkan Rp160 juta. Dengan demikian, pilihan rumah dua lantai dapat menjadi solusi hemat biaya.

Lebih Efisien

Sebenarnya, pengetahuan yang terbatas tentang fakta ini membuat sedikit orang menyadari bahwa memiliki rumah berdua tingkat sebenarnya lebih efisien. Efisiensi ini terlihat dari segi pembuatan saluran air dan sistem kelistrikan.

Dalam paradigma Green Building, semakin banyak lantai pada sebuah struktur dianggap lebih optimal. Ini disebabkan oleh orientasi saluran-saluran yang dibuat secara vertikal dengan arah yang umumnya sejalan.

Dengan demikian, tidak akan ada terlalu banyak jalur yang merambat di seluruh dinding rumah, menciptakan desain yang lebih teratur dan berkelanjutan secara lingkungan. Meskipun kurang diketahui, keefisienan rumah dua lantai sebenarnya memberikan dampak positif dalam konsep pembangunan berkelanjutan.

Keuntungan dari mendirikan dan mengetahui biaya bangun rumah 2 lantai 7×12 adalah Anda dapat memaksimalkan ruang tanah yang tersedia, memberikan lebih banyak ruang untuk kebutuhan pribadi, dan menciptakan tata letak yang lebih fungsional. Selain itu, rumah berlantai dua dapat memberikan privasi tambahan dengan area tidur yang terpisah di tingkat atas.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *