10 Ide Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Tanpa Sekat

Konsep open space atau ruang terbuka tanpa sekat sudah lama ngetren. Misalnya membuat ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat di antara keduanya dengan berbagai alternatif penataan.

Anda bisa memaksimalkan cahaya alami, menciptakan kesan lebih lapang, dan membuat kedua ruangan tersebut menjadi lebih nyaman.

Hal ini berlaku juga untuk ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat seprti yang akan kita bahas kali ini.

Sebagai awalan, saat mendesain ruang tamu terbuka tanpa sekat, Anda harus memikirkan seluruh area, termasuk ruangan yang bersebelahan, sebagai satu ruangan besar.

Warna cat dinding, finishing kayu, dan gaya furnitur tidak harus sama persis di seluruh ruangan, namun harus berkorelasi untuk menciptakan efek estetik.

Misalnya, balok kayu di langit-langit dan palet warna netral untuk memastikan transisi pemandangan yang mulus antara ruang tamu, dapur, dan sekitarnya.

10 Ide Penataan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Tanpa Sekat yang Estetik Banget!

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Tanpa Sekat
Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Tanpa Sekat

Ada cukup banyak ide dekorasi rumah yang sebenarnya bisa Anda wujudkan jika ingin menciptakan ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, diantaranya adalah:

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Tipe Minimalis

Inspirasi ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat yang pertama adalah tipe minimalis. Untuk desain ruang tamu terbuka minimalis, tidak ada salahnya menggunakan warna-warna hangat seperti abu-abu.

Sofa lebar berwarna abu-abu dan furnitur meja kaca yang bening akan menciptakan nuansa minimalis.

Kemudian, jangan lupakan karpet dengan warna serupa ya! Sofa yang ditempatkan dengan benar dapat menandai peralihan yang lembut dari satu ruangan ke ruangan berikutnya di ruang tamu terbuka Anda.

Agar tidak terkesan kosong dan sepi, penuhi dinding dengan warna kuning pucat dan bingkai foto serta gambar alam. Langkah terakhir adalah memasang tirai tipis berwarna pastel pada jendela ruang tamu.

Tempatkan lampu dengan tripod di samping sofa Anda untuk menonjolkan furnitur minimalis Anda.

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga dengan Warna Tautan

Saat mendesain ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, pikirkan juga konsep keseluruhannya. Jika Anda memiliki ruang tamu terbuka dengan sofa biru tua dan bantal bermotif kaya warna oranye, teal, dan hijau.

Anda bisa memadukan keduanya dengan memilih kursi bar berbahan kulit dengan ide kitchen island berwarna biru.

Dengan mempertimbangkan diferensiasi dan mentransfer warna dari satu ruangan ke ruangan lain dalam pola dan tekstur, ruangan-ruangan tersebut akan menyatu meskipun tidak cocok.

Baca: Dekorasi ruang tamu

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga dengan Jendela Besar

Pertimbangkan cahaya alami agar ruangan tetap terang. Memanfaatkan cahaya alami adalah cara yang bagus untuk menghidupkan ruangan. Bahkan, ruangan mungkin tampak lebih besar dari sebenarnya.

Ambil langkah lebih jauh dengan mengoptimalkan ruang tamu terbuka Anda sehingga dapat menyatu dengan ruang luar yang berdekatan. Pertimbangkan pintu teras dari dinding ke dinding dan dari lantai ke langit-langit.

Hal itu akan memperluas ruang serta mengoptimalkan cahaya. Ciptakan transisi mulus dari dalam ruangan ke luar ruangan dengan mencocokkan warna lantai dengan dekorasi luar ruangan seperti taman, dan lainlain.

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga dengan Zona Cat Blok

Meskipun Anda bisa bersantai, makan, dan bekerja  di satu area terbuka yang luas, bukan berarti Anda tidak bisa membuat setiap area dengan warna berbeda.

Tandai perubahan tujuan dengan percikan warna dan ciptakan dinding aksen dengan ide cat warna yang mencolok untuk ruang tamu Anda.

Baca: Dekorasi ruang keluarga

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga dengan Partisi Transparan

Meskipun konsepnya ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat. Jika ingin ada pembatas, Anda bisa menyamarkannya.

Ada berbagai jenis partisi yang bisa digunakan untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang keluarga secara visual.

Ya, Anda dapat menggunakan rak buku dua sisi dengan jarak antar rak yang lebar. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan partisi kaca untuk memisahkan dua ruangan tanpa menghalangi pandangan dari masing-masing ruangan.

Sebagai alternatif lain, partisi kisi kayu yang masih memungkinkan koneksi visual antar dua ruangan juga dapat digunakan.

Cara ini sangat efektif, selain sekat mirip rak buku yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan buku bacaan Anda, rak buku juga bisa menghadirkan elemen visual yang indah.

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga dengan Pintu Geser

Ide ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat selanjutnya yaitu ruang tamu dan ruang keluarga yang menggunakan pintu geser.

Pintu geser memungkinkan Anda memisahkan ruang tamu dan ruang keluarga tanpa mengurangi space ruang.

Memasukkan pintu geser ke dalam desain interior Anda adalah cara bergaya dan serbaguna untuk memisahkan ruang tamu.

Misalnya, memasang pintu geser di ruang tamu atau ruang keluarga akan memberi Anda keleluasaan untuk memisahkan ruangan sesuai kebutuhan.

Anda bisa menutup ruang keluarga saat ada tamu yang datang dan membukanya saat keluarga besar berkumpul.

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga dengan Tangga Kecil

Anda bisa menambahkan tangga kecil pada ruang tamu untuk memisahkan ruang secara merata dengan ruang keluarga.

Hal ini berarti Anda dapat dengan mudah mengawasi anak-anak sambil tetap merasa bahwa setiap orang memiliki ruangnya sendiri.

Untuk menciptakan hubungan yang lebih halus antar ruangan, pertahankan palet warna yang sama di seluruh ruangan. Tidak semua  rumah memiliki denah yang sama.

Jika Anda tidak memiliki ruang yang luas dan datar untuk mencoba ide ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat, berpikirlah ide di luar kebiasaan.

Anda bisa menempatkan tangga minimalis antara ruang tamu dan ruang keluarga.

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga dengan Permadani Besar

Salah satu ide mendesain ruang tamu atau ruang keluarga terbuka adalah dengan menggunakan permadani berukuran besar. Permadani ini memungkinkan Anda membuat zona ruangan secara visual tanpa banyak usaha.

Permadani berukuran besar sangat cocok dengan ide ruang tamu atau ruang keluarga terbuka. Pilihlah jenis karpet atau permadani yang sesuai dengan sofa, kursi, dan meja Anda.

Area yang tercipta dari permadani ini menjadi ruangan tersendiri yang bisa membedakan dari area ruang tamu atau ruang keluarga.

Untuk ide ruang tamu modern, Anda bisa memilih permadani dengan pola yang mencerminkan bentuk grafis dan garis  yang digunakan di tempat lain di area tersebut.

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga dengan Dua Tempat Duduk

Ide selanjutnya untuk menciptakan ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat adalah dengan menata tempat duduk.

Teknik yang paling umum digunakan untuk mendekorasi ruang tamu atau ruang keluarga adalah dengan membuat dua area tempat duduk  terpisah, karena hampir tidak mungkin mengisi ruangan besar dengan satu pengaturan.

Pertimbangkan untuk menempatkan permadani secara strategis di seluruh ruangan untuk menciptakan zona bagi sofa, kursi, dan meja.

Anda juga dapat menggunakan sofa modular atau  berbentuk L untuk menciptakan batas visual pada ruang terpisah.

Baca juga: Desain Ruang Tamu Ukuran 2×1 Kekinian yang Cocok Untuk Anda

Ruang Tamu dan Ruang Keluarga dengan Warna Lantai Senada

Di rumah bergaya modern saat ini, orang memilih konsep ruang terbuka untuk memaksimalkan kesan ruangan dan cahaya alami yang bagus.

Ini terus menjadi tren populer di ruang keluarga, dimana lantai digunakan untuk transisi mulus dari satu ruangan ke ruangan berikutnya tanpa adanya gangguan pada palang pintu atau strip lantai.

Atau, buatlah zona dengan ide lantai ruang tamu. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat area yang dikategorikan, misalnya dengan melapisi papan lantai dengan pola berbeda atau memilih corak/tekstur yang sedikit berbeda.

Ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat tidak hanya memberikan kesan lebih luas pada rumah berukuran kecil, namun juga menghemat anggaran pembangunan serta biaya listrik dan AC.

Itulah 10 inspirasi ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat yang estetik dan bisa Anda jadikan referensi. Tentu saja, Anda bisa mendesainnya sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda ya! Semoga bermanfaat.

Editor: UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar