Gampang Banget! Inilah Cara Instalasi Pipa Shower Kamar Mandi yang Tepat

Instalasi pipa shower kamar mandi perlu dilakukan dengan benar untuk menghindari kebocoran saluran air serta masalah yang lainnya. Saat ini, penggunaan shower di kamar mandi memang sudah cukup familiar, apalagi jika bak mandi Anda berukuran kecil.  

Apalagi, sekarang sudah tersedia banyak shower dengan berbagai jenis dan harga. Dengan demikian, banyak orang bisa menggunakan shower untuk mandi yang lebih nyaman. Ada beberapa manfaat yang akan Anda rasakan jika menggunakan shower.

Pertama, karena lebih efektif. Bahkan, Anda akan lebih mudah membersihkan bagian tubuh dengan shower dibandingkan dengan gayung. Yang kedua adalah, dengan menggunakan shower maka akan jauh lebih hemat air.

Ya, jika Anda mandi dari air di bak mandi, Anda akan membuang banyak air. Apalagi jika harus keramas, pasti akan makin boros. Terakhir, memakai shower akan menjadikan tubuh Anda jauh lebih sehat. 

Dengan manfaat tersebut, Anda pasti akan merasa lebih percaya diri saat menggunakan shower. Nah, pertanyaannya apakah sulit memasang shower sendiri? Jawaban adalah tidak sulit ya! Anda dapat menghemat uang dengan menginstalnya sendiri. Tentu, ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti.  

Daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut ini tentang instalasi pipa shower kamar mandi, yang ternyata sangat mudah dilakukan lho!

Inilah Cara Instalasi Pipa Shower Kamar Mandi yang Benar

Sebelum pemasangan, Anda harus memilih jenis shower yang tepat. Umumnya, terdapat shower yang dipasang di dinding (wall shower) serta shower tangan (hand shower). Shower tangan ini lebih hemat air serta fleksibel untuk digunakan. 

  1. Siapkan Pipa Air Pada Kamar Mandi

Cara instalasi pipa shower kamar mandi yang pertama adalah menyiapkan pipa air. Ya, sebelum Anda mulai memasang shower di kamar mandi Anda, pastikan Anda sudah mempunyai pipa air yang cukup untuk mengalirkan air ke shower. Pipa air harus terhubung ke sumber utama air dan harus mempunyai tekanan yang stabil dan kuat. Jika perlu, Anda dapat mencari bantuan profesional untuk memastikan pipa air Anda memenuhi persyaratan. 

Disamping itu, pastikan Anda mempunyai bathroom fitting yang sesuai untuk ukuran shower dan pipa air yang akan dipasang. Jika perlu, Anda bisa membeli bathroom fitting tambahan yang sesuai dengan ukuran pipa air dan shower di kamar mandi. 

Sebelum memulai pemasangan, Anda harus memastikan bahwa pipa air sudah tersambung dengan baik serta tidak ada kebocoran. Periksa tekanan air untuk memastikan aliran air lancar dan tidak ada masalah tekanan air. Apabila ada masalah dengan pipa air, sebaiknya diperbaiki sebelum melanjutkan pemasangan. 

  • Pasanglah Pipa

Setelah memastikan stop kran dan seal tape telah terpasang dengan benar, saatnya Anda memasang pipa fitting. Pipa digunakan untuk mengalirkan air dari stop kran ke shower.

Pasanglah pipa fitting dengan menghubungkannya ke stop kran dan sesuaikan sehingga menghadap shower. Gunakanlah mur dan baut untuk memastikan pipa fitting terpasang dengan kuat dan benar. 

Pastikan fitting pipa terpasang dengan benar dan tidak ada masalah kebocoran. Periksa ulang sambungan antara stop kran dan pipa fitting untuk memastikan air dapat mengalir dengan lancar melalui pipa fitting.

Langkah ini sangat penting untuk memastikan air mengalir dengan lancar melalui pipa fitting dan masuk ke shower di kamar mandi. Gunakanlah pipa fitting yang berkualitas tinggi untuk memastikan pemasangan shower kamar mandi berjalan mulus. 

Baca juga: 5 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Jongkok Shower

  • Pasang Stop Kran

Setelah memastikan pipa air telah tersambung dengan baik, saatnya memasang stopper kran. Stop kran digunakan untuk mengatur aliran air dan memastikan bahwa air tidak bocor ketika shower sedang tidak digunakan.

Tempatkan stop kran di dekat shower di kamar mandi dan kencangkan dengan baut dan mur. Pastikan juga stop kran sudah terpasang dengan baik dan aman untuk menghindari kebocoran atau masalah lainnya. 

Sebelum Anda memasang stop kran, pastikan Anda telah mematikan aliran air dan pastikan air tidak bocor selama pemasangan. Gunakan alat seperti tang atau plier untuk memastikan stop kran terpasang dengan benar dan aman.

Langkah ini penting untuk memastikan air tidak akan mengalir saat Anda tidak menggunakan shower di kamar mandi. Jadi, Anda dapat memastikan bahwa air tidak terbuang percuma dan membantu menghemat biaya air. 

  • Gunakanlah Seal Tape

Cara instalasi pipa shower kamar mandi selanjutnya adalah menggunakan seal tape. Seal tape merupakan bahan yang digunakan untuk mencegah air tidak bocor atau merembes masuk saat melewati gabungan antara bagian-bagian saluran air kamar mandi dan shower.

Sebelum memasang shower, gunakanlah seal tape pada bagian yang akan disambungkan. Aplikasikan seal tape tersebut dengan benar dan gulung di bagian drat kemudian pastikan seal tape terpasang dengan baik. 

Pastikan Anda menggunakan seal tape pada semua bagian yang terhubung, termasuk antara shower dan penutup keran. Seal tape akan membantu mencegah kebocoran air dan memastikan air hanya mengalir melalui shower di kamar mandi.

Langkah yang satu ini sangat penting untuk memastikan pemasangan shower di kamar mandi berjalan lancar dan tidak ada kebocoran air. Gunakanlah seal tape berkualitas tinggi untuk memastikan sambungan antar komponen shower di kamar mandi kokoh dan bebas bocor. 

  • Pasanglah Kepala Shower

Setelah selang fleksibel terpasang, saatnya memasang kepala shower. Kepala shower merupakan bagian dari shower yang digunakan untuk mengeluarkan air dari selang fleksibel. 

Pasang kepala shower dengan menghubungkannya ke selang. Pastikan kepala shower tersebut sudah terpasang dengan kuat dan benar ya! Anda bisa menggunakan mur dan baut untuk memastikan kepala shower terpasang dengan baik. 

Periksa kembali sambungan antara selang dan kepala shower untuk memastikan air mengalir dengan lancar melalui kepala shower. Pastikan sambungan antara selang dan kepala shower benar- benar kencang dan tidak ada masalah kebocoran.

Langkah ini penting dilakukan untuk memastikan air mengalir dengan lancar melalui kepala shower dan menjadikan shower kamar mandi berfungsi dengan baik. Ingatlah untuk menggunakan kepala shower yang berkualitas tinggi agar pemasangan shower di kamar mandi berjalan mulus. 

Tips Dalam Memilih Hand Shower

Untuk memilih hand shower yang tepat, perhatikanlah tiga hal penting ini: Tekanan air, desain, serta fitur tambahan.

Pertama, pastikan tekanan air memenuhi kebutuhan Anda. Kedua, gunakan desain yang selaras dengan gaya kamar mandi Anda.

Ketiga, pertimbangkanlah fitur tambahan seperti pengatur tekanan air dan pengatur suhu. Pastikan hand shower mempunyai garansi dan gampang dipasang. Pastikan juga Anda membaca ulasan dan membandingkan harga beberapa merek untuk memastikan Anda memilih hand shower terbaik. 

Itulah ulasan lengkap cara instalasi pipa shower kamar mandi yang bisa Anda jadikan referensi. Untuk setiap langkah pemasangan shower, pastikan tidak ada kebocoran ya! Anda bisa menggunakan alat tambahan seperti seal tape atau kunci Inggris untuk membantu menyatukan setiap bagian ketika pemasangan shower di kamar mandi. 

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *