12 Inspirasi Desain Kamar Anak 2 Tempat Tidur yang Menarik dan Estetik!

Apakah Anda bingung bagaimana cara menentukan desain kamar anak 2 tempat tidur yang menarik? Tenang saja ya, artikel ini akan mengulas kumpulan desain inspiratif yang bisa Anda tiru. Mendesain kamar anak 2 tempat tidur bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi jika luas kamar terbatas. 

Ya, Anda perlu merencanakan dengan matang apa yang ingin Anda masukkan ke dalam ruangan tersebut. Pikirkan baik-baik, mulai dari pemilihan furnitur hingga dekorasi ruangan.

Agar ruangan nyaman dan anak betah, pilihlah dekorasi kamar yang sesuai dengan kesukaan anak. Nah, berikut ini ada 12 inspirasi desain kamar anak 2 tempat tidur yang bisa Anda jadikan referensi!

12 Inspirasi Desain Kamar Anak 2 Tempat Tidur yang Menarik

  1. Tempat Tidur Lipat

Inspirasi desain kamar anak 2 tempat tidur yang pertama adalah tempat tidur lipat. Ketersediaan ruang dan besar kecilnya ruangan seringkali menjadi kendala utama dalam menyediakan kamar yang nyaman untuk anak.

Jika Anda berencana mendesain kamar tidur kecil untuk dua anak, Anda perlu menggunakan furnitur multifungsi. Misalnya dengan menggunakan tempat tidur custom yang dapat dilipat ke dinding. 

  • Tempat Tidur Susun

Selain menempatkan tempat tidur bersebelahan, Anda juga bisa menghemat tempat dengan menggunakan tempat tidur susun. Dengan menggunakan tempat tidur susun, pasti akan ada lebih banyak ruang kosong yang bisa digunakan untuk hal lain. Misalnya saja tempat belajar atau bermain untuk anak. 

  • Tempat Tidur Lesehan

Jika Anda menginginkan tempat tidur simple untuk anak, pertimbangkan untuk menggunakan tempat tidur lesehan. Selain lebih simpel, ternyata tempat tidur jenis ini juga bisa membantu menekan anggaran karena harga kasurnya lebih murah dibandingkan kasur menggunakan dipan. Namun, perlu dicatat juga untuk menyediakan alas tidur, apalagi jika kondisi dalam ruangan lembab. 

  • Tempat Tidur Interaktif

Bagi anak, kamar tidur bukan hanya sekedar tempat istirahat, tapi juga tempat bermain dan berimajinasi. Nah, jika ingin mengembangkan imajinasi anak, Anda harus merancang kamar anak yang interaktif.

Misalnya saja dengan membuat tempat tidur yang dilengkapi dengan perosotan. Atau bisa juga mendekorasi ruangan dengan tokoh kartun favorit anak seperti Mickey Mouse, Scooby Doo atau Doraemon. 

  • Tempat Tidur Custom

Tempat tidur custom menjadi salah satu pilihan menarik untuk menciptakan tempat tidur yang benar-benar nyaman untuk anak. Misalnya saja desain kamar anak 2 tempat tidur ini yang menggunakan tempat tidur susun ukuran besar.

Dibandingkan menggunakan tangga, tempat tidur susun dengan menggunakan tangga biasa ini akan lebih nyaman. 

  • Dihias dengan Nama Anak

Seorang anak tentu saja senang memiliki tempat tidurnya sendiri, apalagi jika tempat tidurnya terkesan dibuat khusus untuknya. Untuk memberikan kesan tersebut pada anak, Anda bisa menghiasi dinding tempat tidur dengan nama anak lho! Hiasan ini bisa dibuat dari banyak bahan, misalnya styrofoam.

  • Kamar Tidur dengan Tema Warna Pastel

Pemilihan warna cat dinding interior dengan warna cerah merupakan salah satu trik agar ruangan sempit terasa lebih luas. Inspirasi kamar tidur anak selanjutnya ini dibuat menarik dengan warna-warna pastel yang cantik. Penggunaan warna-warna pastel yang lembut akan menciptakan suasana lebih tenang di dalam ruangan. 

Kamar tidur ini didesain memanjang sesuai dengan bentuk ruangan. Untuk menonjolkan tampilan dinding, Anda bisa menambahkan mural dengan motif lanskap yang cantik. 

  • Tempat Tidur Sorong Hemat Tempat

Selain menata ruangan dengan rapi, pemilihan furnitur menjadi hal yang perlu Anda perhatikan juga. Inspirasi kamar tidur berikutnya menggunakan tempat tidur sorong yang bisa Anda geser sesuai kebutuhan Anda. Jadi, saat tidak digunakan, tempat tidur bagian bawah dapat Anda simpan, ruangan pun akan terasa lebih luas. 

Untuk memaksimalkan kapasitas penyimpanan, Anda bisa memanfaatkan rak dinding untuk menempatkan berbagai dekorasi serta perlengkapan lainnya. 

  • Kamar Tidur Twin dengan Lantai Vinyl

Konsep tempat tidur lesehan saat ini banyak diminati karena memiliki banyak kelebihan. Misalnya saja membantu menghemat space yang tersedia di dalam ruangan, sehingga anggaran belanja pun akan lebih hemat. 

Nah, ide kamar anak dengan model memanjang dibagian lantai berlapis vinyl ini akan membuat suasana ruangan semakin hangat. Apalagi tema interior dengan nuansa biru mampu membuat suasana semakin menenangkan. 

  1. Kamar Kecil dengan Lighting Menawan

Selain cahaya alami dari jendela di siang hari, Anda perlu memastikan lighting atau pencahayaan yang baik di malam hari. Selain lampu utama, untuk memberikan kesan lebih romantis dan estetik pada ruangan, Anda bisa menambahkan lampu tumblr yang menarik.

Agar tidak menimbulkan kesan penuh pada ruangan, Anda bisa meletakkan tempat tidur merapat pada dinding. Jangan lupa gunakan tempat tidur single yang menawan ya! 

  1. Kamar Tidur dengan Dinding yang Menarik

Jika Anda bosan dengan interior dinding yang monoton, Anda bisa mencoba mengaplikasikan pola garis-garis yang menawan. Garis vertikal akan membuat dinding tampak lebih tinggi. Warna merah muda juga dipilih untuk membuat ruangan semakin cantik dan menarik. 

Selain itu, menggunakan rak dinding juga akan membantu Anda memaksimalkan kapasitas penyimpanan yang tersedia. 

  1. Tempat Tidur Tingkat dengan Lemari Penyimpanan

Tipe tempat tidur ini menjadi pilihan yang tepat untuk kamar tidur ukuran pas-pasan, karena pada bagian bawahnya tersedia laci penyimpanan yang dapat digunakan sebagai ruang tambahan untuk menyimpan barang-barang.

Tempat tidur jenis ini juga bisa digunakan bagi Anda yang sendirian di kamar. Menariknya lagi, bagian bawahnya bisa diubah menjadi sofa yang nyaman lho!

Tips Memilih Desain Kamar Anak 2 Tempat Tidur yang Pas  

  1. Tentukan Ukuran Ruangan dengan Tepat

Untuk menempatkan tempat tidur dengan benar, Anda harus mengukur ruangan dengan tepat. Hitunglah luas lantai dan juga langit-langit agar kepala tidak terbentur saat tidur di atas kasur. 

  • Material atau Bahan Tempat Tidur

Tips berikutnya adalah menentukan material tempat tidur. Bisa terbuat dari kayu solid, kayu dan baja. Tempat tidur baja tingkat pasti akan sangat kokoh. Sedangkan kayu akan kuat dan awet.

Tak hanya itu, pastikan juga cocok untuk penghuninya, jika kamar anak sebaiknya pilih material kayu. Selain natural dan memberikan rasa hangat, bahan ini juga meminimalisir efek cedera akibat terjatuh.

  •   Jenis Tempat Tidur

Dengan banyaknya pilihan tempat tidur susun, ada baiknya hal ini disesuaikan dengan kebutuhan Anda ya! Jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas, pilihlah tempat tidur dengan kotak penyimpanan atau tempat tidur dengan kasur tambahan untuk membantu Anda saat teman ingin menginap. 

Itulah 12 contoh inspirasi desain kamar anak 2 tempat tidur yang bisa Anda coba terapkan di rumah. Tentu, Anda bisa memilih desain kamar tidur yang sesuai dengan kebutuhan anak, agar nyaman dan bikin betah ya!

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *