8 Ide Interior Ruang TV yang Estetik dan Mewah

Ruang TV seringkali memiliki banyak fungsi, termasuk sebagai ruang pertemuan keluarga. Oleh karena itu, interior ruang TV harus dibuat menarik dan senyaman mungkin.

Jika didesain dengan nyaman, pastinya setiap anggota keluarga akan betah berada di ruang TV ini.

Lalu, bagaimana cara membuat desain interior ruang TV yang sesuai dengan selera dan kebutuhan?

Apakah Anda perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli furnitur mewah atau mengubah struktur ruangan? Tentu saja tidak ! Berikut ini beberapa inspirasinya yang bisa Anda coba di rumah.

8 Ide Desain Interior Ruang TV yang Estetik dan Mewah

Ada beberapa rekomendasi penataan interior ruang TV yang bisa Anda adopsi dan terapkan. Silakan simak beberapa ide berikut ini.

Desain Interior Ruang TV Minimalis

Rekomendasi interior ruang tv yang pertama adalah desain interior minimalis. Desain ini adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang memiliki ruang terbatas atau ingin berhemat.

Ya, desain ini  mengutamakan fungsionalitas dan kepraktisan, tanpa banyak dekorasi atau furnitur yang tidak perlu.

Yang Anda butuhkan hanyalah kursi dan sofa yang nyaman, meja TV yang sesuai dengan ukuran layar, dan rak atau lemari untuk menyimpan barang lainnya.

Desain minimalis ini juga dapat menghadirkan kesan luas dan rapi pada ruangan, Anda dapat menggunakan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, cokelat untuk dinding, lantai dan furnitur.

Jika ingin menambahkan warna, Anda juga bisa menggunakan bantal, permadani, atau tanaman hias untuk memberi aksen pada ruangan.

Desain Interior Ruang TV Vintage

Desain vintage ini menjadi pilihan tepat bagi Anda yang menyukai gaya klasik dan nostalgia. Desain ini menggunakan elemen klasik seperti kayu, rotan, kain bermotif, atau barang antik yang memiliki nilai sejarah atau sentimental.

Desain ini juga menggunakan warna-warna hangat seperti merah, kuning, hijau atau biru untuk menghadirkan suasana hangat dan nyaman pada ruangan.

Desain interior vintage mampu menghadirkan nuansa elegan dan romantis pada ruangan. Anda bisa memilih furnitur dengan bentuk melengkung atau pahatan, seperti meja TV bergaya retro atau shabby chic, sofa bermotif bunga atau polkadot, atau bahkan lampu lantai berbentuk bunga atau lilin.

Jika ingin menambahkan beberapa aksesoris, Anda bisa menggunakan bingkai foto, jam dinding, atau boneka sebagai aksen ya!

Baca juga: Ruang tv minimalis

Desain Interior Ruang TV Tropical

Desain interior tropical ini cocok bagi Anda yang menyukai gaya tropis dan eksotik. Desain ini menggunakan unsur tropis seperti bambu, rotan, daun pisang, kelapa atau bunga segar dalam berbagai warna.

Desain ini juga hadir dengan warna-warna cerah seperti hijau, kuning, merah atau biru yang menghadirkan suasana ceria dan dinamis pada ruangan.

Desain tropis ini  bisa menciptakan kesan ceria dan segar pada ruangan. Pilih saja furnitur dengan bentuk atau corak tropis, seperti meja TV bambu atau rotan dengan warna natural atau putih, sofa berbahan kain dengan motif daun pisang atau bunga, atau bahkan lampu gantung berbentuk kelapa atau nanas.

Jika ingin menambahkan beberapa aksesoris, Anda bisa menambahkan bantal, gorden, atau tanaman hias.

Desain Interior Ruang TV Industrial

Desain yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai gaya modern urban. Desain ini merupakan perpaduan unsur industrial seperti besi, kayu, beton, pipa, kabel atau batu bata yang terlihat mentah dan kasar.

Desain ini juga memiliki struktur ruangan terbuka tanpa atap. Tak hanya itu, interior ruang TV industrial mampu menghadirkan nuansa unik dan artistik pada ruangan lho!

Anda bisa memilih furnitur dengan bentuk geometris atau minimalis, seperti meja TV persegi atau segitiga, sofa kulit berwarna hitam atau cokelat, atau lampu gantung berbentuk bola dan tabung.

Namun, jika Anda ingin menambahkan sedikit warna pada aksesoris di dalam ruangan, Anda bisa menambahkan lukisan, poster, atau tanaman hias sebagai aksen.

Ruang TV Mewah Berkonsep Bioskop

Jika Anda menyukai ide ruang TV yang unik dan berbeda dari lainnya, maka inspirasi yang satu ini layak Anda coba.

Konsep ruang TV mewah ala bioskop tidak hanya menarik secara estetika tetapi juga sangat nyaman. Tak perlu menggunakan sofa berukuran besar, Anda bisa menambahkan kursi satuan sederhana atau bean bag yang nyaman.

Untuk menimbulkan kesan mewah, bahan kursi dan bean bag yang digunakan bisa berupa  suede atau beludru lembut. Jangan lupa untuk meredupkan pencahayaan agar ruang TV mewah Anda semakin terlihat seperti di bioskop ya!

Ruang TV Mewah Gaya Modern

Interior modern masih menjadi konsep yang populer. Menerapkan konsep modern pada sebuah ruangan memang cukup sulit, pemilihan furnitur memegang peranan  penting.

Mulai dari TV, Anda bisa menggunakan model TV datar yang dipasang di dinding untuk menghadirkan nuansa modern.

Selain model TV, Anda juga harus memperhatikan model sofa, meja, dan kursi yang ingin Anda gunakan. Pilihlah furnitur yang mendukung dengan gaya minimalis. Untuk menciptakan kesan mewah, Anda bisa memilih sofa yang berukuran besar.  

Bermain warna juga bisa menjadi trik yang bisa Anda coba. Menciptakan kontras dengan menggabungkan warna terang dan gelap bisa menghadirkan suasana modern, elegan, dan unik.

Warna yang dipilih juga tergantung pada kesukaan Anda, namun sebaiknya gunakan warna emas atau kuning mustard untuk tampilan yang lebih elegan ya!

Baca juga: 11 Inspirasi Wallpaper Ruang TV yang Bikin Adem hingga Cocok Jadi Spot Foto

Desain Interior Ruang TV Rustic

Interior ruang TV rustic merupakan pilihan tepat bagi Anda yang menyukai gaya pedesaan dan alami. Desain ini menonjolkan unsur rustic seperti kayu, batu, tanah liat, jerami atau dedaunan yang terlihat simpel dan natural.

Desain ini juga hadir dalam warna-warna netral seperti cokelat, krem, atau hijau yang memberikan nuansa segar dan natural pada ruangan.

Desain rustic ini juga mampu menghadirkan perasaan hangat dan nyaman pada ruangan. Anda bisa memilih furnitur dengan tekstur atau corak natural, misalnya meja TV berbahan kayu berwarna natural atau dicat putih, sofa berbahan kain atau kulit berwarna krem ​​​​atau cokelat, atau lampu meja berbentuk botol atau keranjang.

Namun, jika Anda ingin menambahkan sedikit aksesoris pada ruangan, Anda bisa menggunakan karpet bulu, selimut rajutan, atau tanaman hias sebagai aksen.

Ruang TV Modern Monokrom

Selain ngobrol dan nonton acara TV, ngemil pastinya jadi hal yang sulit ditinggalkan dari kebiasaan berkumpul keluarga di ruang TV. Maka, tak heran jika ruangan TV cepat kotor.

Akan tetapi, masalah tersebut bisa Anda atasi dengan menciptakan ide desain interior yang menggunakan warna monokrom.

Anda bisa mengaplikasikan cat  abu-abu ke dinding. Ya, warna cat rumah yang sejuk ini akan membuat ruangan TV terlihat lebih keren. Sedangkan untuk tempat duduknya, Anda bisa menggunakan sofa berwarna hitam.

Nah, untuk rak TV, Anda bisa memilih warna putih karena jauh dari jangkauan. Selain anti kotor, ide monokrom ini juga bisa memberikan kesan lebih modern pada ruang TV di rumahmu lho!

Itulah 8 inspirasi desain interior ruang tv yang bisa Anda jadikan referensi. Interior pada ruang TV sangat penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi kenyamanan, keindahan dan fungsionalitas ruangan. Jadi, dari semua desain diatas, mana yang menjadi favorit Anda?

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *