11 Inspirasi Wallpaper Ruang TV yang Bikin Adem

Wallpaper ruang TV kini tersedia dalam banyak motif. Mulai dari motif abstrak, motif alam, hingga motif floral. Tiap-tiapnya punya nilai estetika masing-masing sehingga bisa dipertimbangkan untuk dipasang di ruang televisi.

Seperti diketahui, ruang tersebut kerap dipakai untuk berkumpul dengan keluarga. Menghabiskan waktu dengan mengobrol serta memaksimalkan family time. Agar waktu kumpul makin berkualitas, sebaiknya terapkan wallpaper

Adapun keuntungan menerapkan wallpaper ruang TV adalah menjadikan ruangan tampak lebih hidup. Dengan memilih motif yang tepat hingga dilengkapi fitur khusus, hiasan dinding tersebut juga bisa menjadikan ruangan lebih nyaman.

11 Inspirasi Motif Wallpaper Ruang TV

Bagi Anda yang bingung menentukan motif wallpaper, di bawah terdapat beberapa model yang sedang tren. Jika ingin, Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi dan memilihnya. Lantas, apa saja motif tersebut?

1. Motif Marmer untuk Kesan Mewah dan Luas

Aslinya, marmer identik dengan tampilan classy. Harganya yang tinggi serta motifnya khas berupa garis-garis. Selain biasa diterapkan di lantai, marmer kerap diaplikasikan di dinding.

Kendati begitu, jika Anda tidak bisa memasang marmer karena harganya terlalu tinggi, sebaiknya beli saja wallpaper motif serupa.

Meski tidak menampilkan kesan glossy seperti marmer asli, wallpaper motif ini bisa memberikan nuansa mewah dalam ruangan. Terlebih jika Anda memilih varian warna biru keabu-abuan.

2. Wallpaper Corak Hitam untuk Kesan Elegan

Bagi sebagian orang, wallpaper ruang TV dengan corak hitam kerap dihindari sebab merasa bakal memberikan kesan gelap. Faktanya, jika ruangan ditata dengan baik, kesan tersebut akan hilang.

Menggunakan wallpaper corak hitam justru bisa memberikan kesan elegan pada ruangan. Tak hanya itu, nuansa nyaman dan sejuk juga bisa dirasakan dari ruangan tersebut.    

3. Motif Alam untuk Hadirkan Kesan Fresh

Jika ruang televisi terasa sempit, Anda sebaiknya memilih wallpaper dengan tema alam. Wallpaper ruang TV dengan motif dedaunan, tanaman rambat, bunga, ataupun yang lainnya bisa Anda pilih.

Motif-motif tadi bisa memberikan nuansa yang lebih fresh pada ruangan. Apalagi jika tempat kumpul keluarga ini dilengkapi tanaman dalam pot.

4. Motif Style 70’s untuk Kesan Cozy 

Wallpaper dengan motif style tahun 1970-an juga cocok diterapkan pada ruang televisi. Seperti motif dengan warna colorful yang bisa menjadikan nuansa dalam ruang terasa ceria.

Motif wallpaper dengan gaya retro ini juga bisa memberikan kesan teduh tetapi hangat. Anda hanya harus menambahkan beberapa properti dengan gaya sama seperti halnya tema ruangan.

5. Desain Geometris agar Dinding Terkesan Estetik 

Sejak beberapa tahun silam, desain geometris populer di kalangan anak muda. Banyak furnitur yang hadir dengan desain ini karena menampilkan hasil yang estetik.

Pada wallpaper ruang TV misalnya. Desain tersebut mampu menjadikan ruangan tampak lebih cerah juga. Di samping itu, kesan modern juga tetap terasa. 

6. Wallpaper Bata untuk Menampilkan Look Tradisional

Memilih wallpaper dengan motif bata juga tak kalah bagus. Ruangan akan terkesan tradisional dan alami dengan adanya hiasan dinding tersebut.

Namun, mengingat motif bata terdiri dari beberapa jenis, sebaiknya perhatikan berdasarkan warnanya. Jika ingin menampilkan kesan tradisional yang kontras, pilih wallpaper motif bata merah.

Sementara itu, jika ingin memberikan sentuhan modern dan elegan, tidak ada salahnya memilih motif bata putih.

7. Corak Kayu supaya Ruangan Tampak Klasik dan Hangat

Ruangan dengan gaya klasik tengah populer di beberapa kalangan khususnya anak muda. Tak heran, sebab gaya ruangan tersebut mempunyai esensi yang terbilang abadi.

Jika Anda ingin menyulap ruang TV jadi tempat dengan gaya klasik, gunakan saja wallpaper ruang TV bercorak kayu. Tersedia dalam berbagai pilihan warna, seperti cokelat, cokelat merah, cokelat kekuningan, cokelat oranye, dan lain-lain.

Pilih salah satu yang dirasa menggambarkan karakter keluarga Anda. Untuk memaksimalkan kesan hangat dari nuansa klasik pada ruangan, tambahkan properti ruang dari bahan kayu juga.

8. Wallpaper Tanpa Motif Warna Kalem untuk Ruangan Japandi

Wallpaper tanpa motif sangat cocok untuk menampilkan kesan minimalis modern pada ruangan. Cocok diterapkan jika Anda ingin mengurangi anggaran untuk menghias ruang. Dengan memilih furnitur ini, Anda tidak perlu membeli cat tembok lagi.

Jika ingin menjadikan ruangan terkesan lebih sejuk, Anda bisa memilih varian warna pastel ataupun warna kalem lainnya. Selain menjadikan ruangan kalem, wallpaper ruang TV tanpa motif juga bisa menghadirkan gaya Japandi.

Dengan menambah dekorasi ruang TV minimalis yang fungsional, seperti rak buku, ruangan dipastikan tampak lebih cozy untuk ditempati.

9. Motif Mural untuk Look Instagramable

Ingin menghadirkan look Instagramable di ruang televisi? Anda bisa menerapkan motif mural di satu sisi dindingnya. Pilih motif mural art deco warna pink jika Anda ingin memberikan kesan romantis pada ruangan.

Sementara itu, sisi dinding yang lainnya bisa Anda tambahkan wallpaper motif geometris ataupun motif tanpa corak. Interior dengan warna kalem dan tema modern juga bisa Anda terapkan. Hal itu bisa menjadikan ruangan tampak terkesan dinamis dan kekinian.

Jika mau, ruangan dengan perpaduan gaya kontemporer ini bisa dijadikan tempat foto. Baik sendiri maupun dengan keluarga.

10. Motif Wallpaper 3D Jadikan Ruangan Lebih Hidup

Untuk Anda yang ingin memberikan nuansa nyata pada ruangan atau menjadikannya terkesan hidup, wallpaper ruang TV motif 3D cocok dipilih. Saat ini, wallpaper satu ini tersedia dalam banyak motif. Mulai dari motif floral, hewan, maupun karakter.

Kendati begitu, jenis wallpaper ini terbilang kurang cocok jika ditempatkan di ruangan dengan ukuran terbatas. Alih-alih memilih motif 3D, ruang TV sempit bagusnya menerapkan wallpaper corak geometri ataupun bubble.

Baca juga: 7 Alternatif Penutup Dinding Selain Wallpaper untuk Mempercantik Ruangan

11. Wallpaper Motif Tropical untuk Kesan Segar

Sempat populer di tahun 2021, wallpaper motif tropical juga masih cocok diterapkan di tahun ini. Hadir dengan kombinasi warna putih dan hijau sehingga tampilannya terkesan segar.

Menerapkannya ke ruangan tempat kumpul keluarga juga bisa menjadikannya terkesan atraktif. Terlebih jika corak tanamannya terkesan unik dan beda. Misalnya, berukuran besar dengan warna hijau mencolok.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa motif ini serupa dengan wallpaper mural. Yang mana, pengaplikasiannya lebih direkomendasikan di ruangan dengan ukuran cukup luas. 

Dari informasi di atas, dapat diketahui bahwa ada banyak sekali motif wallpaper ruang TV yang cocok diterapkan di ruang televisi. Hanya saja, beberapa hal sangat penting diperhatikan sebelum pemilihan motifnya.

Adapun salah satu hal yang penting diperhatikan adalah luas ruangannya. Beberapa motif ada yang lebih cocok diterapkan pada ruangan luas saja. Jika dipaksakan ditaruh di ruang sempit, tampilannya bisa jadi kurang berkesan.

Selain luas, Anda sebaiknya menyiapkan properti ataupun furnitur lain yang bisa memaksimalkan tampilan menarik di ruangan. Itulah informasi seputar wallpaper ruang TV, semoga bermanfaat. 

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar