Skip to content

Tips Memilih Kaca Jendela Terbaik untuk Hunian Minimalis Anda

Jendela menjadi salah satu elemen hunian yang fungsi dan keberadaannya amat penting. Sementara kaca jendela sendiri merupakan elemen pendukung yang kalau tidak ada sepertinya akan terlihat aneh.

Bicara soal kaca jendela, hal yang harus Anda pertimbangkan dengan baik adalah saat memilih jenisnya. Sebab, ada cukup banyak jenis kaca yang biasa dipakai untuk melengkapi daun jendela.

Pembahasan seputar kaca untuk jendela ini nanti tidak hanya akan seputar pemilihan jenisnya saja ya. Namun juga akan ada beberepa poin pembahasan lain sebagai pengantar dan pelengkap.

Nah, apa saja yang akan kita bahas? Kita akan bicara dari mulai:

  • Fungsi Jendela pada hunian
  • Jenis-jenis Kaca untuk Jendela
  • Pentingnya Memilih Kaca Jendela Terbaik
  • Dan Tips Merawat Kaca Jendela Rumah

Oke itu dia listnya ya, selanjutnya dibawah ini kita akan bahas satu-satu dari yang paling atas supaya penjelasannya berurutan.

Fungsi Jendela unuk Rumah Hunian

Poin ini sebenarnya cukup klasik ya, karena sepertinya sebagian besar dari Anda tahu apa fungsi dari jendela itu sendiri.

Jendela sudah jadi bagian penting dari sebuah hunian apapun modelnya, baik tradisional maupun gaya modern seperti saat ini. Perannya cukup vital untuk membuat udara dan cahaya masuk ke dalam ruangan dalam rumah.

Jika menilik gaya rumah saat ini, hampir semua ruangan pasti ditambahkan jendela karena memang sebegitu pentingnya.

Apalagi saat ini rumah-rumah sudah menggunakan plafon yang mana membuat ruangan jadi makin panas. Nah, jendela inilah yang fungsinya untuk membuat udara segar bersirkulasi dan masuk ke dalam ruangan.

Jadi jelas ya fungsi jendela itu untuk apa?

Kalau melihat tren hunaian modern saat ini sih, jendela sudah bukan hanya sekedar fungsinya saja yang diambil. Namun juga ditujukan untuk mendukung tampilan estetika rumah.

Nanti akan ada sub bahasan tentang pemilihan kaca jendela supaya rumah jadi makin cantik.

Jenis Jenis Kaca untuk Jendela

Rumah tanpa jendela seperti goa yang tidak ada bukaan sedikitpun.

Benarkah begitu?

Bayangkan jika tidak ada jendela maka pasti akan gelap dan jika jendela tanpa kaca maka bisa jadi daun jendelanya akan tanpa ada cahaya sedikitpun bisa masuk (tanpa dibuka).

Pentingnya kaca jenela membuat kita harus selektif memilih yang terbaik karena ada banyak jenisnya.

Berikut ini adalah beberapa alternatif jenis kaca yang bisa dipilih untuk jendela di rumah Anda:

Kaca Clear

Kaca Clear merupakan jenis kaca yang paling umum digunakan sebagai kaca jendela. Sesuai namanya, kaca clear berarti bersih tanpa ada motif apapun dan bersifat transparan serta tembus sinar matahari langsung.

Disebut juga dengan kaca polos, kaca jenis ini dihasilkan dari perpaduan dengan lapisan tempered atau laminated supaya kekuatannya lebih tahan.

Ditambah lagi, berkat invoasi terbaru para praktisi, kaca clear dulunya menghasilkan pantulan hijau yang kurang nyaman saat dilihat. Sekarang, bayangan hijau pada permukaan kaca clear sudah hilang dan menjadikannya ekstra clerar.

Jika Anda belum menyadari perbedaan tersebut, cobalah untuk mengamatinya secara langsung antara kaca polos terdahulu dengan yang keluaran sekarang-sekarang ini.

Efeknya, saat dipakai sudah enak karena tidak ada gangguan bayang-bayang hijau yang mengganggu.

Bahkan karena polosnya, Anda bisa mengadopsi desain kaca jendela motif bunga terbaru yang saat ini sedang tren.

Kaca Riben

kaca jendela

Kaca riben merupakan sebutan untuk produk kaca tinted di Indonesia yang dibuat dengan bahan baku yang berbeda dari material kaca polos.

Tidak heran, kaca riben bisa menghasilkan warna-warna khusus yang membuat tampilan permukaannya terlihat cantik.

Karena permukaannya yang berwarna-warni dan dibuat khusus, wajar ika kaca riben ini mampu mengurangi panas matahari langsung yang masuk ke ruangan.

Sehingga, kaca riben ini pasti cocok untuk jadi kaca jendela rumah Anda yang tinggal di area panas.

Kaca Reflektif

Selanjutnya ada kaca jendela relfletif yang secara keunggulan di atas kaca riben.

Jika kaca riben mampu menolak panas alias tidak tembus panas dengan baik, maka kaca reflektif lebih bagus lagi dalam keunggulan yang sama itu.

Kaca reflektif mampu menghadang sengatan sinar matahari dengan jauh lebih baik sehingga tidak tembus ke ruangan.

Kaca reflektif sendiri merupakan kaca polos yang diberi lapisan coating metal khusus yang berfungsi anti tembus panas matahari yang mana kualitasnya jauh lebih baik dari pada kaca riben.

Akan tetapi lantaran gabungan kaca polos dan lapisan coatingnya inilah yang membuat efek transparan dari jenis kaca yang satu ini semakin berkurang.

Kaca Low E

Kaca jendela jenis ini lebih baik lagi ketimbang reflektif. Sebab, tidak hanya dari sisi keunggulan anti tembus panas saja, tampilannya tetap transapan sehingga mudah untuk dilihat dari dalam keluar jendela.

Kaca Low E ini pada prinsipnya sama seperti kaca reflektif, karena hanya diberi coating metal di permukaan kaca polos dengan teknologi tinggi.

Jadi meskipun anti tembus panas, juga dari sisi tampilannya tetap transparan sehingga pandangan saat melihat kaca ini tidak terganggu.

Kaca Frosted

kaca jendela

Jenis kaca lainnya yang juga biasa dipakai untuk jendela ialah kaca es (frosted glass).

Frosted glass ini adalah penyebutan umum untuk jenis kaca yang buram seperti ada embun es. Kaca frosted ini biasanya dibuat dengan metode sandblasting baik dengan melapisi dengan coating khusus atau dipasang sticker.

Tingkat keburaman yang dihasilkan termasuk sangat halus dan lembut sehingga tetep enak dilihat untuk menunjang estetika hunian.

Karena permukaannya yang buram dan tidak transaparan maka kaca ini cocok diterapkan sebagai kaca jendela untuk ruangan-ruangan khusus yang memerlukan privasi.

Seperti kamar mandi, dapur, atau gudang yang hanya memerlukan sedikit tambahan cahaya dari luar ruangan tanpa ingin bagian dalamnya mudah dilihat orang lain dari luar.

Tips dan Pentingnya Memilih Kaca Jendela Terbaik

Sekali lagi, peran penting kaca jendela untuk hunian jelas terasa karena tidak lepas dari fungsinya sebagai bukaan.

Dari jenis-jenis kaca jendela di atas tentu Anda sudah mengantongi mana saja yang akan Anda adopsi ke dalam rumah Anda.

Yang jelas dalam menentukannya sebaiknya berpedoman pada keserasian dengan ruangan. Maksudnya adalah menyesuaikan dengan ruangan dimana jendela itu akan dipasang.

Sebab fungsi dari masing-masing kaca di atas juga berbeda. Untuk ruangan utama yang tidak terlalu privatif bisa gunakan kaca polos. Sementara jika ruangan yang benar-benar ingin Anda jaga privasinya dari dilihat orang lain dari luar bisa gunakan kaca reflektif atau frost.

Pemilihan jenis kaca ini menjadi penting karena erat kaitannya dengan kenyamanan Anda selama di rumah.

Semakin bagus kaca pada jendela maka semakin indah dan nyaman juga Anda beraktivitas di rumah. Ingat bahwa kaca jendela adalah sekaligus sumber pencahayaan alami ruangan yang sama pentingnya dengan elemen lain seperti pintu.

Pentingnya Merawat Kaca Jendela

Setelah Anda menentukan mana jenis kaca terbaik yang jadi pilihan Anda, selanjutnya kita bahas bagaimana cara tepat merawat kaca jendela di rumah.

Ini bahasan yang terlihat sepele namun penting karena banyak orang sering mengabaikan perawatan kaca jendela. Alhasil kotoran menumpuk dan menjadikan tampilan kaca terlihat kusam dan jorok.

Untuk melakukan perawatan kaca jendela cukup mudah. Anda hanya butuh alat-alat seperti kain lap, cairan pembersih, dan kanebo.

Yang dibutuhkan dalam peawatan kaca jendela adalah konsitensi Anda yang mana mestinya dijadwalkan untuk pembersihannya agar tidak lupa dan tidak terbiasa mengabaikannya.

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Kusen Jendela dan Pintu yang Bagus

Kesimpulan

Dari uraian di atas bisa disimpilkan bahwa ada berbagai macam jenis kaca yang bisa dan biasa dipakai untuk jendela rumah.

Masing-masing jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karenanya Anda perlu memilih salah satu yang terbaik untuk jadi pilihan kaca ruangan rumah Anda.

Jika pemilihannya benar maka hasil dan dampaknya akan posoitif untuk kesehatan, kenyamanan, dan keamanan Anda dan keluarga.

Sebaliknya jika salah dalam menentukan jenis kaca yang tepat bisa jadi malah akan mengganggu dan membuat aktivitas apapun di rumah jadi terganggu.

Selanjutnya jika sudah didapat kaca jendela yang pas, cantik dan bagus maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan secara konsisten.

Pentyingnya merawat jendela kaca adalah karena elemen yang satu ini punya peran yang penting untuk membantui mempercantik rumah. Bila diabaikan maka otomatis kaca akan mudah terkena noda dan tidak enak dilihat.

Semoga Anda termasuk orang yang peduli dengan keberadaan kaca jendela dengan cara merawatnya sebaik dan sekonsisten mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.