4 Ide Desain Kamar Tidur Apartemen dan Inspirasi Furnitur

Kamar tidur apartemen memiliki fungsi sebagai tempat beristirahat melepas penat setelah banyak melakukan aktivitas dengan cara tidur. Tata letak kamar tidur apartemen didesain mengikuti tipe apartemen yang dipilih.

Misalkan yang paling umum ditawarkan adalah apartemen studio, tipe apartemen dengan 1,2,3 kamara tidur, bahkan ada yang tipe penthouse. Alangkah baiknya sebelum Anda membeli unit apartemen, kenali terlebih dahulu apartemen yang akan dibeli.

Kemudian sesuaikan dengan kebutuhan, misalkan jika Anda akan menempati apartemen tersebut sendirian pilihlah tipe studio atau tipe 1 kamar.

Nah, jika Anda ingin menempati apartemen tersebut bersama keluarga Anda, Anda dapat memilihi apartemen dengan 2 sampai 3 kamar.

Jika sudah memilih apartemen sesuai yang diinginkan, pastikan Anda mendesain kamar tidurnya sebagus mungkin agar membuat Anda betah berlama-lama dirumah.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, kebanyakana orang menghabiskan waktunya dengan hanya berada di rumah atau di apartemen. Pastikan juga, dalam memilih furnitur untuk kamar tidur di apartemen harus sesuai dengan fungsinya.

Contoh Desain Kamar Tidur Apartemen +Furniture

Jika Anda masih bingung mencari desain dan furnitur yang cocok untuk kamar tidur pada apartemen Anda, berikut ini disajikan beberapa inspirasi furnitur dan desain kamar tidur apartemen. Simak untuk informasi lebih lanjut.

1. Kamar Tidur Mewah

Kamar Tidur Apartemen
Kamar tidur apartemen via akamaized.net

Anda termasuk orang yang suka dengan barang-barang mewah? Atau desain apartemen mewah? Bagi Anda yang menyukainya, inspirasi desain pertama ini mungkin akan cocok dan perlu Anda perhatikan baik-baik.

Karena tema yang di pakai adalah kamar tidur dengan konsep mewah. Anda dapat memunculkan kesan mewah pada kamar tidur Anda dengan cara menonjolkan desain arsitektur, menambahkan berbagai macam furnitur dengan kualitas bagus dan desain yang dominan.

Kemudian, sebagai sentuhan terakhirnya Anda harus menggunakan pencahayaan yang teapt. Seperti contoh desain yang satu ini. Cara menghadirkan kesan mewah dengan cara menggunakan material-material dasar yang bagus.

Lantai apartemen berbahan dasar parket kayu dengan warna mengkilap yang dihasilkan. Untuk material dinding tidak menggunakan batu bata kemudian di cat, tapi dilaipis lagi menggunakan material lain berupa panel.

Untuk memunculkan desain arsitektur, panel dinding yang digunakan dibuat bertekstur dengan pilihan paduan warna coklat susu dengan coklat tua. Warna coklat tua dibuat seperti balok kayu yang disusun vertikal.

Sedangkan pada panel berwarna coklat susu dibuat motif garis berwarna silver dengan tambahan palang kayu yang dapat digunakan sebagai rak penyimpanan. Pemilihan tempat tidur yang mewah dengan perpaduan warna abu tua dan abu muda melengkapi kemewahan yang disajikan.

Anda dapat memilih ukuran ranjang tempat tidur ini sesuai kebutuhan. Bisa memilih ukuran untuk satu orang, dua orang, bahkan ukuran ranjang jumbo untuk tiga orang. Jangan lupa gunakan bed cover tebal dan halus, serta lengkapi dengan bantal tidur yang empuk.

Pada kedua sisi ranjang, berikan meja kecil untuk menaruh benda-benda yang dibutuhkan. Misalkan untuk menaruh handphone, buku bacaan sebelum tidur, air minum, atau bahkan berkas pekerjaan yang sedang Anda kerjakan.

Ini akan memudahkan Anda, jadi jika Anda sudah terlanjur mengantuk cukup taruh benda yang habis dipakai pada meja dekat Anda tidur. Tidak perlu berjalan jauh untuk menyimpannya.

Pada sisa ruangan yang masih ada, Anda bisa menambahkan satu set sofa duduk mewah lengkap dengan meja yang agak besar.

Sofa ini membantu membuat ruang kamar tidur apartemen Anda terlihat lebih mewah. Anda bisa menggunakannya untuk duduk santai menikmati segelas minuman sembari melihat pemandangan luar apartemen. Jangan lupa untuk menambahkan karpet halus dan bantal duduk.

Sebagai sentuhan terakhir, gunakan lampu LED sebagai pencahayaannya. Bisa Anda variasikan dengan menggunakan lampu LED panjang yang diletakkan di balik senderan ranjang tidur yang menempel pada tembok.

Karena lampu ini tidak begitu terang, gunakan lampu utama (lampu gantung) model ring sebanyak tiga buah yang di dekorasi sedemikian rupa. Anda juga dapat menambahkan lampu LED biasa yang terpasang pada atap plafon kamar tidur.

Yang satu ini juga jangan sampai terlewatkan. Anda bisa menambahkan jam dinding besar dengan desain klasik, serta lukisan di dinding yang tersisa.

Anda juga dapat menambahkan barang elektronik seperti televisi pribadi di kamar tidur apartemen tersebut beserta AC sebagai pelengkapnya.

Jika ingin desain kamar tidur tersebut nampak lebih mewah dan klasik jangan terlalu banyak menggunakan hiasan tanaman di dalamnya, itu malah akan menjadikan kamar tidur Anda terlihat asri.

Gunakan saja hiasan berbahan keramik, marmer atau gelas kaca agar ruangan semakin tampak mengkilap.

Jika Anda ingin ruangan tersebut lebih lengkap, Anda juga bisa menambahkan satu set meja rias yang bisa diletakkan di depan ranjang tidur. Lengkapi dengan kaca yang besar dan lampu sebagai penerangnya.

Jangan lupa untuk menambahkan kursi untuk duduk ketika sedang make up. Kursi ini bisa divariasikan dengan pilihan kursi ottoman yang bagus.

2. Kamar Tidur Sederhana

Kamar Tidur Apartemen
Kamar tidur apartemen via asset.kompas.com

Inspirasi desain kamar tidur apartemen yang kedua adalah kamar tidur apartemen sederhana. Ternyata kamar tidur sederhana memiliki beberapa keunggulan lho. Diantaranya adalah barang yang dibutuhkan lebih sedikit dsn yang terpenting dapat menghemat uang.

Dengan begitu, kamar akan mudah dibersihkan dan dapat lebih mudah merubah tampilan karena tidak perlu merubah banyak hal. Jadi, jangan mengira jika mempunyai kamar tidur sederhana akan kalah dengan kamar tidur yang mewah.

Masing-masing pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Toh, di masa sekarang banyak orang yang memakai konsep sederhana pada desain ruangan mereka. Jika Anda dapat mengakali desain tersebut, maka kamar tidur sederhana tersebut dapat disulap menjadi istimewa.

Nah, berikut inspirasi desain kamar tidur apartemen yang dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan. Desain kamar tidur sederhana ini dilengkapi dengan ranjang yang muat untuk dua orang. Sebenarnya Anda dapat memakai ranjang yang lebih kecil menyesuaikan kebutuhan.

karena ruangan berwarna dasar putih, Anda bisa memilih ranjang dengan warna abu-abu muda yang divariasikan dengan biru tua. Lengkapi juga dengan bantal tidur dan selimut untuk menambah kenyamanan.

Usahakan memakai ranjang dan kasur busa untuk menambahkan kesan modern. Kemudian, letakkan ranjang ini didekat jendela (membelakangi jendela). Lalu, letakkan meja yang lengkap dengan kursi sebagai tempat kerja atau melakukan hal lainnya.

Meja yang digunakan meja kecil saja menyesuaikan tempat yang tersisa. Meskipun tidak terlalu besar, tetapi meja ini cukup untuk meletakkan benda keperluan Anda. Pada sisi tembok yang kosong di sebelah ranjang tidur, tempatkan rak putih untuk menaruh hiasan kamar tidur.

Bisa bunga hias, foto dan lukisan, bahkan tas yang Anda gunakan. Rak ini akan menghemat ruangan agar muat untuk barang-barang Anda. yang terakhir, Anda bisa menambahkan lampu utama di langit-langit kamar tidur dan satu lampu tidur di atas ranjang dekat dengan jendela.

3. Kamar Tidur Minimalis

Kamar Tidur Apartemen
Kamar tidur apartemen via hermosainteriordesign.com

Inspirasi desain kamar tidur apartemen yang ketiga adalah kamar tidur apartemen minimalis. Jika ruang kamar tidur Anda pada apartemen kecil dan sempit, hal ini dapat diatasi dengan desain satu ini.

Desain ini sangat mempertimbangkan ukuran ruangan yang Anda miliki, tetapi sangat memperhatikan unsur modern namun sederhana. Karena tempatnya yang sempit, disarankan menggunakan ranjang tempat tidur tumpuk yang bertingkat.

Ranjang ini yang kasurnya dapat ditarik dikeluarkan saat ingin dipakai, dan saat sudah tidak dipakai dapat di dorong kembali ke tempat semula. Model kasur ini dipakai untuk menghemat tempat pada ruang kamar tidur yang sempit.

Dengan ini kasur akan muat untuk banyak orang tetapi tidak memakan tempat. Jangan lupa untuk menambahkan bantal dan selimut ya. Lalu, sisa ruangan dekat dengan jendela Anda bisa menggunakannya sebagai meja kerja.

Spot ini dipilih karena ketika Anda sedang melakukan pekerjaan, Anda tidak akan mudah suntuk karena dapat melihat aktivitas luar gedung. Tambahkan meja dengan memaksimalkan panjang sisa ruang tersebutu.

Karena meja lumayan kecil, pilihlah meja yang didesain memiliki saku rak dibagian bawahnya. Ini bisa Anda gunakan untuk menyimpan laptop atau berkas lain. Jangan lupa juga untuk menambahkan lampu belajar atau lampu lainnya serta bunga sintesis sebagai hiasan.

Jangan lupa juga tambahkan kursi sebagai pelengkap. Untuk menutup jendela pada malam hari, gunakan gorden modern yang menjuntai panjang dari langit-langit atap hingga ke lantai. pilih bahan yang tebal atau kualitas bagus lainnya untuk memunculkan kesan modern.

Anda juga dapat menambahkan jam dinding besar maupun jam weaker untuk melengkapi kamar tidur Anda. Basic material kamar yang dipakai seperti tembok dan lantai juga mempengaruhi desain terlihat bagus atau tidak.

Sekarang sudah banyak apartemen yang menggunakan lantai berbahan granit dan dinding yang dilapisi panel. Penggunaan material ini akan membuat kamar tidur Anda lebih bagus.

4. Furnitur Kamar Tidur Apartemen

Kamar Tidur Apartemen
Kamar tidur apartemen via cloudfront.net

Untuk furnitur apartemen mungkin sudah banyak disebutkan di atas, tetapi jika Anda masih ingin pembahasan lebih khusus, berikut furnitur kamar tidur yang biasa digunakan pada kamar tidur apartemen. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi.

Furnitur yang paling wajib ada adalah tempat tidur atau ranjang tidur. Jika pada kamar tidur tidak memiliki ranjang, dimana Anda akan beristirahat? Sebegitu pentingnya tempat tidur, disarankan dalam memilihnya harus jeli agar memberikan kenyamanan untuk Anda.

Pastikan kualitasnya bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda, bisa ukuran saru orang, dua orang, dan tiga orang. Furnitur selanjutnya yang biasa ada di kamar tidur adalah rak penyimpanan.

Sesuai dengan namanya, rak ini digunakan untuk menyimpan berbagai macam benda atau barang kebutuhan sehari-hari Anda.

Rak dipilih karena banyak memiliki pocket. Hal ini akan memudahkan penggunanya memisahkan barang sesuai kebutuhan tanpa harus tercampur satu sama lain. Terlebih ruangan dengan rak akan lebih nampak rapih.

Kemudian, furnitur lainnya adalah sofa minimalis. Biasanya sofa memang dipakai di ruang tamu, tetapi sekarang kebanyakan orang juga menambahkan sofa pada kamar tidur mereka.

Namun sofa yang dipakai adalah sofa minimalis (tidak sebesar sofa ruang tamu), furnitur ini ditambahkan untuk tempat duduk bahkan juga dapat digunakan untuk tidur.

Lalu, adanya sofa minimalis kurang lengkap rasanya bila tidak aja meja kecil di sekitarnya. Maka, furnitur satu ini masuk kedalam salah satu furnitur yang penting, karena digunakan untuk meletakkan barang seperti koran, majalah, dan buku bacaan atau barang apapun itu yang menunjang aktivitas sehari-hari.

Jika tidak ada meja, masa iya barang Anda akan Anda letakkan di lantai, tidak kan?
Inspirasi furnitur yang terakhir ini tidak wajib ada di kamar tidur Anda. tetapi bisanya banyak orang menambahkan furnitur satu ini karena dianggap wajib bagi perempuan.

Ya, yang dimaksud adalah meja rias. Meja rias digunakan untuk make up dan meletakkan peralatannya supaya tidak tercecer. Biasanya dilengkapi kaca besar dan kursi duduk sebagai pelengkap. (fy), Editted 10/01/2021 by Diminimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *