Skip to content

Keramik untuk Teras Rumah yang Bagus, Tidak Licin

Desain teras minimalis, erat kaitannya dengan visibility lantainya. Bicara bahan material pada lantai teras rumah, sebenarnya ada begitu banyak pilihan. Seperti kayu, semen, batu bata hingga keramik adalah sekian material lantai yang cocok untuk diterapkan pada teras rumah.

Sebut satu saja misalnya, material keramik untuk teras rumah. Material ini bisa jadi pilihan terbaik karena sudah dikenal luas sebagai salah satu material unggulan untuk lantai baik interior maupun eksterior.

Meski tidak berarti material lain buruk, namun keramik punya sisi keunggulan yang berbeda bahkan dari sisi popularitasnya yang lebih dulu terkenal.

Material keramik terbilang cukup murah dan mudah didapat di berbagai toko bangunan. Termasuk berbagai model keramik teras.

Ditambah lagi secara kualitas, lantai dari keramik tidak kalah estetis dan bahkan dalam kondisi tertentu lebih awet.

Jadi, dari sekian banyak pilihan sebelumnya tadi, opsi keramik untuk teras rumah bisa jadi pilihan yang menurut kami paling worth it.

Sekaligus ini juga lah topik yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini.

Opsi Material Lain Selain Keramik untuk Teras Rumah

Kayu, semen, batu alam dan masih banyak lagi…

Ada begitu banyak pilihan material di luar sana, mana kira-kira yang terbaik untuk dipilih sebagai material lantai teras rumah minimalis Anda?

Tidak perlu dijawab dulu..

Kami susul dengan pertanyaan lainnya, penting atau tidak sih teras rumah dibuat bagus dengan pilihan material terbaik?

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh portal properti Fotocasa, sejak Covid 19 melanda, ada kenaikan sebanyak 40 % lebih orang yang menginginkan sebuah rumah dengan tambahan balkon / teras.

Yang dimaksud disini terkait dengan pencarian rumah siap huni yang dibeli ya. Dengan kata lain, kebutuhan banyak orang akan desain teras yang bagus, balkon rumah untuk berjemur atau duduk di area terbuka saat lokdown itu masih tinggi.

Keinginan penambahan taman rumah juga meningkat seiring berjalannya waktu karena kebutuhan akan eksterior rumah yang indah.

Poin Penting Mempertimbangkan Material Keramik Sebagai Lantai Teras Rumah

Hal-hal yang perlu dipikirkan ketika Anda hendak menjadikan keramik untuk teras rumah Anda:

Perhatikan nilai porositas (pori permukaan) material keramik

Jika Anda mencari material lantai untuk teras yang terbuka, sebaiknya gunakan material keramik jenis porselen karena memiliki porositas yang rendah.

Sebab, material dengan prositas yang rendah akan menyerap lebih sedikit air, sangat tahan terhadap cuaca dan lebih tahan gores.

Pilih berdasarkan ketebalan

Semakin tebal ubin keramik yang Anda pilih, maka semakin kuat ketahannnya.

Secara umum, ketebalan rata-rata ubin untuk eksterior rumah seperti teras adalah 10 mm. Meski begitu Anda bisa mendapatkan ubin lantai dengan ketebalan hingga 20 mm yang mudah dipasang dan tidak memerlukan perekat atau sambungan apapun.

Ubin yang tebal bisa dipasang dengan lebih mudah bahkan bagian bawahnya bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beragam perkakas seperti kabel, pipa air, dan lain sebagainya.

Pilih Ukuran Keramik yang Paling Sesuai

keramik untuk teras rumah
Material keramik untuk teras via pinterest.com

Saat Anda memilih ubin keramik untuk lantai teras rumah, utamakan memilih ubin dengan ukuran yang besar. Ukruan ubin keramik yang besar akan terlihat indah dan mengesankan space yang luas.

Sementara jika ukuran kecil juga bukan berarti tidak bagus, akan tetapi kurang pas jika ditempatkan pada lantai luar rumah alias teras. Plus, kebutuhan pembelian juga makin banyak.

Material keramik untuk teras rumah saat ini sudah banyak diproduksi dalam berbagai ukuran. Tujuan produsen tentu agar konsumen punya lebih banyak pilihan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau luas terasnya.

Pada umumnya, keramik teras berukuran 30×30 cm, 40×40 cm hingga 100×100 cm. Varias ukuran ini bisa dipilih sesuai dengan luas lahan teras yang akan dipasangi keramik.

Oleh karenanya, sebelum membeli keramik, Anda perlu menghitung luas terasnya terlebih dahulu. Agar, kebutuhan keramik yang akan dibeli bisa diperkirakan.

Pilih material keramik yang tidak licin

Jika Anda mencari pilihan teraman untuk teras rumah Anda, pilihlah jenis lantai keramik yang tidak licin. Mirip seperti pada penggunaan kolam renang, yang menggunakan ubin anti selip.

Tujuan memilih keramik anti selip adalah untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan karena terpeleset. Mungkin tidak bermasalah jika teras rumah Anda tidak tersentuh matahri dan air hujan sehingga kecil kemungkinannya akan licin.

Berdasarkan sifat anti-selipnya (GRIP), kelas 3 (atau R11) merupakan tingkat tertinggi ubin anti licin. Untuk pertimbangan ini, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak seller dan pilih keramik yang tidak licin.

Jenis Keramik untuk Teras paling Pas

Meski sudah memutuskan untuk memakai material keramik untuk teras rumah Anda, namun masih ada PR lanjutan yang harus Anda siapkan.

Yaitu, memilih jenis keramik terbaik yang bisa dipilih. Terbaik disini berarti memiliki kelebihan dan kekurangan yang banyak sedikit sehingga didapat hasil desain terbaik.

Nah, keramik untuk teras sendiri ada beberapa jenis yang bisa Anda pilih, diantaranya:

1. Keramik Porselen

keramik untuk teras rumah
keramik porselen via unsplash.com

Jenis keramik yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dipakai sebagai ubin lantai teras. Kenapa reccomended, tidak lain adalah karena material keramik porselen terbilang kuat, tahan lama dan termasuk yang berkualitas tinggi.

Jika Anda mencari ubin lantai teras yang kuat, anti gores, dan tahan terhadap suhu, maka pilihan Anda bisa dijatuhkan pada keramik porselen ini.

Apalagi, variasi motifnya juga banyak. Kalau mau mencari lantai porselen yang tidak biasa seperti mirip motif batu, marmer atau kayu, cukup mudah menemukannya karena sudah banyak tersedia di pasaran.

2. Keramik Batu (Stoneware)

Jenis keramik batu (stoneware) memiliki struktur tekstur yang halus dan kokoh, harganya terbilang murah dan mudah dalam pemasangannya.

Hanya saja, kekurangannya adalah pada bentuknya yang lebih tipis dari porselen sehingga kurang kuat jika dipasang untuk penggunaan eksterior rumah.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Teras Rumah untuk Jualan

3. Keramik Gerabah

Keramik gerabah ini terbuat dari berbagai jenis tanah liat. Keramik jenis ini ideal dan cocok untuk memberikan tampilan teras yang khas nuansa pedesaan.

Meski terbilang awet dari sisi kekuatan, keramik jenis ini ternyata memerlukan perawatan khusus dan harus selalu dijaga kebersihannya lantaran sangat sensitif terhadap noda.

Jadi, keramik yang bagus untuk dipilih menjadi ubin teras itu yang seperti apa?

Dari banyaknya pilihan material, memilih keramik untuk teras rumah jenis porselen mungkin jadi opsi terbaik. Meski jenis batu dan gerabah tak kalah bagus, namu jika dilist keunggulannya, porselen lebih baik setingkat di atasnya.

Keramik, selain variasi motifnya yang beragam, dari sisi kekuatan dan keawetan juga bersaing dengan material unggulan lainnya. Jadi, siapkah untuk menjatuhkan pilihan keramik untuk teras rumah Anda? Editted 21/07/2022 by UN.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.