Merancang Konsep Desain Teras Depan Rumah

Sedang cari referensi desain teras depan untuk rumah Anda? Sebenarnya sudah ada banyak gambaran desain teras depan rumah yang bisa Anda peroleh dengan mudah lho.

Tidak lain dan tidak bukan karena teras sendiri sudah umum ada dan include ke dalam sebuah hunian minimalis maupun non minimalis bergaya modern saat ini. Baik pada hunian dengan spesifikasi ukuran yang kecil seperti type 36, 45, atau bahkan di atasnya.

Jadi sebenarnya mudah saja untuk mencari referensi desain terbaik untuk Anda ambil. Apalagi sekarang eksplorasinya sudah cukup mudah, sudah ada internet.

Lanjut ke pertanyaan klasik yang sering jadi F.A.Q.

Kenapa sih teras rumah perlu dibuat bagus seperti halnya ruang dalam?

Sebenarnya alasannya cukup jelas, bahkan tidak perlu disebutkan panjang lebar. Teras depan sudah sangat lumrah untuk didesain sebaik mungkin karena elemen hunian ini sudah seperti “wajah” dari rumah itu sendiri.

Seperti halnya tubuh, soal perawatan wajah, banyak orang berani berinvestasi besar untuk membuatnya mulus, cantik, dan menarik.

Sama juga dengan teras sebagai bagian terdepan dari rumah yang banyak manfaatnya, membuatnya bagus juga bisa berarti investasi.

Jika ditinjau dari manfaat psikologis, maka adanya teras erat kaitannya dengan kesehatan mental dan jiwa Anda saat berada di rumah.

Teras sduah seperti sebuah elemen eksterior yang tak terpisahkan lagi dari sebuah hunian.

Ibarat kata, tanpa adanya teras seperti belum bisa disebut rumah siap huni.

Jadi, mari kita pertegas alasan kenapa Anda perlu merancang desain teras depan atau samping, dan belakang rumah Anda dengan baik, cantik, dan menarik.

Dua Poin Penting Soal Merancang Desain Teras

Teras diakui sebagai ide tambahan yang bagus untuk rumah bergaya minimalis. Sama seperti halnya serambi atau balkon rumah, teras sebenarnya memberi Anda kesempatan untuk menuangkan ide-ide kreatif Anda.

Inspirasi dan ide yang tepat akan berpengaruh terhadap hasil desain dan kenyamanannya.

Pemilihan furniture dan elemen tambahan yang tepat seperti menambahkan tanaman, air mancur, hingga taman bermain, pengaruhnya pada tingkat ketenangan.

Belum lagi, tren desain teras depan gaya modern saat ini memberi Anda kesempatan lebih banyak untuk memilih berbagai macam ide dan pilihan:

Pertama, Pemilihan Material untuk Dinding dan Lantai

Pertanyaan pertama yang muncul di benak Anda bisa jadi adalah soal material untuk lantai dan dinding teras rumah Anda. Aakah akan menggunakan material batu alam untuk dinding teras rumah Anda, granit untuk lantainya, atau yang lain.

Sebenarnya, pertimbangan soal ini bisa didasarkan pada apakah ada ruangan di rumah Anda yang berdekatan dengan teras. Jika ada maka Anda bisa menyesuaikan material dinding lantainya jadi senada.

Tidak hanya itu, apakah teras rumah Anda akan ada tambahan tamannya atau tidak.

Jika tidak maka yang perlu Anda pikirkan cukup konsep terasnya saja. Tapi jika mau ada tambahan taman, maka perlu ada pertimbangan tambahan. Di poin selanjutnya nanti akan kita bahas lebih jauh.

Kembali ke soal pemilihan material di awal.

Jadi, desain teras depan rumah Anda akan didominasi oleh material apa?

Dindingnya mau pakai lapisan apa, lantainya juga begitu, Anda bisa pilih sejak awal.

Pilihannya ada batu alam. granit, atau cor biasa. Material-material sejenis ini jika diterapkan dengan benar, maka akan tahan lama, hanya memerlukan sedikit perawatan, dan hasilnya akan bagus.

Kedua, Pemilihan Furniture

Elemen kunci lainnya dalam desain teras depan adalah furniture yang Anda pilih. Bagi kebanyakan orang, furniture adalah aspek terpenting dari sebuah desain.

Ya, memamng benar. Lalu seberapa penting?

Sekarang bayangkan, di teras Anda tentu butuh tempat duduk untuk menikmati teh/kopi sembari “nyanding” sajian ringan, karena memang bersantai adalah salah satu tujuan dibuatnya teras tersebut.

Kemudian bagaimana memilih furniture kiat penataannya untuk mendukung momen santai tersebut?

Kita mulai dari pemilihan furniturnya dulu. Yakni pemilihan materialnya mesti ditentukan sejak awal.

Bagaiman caranya? Ya konsep terasnya mau seperti apa dulu. Natural, modern, klasik atau apa. dari situ baru kemudian bisa menentukan elemen furniture yang tepat dari material apa.

Umumnya yang paling populer adalah besi tempa, plastik, aluminium, rotan, atau kayu alami. Pilihannya sesuaikan dengan konsepnya tadi.

Sementara itu, pertimbangan untuk preferensinya tergantung Anda. Perabotan kayu sendiri biasanya lebih mahal tetapi akan mampu memberikan rasa hangat yang memuaskan di teras rumah Anda.

Material lainnya seperti besi dan rotan bisa juga dipilih meskipun pasti ada plus minusnya.

Furniture apapun yang Anda pilih, Anda harus tetap memperhatikan konsep dan ukuran ruang yang akan ditempati sebagai peletakannya.

Nah, bicara soal peletakannya, konsep lay out yang tepat tentu juga bergantung pada ukuran space yang tersedia.

Kemudian penataan kursi dan mejanya sesuaikan dengan kenyamanan. Anda tentu lebih paham soal ini jadi tidak perlu kami bahas terlalu jauh.

Kita lanjut ke pembahasan lainnya berkaitan dengan opsi desain teras depan rumah gaya modern saat ini dan tips-tips kreatifnya.

Tips Desain Teras Depan Rumah untuk Dapatkan Hasil Terbaik

Dalam merancang konsep desain teras depan, mengutamakan perancangaan yang matang terlebih dahulu itu perlu. Memang space yang satu ini bukan sesuatu yang sangat urgent namun karena merupakan bagian dari hunian maka tetap perlu dirancang dengan benar.

Berikut ini beberapa poin penting soal tips desain rumah depan yang mungkin bisa Anda praktekkan:

Lakukan Pengamatan Sekitar untuk Menentukan Konsep

Hal paling dasar saat hendak merancang konsep sebuah teras rumah khususnya bagian depan adalah dengan pengamatan terhadap lingkungan sekitar. Depan dan samping rumah Anda.

Luangkan waktu untuk melihat pemandangan kanan dan kiri guna menentukan konsep teras yang tepat. Jika sudah didapat konsep desain teras depan yang tepat maka akan lebih mudah menentukan poin-poin selanjutnya.

Seperti misalnya tidak mau repot beli furniture khusus, maka cukup dengan mendorong kursi dari ruang keluarga dan menambahkan meja kecil untuk tempat kopi/teh. Dengan ide simpel nan hemat ini sudah tercipta teras yang sesuai keinginan.

Lalu jika depan rumah Anda bagus untuk dipandang dan menyejukkan, maka investasi furniture khusus bisa dipertimbangkan.

Terus bagaimana jika depan rumah terlihat kurang bagus sebagai pemandangan? Anda bisa merancang adanya tambahan tanaman tinggi.

Selain itu, mungkin bisa ditambahkan tirai untuk melindungi dari pandangan dari luar yang membuat Anda tidak nyaman sat sedang bersantai di teras.

Kombinasikan dengan jenis tanaman dan elemen lain yang akan ditambahkan

Salah satu elemen dari teras yang lumrah ada adalah tanaman. Nah, tanaman ini bisa dipakai untuk menentukan konsep desain teras depan rumah Anda.

Bagaimana caranya?

Yap, jika Anda suka berkebun atau menanam apapun yang memang Anda sukai, Anda bisa melampiaskan hobi Anda untuk membuat konsep desain teras deoan yang cantik.

Anda bisa menambahkan berbagai ide desain lanskap yang akan menambah kecantikan teras depan rumah Anda. Seperti misalnya air mancur atau sejenis kolam ikan yang cantik.

Pilih palet warna yang terkesan hidup

Meskipun teras adalah ruang luar (eksterior) bukan berarti Anda bisa mengabaikan skema warnanya. Anda masih dapat menggabungkan beberapa palet warna untuk mendapatkan hasil desain teras depan yang indah.

Palet warna ini bisa didapat dari beberapa elemen yang ada di area teras. 

Dari elemen dinding misalnya, Anda bisa mendapatkan palet warna yang cerah bahkan bisa juga dengan grafiti. Tujuannya agar tercipta keindahan yang lebih baik dari sisi estetika.

Bisa juga dihasilkan dari warna-warni pot bunga yang Anda susun sedemikan rupa dengan tanaman hias yang indah.

Kombinasi palet warna semacam ini tentu akan menghasilkan ide desain yang luar biasa cantiknya.

Pilih furniture yang paling relevan dengan konsep yang dipilih

desain teras depan
via architecturein.com

Salah satu elemen penting sebuah ruang/space baik interior maupun eksterior adalah furniture.

Jika Anda bisa memilih furniture utamanya kursi teras minimalis yang sesuai maka hasil desainnya akan maksimal. Bahkan teras depan rumah Anda akan terlihat seimbang dari sisi desain tampilan.

Selain furniture yang umum dipakai dari bahan plastik atau kayu, Anda juga bisa berkreasi dengan menambahkan elemen dekorasi anyaman.

Model anyaman akan mudah menyatu dengan eksterior rumah dalam hal ini teras Anda. Jadi tidak perlu bingung soal pilihan material asalkan paham konsepnya.

Pencahayaan itu super penting

Jangan lupa, pencahayaan juga memegang peranan yang penting dari sebuah desain teras depan rumah yang keren.

Terlepas dari apakah ukuran teras rumah Anda besar atau kecil, terlepas dari apakah Anda membuat teras untuk keperluan kumpul-kumpul atau tidak. Pencahayaan tetap jadi elemen penting untuk sisi manapun dari rumah Anda termasuk teras.

Lampu pencahayaan pada teras bisa berfokus pada penempatannya yaitu di atap/plafon. Biasanya untuk menambah kesan romantis tapi tetap terang bisa dipasangi lampu yang mirip lampu cafe.

Namun jika Anda sendiri kurang suka karena lampu kafe cenderung gelap dan remang, Anda bisa memilih jenis lampu lainnya yang berwarna putih dari jenis LED.

Untuk lampu ini, Anda bisa kombinasikan dengan kap hias yang estetis agar didapat desain teras depan yang cantik.

Tambahkan Elemen Dekorasi lain yang Menunjang

Jika Anda memiliki anggaran dan ruang space yang cukup, menambahkan ide-ide baru seperti air mancur sebagai salah satu elemen desain teras depan rumah Anda adalah hal yang penting.

Jika bukan air mancur, karena seringkali butuh anggaran besar, bisa juga dengan membuat semacam perangkap air agar burung-burung liar bisa dengan leluasa meminumnya atau hinggap di atasnya.

Romantisme alam semacam ini hanya bisa Anda ciptakan dengan sentuhan ide dekorasi sperti tadi, berani cobakah kira-kira?

Anda bisa bermain dengan dekorasi atap teras rumah Anda

Satu hal lagi elemen dari sebuah hunian yang harus Anda perhatikan adalah soal atap teras rumah. Anda bisa mendesainnya dengan cara sederhana saja ataumau ada tambahan.

Rerkomendasi dari kami sih untuk teras rumah Anda perlu ada tambahan atap sendiri. Sebab, tambahan atap teras ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti melindungi dari air saat hujan angin atau apapun yang bisa saja masuk langsung ke lantai teras.

Atap tambahan ini juga bisa di bawahnya diberi gantungan pot atau tanaman yang memang modelnya digantung.

Seperti apapun desainnya nanti, jika ada tambahan atap pasti akan berguna untuk menambah estetika desain teras depan rumah Anda. Setuju? Ya udah coba sekarang yuk!

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.