Pilihan Lantai Carport Sederhana dan Minimalis Untuk Rumah

Memiliki carport dengan tampilan yang simpel dan menarik secara tampilan sudah seperti jadi kebutuhan. Mulai dari memiliki lantai carport sederhana sampai menentukan apa saja barang-barang yang akan ada di carport tersebut.

Meski sebuah kebutuhan, faktanya, carport seringkali menjadi bagian yang terlupakan untuk urusan desain, pemilihan lantai carport yang sesuai dapat membuat tampilan hunian semakin menarik.

Salah satu konsep yang dapat anda coba adalah lantai carport sederhana, namun minimalis ketika dilihat. Memiliki bangunan dengan tanah yang tidak terlalu luas menjadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya, lahan parkir bagi kendaraan terkadang sulit un tuk dibuat.

Namun begitu, carport dapat anda buat tanpa perlu membangun sebuah tembok ataupun sebuah atap.

Lantai carport sederhana seringkali terlihat monoton dan terkesan sempit, namun jika anda menggunakan beberapa material pilihan dengan tampilan yang menarik tentunya akan menambah tampilan carport semakin menarik lagi.

Jenis-Jenis Material Lantai Carport

Ketika hendak memilih jenis material yang akan digunakan untuk lantai carport, jangan sembarangan dalam memilihnya, karena jika salah pilih bisa jadi berbahaya.

Material yang terlalu licin bisa membuat kendaraan slip ketika di parkir dan akan berpotensi rusak atau merusak hunian anda.

Selain itu, salah memilih material juga bisa membuat anda membongkar tabungan karena harus mengganti lantai yang rusak dan tidak awet tersebut. Tidak semua material cocok dijadikan sebagai lantai carport.

Setidaknya, jika anda ingin membuat carport di hunian, carilah bahan carport yang punya daya tahan kuat untuk menahan beban kendaraan. Bukan Cuma itu saja, bahan lantai carport sebaiknya juga tidak mudah kotor dan tentunya mudah dalam perawatannya.

Lalu apa saja material yang cocok untuk digunakan sebagai bahan lantai carport sederhana? Temukan jawabannya di artikel di bawah ini.

Paving Blok

Material lantai carport sederhana pertama yang dapat anda gunakan yaitu paving blok. Material lantai ini terbuat dari bahan beton yang dicetak sehingga teruji secara ketahanannya untuk menahan beban yang berat.

Dengan menggunakan material lantai carport tersebut anda tidak perlu cemas dengan kerusakan yang terjadi akibat beban berat yang diterimanya dalam waktu yang singkat.

Sesuai dengan namanya, paving blok ini memliki bentuk persegi panjang dengan setiap bloknya disusun menyerupai tumpukan bata atau dapat juga dengan menggunakan pola lain yang unik.

Dari segi warna, paving blok biasanya memiliki satu warna dasar dari semen itu sendiri yaitu abu-abu. Secara tampilan tentu dapat dikategorikan dengan lantai carport sederhana yang simpel namun tetap terlihat rapih.

Batu Andesit

Lantai carport sederhana selanjutnya ini berbahan dasar batu andesit yang terbukti kuat dan tahan lama. Batu andesit memiliki tampilan yang sederhana namun dapat memukau dan beradaptasi dengan baik pada hunian berkonsep minimalis.

Namun sayangnya banyak orang kurang tertarik untuk memilih jenis lantai carport minimalis ini karena perawatannya yang terkenal sulit, batu andesit perlu perawatan rutin yang ekstra.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya lumut atau jamur yang tumbuh pada permukaannya, sehingga dengan begitu lantai akan tetap aman dari resiko licin yang ditimbulkan dari lumut tersebut.

Grass Block

Lantai carport sederhana berikutnya adalah berbahan grass block. Material carport ini bisa dikatakan paving blok yang divariasi dengan menggunakan rumput. Dari bahannya saja jelas kalau grass block ini menggunakan beton cetak yang sama dengan bahan paving blok pada umumnya.

Namun pada grass block, biasanya dibentuk dengan lubang-lubang untuk ruang tumbuh rumput pada celah paving blok tersebut.

Memang sekilas terdengar unik, karena pada umumnya orang yang menggunakan paving blok tidak ingin rumput tumbuh di area tersebut. Namun pada grass block ini justru rumput sengatlah penting untuk tumbuh dengan baik pada permukaannya.

Salah satu keunggulan dari grass block atau paving blok rumput ini adalah mampu menyerap air hujan sehingga meminimalisir adanya genangan air pada permukaan lantai carport.

Plesteran

Jenis lantai carport yang satu ini merupakan lantai carport sederhana dan sangat cocok untuk anda yang memiliki budget terbatas. Lantai carport sederhana dan minimalis ini menggunakan metode plesteran dan tidak perlu menambahkan material lantai lainnya.

Hanya bermodal pasir, semen dan air anda sudah dapat melakukan plester dengan rata pada permukaan lantai carport.

Selain membutuhkan biaya yang sedikit, plesteran juga terbukti memiliki daya tahan yang baik untuk menahan beban kendaraan yang berat pada carport.

Untuk finishing, anda dapat memvariasikan sendiri dengan membuat pola menarik seperti garis persegi, menambahkan rumpu, ataupun kerikil kecil supaya lebih terlihat minimalis lagi.

Keramik

Keramik menjadi salah satu material lantai carport sederhana dan seringkali ditemukan pada banyak rumah saat ini. Tentu ada beberapa alasan yang yang menjadikan keramik banyak digunakan, salah satunya adalah kemudahan pemasangannya dan banyaknya motif yang dapat dipilih.

Namun perlu anda ketahui, tidak semua jenis keramik dapat dijadikan sebagai lantai carport. Karena sebagian keramik memiliki daya tahan rendah dengan ketebalan yang tipis, tentunya akan beresiko pecah jika dibebankan yang berat.

Anda dapat menggunakan jenis keramik homogeneus tile, keramik ini mampu menahan beban yang berat. Jenis keramik satu ini juga tidak licin jika dibandingkan dengan jenis keramik lainnya.

Batu Koral Sikat

Jika anda ingin membuat lantai carport sederhana jenis material ini juga bisa anda gunakan. Koral sikat merupakan jenis batuan alam yang memiliki tampilan menarik dan estetik.

Koral sikat ini juga dapat menjadi material carport minimalis dan cantik, anda dapat membuat pola lantai carport yang menarik dan beragam dengan menggunakan batu koral ini.

Pada tahap pembuatannya hamper mirip dengan semen cetak, namun koral sikat ditaburi dengan bebatuan kecil pada permukaan sebelum benar-benar mongering. Dengan desain lantai carport yang cantik tentu dapat menambahkan tampilan yang lebih menarik lagi pada hunian.

Semen Cetak

Selain semen plester, anda juga bisa membuat model lantai carport sederhana dengan menggunakan media semen cetak. Adukan semen cetak untuk carport ini terdiri atas campuran pasir, semen, dank oral kecil.

Umumnya lantai carport dari semen cetak memiliki ketebalan yang bermacam-macam, mulai dari 3-5 sentimeter dan memiliki nat atau celah antar bagian cetakan semen. Meskipun terlihat sederhana tapi kesan yang ditampilkan sangat estetik dan elegan.

Keramik Homogeneous Tile

Keramik sering dibilang kurang cocok atau bahkan tidak cocok untuk dijadikan lantai carport karena cenderung licin. Namun sebenarnya, ada jenis keramik yang tidak licin, kuat, dan bisa dijadikan lantai carport sederhana, yaitu jenis keramik homogeneous tile.

Material keramik untuk carport ini punya karakter dan kekuatan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan keramik biasa. Daya tahan keramik jenis ini bahkan bisa menahan tekanan sampai 450 kilogram per sentimeter kuadrat.

Baca jug: Rekomendasi Model Lantai Carport Minimalis Modern

Batu Kali Lempeng

Selain diaplikasikan pada dinding eksterior rumah, material batu alam juga lazim digunakan sebagai lantai carport. Jenis batu alam yang bisa dipakai ada banyak, salah satunya adalah batu kali lempeng.

Warnanya yang cenderung gelap berfungsi untuk menyamarkan noda dan terkesan alami. Lantai carport dengan batu alam memiliki daya tarik tersendiri karena dapat dibentuk dengan motif yang unik dan beragam sesuai dengan selera.

Untuk membuat lantai carport sederhana menggunakan batu kali lempeng dengan motif yang unik dibutuhkan keahlian yang khusus, yang bisa diciptakan oleh tukang yang biasa membuat taman. Agar batu alam tidak mudah terserang jamur dan lumut, jangan lupa untuk rutin melapisi permukaan dengan cairan coating.

Perbedaan Carport dan Garasi

Bagi banyak orang, carport dan garasi adalah dua hal yang sama. Padahal nyatanya kedua istilah ini memiliki perbedaan yang mencolok. Benar keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk memarkirkan kendaraan, tapi keduanya sangat berbeda baik dari segi, bentuk, dan berbagai aspek.

Kelebihan dan Kekurangan Carport Dibanding Garasi

Jika melihat bentuknya, kita semua pasti tahu akan kelebihan dan kekurangan keduanya. Baik carport maupun garasi keduanya memliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Berikut ini penjelasanya.

Bentuk

Carport merupakan area dengan bentuk semi terbuka. Pasalnya, area ini hanya berupa emperan yang dilindungi dengan kanopi atau atap untuk melindungi kendaraan dari rintik hujan ataupun sinar matahari secara langsung. Sayangnya, carport tidak bisa melindungi kendaraan anda dari debu karena tidak adanya dinding disekitar carport.

Sedangkan untuk garasi, karena merupakan bagian dari rumah jadi memiliki bentuk yang tertutup lengkap dengan dinding dan atap. Selain itu garasi juga memiliki pintu sebagai akses keluar masuk, sedangkan carport tidak.

Material Pembangunan

Untuk membangun sebuah carport sederhana, anda hanya memerlukan atap kanopi dengan material polikarbonat, kaca, atau sejenisnya. Kemudian sertakan atap tersebut dengan tiang dari kayu atau besi.

Sedangkan untuk membangun sebuah garasi, diperlukan material yang kurang lebih sama seperti untuk membangun sebuah rumah.

Biaya Yang Diperlukan

Dari segi biaya, tentu saja biaya pembangunan sebuah carport jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya pembangunan sebuah garasi. Material yang dibutuhkan untuk membangun carport juga cenderung lebih sedikit dan juga jauh lebih mudah untuk dibangun.

Sedangkan untuk garasi, karena materialnya sama dengan material untuk membangun sebuah rumah tentunya juga memakan biaya yang lebih banyak. Karena hal inilah, rumah-rumah dengan tipe sederhana lebih memilih carport dari pada garasi.

Keamanan

Carport dan garasi sama-sama memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan memakirkan kendaraan. Tapi kalau dilihat dari sisi keamanan, tentu garasi lebih aman. Pasalnya garasi merupakan ruangan yang tertutup dengan pintu sebagai akses untuk keluar masuk kendaraan.

Sedangkan carport memiliki bentuk semi terbuka dan tanpa dinding, hal ini membjuat privasi dan keamanan yang kurang terlindungi. Sehingga rawan dari jangkauan penjahat dan semacamnya. Untuk itu anda harus mengeluarkan budget tambahan untuk memasang padar pada carport agar kendaraan anda terlindungi.

Itulah tadi ulasan tentang inspirasi model lantai carport sederhana tapi elegan yang bisa jadi reverensi bagi anda, ketika ingin membangun sebuah carport di hunian impian. Pastikan pilih material yang unggul, baik dari segi model dan kekuatannya, sehingga nantinya carport yang anda bangun bisa bertahan lama.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar