Skip to content

5 Manfaat Kelambu Nyamuk untuk Kesehatan Keluarga

Salah satu perlengkapan kamar tidur yang perlu dibeli terutama saat mulai musim hujan adalah kelambu nyamuk. Manfaat kelambu nyamuk ini sendiri cukup banyak, yang paling utama adalah menghindarkan dari gigitan nyamuk saat tidur.

Kelambu sendiri sudah lama dipakai dan diandakan untuk melindungi dari gigitan nyamuk/serangga lainnya saat berada di area tempat tidur.

Bentuknya yang seperti kain sehingga fleksibel sangat cocok digunakan pada semua kamar tidur, sebab tinggal menyesuaikan ukuran ranjang dengan kelambu yang akan dipasang.

Sifat nyamuk yang sangat senang menghuni kamar tidur terutama area gelap dan lembab harus diantisipasi sejak dini. Apalagi jika Anda punya anak balita atau anak-anak umur berapapun dengan kulit sensitif maka ia mesti dilindungi dari marabahaya.

Cara paling simpel ialah Anda harus rutin membersihkan area kamar tidur dan membuka jendelanya setiap pagi agar tidak lembab dan berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Hal ini berlaku terutama di musim penghujan yang mana seringkali nyamuk akan lebih intens mengganggu waktu istirahat banyak orang termasuk Anda sekeluarga.

Untuk itu, pertimbangkanlah untuk mendapatkan manfaat kelambu nyamuk dengan memasangnya mengelilingi kamar tidur Anda.

5 Manfaat Kelambu Nyamuk untuk Tampilan Kamar dan Kesehatan Keluarga

Manfaat kelambu nyamuk
Manfaat kelambu nyamuk untuk rumah – narmadi.com/properti

Di era modern sekarang ini, kelambu tak hanya berfungsi sebagai pelindung Anda dan keluarga dari gigitan nyamuk atau serangga kecil lainnya saja. Akan tetapi lebih dari itu, manfaat kelambu nyamuk juga ada dari sisi lainnya.

Nah, apa sajakah manfaat kelambu nyamuk yang lain yang akan Anda dapatkan jika memasangnya mengelilingi kamar tidur Anda?

1. Pengusir hawa dingin

Secara umum bahan yang digunakan untuk membuat kelambu terbuat dari kain tipis dan transparan yang memiliki lubang-lubang kecil mirip jaring.

Namun meskipun terbuat dari bahan yang tipis, kelambu akan mampu menjebak hawa hangat yang ada di dalam sekaligus menghalangi hawa dingin dari luarnya.

Di musim dingin ini yang tentu adanya kelambu akan menjadikan saat-saat istirahat Anda jadi semakin nyaman.

2. Penghalang pandangan

Ada sebagian orang yang tidak bisa tidur dengan kondisi kamar yang terbuka. Anda bisa menggunakan kelambu gantung maupun model tenda yang Anda fungsikan sebagai penghalang pandangan.

Ini tentu bermanfaat sekali untuk Anda yang suka lupa menutup pintu kamar. Dengan adanya kelambu, Anda bisa tidur nyaman tanpa perlu menutup pintu kamar atau menguncinya.

3. Sebagai hiasan dekoratif

Manfaat kelambu nyamuk lainnya selain menjaga hawa tetap stabil adalah kelambu bisa Anda jadikan sebagai elemen dekorasi kamar tidur. Kamar tidur yang biasanya sepi dari hiasan dekoratif lantaran takut mengganggu waktu istirahat sekarang tidak lagi.

Sebab Anda bisa mengandalkan kelambu sebagai bagian dari elemen dekoratif ruangan. Asalkan Anda tepat dalam memilih model kelambu serta pemasangannya benar, pasti hasilnya akan cantik.

Untuk model, bentuk kelambu tenda yang memiliki rangka yang unik bisa Anda pilih untuk menjauhkan Anda sekeluarga dari gigitan nyamuk sekaligus penghias kamar tidur.

Selanjutnya untuk pemasangan, sebaiknya atur dengan baik agar presisi dan sesuai dengan bentuk/pola yang diinginkan.

4. Membuat kamar nampak elegan dan klasik

Manfaat kelambu nyamuk
terlihat elegan dengan kelambu – narmadi.com/properti

Bentuk kelambu biasanya masih mempertahankan keantikkanya sebagai bagian dari elemen penghias ruangan masa lampau.

Barang yang satu ini memang dulunya hanya dipakai oleh kalangan raja dan bangsawan saja. Namun beberapa dekade terakhir, kelambu sudah umum dipakai oleh kalangan masyarakat biasa.

Kamar tidur Anda ketika dipasangi kelambu tentunya akan nampak lebih elegan dan bernuansa klasik. Tidak hanya itu, secara tampilan juga lebih rapi karena tidak nampak secara langsung bantal dan selimut di atas ranjang.

5. Melindungi anak-anak dari gangguan bahaya

Manfaat kelambu nyamuk yang terakhir terkait dengan anak-anak yang perlu dijauhkan dari marabahya sekecil apapun. Jika di kamar tidur Anda tidak dipasang kelambu mungkin tidak jadi masalah.

Sementara untuk kamar tidur anak yang mungkin usianya masih belia dengan kulit sensitif, perlu diberi tambahan kelambu untuk melindunginya dari bahaya hewan penggigit. Dengan adanya kelambu, anak akan lebih aman dan nyaman saat tidur.

Mungkin itu saja ulasan singkat kali ini tentang manfaat kelambu nyamuk jika dipasang di kamar tidur Anda. Semoga waktu tidur Anda sekeluarga semakin nyaman dan lebih berkualitas lagi dengan adanya kelambu nyamuk ini. Selamat mencoba, salam diminimalis (am). Editted by RN03122021

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.
nv-author-image

arif diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 25 Mei 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *