5 Contoh Desain Kamar Mandi Apartemen Sederhana

Kamar mandi apartemen sederhana adalah kamar mandi dengan bentuk dan desain yang dibuat sedemikian rupa, sesuai dengan manfaatnya saja.

Maksudnya adalah dalam membuat kamar mandi apartemen sederhana ini mengandung unsur kesederhanaan tanpa menambahkan furnitur atau aksesoris kamar mandi secara berlebihan.

Cukup hanya yang dibutuhkan saja, misalkan hanya bak mandi, toilet, dan keran air. Anda yang biasanya tak mau ribet dan menyukai desain interior sederhana, pasti akan sependapat bahwa meskipun sederhana, kamar mandi dapat memberikan kenyamanan yang lebih.

Apalagi, biaya yang dibutuhkan untuk kamar mandi apartemen sederhana biasanya tidak terlalu banyak. Cocok juga untuk Anda yang masih dalam tahap perkembangan dan baru memiliki apartemen.

Sebagian besar dari Anda juga pasti berpendapat bahwa untuk apa kamar mandi dibuat mewah, toh juga dipakai secara pribadi.

Lebih baik menonjolkan desain bagus dan sedikit mewah pada ruangan lainnya seperti ruang tamu, kamar tidur, atau dapur. Itu ada benarnya juga sih, yang terpenting membuat Anda nyaman dan selalu terjaga kebersihannya.

Contoh Desain Kamar Mandi Apartemen Sederhana

Bagi Anda yang ingin menggunakan kamar mandi sederhana di apartemen Anda, contoh desain kamar mandi apartemen di bawah ini mungkin akan membantu Anda dalam menentukan pilihan dan menjadi inspirasi. Simak untuk informasi lengkapnya.

1. Kamar Mandi Sederhana yang Minimalis

kamar mandi apartemen sederhana
kamar mandi apartemen sederhana via bassuracity.id

Apa yang terlintas dipikiran Anda jika mendengar kata sederhana?, dalam bayangan Anda mungkin sederhana itu sesuatu yang kecil. Tapi tidak selalu lho kesederhanaan dilihat dari ukurannya.

Namun, desain kamar mandi apartemen sederhana satu ini mengusung tema sederhana yang minimalis. Bagaimana ya bentuknya? Jika ukuran kamar mandi apartemen Anda kecil, jangan khawatir itu tidak dapat menyediakan kenyamanan seperti kamar mandi mewah lainnya.

Tanamkan pemikiran bahwa bukan bagaimana cara memperbesar ukuran kamar mandi, tetapi bagaimana mendesain kamar mandi menjadi bentuk yang lebih bagus meskipun kecil. Peralatan mandi seperti shower atau keran dan toilet wajib ada pada semua desain kamar mandi.

Tetapi pada desain kali ini pilihlah yang biasa dan umum dipakai orang. Karena tempatnya yang kecil, Anda tidak perlu menambahkan bak mandi ke dalamnya. Untuk menghindari becek saat Anda mandi, buat tempat mandi dan toilet agak jauh (berseberangan).

Jika tidak, Anda juga dapat menambahkan sekat dan membuat pondasi penghalang pada bagian untuk mandi. Anda juga dapat menambahkan wastafel dengan meja kecil menyesuaikan tempatnya yang dilengkapi dengan kaca untuk tempat cuci tangan dan keperluan lainnya.

Tambahkan juga tempat sampah dibawah meja tersebut untuk menghindari kotoran dimana-mana. Jangan lupa juga untuk menambahkan gantungan handuk dan sebagai penambah aksesoris Anda dapat menggunakan atau menambahkan pigura foto atau yang lainnya pada dinding kamar mandi.

Karena minimalis dan tidak bisa membuat jendela, buatlah ventilasi dibagian atas tembok kamar mandi sebagai tempat sirkulasi udara. Untuk menambahkan kesan sedikit mewah, gunakan berbagai macam keramik di dalamnya.

Misalkan untuk tempat mandi menggunakan keramik kasar, untuk tembok keramik motif, dan untuk sisanya menggunakan keramik halus.

2. Kamar Mandi Sederhana yang Modern

5 Contoh Desain Kamar Mandi Apartemen Sederhana 1
kamar mandi apartemen sederhana via amazonaws.com

Contoh desain kamar mandi apartemen sederhana yang kedua ini mengusung konsep modern. Meskipun sederhana, tetapi desain mengikuti trend-trend yang ada untuk membuatnya lebih bagus.

Bagi Anda yang ingin kamar mandi Anda terlihat modern, berikut contoh desain kamar mandinya. Seperti pada umumnya, untuk komponen peralatan berupa toilet dan kamar mandi tetap ada dalam desain ini.

Supaya terlihat modern, untuk tempat mandi disarankan untuk ditambahkan shower tempel dan sekat dibuat tabung dari bahan kaca. Selain untuk melindungi agar air tidak kemana-mana hal ini juga membuat kamar mandi Anda terlihat modern.

Penataan toilet bisa diletakkan di samping tempat mandi. jangan khawatir hal ini akan basah karena tempat mandi sudah dikelilingi sekat kaca. Jangan lupa untuk tambahkan tisu di samping toilet dan keset kaki di depan tabung tempat mandi.

Jadi ketika Anda sudah selesai mandi, lantai tidak akan becek karena pijakan kaki yang basah. Seperti biasa, tempatkan wastafel di dalam kamar mandi dengan kaca yang agak besar. Buat meja kamar mandi yang memiliki rak untuk menyimpan handuk dan mantel mandi.

Sediakan juga tempat untuk meletakkan perlengkapan mandi pada meja wastafel untuk mencegah peralatan tersebut basah jika diletakkan di dalam tempat mandi. Sebagai desain pemanis, Anda dapat memilih basic warna yang digunakan untuk kamar mandi apartemen Anda sesuai selera.

Bisa putih, hitam, atau coklat bahkan bisa memilih warna abu-abu. Gunakan juga lebih dari satu lampu pada desain kamar mandi ini. Selain membuat kamar mandi Anda lebih terang, juga menambahkan unsur modern yang begitu kuat.

3. Kamar Mandi Sederhana dengan Bathtub

5 Contoh Desain Kamar Mandi Apartemen Sederhana 2
kamar mandi apartemen sederhana via bathup.id

Anda tipe orang yang suka berlama-lama saat mandi? apa yang Anda lakukan sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mandi?. Faktor utama penyebabnya biasanya karena orang lebih suka menghabiskan banyak waktu untuk berendam sembari rileksasi.

Berarti bak mandi menjadi barang yang wajib ada di kamar mandi Anda. Tapi bagaimana jika Anda menginginkan desain yang sederhana? Anda akan sangat bisa menggunakan desain sederhana di kamar mandi Anda dengan menambahkan bak mandi atau bathtub.

Jika Anda masih bingung, contoh desain kamar mandi apartemen ketiga ini mungkin akan sangat cocok bagi Anda yang ingin mengusung tema kamar mandi tersebut. Bak mandi memiliki bentuk dan material yang bervariasi.

Tetapi untuk memunculkan kesan sederhana disini, disarankan pilihlah bak mandi persegi panjang yang berwana putih seperti pada umumnya. Selain itu juga bak mandi ini memiliki harga yang terjangkau.

Yang terpenting disini Anda dapat memanfaatkannya untuk berendam diwaktu luang Anda. Karena mengusung tema kamar mandi basah, Anda dapat meletakkan toilet disamping bak mandi.

Dan untuk desain wastafel, gunakan saja wastafel tanpa meja dengan kaca kecil sebagai pelengkap. Sebagai pengganti tempat sabun, shampo dan lain-lain Anda dapat menambahkan rak pada sudut dekat dengan bak mandi.

Ini akan memudahkan Anda mengambil perlengkapan tersebut saat sedang mandi. Sebagai aksesoris tambahan, Anda dapat meletakkan bunga hias kecil di bak mandi tersebut. Tambahkan juga jendela kecil di kamar mandi Anda.

Jendela ini membantu kelancaran sirkulasi udara di kamar mandi Anda dan membuatnya tidak lembab. Apalagi kamar mandi identik dengan suatu tempat yang lembab. Jika tidak diberi jendela akan memicu tumbuhnya jamur pada sela-sela kamar mandi.

4. Kamar Mandi Sederhana Bernuansa Vintage

5 Contoh Desain Kamar Mandi Apartemen Sederhana 3
kamar mandi aaprtemen sederhana via asset-a.grid.id

Contoh kamar mandi apartemen sederhana yang keempat adalah kamar mandi apartemen bernuansa vintage.

Bagi Anda yang suka dengan barang-barang vintage yang berbau klasik terpampang di apartemen Anda, Anda juga perlu mendesain kamar mandi Anda bernuansa vintage agar selaras dengan tema apartemen yang dipakai.

Barang-barang bernuansa vintage cenderung berwarna coklat dengan tambahan cat mengkilap untuk membuat Anda semakin tertarik ke dalam dunia vintage ini. Nah, untuk itu pilihlah barang dan aksesoris dengan warna-warna tersebut.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah pilihlah material lantai yang berbahan keramik bermotif kayu. Pilihlah juga untuk keramik tembok berwarna coklat dengan sedikit variasi warna putih agar semakin hidup.

Gunakan toilet dan bak mandi yang juga berwarna coklat tapi lebih tua dari warna lantai dan tembok agar terlihat seperti terbuat dari kayu.

Untuk rak penyimpanan, gunakan yang seperti kulkas kecil tertutup agar tidak membasahi barang di dalamnya dan letakkan benda tersebut di sudut ruangan.

Untuk keranjang pakaian gunakanlah yang berbahan dari anyaman rotan agar nuansa vintage semakin terasa. Jika ruangan Anda masih muat untuk ditambahkan wastafel, letakkan saja wastafel di dalam kamar mandi sebagai pelengkap.

5. Kamar Mandi Sederhana Bernuansa Outdoor

5 Contoh Desain Kamar Mandi Apartemen Sederhana 4
kamar mandi aaprtemen sederhana via cdn.popbela.com

Semakin kesini desain untuk suatu ruangan semakin unik. Contohnya saja desain kamar mandi apartemen sederhana kelima ini yang mengusung tema outdoor.

Tetapi meskipun mengusung tema luar ruangan, kamar mandi ini tetap di dalam apartemen ya, hanya saja nuansanya dibuat seperti di luar ruangan.

Kamar mandi dengan desain ini sangat segar dipandang mata. Dengan pemilihan warna biru untuk temboknya, dan dibuat seperti dari bahan baku batu bata membuatnya semakin terlihat alami.

Desain ini dibuat kering, dengan tempat mandi dibuat sekat kaca dan bak mandi besar yang diletakkan di luar.

Untuk menambah sensasi mandi Anda seperti sedang menikmati hujan, Anda dapat menambahkan dua shower, satu shower gantung dan satu shower tempel.

Untuk desain yang lebih kreatif, Anda dapat membuat tempat sabun dan perlengkapan mandi lainnya pada tembok. Dengan ini juga akan menambah unsur kesederhanaan. Karena mengusung tema luar ruangan, gunakanlah banyak jendela pada desain ini.

Karena tema luar ruangan harus terlihat cerah dan terang karena pancaran sinar matahari. Untuk mengantisipasi panasnya, Anda dapat menambahkan gorden atau penutup jendela lainnya.

Sebagai furnitur tambahan, letakkan meja kecil di dekat bak mandi untuk menaruh handuk, tanaman hias, minuman, bahkan lilin aroma yang bisa Anda gunakan untuk relaksasi ketika Anda berendam.

Satu lagi, Anda juga disarankan untuk menanam banyak tumbuhan di luar kamar mandi untuk suasana luar ruangan yang semakin terasa.

Jadi ketika Anda membuka jendela, angin sejuk angan masuk memenuhi ruangan. Dari kelima contoh desain kamar mandi apartemen sederhana di atas, Anda suka dengan desain yang mana?

Atau mungkin Anda ingin mix and match kelima desain di atas agar desain kamar mandi Anda semakin menarik?

Misalkan Anda yang suka vintage dan tema luar ruangan dapat menggabungkan keduanya. Jika dilihat, perpaduan itu juga akan cocok dan bagus. Mungkin juga, contoh desain di atas mengubah pikiran negatif mengenai kamar mandi yang sederhana.

Sebagian besar orang mungkin berfikir jika sederhana itu tidak bagus. Tetapi kenyataannya Anda dapat mengubah kesederhanaan tersebut menjadi sesuatu yang menarik lewat contoh desain kamar mandi di atas.

Mungkin sebagai tahap awal, sementara Anda dapat memakai desain sederhana ini pada kamar mandi Anda sembari menyiapkan dana untuk membangun yang lebih mewah. Atau Anda bisa tetap mempertahankan desain sederhana ini dan membuat kedepannya semakin bagus.

Yang terpenting adalah selalu jaga kebersihan kamar mandi Anda. Jangan sampai kamar mandi yang sudah Anda bangun sedemikian rupa menjadi tidak terurus dan menjadi sarang penyakit karena Anda tidak rajin membersihkannya.

Sayangi diri dan keluarga Anda dengan menjaga kebersihan apartemen khususnya menjaga kebersihan kamar mandi apartemen sederhana Anda. (fy) Editted 09/10/2022 by diminimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *