Cara Jitu Membangun Rumah Dengan Biaya 20 Juta

Meski sekarang apa-apa mahal, membangun rumah dengan biaya 20 juta bukan hal mustahil. Terutama Bagi Anda yang baru saja menikah, pastinya sangat ingin memiliki rumah sendiri sebagai wadah untuk menciptakan cinta sekaligus kehidupan.

Tentu saja keinginan ini tidak salah, namun juga bukan berarti tidak memiliki kendala apapun. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas, ditambah harga properti yang semakin melambung, membangun rumah dengan biaya 20 juta an saja bisa kok diwujudkan.

Dana yang sangat terbatas memang menjadi hambatan terbesar untuk bisa membangun rumah sesuai dengan yang diinginkan. Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa mewujudkan impian membangun rumah dengan biaya 20 juta sendiri.

Pastikan terlebih dahulu jika Anda memang sudah memiliki lahan untuk membangun rumah.

Setelahnya, Anda bisa menerapkan tips membangun rumah dengan biaya 20 juta seperti yang akan dibahas kali ini.

Strategi Membangun Rumah dengan Biaya 20 Juta

Dana yang minim memang tidak memungkinkan untuk bisa membeli rumah sesuai dengan keinginan, namun masih bisa mewujudkan impian Anda untuk memiliki rumah sendiri.

Berikut ada beberapa strategi jitu membangun rumah dengan biaya 20 juta yang bisa dipraktikkan.

Wajib Memiliki Lahan Sendiri

Membangun Rumah Dengan Biaya 20 Juta

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa salah satu hal yang biasanya memakan biaya besar adalah lahan.

Maka, Anda perlu menghitung anggaran membangun rumah secara detail. Pastikan pembelian lahan tidak masuk dalam RAB. Sebab, fokus di sini hanyalah cara membangun rumah dengan anggaran yang sangat minim tersebut.

Jadi, pastikan Anda sudah memiliki lahan ideal dan pikirkan segala perhitungan dengan jeli. Jika tanah yang dimiliki tidak terlalu luas, maka Anda bisa membuat rumah dengan tipe 21 yang hanya memerlukan lahan 6×10 meter.

Kendala dana ini memang akan memaksa Anda lebih realistis untuk tidak membangun rumah berukuran besar.

Lakukan Perhitungan yang Detail

Membangun rumah dengan biaya 20 juta model minimalis saat ini juga memerlukan banyak dana. Jika Anda bisa melakukan perhitungan secara rinci dan detail, memiliki rumah tipe minimalis ini masih bisa diwujudkan.

Buatlah catatan tentang desain rumah, volume sekaligus material rumah seperti apa yang akan digunakan.

Catatan ini harus dibuat dengan teliti dan cermat, tujuannya adalah untuk mengetahui hitungan pengeluaran agar Anda bisa berhati-hati dalam menggunakan dana.

Pilih Material Terbaik dengan Harga Termurah

Teliti dalam memilih material bangunan juga salah satu penentu terwujudnya impian Anda untuk membangun rumah dengan biaya 20 juta. Akan lebih baik jika Anda membeli material sendiri dari pada menyerahkan kepada orang lain.

Jika tidak terlalu mengerti tentang material untuk membangun rumah, maka bisa berkonsultasi dengan tukang bangunan yang akan dipakai jasanya untuk membangun rumah nantinya. Dengan konsultasi ini,

Anda bisa mendapatkan informasi material seperti apa yang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Bagi Anda yang memiliki dana yang amat sangat minim, maka bisa menggunakan material bekas dengan memastikan jika material tersebut masih layak untuk digunakan kembali.

Gunakan Konsep Minimalis atau Industrial

Menggunakan konsep rumah minimalis memang lebih efisien, fleksibel dan tidak terlalu memerlukan banyak biaya. Seperti yang disebutkan di atas, ide rumah tipe minimalis bisa terwujud dengan membuat perhitungan yang rinci dan detail.

Dengan begini, Anda bisa membangun rumah minimalis dengan dana hanya 20 juta. Jikapun nantinya tidak ditempati, Anda bisa menyewakan rumah tersebut yang justru bisa dijadi investasi untuk jangka panjang.

Gunakan Jasa Tukang Terpercaya

Membangun Rumah Dengan Biaya 20 Juta

Membangun rumah dengan menggunakan jasa kontraktor rupanya memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah bisa menghemat anggaran.

Jadi untuk Anda yang saat ini memiliki dana pas-pasan dan sangat berkeinginan membangun rumah, lebih baik menggunakan jasa tukang bangunan. Pengerjaan bangun rumah yang dilakukan profesional tentunya menjadi lebih hemat dan juga ekonomis.

Rencana Anggaran Biaya Untuk Membangun Rumah dengan Biaya 20 Juta

Setelah mengetahui strateginya, selanjutnya Anda juga harus melakukan rencana anggaran biaya (RAB) dengan teliti untuk pembangunan hunian dengan dana terbatas ini.

RAB ini penting dilakukan untuk mengetahui perkiraan biaya pada setiap pekerjaan. Berikut beberapa hal yang harus Anda buatkan RAB untuk pembangunan hunian 20 juta.

· Luas Bangunan

Hitungan ini disesuaikan dengan luas bangunan yang diinginkan lalu dikalikan dengan harga pembangunan pada setiap meter perseginya. Dengan hitungan yang cermat ini, maka Anda akan menemukan hasil perkiraan biaya yang perlu disiapkan.

· Biaya Tukang

Tukang tentu memiliki asisten yang membantu pekerjaannya saat membangun rumah. Tukang umumnya dibayar Rp120.000 hingga Rp150.000 dalam sehari, sementara untuk kenek atau asistennya adalah Rp100.000 hingga Rp120.000.

Bicarakan kepada tukang tentang perkiraan berapa lama pengerjaan rumah nantinya. Semakin banyak jasa tukang yang digunakan, maka semakin cepat rumah impian Anda bisa dihuni.

· Biaya lain-lain

Biaya lain-lain yang dimaksud di sini adalah biaya yang tak terduga yang sama sekali tidak ada dalam catatan RAB Anda. Orang menyebutnya biaya jaga-jaga.

Persiapkan setidaknya 10 persen dari biaya pembangunan yang dibutuhkan secara keseluruhan untuk biaya yang tidak terduga ini.

Inspirasi Membangun Rumah dengan Biaya 20 Juta

Ada banyak tipe rumah yang bisa Anda pilih dengan biaya 20 juta. Berikut beberapa diantaranya yang bisa dijadikan referensi.

1. Desain Rumah Semi Permanen

Membangun Rumah Dengan Biaya 20 Juta

Desain rumah semipermanen ini menggunakan triplek atau kayu untuk bahan pembuatan dindingnya. Tentu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki dana terbatas.

Agar terlihat menarik dan terkesan nyaman ditinggali, bisa diakali dengan mengecat rumah tersebut. Jika sudah memiliki cukup dana, nantinya desain rumah ini bisa diubah menjadi hunian permanen.

2. Desain dengan menggunakan material semi fabricated  atau setengah jadi

Alternatif lain yang bisa Anda pakai untuk menyiasati bangun rumah dengan dana minim adalah dengan menggunakan material setengah jadi yang harganya lebih murah.

Misalnya saja penggunaan bata cor yang tentu saja harganya jauh lebih terjangkau jika dibandingkan harga cor beton. Jika menggunakan bahan setengah jadi ini, Anda bisa berhemat sekitar 35%.

3. Desain dengan material yang tepat

Memiliki dana yang minim, jangan asal percaya kepada orang lain untuk memilihkan material. Agar bisa lebih berhemat lagi, Anda bisa menggunakan bahan material bekas.

Pastikan lebih dahulu jika material bekas tesebut memiliki kualitas yang cukup bagus.

Baca juga: Mau Buat Rumah dengan Biaya 30 Juta? Sangat Bisa, Begini Penjelasannya

4. Desain sederhana

Namanya saja desain rumah sederhana, tentu tidak perlu menyiapkan dana yang banyak. Untuk membuat rumah sederhana menjadi lebih menarik, Anda bisa mengecat pada bagian luarnya dengan warna yang lebih terang agar terkesan ceria.

Selain itu, pemilihan warna terang ini bisa memberi kesan jika hunian yang Anda miliki ini luas. Agar semakin cantik, Anda bisa menambahkan tanaman bunga agar hunian menjadi tampak lebih sejuk.

5. Desain minim sekat

Untuk dana yang minim, maka pilihlah desain yang minim sekat pada bagian dalamnya agar hunian tidak terkesan sempit. Penggunaan sekat juga bisa menambah pengeluaran, jadi usahakan penggunaan sekat ini hanya untuk tempat yang bersifat privasi saja.

Inilah cara jitu yang harus dilakukan dalam membangun rumah dengan biaya 20 juta. Meskipun dari luar tampak sederhana, yang terpenting adalah Anda beserta anggota keluarga yang menempati bisa merasakan kenyamanan dan kehangatan di dalam kekeluargaan.