Skip to content

Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

Mau punya rumah dengan teras menggunakan dak jadi hal yang mudah karena memang banyak yang sudah pakai. Apalagi model dak teras rumah minimalis modern yang jadi tren saat ini konsep desainnya kurang lebih sama.

Untuk mendapatkan model dak teras rumah minimalis modern terbaik, tidak ada yang sulit.

Kalau mau inspirasinya juga sudah banyak di internet, tinggal mau atau tidak Anda menjadikannya sebagai referensi.

Untuk teras model dak, secara umum lebih banyak referensinya. Meski begitu, kadan memang bisa membuat bingung.

Bisa jadi karena tidak sekedar model dak nya saja, namun ada juga elemen tiang-nya dan beberapa hal lain yang mesti dipikirkan setelah atap daknya selesai.

DI postingan kali ini, kita akan bahas soal bagaimana merancang konsep/model dak teras rumah minimalis modern yang banyak dipakai pada hunian klasik saat ini.

Fungsi Teras Rumah

Teras/loteng adalah salah satu hal penting yang merupakan bagian dari bangunan rumah. 

Ini karena seringkali perannya sebagai penutup bagian atas. 

Seperti yang kita ketahui, atap adalah struktur di atas sebuah bangunan. 

Pada umumnya untuk pembuatannya tidak menggunakan beton. Tapi tentu saja ada yang menggunakan beton atau yang dikenal dengan dak.

Model dak teras rumah minimalis modern sendiri cukup banyak variasinya

Tapi sebelum kesana, kita bahas dulu apa fungsi keberadaan teras untuk rumah hunian.

Sebelum Anda mengenal model gaya teras modern, pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui apa saja fungsinya.

Untuk menahan berat dan beban bangunan

Elemen dak merupakan bagian penting dari konstruksi rumah.  Atap rumah memiliki fungsi menahan beban bangunan guna menjaga keseimbangan. 

Melindungi bagian bawah rumah

Selain berfungsi dalam hal konstruksi, lantai teras bawah berfungsi sebagai pelindung area bawah. Ruangan ini dilindungi oleh dak teras agar tidak terkena hujan dan sinar matahari langsung.

Membatasi lantai bawah dan atas

Jika Anda berencana membuat dua lantai di rumah Anda, tidak ada gunanya membatasi lantai bawah dan lantai atas.  Adalah penting untuk lantai atas memiliki permukaan yang kokoh.

Penghubung ke lantai dua di dalam rumah

Selain itu, dak berfungsi sebagai tumpuan lantai dua.  Oleh karena itu, konstruksi rumah harus menggunakan material yang kuat.

Sebagai atap tambahan

Apalagi fungsi dak yang paling umum adalah sebagai atap. 

Di beberapa rumah, garasi tidak menempel di atap.  Ini bisa menjadi keuntungan tersendiri karena pemilik rumah tidak perlu membangun kembali atapnya.

Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

Setelah Anda memahami apa fungsi dari sebuah rumah, berikut beberapa model teras rumah minimalis modern yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Rumah dengan Dak sederhana

Ini adalah model rumah minimalis modern pertama untuk Anda.  Bentuknya sederhana dan menyatu dengan tiang-tiang rumah. 

Ada juga beberapa daun jendela di atas jendela rumah dan area garasi kecil.  Hal ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang memiliki struktur bangunan rumah yang kurang tepat seperti di atas. 

Atap rumah dibagi antara bagian tengah dan samping.

2. Model dak memanjang

Model rumah yang kedua cenderung memanjang ke depan.  Selain itu, ujung-ujungnya tidak ditopang oleh tiang atau pilar yang menutupi balkon. 

Jika Anda memiliki area dan model teras rumah yang kecil di area tanah yang luas untuk memanjang ke depan, ini mungkin bukan pilihan.  Tiang pada rumah di atas juga istimewa, karena dipadukan dengan pagar, fungsinya ganda dan cukup efektif.

3. Dak yang Sesuai ukuran rumah

model dak teras rumah minimalis modern

Selanjutnya ada sebuah rumah seperti pada gambar di atas.  Jika Anda melihat bahwa tidak ada ruang di atas pintu rumah dan juga di atas garasi. 

Ini benar-benar memperbaiki bentuk bangunan.  Melihat ukuran bangunan rumah diatas luas, maka ukurannya tidak mengikuti luas rumah.

4. Rumah dak samping

Ini adalah contoh lain dari dek dengan rumah dua lantai.  Anda dapat melihat ada dua lapisan, kan? 

Dak pertama akan diletakkan di atas lantai pertama dan dek kedua akan menjadi fondasi untuk lantai dua.

5. Dak Rumah Susun

model dak teras rumah minimalis modern

Hal berikutnya yang bisa menjadi contoh adalah gambar di atas.  Dua lapis dak diletakkan di depan.  Alasannya, atap rumah sengaja dibuat tinggi agar ada ruang untuk ventilasi.

6. Model Dak Tidak Seimbang

Poin selanjutnya adalah dak yang dilekatkan pada tiang-tiang rumah.

 Ini bisa menjadi contoh rumah dengan konsep minimalis.  Namun di bagian atasnya terdapat lapisan dak yang berfungsi sebagai atap.

7. Garasi dak rumah

Selanjutnya ada bentuk rumah yang akan dipanjangkan ke samping untuk dijadikan atap garasi.  Ini bisa menjadi referensi bagi semua yang ingin mengoptimalkan atap dari banyak tempat di rumah..

8. Model Dak Slim

Akhirnya, ada model dak teras rumah minimalis modern yang seperti ini. 

Jika Anda melihat pilar-pilar rumah, bahannya terlihat ringan dan sedikit tipis. 

Tujuan dari peletakannya tidak berada di dalam rumah memiliki dua manfaat, pertama sebagai pelindung lantai bawah.  Yang kedua adalah pondasi atap rumah.

Pada prinsipnya, variasi model dak teras rumah minimalis modern yang ada saat ini memerlukan kejelian dalam memilih yang terbaik.

Jadi, jika Anda berencana membangun rumah dan sedang mencari referensi model dak teras rumah minimalis modern saat ini, Anda bisa pilih salah satu contoh di atas.

Mungkin itu saja ulasan singkat dan contoh model dak teras rumah minimalis modern yang bisa kami sajikan dan kemungkinan bisa Anda jadikan inspirasi.  Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.