Skip to content

Variasi Model Teras Rumah Masa Kini yang Cocok untuk Hunian Minimalis

Pengin punya rumah dengan teras terbaru?

Tidak usah khawatir, ada banyak kok variasi model teras rumah masa kini yang bisa Anda contoh.

Dari platform pinterest saja, jika Anda ketikkan desain teras rumah terbaru, akan banyak hasil gambar yang muncul.

Dari sekian banyak pilihan, Anda bisa menjadikan salah satunya sebagai referensi. Kalau belum kunjung menemukan yang paling cocok, Anda bisa mencari sumber referensi yang lain, dari majalah misalnya.

Nah, kebetulan di artikel kali ini Narmadi Properti akan coba mengulas tentang peran fungsi teras di masa sekarang.

Tidak hanya itu, sekaligus kami akan berikan referensi model teras rumah masa kini yang barangkali berguna untuk Anda. Mari disimak saja!

Peran dan Fungsi Teras untuk sebuah Rumah Masa Kini

model teras rumah masa kini

Sebelum ke bahasan contoh model teras rumah masa kini, kita kupas dulu ya apa fungsi teras untuk sebuah rumah hunian.

Ini penting supaya nanti dalam memproses desainnya bisa benar-benar memilih mana saja elemen yang pas untuk ditambahkan.

Adanya teras rumah sendiri jika dilihat dari sisi fungsinya cukup beragam, katakanlah model teras depan yang biasanya untuk menyambut tamu sebelum dipersilahkan masuk.

Terus teras belakang bisa untuk kegiatan santai dan Q time, atau samping pun sama, yang jelas tergantung dimana peletakkan posisi teras berada maka fungsinya juga biasanya berbeda.

Jika disimpulkan maka kurang lebih fungsinya begini.

Teras depan biasanya difungsikan sebagai ruang penerima tamu terbuka atau area tunggu sebelum dipersilakan masuk ke ruang tamu.

Teras samping rumah biasanya menjadi tempat untuk bersantai atau melakukan kegiatan yang bersifat hobi.

Sementara teras belakang rumah, karena posisinya yang lebih tertutup, biasanya diperuntukkan sebagai ruang makan private, tempat melakukan aktivitas hobi dan juga kumpul keluarga saat momen tertentu.

Tren Model Teras Rumah Masa Kini

Saat ini banyak sekali model teras rumah masa kini dengan desain yang modern dan menarik. 

Hal ini karena didukung juga dengan bukaan depan yang menarik. 

Tentu saja, ini juga berlaku untuk rumah kecil.  Ada baiknya jika rumah mungil harus didukung dengan model teras rumah yang bergaya modern kekinian. 

Kehadiran teras baru ini akan memberikan tampilan modern yang sederhana tapi tetap keren. 

Berikut ini sedikit model teras rumah masa kini minimalis terupdate yang bisa Anda jadikan inspirasi dan contoh terbaiknya.

1. Teras Tanpa Perabotan Tapi Ada Taman

model teras rumah masa kini

Sebagian besar model teras rumah masa kini pasti memiliki banyak berperabot. Ada meja, kursi/sofa dan mungkin tambahan vas bunga besar.

Tahukah Anda bahwa model sederhana dan modern kini tidak hanya digunakan pada furnitur, terutama pada kategori teras rumah. 

Tentu ada bagian lain yang bisa digunakan untuk melengkapi ide teras tanpa furnitur.

Kehadiran taman di depan rumah bisa menjadi cara lain yang cukup untuk mengganti furnitur di teras.

Di bagian taman ini Anda bisa menambahkan lampu agar bisa digunakan di malam hari.  Dengan begitu, teras tidak akan gelap, termasuk halaman depan rumahnya.

Model ini bisa dikatakan modern dan sederhana.  Selain itu, juga tidak membutuhkan banyak furnitur, tetapi dapat menciptakan suasana yang damai.

2. Teras dengan Pintu Samping

Pintu utama ruang tamu bisa diletakkan di depan tapi juga bisa digeser sedikit ke samping.  Ini akan membantu memberi kesan bahwa teras sedikit lebih tinggi. 

Sementara untuk isi terasnya  bisa dilengkapi dengan meja dan tanaman warna warni lainnya.

Teras biasanya merupakan tempat terbaik untuk bersantai.  Menikmati semilir angin pagi atau sore hari, atau sekedar ingin menikmati waktu luang di sela-sela menyelesaikan tugas / pekerjaan kantor sangat menyenangkan untuk dilakukan di sini.

Disinilah kehadiran tanaman bisa memberikan kesegaran yang baru bagi pemilik rumah agar tidak bosan saat beraktivitas.

3. Teras dengan Penempatan Furnitur Dekat Pintu Utama

Lokasi pintu utama yang dekat dengan furniture biasanya lebih disukai. 

Pada beberapa desain rumah, pintu utama biasanya terletak di tengah, dan ada juga yang menghadap ke samping tetapi tetap di depan. 

Letak pintu utama tentunya akan berdampak langsung pada penampilan model teras masa kini.

Platform hari ini sebenarnya fleksibel, terutama dalam hal bagaimana pintu diatur. 

Hal ini akan membuat pemilik rumah lebih memikirkan furniture apa yang harus dibeli agar bisa terisi dengan baik dan merata sesuai dengan luas pintu.

Jika pintu terlihat lebar, mungkin memilih furnitur berukuran kecil dengan pemandangan indah bisa menjadi pilihan.  Konsep begini bisa menjadi pilihan, namun kurang cocok jika ditempatkan di area rumah yang kecil.

Baca juga: Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern

4. Teras dengan Tiang Depan yang Besar

Teras dengan tiang berukuran lebar dan besar yang biasanya menjadi bagian dari rumah utama juga cocok untuk dijadikan bagian dari teras masa kini. 

Cara lain untuk membuat model teras modern tampilan ini adalah dengan melengkapinya dengan lampu cantik yang model tempel.

Lampu ini bisa dipasang di tiang dengan Kap yang estetik.  Lebih baik lagi, pilihan area lampu disesuaikan dengan nuansa elegan. 

Jadi, Anda bisa memilih antara hitam atau putih.  Keduanya sama-sama kompatibel dan punya tujuan yang baik.

Dari sekian ide model teras rumah masa kini di atas, sepertinya memang Anda masih kurang referensinya. Anda bisa baca referensi lain selain artikel model teras rumah masa kini kali ini di artikel Narmadi Properti yang sudah dipost sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.