Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Sedang cari inspirasi desain dan model taman depan rumah minimalis lahan sempit? Gampang, Anda bisa mendapatkan referensinya di artikel kali ini.

Ada beberapa ide umum yang bisa diterapkan untuk mewujudkan taman di depan rumah. Misalnya dengan menambahkan tanaman, atau beberapa elemen yang memang diperlukan dan biasa dipakai sebagai pelengkap teras rumah.

Seperti misalnya, meja, kursi, dan vas bunga. Tempatkan saja di salah satu lokasi dekat dengan pintu rumah bagian depan, maka akan sangat cocok untuk rumah minimalis.

Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Ada beberapa referensi gaya kombinasi yang bisa kami berikan untuk Anda yang sedang mencari contoh model taman depan rumah minimalis lahan sempit. Berikut diantaranya:

1. Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit dengan Taman Kering

Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Jika Anda bosan dengan taman biasa di depan rumah saat ini, maka cobalah sesuatu yang baru, misalnya taman kering. 

Model desain taman depan rumah minimalis lahan sempit seperti ini sangat cocok untuk Anda adopsi tentunya.

Disebut taman kering, karena rerumputan tergantikan dengan kerikil.  Dengan begitu, perawatannya pun relatif mudah, karena tanaman Anda tidak perlu sering disiram.

Tak hanya itu, umumnya taman kering dipenuhi dengan tanaman berdaun lebat atau tanaman yang menahan air di dalamnya. Misalnya seperti sukulen atau kaktus.

Penerapan taman kering ini cocok untuk bagian rumah yang kurang mendapat sinar matahari. 

Jika kebun tertutup rumah tetangga, maka Anda bisa menggunakan batu putih.

2. Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit dengan footprint

Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit
Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Selanjutnya, ada taman depan rumah modern yang bisa diterapkan meski di lahan sempit. Pada contoh desain ini, Anda dapat membuat taman dengan menonjolkan jalan setapak di tengah halaman.

Jalan setapak ini dapat dibuat dari beton atau bentuk batu untuk menciptakan lingkungan jalan setapak yang indah dan alami di taman. Selain terlihat lebih indah, rumput yang ditanam lebih aman dari pijakan kaki.

Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih menarik, maka Anda dapat menggunakan batu alam berwarna-warni atau batu dengan pola khusus.

3. Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit Bergaya Bali

Bagi yang suka nuansa pantai, kursinya sama tempat tidur gantung Atau berayun bisa menjadi ide yang menyenangkan. Ya, dengan ini, Anda bisa merasakan Bali dengan bersantai di taman depan rumah.

Desain taman seperti ini tentunya sangat cocok untuk anak-anak, juga sebagai undangan saat teman berkunjung. Dijamin, taman ini akan membuat suasana semakin akrab dan hangat.

Yang harus Anda perhatikan adalah memastikan bahwa pondasi dapat menahan beban tempat tidur gantung Hal ini sangat kuat. Anda dapat menggunakan tiang atau pohon sebagai alas untuk menahan beban.

4. Desain taman kolam ikan

Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Ide selanjutnya adalah membuat oase pribadi dengan memiliki kolam ikan di taman depan rumah. Anda tidak harus menggunakan lahan yang luas, karena kolam ini tetap bisa dibuat menggunakan model kolam ikan kecil dengan air terjun kecil.

Berenang di air terjun tempat berbagai ikan berwarna-warni berenang di sana-sini sangat efektif untuk mengurangi tingkat stres dan menciptakan suasana santai. Meski sederhana, taman depan kecil ini dijamin akan membuat rumah Anda semakin asri.

Baca juga: 7 Tips Merancang Konsep Desain Teras Depan Rumah Terbaik

7. Desain taman dalam ruangan Jepang

Bagi yang ingin membuat model taman depan rumah minimalis lahan sempit yang mewah, maka Anda bisa mencoba desain yang satu ini.

Ya, desain taman depan ala Jepang memang mirip dengan banyak ornamen yang dipadukan menjadi satu.

Seperti pepohonan, rerumputan, semak-semak bahkan bebatuan. Meski menggunakan elemen yang terkesan sederhana, gaya taman ini mampu menciptakan suasana yang sangat asri dan damai.

8. Desain taman dinding

Jika keluarga Anda termasuk orang yang suka menyenangi seni, tidak perlu ragu untuk berinvestasi dalam desain taman.  Anda dapat menambahkan aksen yang sangat menarik dan unik ke taman, seperti seni patung.

Selain itu, Anda dapat menempatkan dekorasi khusus di dinding.  Misalnya, sebagai hiasan bunga, atau sangkar burung juga lebih baik.

Namun, Anda harus memastikan bahwa patung dan furnitur artistik yang digunakan ditempatkan di tempat yang tahan terhadap perubahan cuaca.

Sebagai alternatif, Anda dapat dilindungi dari hujan atau sinar matahari langsung.

9. Desain taman depan dengan aksesoris lampu

Model Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Berikutnya adalah inspirasi desain taman depan rumah dengan permainan cahaya.  Mungkin bagi sebagian orang penambahan lampu ini mungkin terasa aneh. 

Namun, efek pencahayaan yang sangat menakjubkan dan redup bisa menjadi pilihan untuk membuat rumah Anda menonjol dari yang lain.

Yang mengejutkan, desain taman yang satu ini bisa diterapkan di lahan yang sangat terbatas lho. 

Jenis lampu yang bisa dipilih juga sangat beragam, antara lain lampu dinding, lampu sorot, lampu gantung dan jenis lampu lainnya. Lampu berdiri Itu ditempatkan di sisi jalan sebagai pagar.

Agar hasil terlihat lebih menarik, Anda dapat menyorot bagian tertentu seperti bentuk Menyoroti.

10. Desain taman depan dengan kolam kecil

Jika Anda hanya memiliki ruang yang sempit, maka jangan khawatir.  Hal ini karena Anda dapat menggunakan dinding sudut sebagai air terjun kecil. Kemudian tambahkan tanaman hijau di sekitarnya.

Akan sangat menarik untuk mengaplikasikan air terjun bertingkat ini pada dinding taman. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk menambahkan beberapa tanaman segar di sekitar taman. Desain ini dijamin membuat rumah Anda terasa seperti air terjun alami di alam bebas.

Oke itu dia inspirasi model taman depan rumah minimalis lahan sempit yang bisa Anda usung. Dari sekian model taman depan rumah minimalis lahan sempit di atas, barangkali ada yang sangat cocok dengan ide Anda.

Editor: UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar