Model Partisi Ruang TV yang Estetik Bagus

Pemisah satu ruangan dengan ruangan lainnya tidak selalu harus terlihat membosankan. Khusus ruang keluarga, Anda bisa menambahkan partisi ruang TV minimalis yang estetik.

Masalahnya, partisi yang dibuat secara permanen seringkali membuat rumah terlihat sempit. Belum lagi jika terkena sinar matahari, biasanya hanya menembus beberapa ruangan saja sehingga membuat ruangan lain menjadi gelap dan suram.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena masalah ini dapat diatasi dengan menyediakan partisi yang berlubang, tidak menyentuh plafon dan dapat dipindah-pindah.

Keunggulan dari partisi minimalis ini terletak pada fleksibilitasnya dalam memisahkan area satu  dengan area lainnya.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini ya!

8 Ide Partisi Ruang TV Minimalis yang Estetik dan Elegan

Rekomendasi Ide Partisi Ruang TV Minimalis dengan Ruang lainnya dalam rumah, diantaranya:

Partisi Ruangan TV dan Dapur

Ide partisi ruang tv minimalis yang pertama adalah partisi ruang tv dan dapur. Seringkali, area dapur dan ruang tv yang bersebelahan dianggap terlalu ekstrim.

Ya, hal ini karena terkadang banyak orang yang berada di dapur, sehingga ruang tv yang kadang ada privasi, namun privasi itu diketahui banyak orang.  

Tapi jangan khawatir, untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa membuat sekat ruang TV minimalis yang sangat keren untuk menghilangkan rasa canggung tersebut.

Partisi ruang TV ini dapat menambah ketertarikan pemilik rumah, yang  seringkali dianggap sebagai gaya desain yang elegan.

Dengan adanya partisi yang juga berfungsi sebagai pembatas ruangan minimalis ini juga semakin menambah daya tarik sekaligus menjaga keindahan sesungguhnya dari tampilan interior Anda.

Partisi Ruangan TV Fleksibel

Fleksibilitas hadir ketika suatu tiang dapat diputar, dan agar TV Anda bisa diorientasikan pada sudut yang diinginkan. Misalnya, Anda ingin menggunakan pembatas ruang TV minimalis ini untuk memisahkan  ruang keluarga dan ruang makan.

Anda bisa mengarahkan TV ini ke ruangan mana pun yang  sedang  digunakan saat itu. Secara langsung, partisi TV ini menjadi titik sentral dari seluruh ruang yang ada di rumah Anda.

Namun, sebelum menggunakan inspirasi ini, Anda juga perlu memikirkan lebih matang bagaimana cara membagi ruangannya.

Partisi ini juga harus Anda integrasikan pada bagian tengah ruangan agar dimanapun Anda berada, televisi selalu bisa menemani dalam aktivitas sehari-hari di rumah.

Partisi Ruang TV dengan Rak

Rak TV sebenarnya memungkinkan Anda menyimpan berbagai jenis koleksi pribadi, dan tergantung gaya masing-masing penggunanya. Namun, ada juga lemari yang bisa dijadikan partisi untuk menambah nilai fungsional sebuah furnitur.

Meski ciri utamanya adalah sebagai pembeda antara satu ruangan dengan ruangan lainnya, namun Anda juga bisa menggunakannya sebagai penyemat TV yang dipasang di dinding.

Dengan begitu, masih ada ruang yang bisa Anda manfaatkan jika tinggal di rumah berukuran kecil, seperti apartemen.

Bufet TV sebagai Partisi antar Ruangan

Multi fungsi menjadi salah satu kelebihan gaya minimalis. Dalam gaya minimalis, setiap benda, furnitur atau peralatan  di dalam rumah sebisa mungkin mempunyai 2 fungsi atau lebih.

Misalnya, sofa bisa dijadikan tempat tidur, rak bisa dijadikan meja makan, serta meja  bisa dijadikan kursi kecil.

Bufet TV juga dapat digunakan sebagai lemari multifungsi, termasuk sebagai partisi. Anda bisa memilih bufet TV rak tinggi untuk dijadikan sekat antara ruang keluarga dan ruang makan.

Sebaiknya pilih bufet TV yang mempunyai banyak lubang agar tidak hanya terlihat lebih bagus tetapi juga bisa digunakan sebagai tempat pajangan atau rak buku.

Partisi Ruangan dari Kayu dengan Rak TV

Jika  ingin mengoptimalkan ruang ruangan, Anda juga bisa memilih partisi  yang menyatu langsung dengan rak TV seperti yang satu ini.

Selain membantu Anda berhemat karena pembatas ruangan minimalis ini memiliki banyak fungsi, tentunya ruangan Anda juga akan menghemat tempat dan super nyaman.

Partisi Sekaligus Area Pajangan

Partisi ruang tv minimalis selanjutnya adalah partisi sekaligus area pajangan. Desain partisi ruang TV dan ruang tamu ini sangat cocok untuk rumah modern yang mengutamakan fungsionalitas di setiap sudut rumah.

Material logam dan dinding semen jika dibentuk dengan baik dapat menjadi  partisi  modern. Agar  ruangan semakin artistik, Anda bisa membagi area untuk pajangan atau karya seni lainnya.

Backdrop TV sebagai Partisi Ruangan

Untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang keluarga atau ruang TV, Anda juga bisa memanfaatkan backdrop TV sebagai rak. Gunakan material rak TV yang sesuai dengan gaya interior  Anda.

Jika ingin tampilan minimalis namun mewah, padukan besi, kayu, dan kaca sebagai partisi ya!

Partisi Marmer

Jika Anda ingin tetap mempertahankan unsur kemewahan, partisi marmer adalah pilihan yang tepat. Meski tampilannya sangat minimalis, namun kesan mewahnya justru lebih mencolok.

Adanya sisi yang dapat diisi dengan berbagai jenis dekorasi akan menantang Anda untuk menambahkan dekorasi untuk menunjang keanggunannya.

Baca juga: Rekomendasi Hiasan Dinding Ruang TV Agar Terlihat Modern dan Bikin Betah

6 Fungsi Menggunakan Partisi Ruangan

Ada beberapa fungsi partisi ruang tv, diantaranya:

  • Sebagai Pembatas Ruangan

Seperti yang Anda ketahui, partisi memiliki kemampuan untuk membagi  ruangan  yang besar menjadi beberapa ruangan  yang lebih kecil. Oleh karena itu, partisi ini dapat dikatakan sangat fleksibel dan mampu menyelesaikan masalah ketersediaan ruangan.

  • Sebagai Dekorasi

Selain berfungsi sebagai pembatas ruangan, partisi juga dapat digunakan sebagai aksen dekoratif untuk mengkonsep interior sebagai backdrop sehingga kehadirannya dapat menciptakan kesan ruangan yang lebih hidup, sehingga kesan kosong dapat dihindari berkat hadirnya backdrop.

Dengan desain yang beragam, partisi tersedia dalam berbagai material seperti kayu, rotan, kaca, bambu, panel kain, alumunium dan material lainnya. Perpaduan material tersebut akan menciptakan tampilan partisi yang indah, sehingga menjadi elemen pendukung interior.

  • Sebagai Tempat Penyimpanan

Dengan ketebalan tertentu, partisi dapat berbentuk ceruk terbuka atau ceruk berpintu berbentuk bufet atau lemari dengan desain dua sisi sehingga membuat ruang depan dan belakang semakin terlihat menarik.

  • Memberi Privasi

Tahukah Anda? Dengan menambahkan pembatas atau partisi ruangan, secara tidak langsung Anda menjamin privasi dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Jadi, jika Anda memasang sekat antara dapur dan ruang makan, secara tidak langsung Anda memberikan privasi pada koki agar bisa berkreasi di dapur sebelum menyajikan hidangan ke ruang makan.

  • Menciptakan Kesan Intim di Ruangan yang Luas.

Pada rumah satu lantai atau rumah kecil, satu ruangan besar terkadang digunakan untuk banyak ruang berbeda, seperti ruang makan, ruang tamu, dan ruang santai. Penggunaan partisi akan menciptakan kesan ruangan terpisah, sehingga membantu menciptakan rasa intim pada area tersebut.

  • Memberikan Kemudahan untuk Melakukan Banyak Aktivitas Secara Bersamaan

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan bersamaan tanpa takut terasa sumpek atau ramai karena adanya partisi ini, misalnya Anda dapat makan di ruang makan sementara anak Anda menonton TV sambil bersantai di ruang keluarga.

Itulah beberapa contoh ide partisi ruang tv minimalis yang bisa Anda coba. Tentu saja, berkat adanya partisi, ruangan Anda akan terlihat lebih cantik dan menarik. Jadi, apa yang menjadi favorit Anda?

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar