Mengenal Pintu UPVC Kamar Mandi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya!

Ada berbagai bahan yang cocok untuk pintu kamar mandi, pastinya bukan hanya kayu saja. Ya, kayu mempunyai sifat yang mudah lapuk jika terkena air dalam waktu lama.

Itulah mengapa sebaiknya Anda tidak menggunakan pintu kayu sebagai pintu kamar mandi. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan pintu UPVC kamar mandi.

Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, apakah UPVC sama dengan PVC? Kedua bahan tersebut berbeda. Karena UPVC jauh lebih kuat dan tahan lama dibandingkan PVC. Yuk simak ulasan lebih dalam tentang pintu UPVC kamar mandi berikut ini ya!

Apa Perbedaan PVC dan Pintu UPVC Kamar Mandi?

Nah, buat Anda yang penasaran apa perbedaan dari PVC dan UPVC untuk pintu kamar mandi, mari kita bahas terlebih dahulu.

PVC (Polyvinyl Chloride)

Pada dasarnya PVC adalah plastik yang telah dikeraskan, namun lentur sehingga dapat dengan mudah dibentuk dengan kebutuhan yang berbeda. Banyak produsen pintu kamar mandi yang memilih material ini karena harganya yang terjangkau. Lalu, bagaimana dengan daya tahannya? 

Ketahanan pintu PVC bergantung dari ketebalan material yang digunakan. Ya, karena banyak merk yang menggunakan bahan PVC yang sangat tipis, sehingga pintu cepat rusak dan mudah pecah. Jika Anda menginginkan pintu PVC berkualitas tinggi, Anda perlu menyiapkan anggaran lebih banyak. 

Walaupun mempunyai kekurangan dari segi daya tahan, harga pintu kamar mandi PVC yang murah bisa mengimbangi kekurangan tersebut lho. Selain itu, pintu PVC mempunyai kelebihan yaitu ringan dan lebih mudah ditemukan di toko bangunan. 

UPVC (Unplasticised Polyvinyl Chloride)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, UPVC berbeda dengan PVC. Ini karena UPVC adalah material plastik yang telah diolah secara khusus untuk menghilangkan keplastikannya dan menciptakan material yang lebih keras dan kuat. 

Kekuatan pintu UPVC sepadan dengan harganya. Rata-rata harga pintu UPVC kamar mandi memang cukup tinggi. Tetapi, hal ini sepadan dengan kualitas yang Anda dapatkan. Desain dari pintu UPVC ini juga membuatnya terlihat lebih mewah dan lebih berkualitas. 

Selain itu, pintu UPVC kamar mandi juga tahan lama, mudah dibersihkan, ramah lingkungan, kedap suara, tahan karat, lembab dan tahan api, serta dapat digunakan di kamar mandi dalam dan luar ruangan. 

14 Kelebihan Pintu UPVC Kamar Mandi

Berikut ini beberapa kelebihan dari mengadopsi pintu UPVC kamar mandi.

Anti Bocor dari Rembesan Air

Keuntungan menggunakan pintu UPVC kamar mandi adalah anti bocor. Anda dapat menggunakan pintu ini untuk ruangan yang berbeda, terutama untuk ruangan dengan resiko kebocoran yang tinggi. Tentu saja, penggunaan pintu UPVC akan mencegah masalah tersebut. 

Kuat, Tangguh, dan Anti Keropos

Pintu UPVC merupakan pintu yang kuat, tangguh dan juga anti keropos. Pintu ini lebih kuat dari PVC karena menggunakan bahan baku UPVC. Selain itu, pintu UPVC tidak mengalami keropos seperti pintu kayu. 

Tidak Terserang Oleh Karat

Mengapa karat tidak bisa menyerang pintu UPVC? Jawabannya sederhana, karena UPVC bukanlah bahan logam. Logikanya, pintu ini tidak bisa berkarat. Oleh karena itu, pintu Anda akan terbebas dari salah satu penyebab kerusakan terburuk. 

Mempunyai Sifat Kedap Terhadap Air

Keunggulan pintu UPVC kamar mandi selanjutnya adalah kedap terhadap air. Anda tidak perlu khawatir memasang pintu ini pada ruangan yang banyak airnya, karena air tidak dapat merusak pintu ini. Pada dasarnya, pintu UPVC memang memiliki sifat tahan air. 

Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem

Biasanya, pintu di rumah tiba-tiba tidak bisa dibuka dan ditutup karena terlalu rapat menempel pada kusen. Kondisi ini terjadi karena pintu mengalami pemuaian. Masalah ini tidak akan ada pada pintu UPVC karena UPVC tahan terhadap perubahan cuaca. 

Tahan Api dan Tidak Mudah Terbakar

Material UPVC sebagai bahan baku desain pintu UPVC memang sangat istimewa. Meskipun UPVC adalah bahan plastik, bahan ini memiliki ketahanan api yang tinggi sehingga tidak mudah terbakar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanannya. 

Banyak Variasi Pilihannya

Saat membeli pintu UPVC, Anda akan memiliki banyak pilihan. Tentu, banyaknya variasi ini sangat membantu kita untuk memilih pintu yang paling cocok. Anda dapat memilih pintu yang paling sesuai dengan rencana desain dan kebutuhan ruang Anda ya!

Dapat Ditutup dengan Rapat

Terkadang, Anda perlu membuat pintu yang dapat ditutup dengan sangat rapat. Contohnya pintu kamar mandi atau ruangan ber-AC. Nah, pintu UPVC ini bisa memenuhi keinginan itu. Pintu UPVC dapat dilekatkan pada kusennya dengan sangat rapat dan tanpa celah. 

Tidak Membutuhkan Perawatan Intensif

Pintu UPVC adalah pintu dengan perawatan rendah. Pintu ini tidak membutuhkan perawatan yang terlalu rumit atau intensif. Bahkan, bisa dibilang pintu UPVC ini membutuhkan perawatan yang sangat minim sekali. Pintu UPVC akan tahan lama meski Anda tidak sering merawatnya. 

Dapat Didaur Ulang

Meski pintu UPVC tidak terbuat dari bahan alami, namun sebenarnya pintu ini ramah lingkungan. Mengapa? Karena pintu ini bisa didaur ulang maksimal 5 kali. Pintu UPVC ini akan tetap terlihat bagus dan layak pakai meskipun sudah didaur ulang lho. 

Berstandar Internasional

Anda tidak perlu meragukan mutu dan kualitas pintu UPVC ini. Ya, karena bukan hanya standarisasi Indonesia yang menjamin kualitas dari produk ini, namun pintu UPVC pun memiliki standar internasional untuk memastikan kualitasnya benar-benar bagus dan terjamin. 

Mempunyai Bobot yang Ringan

Kelebihan selanjutnya dari pintu UPVC adalah sangat ringan. Hal ini karena pintu UPVC pada dasarnya adalah pintu plastik. Berkat bobotnya yang sangat ringan ini, pintu UPVC tidak membutuhkan struktur yang rumit sebagai penahannya.

Baca juga: Ukuran Pintu Kamar Mandi Ideal yang Wajib Anda Ketahui

Reduksi Suara Hingga 40 dB

Ruangan yang tenang tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Dinding kedap suara sebenarnya cukup efektif untuk menghalangi kebisingan dari luar. Akan tetapi, pintu biasa tidak bisa menutup kebisingan tersebut. Solusinya yaitu, Anda dapat menggunakan pintu UPVC yang bisa meredam suara hingga 40dB. 

Anti Rayap dan Anti Hama

UPVC adalah material buatan manusia yang terbuat dari plastik. Sehingga rayap, serangga dan hama perusak pintu lainnya dijamin tidak akan merusak pintu ini. Jika mereka membandel, UPVC yang masuk ke tubuh mereka akan menjadi racun yang mematikan. 

Kekurangan Pintu UPVC Kamar Mandi

Kelemahan pintu UPVC ini yaitu tidak bisa menahan benturan serta tekanan dari benda keras. Jika pintu ini terkena benturan yang cukup kuat, tidak menutup kemungkinan strukturnya akan pecah, retak, ataupun hancur.

Seiring berjalannya waktu, bagian yang rusak ini akan menimbulkan lubang menganga yang akan melebar jika tidak segera diperbaiki. Itulah sebabnya, Anda harus menggunakan pintu UPVC ini dengan hati-hati. Jangan terlalu kasar ketika membuka dan menutup pintu UPVC agar tidak menimbulkan kerusakan. 

Demikian pembahasan lengkap tentang pintu UPVC kamar mandi beserta kelebihan dan kekurangannya. Tentu saja, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan apabila Anda menggunakan pintu UPVC ini!

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *