Mengatasi Saluran Pembuangan Air Kamar Mandi Mampet

Saluran pembuangan air kamar mandi atau pancuran kadang tersumbat oleh mineral dari air sadah, sabun, maupun rambut.

Seiring waktu, rambut dapat menjadi penyebab utama saluran air tersumbat. Akan tetapi, Anda bisa membuangnya secara langsung menggunakan tangan Anda. 

Apabila saluran pembuangan air kamar mandi masih tersumbat atau Anda tidak bisa mengambil kotoran, gunakanlah gantungan baju kawat, kop WC, atau “bor ular”.

Jika solusi ini pun tidak berhasil, Anda bisa menggunakan campuran soda kue dan cuka. Biasanya, salah satu solusi tersebut dapat membuahkan hasil, jika tidak, Anda bisa menghubungi tukang leding. 

4 Cara Mengatasi Saluran Pembuangan Air Kamar Mandi yang Tersumbat

Saluran Pembuangan Air Kamar Mandi
Saluran Pembuangan Air Kamar Mandi

Masalah yang sering timbul pada pembuangan kamar mandi adalah mengalami sumbatan, nah ada beberapa cara dalam mengatasi saluran pembuangan air kamar mandi yang mampet, diantaranya:

Menarik Kotoran Penyumbat yang Belum Masuk Terlalu Dalam Dengan Tangan

Cara pertama untuk mengatasi saluran pembuangan air kamar mandi yang tersumbat yaitu menggunakan tangan Anda sendiri.

Baca juga: Cara instalasi pipa shower kamar mandi

Langkah langkah membuangnya pun gampang sekali, yaitu sebagai berikut:

  • Setelah mandi, tunggu beberapa menit hingga airnya terbuang. Kotoran penyumbat akan lebih mudah ditarik saat pipa pembuangan air kosong. Apabila air tidak terkuras atau terbuang percuma, Anda perlu melancarkan saluran pembuangan air kamar mandi dengan kop WC atau bor ular.
  • Lepaskan saringan atau penutup lubang pembuangan dengan obeng atau tangan Anda. Apabila penutup lubang pembuangan atau saringan terpasang dengan sekrup, lepaskan dengan obeng.

Beberapa penutup lubang dapat dengan mudah diangkat atau dilepas dengan tangan. Tempatkan penutup pada posisi terbuka dan lepaskan semua sekrup yang perlu dicabut. Lalu, tariklah saringan atau penutupnya.

Jika pancuran atau kamar mandi memiliki drop stopper atau penutup lubang pembuangan yang bisa ditekan, angkatlah penutupnya dan cari sekrup di bawahnya. Kemudian, bukalah sekrup dan bagian atas drop stopper setelahnya.

  • Keluarkan kotoran yang masih tersangkut  di dekat lubang menggunakan tangan. Pada umumnya, saluran pembuangan air kamar mandi tersumbat oleh rambut. Apabila rambut masih tersangkut di dekat lubang pembuangan, gunakan jari Anda untuk mengangkatnya. Anda juga bisa menggunakan sarung tangan karet jika tidak ingin memegang  rambut secara langsung dengan tangan Anda. 

Melancarkan Saluran Pembuangan Air Kamar Mandi Menggunakan Kop WC

  • Gunakanlah kop WC saat air di pancuran atau kamar mandi tergenang dan tidak terbuang percuma. Kop WC dengan cangkir karet standar yang dipasang pada gagang kayu adalah pilihan terbaik untuk masalah ini. Apabila Anda mempunyai kop WC dengan tambahan ring karet di sekeliling bibir cangkir, lipatlah ring tersebut.

Kop WC mengangkat apa pun yang menyumbat saluran pembuangan. Jangan menggunakan kop WC apabila sebelumnya Anda telah menuangkan bahan kimia beracun (pemutih) ke saluran pembuangan, karena kop akan menghilangkan zat tersebut. Produk atau bahan kimia berbahaya dapat memercik, mengenai Anda, serta menyebabkan luka bakar. 

  • Tutupi lubang pembuangan air kamar mandi tambahan di bak mandi dengan handuk basah. Apabila bak mandi Anda mempunyai lubang pembuangan ekstra (untuk mengalirkan air agar tidak meluap), lubang tersebut dapat mengganggu daya isap dari kop WC. Pastikan lubang tertutup rapat dengan memasukkan handuk basah.
  • Basahi bagian luar lubang pembuangan menggunakan air atau petroleum jelly saat sudah kering. Area atau bagian luar lubang pembuangan mungkin menjadi basah setelah menggunakan kamar mandi atau pancuran. Jika tidak, tuangkan air ke dalam bak mandi atau ke lantai kamar mandi. Anda juga dapat mengoleskan sedikit vaseline di sisi atau tepi cangkir kop WC supaya kop bisa terkunci dan terpasang dengan kuat.
  • Tekankan kop WC ke lubang pembuangan untuk menutupi secara menyeluruh. Apabila ada banyak genangan air di bak mandi atau di lantai, keluarkan sebagian air tersebut dengan ember sebelum menggunakan kop WC. Jadi, genangan air tidak bisa memercik dan mengenai Anda. Lalu, cangkir kop akan menempel dan terkunci saat Anda mulai memompa. 
  • Doronglah pegangan kop dengan perlahan ke arah lubang, lalu berikan lebih banyak tenaga. Tarik dan dorong pegangannya beberapa kali untuk mengeluarkan udara. Kemudian, dorong dengan kuat sekitar 20 detik. Jangan menekan kop terlalu keras sehingga cangkir kop tidak dapat terlepas dari lubang. 
  • Tariklah kop WC lalu buang kotoran yang terangkat. Apabila berhasil, kop akan menghalangi apa pun yang menyumbat saluran pembuangan. Buang kotoran dengan tangan atau gunakan pengait kawat gantungan baju jika kotoran tidak bisa dijangkau dengan jari.

Anda juga dapat menyinari lubang dengan senter untuk melihat lebih jelas letak kotoran. Untuk memastikan semua kotoran hilang, nyalakan keran dan periksa apakah air mengalir dengan lancar. Jika air masih tidak terbuang, gunakanlah bor ular atau campuran soda kue serta cuka.

Baca juga: Rekomendasi Stiker Kamar Mandi Anti Air Aesthetic

Melancarkan Saluran Pembuangan Air Kamar Mandi yang Tersumbat Menggunakan Bor Ular 

  • Beli bor ular di toko perangkat keras atau toko perbaikan rumah terdekat Anda. Bor ular merupakan kabel panjang yang terhubung dengan engkol tangan.

Bor semacam ini tersedia dalam beberapa pilihan panjang (7,5 hingga 30 meter). Untuk saluran pembuangan air kamar mandi atau pancuran, sebaiknya pilih mata bor yang lebih panjang. 

Gunakan bor ini jika sebelumnya Anda pernah mencoba membersihkan saluran air dengan gantungan baju dan kop WC. 

  • Lepas saringan atau penutup lubang dan pelat antiluap (untuk bak mandi). Lepaskan saringan atau penutup lubang dengan obeng atau dengan mengangkatnya menggunakan tangan. Lepaskan juga pelat antiluap tersebut.  

Anda harus melepas pelat ini dari bak mandi memakai obeng. Jika ada kenop, bisa ditarik dengan tangan. Saat pelat dilepas, biasanya akan mengangkat sumbat lubang pembuangan di bak mandi. Lalu, tariklah sumbat tersebut. 

  • Masukkan bor ke lubang antiluap di bak mandi sampai bor tertahan di tempatnya. Dorong “ular” dengan memutar engkol berlawanan arah jarum jam. Apabila bor tertahan, berarti bor sudah menyentuh atau mengenai kotoran penyumbat. Cobalah untuk terus mendorongnya hingga kabel tidak dapat masuk lebih dalam.

Kemudian, ujung kabel akan menangkap gumpalan rambut atau kotoran untuk mengangkatnya. 

  • Lepaskan bor dengan memutar engkol searah jarum jam. Kabel ditarik, lalu kotoran yang menghalangi saluran pembuangan pun akan terangkat. Anda juga dapat membuang kotoran di ujung bor dengan tangan.

Panggil tukang leding jika Anda curiga ada sesuatu yang lebih besar di pipa yang menghalangi saluran pembuangan dan bor tidak bisa menjangkau ke sana. 

Menggunakan Air Panas

Cara ini mudah sekali dilakukan. Isi kendi atau panci besar dengan air dan didihkan. Selanjutnya, tuangkan air panas langsung ke saluran pembuangan dalam jumlah sedikit, biarkan cairan panas mengalir melalui sumbat di antara setiap penuangan. 

Suhu air membantu memecahkan dan melarutkan kotoran yang menyumbat kamar mandi. Lakukan ini jika pipa kamar mandi Anda terbuat dari logam. Jangan gunakan air mendidih jika Anda mempunyai pipa PVC, karena bisa menyebabkan sambungan kendor.

Itulah 4 cara mengatasi saluran pembuangan air kamar mandi yang tersumbat yang bisa Anda coba. Tentu saja, cara-cara diatas pun sangat mudah untuk Anda lakukan. Selamat mencoba! Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *