13 Desain Plafon Minimalis Ruang Tamu yang Estetik

Mendesain plafon minimalis ruang tamu memang tidak mudah, namun juga tidak sulit.

Ya, ruang tamu adalah ruang pertama Anda menyambut tamu. Pada ruang tamu minimalis yang berukuran kecil seperti 3×3, bisa terlihat lebih menarik dan nyaman dengan dekorasi dan penataan  plafon yang tepat.

Desain plafon ruang tamu selalu menjadi jenis dekorasi interior yang penting untuk melengkapi rumah. Namun, yang menjadi permasalahan adalah banyak orang kesulitan menemukan model yang tepat.

Jenis plafon yang tidak tepat hanya akan membuat ruang tamu menjadi kurang menarik dan tidak mencerminkan kenyamanan serta gaya dekorasi interior.

Untungnya, saat ini banyak sekali desain plafon minimalis ruang tamu yang dapat menunjang desain interior dan menciptakan suasana nyaman. Mulai dari styrofoam sampai plafon kayu, ada banyak desain yang sesuai dengan kebutuhan setiap orang.

Supaya lebih jelas, yuk simak pembahasan berikut ini ya !

13 Desain Plafon Minimalis Ruang Tamu yang Estetik dan Populer

plafon minimalis ruang tamu
plafon minimalis ruang tamu

Untuk Anda yang belum punya referensi desain plafon ruang tamu minimalis, berikut ini daftar ide yang bisa Anda terapkan.

Panel Plafon Minimalis Berwarna Putih

Desain plafon minimalis ruang tamu yang pertama adalah panel plafon minimalis berwarna putih. Untuk ruangan dengan  luas terbatas, desain plafon ruang tamu minimalis berwarna putih ini adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, desain minimalis seringkali identik dengan dominasi warna putih.

Ya, warna putih mampu menciptakan kesan lebih luas pada sebuah ruangan. Agar langit-langit ruang tamu tetap terlihat hidup, Anda bisa membuat ukiran pada plafon tersebut. Dengan cara ini plafon akan terlihat lebih cantik namun tetap sederhana.

Plafon Ruang Tamu Terbaru Elegan

Selanjutnya ada model plafon minimalis ruang tamu yang menghadirkan kesan mewah. Dimana tekstur plafonnya tidak biasa dengan ukuran yang menarik, sehingga memberikan tampilan anti mainstream. Lalu, di bagian tengahnya diletakkan lampu gantung agar ruang tamu terlihat lebih elegan dan mewah.

Selain lampu gantung, di beberapa tempat pada plafon juga terdapat tempat lampu untuk menambah penerangan pada ruangan. Oleh karena itu, pada malam hari ruang tamu ini terkesan gelap dan semakin megah.

Jenis Plafon 3D

Anda bisa menggunakan desain plafon ruang tamu 3D minimalis  untuk mendapatkan nuansa hunian mewah. Model ini tidak hanya cocok untuk digunakan di ruang tamu, tetapi juga untuk banyak ruangan lainnya.

Model ini sangat sesuai jika digunakan pada ruangan berbentuk persegi atau persegi panjang. Oleh karena itu, hanya beberapa bagian  yang dibuat dalam bentuk 3D dan  plafon datar yang dapat digunakan sebagai soket lampu.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lampu gantung di bagian tengah untuk memaksimalkan cahaya pada ruangan.

Desain Plafon Bertumpuk

Model plafon dengan desain bertumpuk akan menghadirkan kesan estetik pada ruangan. Desain ini juga sangat cocok diaplikasikan pada ruangan minimalis yang berkonsep sederhana. Oleh karena itu, tekstur plafon bertumpuk akan menghadirkan sentuhan sendiri, yaitu sebagai penghias ruangan.

Bagi Anda yang menyukai nuansa tradisional, bagian plafon pada tumpukan kedua bisa memakai jenis plafon kayu. Material ini akan memberikan hasil yang lebih natural dengan nuansa klasik. Desainnya pun lebih menarik dan cukup estetis pada ruang tamu Anda.

Model Plafon Berundak Kesan Hangat

Bentuk plafon berundak pada ruang tamu dibuat dengan bagian tengahnya menonjol ke dalam dan kedua sisinya sedikit lebih rendah. Oleh karena itu, model ini sangat berbeda dengan model plafon tumpuk.

Namun, keduanya mampu menghadirkan rasa hangat pada ruang tamu. Pasalnya, model plafon ini menampilkan panel dengan warna-warna hangat. Ada juga lampu tambahan di kedua sisinya. Dimana Anda bisa menggunakan lampu berwarna kuning untuk mempertegas nuansa hangat  di ruang tamu.

Baca juga: Rekomendasi Lampu Led Plafon Ruang Tamu Terbaik

Plafon Gaya Classic Ukiran Besar

Desain plafon minimalis ruang tamu selanjutnya akan sangat cocok untuk rumah bergaya country. Yang paling menarik perhatian pada plafon ini adalah ukirannya. Bukan hanya sekadar ukiran, tetapi sebuah ukiran yang diukir  seolah- olah timbul.

Hal ini pasti akan mengejutkan dan memukau semua orang yang duduk di ruang tamu. Bagaimana, apakah Anda tertarik mencobanya?

Plafon Tinggi Bahan Kayu Motif Natural

Plafon tinggi bahan kayu motif natural adalah desain plafon minimalis ruang tamu selanjutnya yang juga tidak kalah menarik. Desain ini menghadirkan nuansa back to nature, salah satunya yaitu penggunaan kayu.

Kayu di sini dibiarkan warna aslinya untuk mempertahankan tampilan alaminya. Salah satu keistimewaan plafon jenis ini adalah jarak antara lantai dasar dengan plafon cukup tinggi. Wah, menarik banget ya?

Plafon Plywood Menyatu dengan Dinding

Plafon plywood menerapkan konsep yang agak langka. Ya, karena sangat jarang dijumpai sebuah hunian yang dinding dan langit-langitnya menyatu. Hal ini cukup menarik perhatian para desainer interior hingga menciptakan desain plafon  apik seperti  ini.

Kayunya juga memiliki tampilan yang sangat natural karena tidak dicat. Satu lapis cat saja akan membuatnya semakin berkilau.

Plafon Gaya Industrial dengan Instalasi Pipa

Plafon minimalis ruang tamu jenis ini ditata seperti bangunan pabrik. Oleh karena itu, nama tema plafon ini adalah industrial. Jarang sekali ditemukan rumah yang menggunakan pipa air sebagai hiasan rumahnya. Ya, ruang tamu dengan desain plafon industrial ini cukup menarik dan sangat unik.

Desain Plafon Putih Ukiran Tepi

Dengan menggunakan desain plafon ini, siapa pun yang melihatnya akan terkesima dengan ukiran indah di pinggir plafon. Ukiran yang dibuat dengan cermat ini akan menjadi pusat perhatian.

Oleh karena itu, tidak heran jika desain plafon  ini banyak digemari oleh berbagai kalangan. Tak hanya itu, plafon ini juga bisa dipadukan dengan berbagai gaya hunian yang berbeda.

Desain Plafon dengan Lampu Kecil Built-in

Ide plafon minimalis ruang tamu berikutnya yaitu plafon dengan lampu kecil built-in. Berbeda dengan lampu ruang tamu lainnya, lampu yang dipasang di sini memiliki bentuk yang sangat menarik perhatian.

Tamu Anda pasti akan mengatakan hal serupa ketika melihat lampu built-in ini. Plafon jenis ini juga banyak direkomendasikan untuk beragam jenis desain rumah. Jadi, bila Anda masih bingung untuk membuat plafon, mungkin pilihan ini bisa dijadikan referensi.

Kombinasi Gaya Minimalis dan Modern

Bagi Anda yang menyukai gaya futuristik dan minimalis, desain yang satu ini pasti sangat cocok jika diusung pada plafon minimalis ruang tamu Anda. Ruang tamu minimalis dapat dilambangkan dengan aksen interior seperti lampu dan pola pada dinding.

Sementara itu, futuristik dapat dilambangkan dengan hadirnya lampu plafon  LED.  Plafon seperti ini banyak ditemukan di  kawasan perumahan di Eropa dan Asia. Jadi, apakah Anda tertarik juga?

Plafon Berwarna Coklat yang Elegan

Desain plafon minimalis ruang tamu ini adalah pilihan tepat bagi pecinta warna coklat. Dengan menggunakan warna coklat sebagai warna utama, seolah-olah menciptakan suasana yang menenangkan.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lampu gantung agar lebih menarik. Pastikan warna di bawah plafon mempunyai tone berwarna terang. Hal ini tentu akan membuat tamu merasa nyaman ketika melihat ruangan anda.

Demikian 13 rekomendasi plafon minimalis ruang tamu yang wajib Anda jadikan referensi. Jangan lupa sesuaikan spesifikasi plafon dengan luas ruang tamu dan ketinggian ruangan ya! Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa plafon yang dipilih sudah memenuhi standar dan menghadirkan kenyamanan pada ruang tamu.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *