Rekomendasi Lampu Led Plafon Ruang Tamu Terbaik

Ruang tamu dengan lampu led selalu menyajikan hal-hal yang enak dipandang. Ditambah lagi model lampu led plafon ruang tamu juga bisa dipilih sesuai keinginan.

Mau menghadirkan kecerahan warna seperti apapun juga bisa, cukup dengan memilih lampu dengan sorot cahaya yang cool atau warm.

Dengan kata lain, lampu LED plafon ruang tamu bisa diandalkan untuk membuat nuansa ruangan jadi lebih terang. Lampu LED ini memang lebih banyak dimanfaatkan sebagai pencahyaan pendukung dari lampu utama.

Meski begitu, tidak sedikit lampu LED plafon ini yang lebih terang dari lampu utama. Jadi memang tergantung dari selera masing-masing saja akan memilih produk lampu yang seterang apa.

Sebelum bicara rekomendasi produk lampu LED plafon ruang tamu yang bagus untuk dibeli, kita akan bahas dulu tentang pengertian lampu plafon.

Apa itu Lampu Plafon?

Lampu plafon merupakan jenis lampu yang dipasang pada langit-langit ruangan/plafon. Ini berarti penempatannya menempel pada permukaan plafon.

Untuk strategi peletakannya yang penting menyesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah lampu yang dipasang.

Berdasarkan model pemasangannya, lampu LED plafon ruang tamu sendiri ada dua model, yaitu inbow downlight dan outbow downlight.

Inbow downlight berarti pemasangannya di dalam plafon alias menjorok ke dalam. Sementara outbow downlight bentuknya menonjol di luar plafon. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Inbow downlight sendiri bagus untuk menghasilkan sorot cahaya redup yang mendukung lampu utama ruangan. Sementara outbow, bisa dimanfaatkan untuk membantu pencahayaan dari lampu utama bila kurang maksimal.

Secara estetika, keduanya mampu menghadirkan nuansa pencahayaan yang bagus meskipun ada plus minusnya seperti yang dijelaskan tadi. Dengan lampu plafon ruang tamu yang bagus maka ruangan akan terlihat lebih estetis dan memiliki kesan sambutan yang hangat.

Tips Memilih Lampu Plafon Terbaik untuk Ruang Tamu

lampu led plafon ruang tamu

Seperti kebanyakan peralatan rumah tangga berbasis elektronik lainnya, lampu plafon LED bisa jadi andalan. Berikut ini beberapa tips memilih lampu plafon LED agar mendapatkan produk dengan keawetan yang tidak biasa.

1. Pilih yang hemat energi

Pada umumnya, ada dua tipe lampu plfon yang biasa dipakai, yaitu LED dan halogen. Kedua tipe ini berbeda dari sisi performa dan penghematan energi.

LED lebih diunggulkan untuk misi penghematan listrik. Selain itu, dari sisi intensitas cahaya penerangan juga LED masih lebih unggul.

Sementara itu halogen sebenarnya memiliki sebaran cahaya yang sama. Bedanya produk ini tidak terlalu pas untuk jadi lampu plafon ruang tamu.

LED sendiri termasuk yang paling prospektif untuk jadi lampu plafon, lebih mudah dicari, dan harganya relatif terjangkau.

Dari sisi keawetan, lampu jenis LED dianggap oleh sebagian orang jauh lebih awet dari halogen.

2. Sesuaikan temperatur warna cahaya dengan ruangan

Termperatur warna diukur dalam satuan Kelvin (K). Semakin tinggi jumlah kelvin maka akan semakin terang cahaya yang diahasilkan. Sementara makin rendah nilai kelvin maka pencahayaannya akan semakin redup/hangat.

Meski mudah saja memilih lampu LED plafon ruang tamu, Anda juga mesti paham pemilihan suhu warna cahaya dengan mempertimbangkan nilai Kelvin-nya tadi. Berikut ini pedoman dalam mengetahui nilai kelvin sebuah lampu pijar jenis LED dan lainnya.

  • < 2.000 K: cahaya redup seperti lilin
  • 2.000 – 3.000 K: cahaya putih sedikit kekuningan
  • 3.100 – 4.500 K: cahaya putih terang
  • 4.600 – 6.500 K: cahaya putih terang
  • > 6.500 K: cahaya kebiruan terang

Dari situ dapat disimpulkan bahwa ruang tamu dengan penerangan yang bagus juga harus mempertimbangkan intensitas cahaya lampunya.

Tergantung Anda akan memilih lampu LED plafon ruang tamu yang seperti apa mengingat lampu ini sekedar pendamping lampu utama.

3. Pilih lampu dengan sudut pencahayaan yang tepat

Semakin luas ruangan maka memerlukan semakin besar sudut pencahayaan dari lampu yang dipasang. Jadi jika ruang tamu Anda dirasa cukup luas gunakan lampu dengan sudut pencahayaan besar atau yang lebih dari 60 derajat.

Ketentuannya begini, Anda bisa tentukan terlebih dahulu akan memasang lampu plafon model apa: inbow atau outbow. Lampu model inbow sendiri biasanya memiliki sudut sebaran yang lebih kecil, sementara outbow lebih besar .

Jadi Anda perlu memilih salah satu diantara keduanya akan menggunakan lampu dengan pemasangan model mana.

Selain penempatan, ketinggian plafon juga bisa dijadikan pathokan untuk menentukan sudut pencahayaan dari lampu yang dipilih.

Aturannya, semakin tinggi plafon, maka sebaiknya gunakan lampu dengan sudut pencahayaan yang lebih besar.

Lampu dengan sudut pencahayaan di atas 60 derajat cocok untuk plafon dengan ketinggian 1,2 hingga 1,5 meter. Sebaliknya, jika ketinggian plafon kurang dari itu, maka lampu dengan sudut pencahayaan kurang dari 60 derajat pun tetap pas

4. Keawetan itu super penting

Jika Anda menjatuhkan pilihan pada lampu LED, Anda harus paham bahwa lampu jenis ini punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh kompetitornya yaitu halogen.

Lampu LED umumnya lima kali lebih awet ketimbang lampu halogen. Lampu halogen biasanya hanya bisa bertahan dalam hitungan 2000 jam, sementara lampu model LED bisa sampai 10000 jam.

Jadi, tidak hanya pertimbangan terang atau tidaknya saja cahaya yang dikeluarkan, namun juga keawetan perlu sekali untuk dipertmbangkan.

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

Dari uraian tips di atas sebenarnya sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa ada beberapa poin yang bisa dianggap sebagai kelebihan dan kekurangan lampu model LED itu sendiri. Diantara kelebihannya ialah:

  • Lampu LED lebih terang
  • Lampu LED lebih hemat energi
  • Lampu LED lebih awet
  • Lampu LED punya banyak pilihan model
  • Lampu LED mudah diservis bila rusak

Sementara itu, kekurangan dari lampu LED itu sendiri diantaranya:

  • Lampu LED kurang cocok untuk ruangan yang butuh suasana terlalu terang seperti kamar tidur
  • Lampu LED relatif lebih mahal khususnya untuk model-mdel tertentu

Baiklah sekarang kita masuk ke rekomendasi lampu led plafon ruang tamu yang bagus untuk Anda, apa saja?

Rekomendasi Merk Lampu LED Plafon Ruang Tamu Terbaik

Disamping Anda memilih lampu berdasarkan preferensi warna, Anda juga bisa langsung memilih merk yang tepat. Berikut ini daftar rekomendasi merk lampu LED plafon ruang tamu yang menurut kami terbaik.

Kami akan coba sebutkan sekaligus dengan kisaran harganya juga supaya Anda punya gambaran.

Jenis dan Model LampuBentuk/DayaHarga
Downlight panel LED6 watt50 ribu
Salome Eglo60 watt190 ribu
Krisbow bulat12 watt105 ribu
LED RGB50 watt110 ribu
Eglare Deco 34 cm24 watt195 ribu

Baca juga: Rekomendasi Lampu Gantung Ruang Tamu dari Merk-merk Terbaik

Kesimpulan:

Lampu LED plafon ruang tamu dengan banyak pilihan yang tersedia, bisa membuat Anda bebas memilih mana yang terbaik. Asalkan Anda bisa mengukur pertimbangannya dengan kebutuhan ruangan maka lampu LED plafon ruang tamu yang dipilih dan hasil pencahayaannya akan tepat sesuai keinginan. Selamat mencoba ya.

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.