Plafon Rumah dari 3 Bahan Terpopuler

Plafon rumah yang indah selain dirancang dengan mendesain bentuknya, bisa juga dipercantik dengan menambah sentuhan cahaya yang berwarna-warni.

Plafon atau dikenal dengan langit-langit, merupakan pembatas antara genteng dengan ruang di bawah atap yang memiliki ketinggian berkisar 2,80-3,80 M. Adanya plafon bisa membuat tampilan yang estetis pada interior rumah atau bangunan.

Fungsi lain plafon juga dapat membantu menyembunyikan instalasi listrik seperti kabel dan struktur atap, sehingga ruang interior rumah Anda terlihat lebih indah.

Selain itu dengan adanya plafon, suhu udara dari atas rumah tidak langsung berefek pada bagian dalam rumah.

Memilih Plafon Rumah yang Berkualitas

plafon rumah
plafon rumah minimalis

Plafon rumah bukan sesuatu yang sangat vital memang, namun dalam rangka membuat tampilan inteiror rumah nampak menawan, harus juga diperhatikan pemilihannya.

Dalam hal pemilihan desain plafon yang akan diadopsi di rumah minimalis Anda, sebaiknya memperhatikan salah satu poin penting, yaitu Memilih Jenis Plafon yang akan Digunakan.

Ada beberapa jenis plafon rumah yang biasa digunakan oleh banyak orang. Biasanya tergantung material yang dipakai. Adapun yang lazim dipakai dan sudah dikenal adalah seperti:

1. Plafon berbahan Triplek

plafon rumah indah
Plafon untuk rumah dengan bahan triplek dengan sorot lampu yang indah – via selera.id

Plafon dari triplek sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia dulu kala. Keunggulan material ini selain mudah dalam pemasangannya, adalah juga mudah didapatkan serta harganya relatif lebih murah.

Sementara kekurangannya adalah warna dan coraknya yang polos kecoklatan perlu dicat ulang untuk mendapatkan warna yang diinginkan.

2. Plafon dari Gipsum

plafon rumah indah, harga plafon rumah, lampu plafon rumah
plafon gipsum di rumah dengan desain yang indah menawan – narmadi.com/properti

Plafon dari jenis gypsum merupakan material yang paling sering digunakan saat ini. Jenis material ini memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan plafon tripleks, diantaranya:

  • Mudah diperbaiki jika ada kecacatan
  • Lebih tahan panas dan api
  • Bisa dihias dengan berbagai aksesoris tambahan

3. Plafon GRC

Selanjutnya, ada jenis plafon GR. Walau plafon jenis ini harganya cenderung mahal, namun terbilang paling unggul karena tahan air dan api.

Terlebih, saat ini sudah semakin banyak orang yang menggunakan bahan ini dibandingkan jenis gipsum dan triplek.

Lantaran sifatnya yang cukup kuat, Anda dapat memasangnya pada bagian rumah yang sering lembap seperti kamar mandi atau dapur.

Desain Plafon yang indah bisa mempercantik rumah

plafon rumah indah, harga plafon rumah, lampu plafon rumah
plafon di rumah pribadi dengan tata cahaya yang indah – narmadi.com/properti

Keberadaan plafon di dalam rumah, sebaiknya jangan hanya digunakan sebatas penahan panas saja, namun alangkah baiknya bila kita juga mendesainnya menjadi elemen interior yang indah.

Cara memperindah tampilan plafon bisa dengan merancang bentuknya atau bisa juga dengan menambah lampu yang berwarna-warni diantara struktur plafon tersebut.

Desain lampu plafon rumah minimalis akan memberikan suasana yang artistik dan menarik pada saat lampu plafon tersebut dinyalakan.

Cahaya lampu plafon yang memiliki berbagai warna, akan semakin memberikan daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya pada saat lampu plafon tersebut menyala.

Maka dari itu, alangkah baiknya bila kita bisa mendesain warna dan tata letak dari lampu plafon menjadi unik, sehingga interior rumah kita nampak sangat apik dan elegan.

Menghias plafon rumah menggunakan lampu dapat dilakukan dengan memilih lampu model neon panjang yang dapat dipasang pada celah plafon. Atau dengan memasang lampu Led pada plafon tersebut.

Lampu plafon memiliki beberapa pilihan warna yang dapat kita sesuaikan dengan warna dinding ruangan. Pilihan warna lampu yang cocok untuk menghias plafon rumah minimalis kita, diantaranya biru, ungu, kuning dan putih.

Titik pemasangan lampu plafon rumah minimalis juga perlu diperhitungkan agar cahaya yang dihasilkan menjadi cantik saat dinyalakan.

Apabila lampu dipasang pada celah plafon rumah minimalis yang memanjang, maka sebaiknya lampu tersebut dipasang dengan rapat agar cahaya yang dihasilkan tidak putus.

Jadi, pada intinya dalam memilih plafon yang bagus harus memperhatikan beberapa kriteria penting seperti di atas.

Jangan sampai jenis plafon yang Anda pilih justru tidak cocok dengan desain rumah Anda. Lebih baik minta bantuan konsultan jasa desain interior jika memang Anda masih ragu memutuskannya sendiri.

Demikian ulasan kami tentang keindahan desain plafon rumah dengan tata cahaya yang berwarna-warni untuk rumah minimalis Anda. semoga bermanfaat. (ls) editted by RN29012020, 19/02/2024 by UN

Lutfi N

Menulis seputar property sejak tanggal 7 Agustus 2016. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar konsep hunian. Topik yang disukai adalah topik yang mengedepankan kenyamanan tempat tinggal.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *