Memilih Lampu Plafon Ruang Tamu Terbaik

Kali ini kita bahas beberapa jenis lampu untuk memperindah ruang tamu yang biasa dipasang pada plafon. Lampu plafon ruang tamu tersebut harapannya bisa menghadirkan suasana yag berbeda saat menjamu tamu khususnya malam hari.

Lampu plafon ini konsepnya tersembunyi atau yang dikenal dengan istilah downlight. Lampu downlight ini memang bukan sebagai sumber pencahayaan utama, namun lebih pada sebagai pelengkap.

Untuk itu, fungsinya tidak sevital lampu utama. Meski demikian, ruang tamu minimalis saat ini memiliki dua konsep berbeda yang akan membuat ruangan semakin enak dipandang.

Sebelum ke bahasan rekomendasi lampu plafon yang bagus untuk ruang tamu, Anda perlu tahu dulu pertimbangan apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih lampu downlight terbaik berikut ini.

Tips Memilih Lampu Plafon Ruang Tamu

Bagi sebagian besar orang, lampu plafon identik dengan sekedar hiasan saja. Sementara sebagian yang lain, memfungsikannya sebagai lampu penerangan utama.

Ketika downlight lamp dijadikan sebagai lampu utama biasanya akan memilih lampu dengan kualitas kecerahan yang tinggi. Sebaliknya, yang menjadikan downlight lamp sebagai tambahan saja, akan memilih lampu ruang tamu dengan kecerahan yang minim.

lampu plafon ruang tamu

Apapun itu, berikut ini ada beberapa tips memilih lampu plafon ruang tamu supaya bisa berfungsi maksimal.

1. Pilih berdasarkan sebaran sudut pencahayaannya

Masing-masing ruangan dalam rumah tentu saja luasnya berbeda. Oleh karenanya dalam memilih lampu plafon juga harus disesuaikan dengan luas ruangan.

Untuk ruang tamu, gunakan rekomendasi lampu dengan sudut pancar setidaknya 40-50 derajat. Sudut sebaran pencahayaan ini berguna untuk mempermudah setiap aktivitas yang dilakukan dalam ruangan.

Dengan sudut tersebut maka lampu utama akan terbantu dengan baik. Bahkan jika Anda beranjak tidur, ruang tamu tetap bisa dibiarkan menyala dengan pencahayaan redup dari lampu downlight ini.

Lampu downlight umumnya berjenis LED sehingga pancarannya akan terang sesuai dengan tinggi watt yang dipilih. Alhasil meskipun difungsikan hanya sebagai pendukung lampu utama, maka akan sangat tetap fungsional.

2. Pilih lampu berdasarkan warna cahayanya

Ruang tamu yang bagus selalu mengedepankan kenyamanan bersama antara dua belah pihak, yaitu Anda sebagai tuan rumah dan tamu yang datang ke rumah. Salah satu penunjang kenyamanan dari lampu ruangan adalah warna cahaya yang muncul dari lampu.

Umumnya, desain lampu ruang tamu rumah adalah putih dan kuning. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing sehingga bisa dipilih berdasarkan preferensi.

Lampu plafon ruang tamu dengan warna putih biasanya lebih banyak dipilih karena mengesankan ruang tamu yang tegas. Selain itu, mengakomodasi kepentingan tamu yang biasanya menginginkan suasana terang sebagai simbol penyambutan yang baik.

Lampu warna kuning sendiri mengesankan kehangatan/keakraban. Tidak sedikt juga yang menyukai nuansa warna seperti ini.

Tinggal pilih mana yang lebih Anda sukai.

Biasanya, lampu LED putih ditulis dengan kode 4000k atau 5000k sehingga mudah dikenali. Sementara lampu plafon dengan warna kuning berkode 2700k. Dengan mengenali kode-kode ini maka Anda akan lebih mudah memilihnya saat di toko lampu.

 3. Pertimbangkan daya (watt) lampu

Meski difungsikan sebagai pendukung lampu utama, penghematan listrik juga perlu diprioritaskan. Untuk lampu plafon ruang tamu, pilih watt yang sesuai dengan kebutuhan sehingga fungsinya tetap optimal dan budget listrik tetap bisa terkontrol.

Saat ini banyak kok lampu dengan embel-embel hemat energi jadi tidak perlu terlalu pusing dengan pilihan merk yang cukup banyak. Tinggal prioritaskan kebutuhan sebaran pencahayaannya lalu sesuaikan dengan watt yang tepat.

4. Bila ada dimmer, lebih baik

Lampu pencahayaan yang bagus dalam ruangan memang umumnya statis. Namun jika ada sistem pengatur cahayanya akan lebih baik lagi.

Sistem ini dikenal dengan dimmer, yang mana fungsinya untuk mengatur intensitas pencahayaan yang tadinya teralu terang bisa diatur terang dan redup setiap waktu.

Meski untuk ruang tamu, fungsi ini terbatas, namun cukup bagus jika di rumah Anda lampunya bisa disetting demikian.

5. Pilih berdasarkan kualitas dan daya tahannya

Ada banyak jenis lampu plafon yang bisa diplih berdasarkan daya tahannya. Kisaran daya tahan lampu downlight LED umumnya adalah 15.000 sampai 37.000 jam. Meski begitu, Anda bisa mencari referensi lampu dengan daya tahan yang paling baik.

6. Hitung jumlah lampu yang dibutuhkan

Lampu yang ditambahkan dalam ruang tamu mestinya memperhatikan estetika ruangan. Termasuk juga jumlah lampu ruang tamu yang diinginkan untuk menjadi sumber penerangan.

Selain itu, Anda mesti mempertimbangkan titik lokasi penempatannya juga. Jika dirasa jumlahnya ingin dibatasi, maka cukup pilih lampu dengan watt yang lumayan tinggi saja.

Jika ingin ada beberapa lampu, daya watt nya bisa dikurangi. Dengan memasang lebih dari satu lampu, maka akan lebih baik dari sisi penerangan.

7. Pilih Lampu dari Merk Terbaik dan Terpercaya

Kualitas selalu menjamin kenyamanan dan keawetan. Begitulah yang terjadi pada apaun jenis produk yang ada di pasaran. Untuk itu, dalam kasus memilih lampu plafon ruang tamu juga mesti mempertimbangkan merk-nya.

Salah satu resiko menggunakan lampu yang tidak berkualitas adalah bahaya terjadinya korsleting listrik. Selain itu, tingkat keawetannya juga rendah.

Untuk itu, perlu sekali memilih lampu yang bagus secara kualitas. Beberapa merek cukup bagus untuk dipilih seperti yang akan kami rekomendasikan berikut ini.

Rekomendasi Merk Lampu Plafon Ruang Tamu Terbaik

Ada beberapa merk lampu plafon ruang tamu yang menurut kami terbaik dan akan coba kami rekomendasikan untuk Anda. Berikut 5 terbaik diantaranya:

1. Krisbow Cool Daylight

lampu plafon ruang tamu

Ada dua jenis lampu cool daylight dari Krisbow, yaitu berbentuk bulat dan persegi.

Cool Daylight Bulat

Krisbow cool daylight hadir dengan beberapa varian bentuk, diantaranya adalah bulat. Merek ini menghadirkan pencahayaan yang berawrna putih kebiruan. Lampu merk ini hadir dengan flux 6500k dan hadir dengan daya 15 watt..

Cool Daylight Persegi

Perbedaannya dengan cool daylight sebelumnya hanya pada bentuknya. Untuk warna pencahayaannya sama saja yaitu putih kebiruan. Bentuknya yang persegi sangat cocok untuk ditempatkan di sudut manapun dari ruang tamu Anda dan lebih terlihat estetis.

2. Krisbow Warm White

Krisbow Warm White yang memang tidak jarang dijadikan pilihan banyak orang sebagai lampu plafon ruang tamu juga punya dua pilihan, yaitu bulat dan persegi. Mari kita bahas perbedaan dari keduanya.

Krisbow Warm White Bulat

Bentuknya sudah pasti bulat, kelebihannya yang kentara ada pada pencahayaannya yang putih kekuningan. Dengan kekuatan pencahayaan 800 lumen, produk lampu plafon ruang tamu dari Krisbow ini merupakan salah satu yang terbaik.

Soal daya, lampu ini dibekali dengan daya sebesar 12 watt. Oleh karenanya, lampu minimalis ini sangat cocok untuk ruang tamu sekecil apapun.

Krisbow Warm White Persegi

Pebedaaannya dengan warm white bulat tentu saja ada pada bentuknya. Bentuknya yang persegi mampu membuat ruang tamu jadi terasa lebi terang dan hangat.

Penempatannya juga bisa bebas mau disebelah mana saja dari plafon ruang tamu Anda. Bentuk persegi cukup unik sehingga wajar jika banyak yang menyukainya.

3. Krisbow Downlight Switch Color

Berbeda dengan jenis lampu sebelumnya, lampu ini memiliki fitur switch untuk mengubah warna sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan. Anda bisa pilih warna cool daylight, natural white, atau warm white.

Produk lampu plafon ruang tamu dari krisbow ini banyak dipilih karena kualitasnya yang di atas rata-rata. Memiliki keawetan yang tinggi dan tidak mudah putus.

4. Lampu natural white

Jenis lampu yang satu ini memiliki pencahayaan putih yang natural. Ada dua jenis pencahayaan yaitu dengan sudut sebaran 100 derajat dan 38 derajat.

Dengan warna putih yang terang, ruang tamu akan terlihat ada kemegahan yang natural.

Baca juga: 5 Model Hiasan Lampu Ruang Tamu yang Unik

5. Lampu Downlight Recessed

Lampu downlight merupakan salah satu jenis lampu plafon ruang tamu yang cukup bagus untuk dipasang. Pemasangannya harus benar-benar tepat dan masuk ke dalam sekitar 70 mm.

Ini bertujuan untuk membuat ruang tamu jadi lebih terang dan megah.

Oke itu dia beberapa rekomendasi lampu plafon ruang tamu yang bisa Anda adopsi. Sebenarnya gampang kan memilih lampu plafon ruang tamu? Asal Anda jeli dan mampu menganalisa kebutuhannya pasti akan mendapatkan merk lampu dengan kualitas yang tepat. Semoga bermanfaat!

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.