Model Rak Buku Dinding Simple dari Berbagai Bahan

Rak Buku dinding simple banyak dicari dan dibuat karena memang fungsinya yang beragam.

Nah, dari sekian banyak model desain rak buku dinding simple yang bisa dipilih.

Namun sebelum itu, mari kita bahas dulu manfaat dari adanya rak buku di ruangan.

Manfaat Adanya Rak Buku di Ruangan

1. Meningkatkan Minat Baca Anggota Keluarga

Manfaat utama rak buku dinding simple yang penting untuk Anda sekeluarga adalah meningkatkan minat baca. Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini minat baca masyarakat semakin berkurang dan tergantikan dengan gadget.

Oleh sebab itu, Anda harus konsisten meningkatkan minat baca anggota keluarga di rumah dengan cara sederhana, salah satunya yaitu menggunakan rak untuk menyimpan berbagai buku dengan tema menarik. Hal ini agar anggota keluarga bisa tergugah saat melihat buku-buku menarik tersebut.

2. Melindungi Koleksi Buku dalam Jangka Panjang

Koleksi buku yang diletakkan sembarangan memang bisa rusak akibat debu, udara lembap, atau kotoran lainnya. Manfaat rak buku dinding simple di rumah sangat penting untuk melindungi koleksi buku Anda.

Terutama jika Anda memiliki buku-buku mahal yang sering digunakan dan membutuhkan perawatan ekstra. Jadi, jangan sampai buku-buku kesayangan jadi rusak karena diletakkan sembarangan atau berserakan di rumah, ya.

3. Mengelompokkan Buku Berdasarkan Klasifikasi Tertentu

Buku-buku yang ada di rumah Anda harus dikelompokkan berdasarkan klasifikasi tertentu agar tidak sulit mencarinya, misalnya berdasarkan genre, edisi, atau pengarang.

Penggunaan rak buku di rumah yang minimalis akan mempermudah Anda mengelompokkan buku berdasarkan klasifikasi yang Anda inginkan. Alhasil rak buku dinding simple tersebut membuat Anda tak perlu kerepotan mencari buku tertentu sewaktu membutuhkannya.

4. Memudahkan Proses Membersihkan Buku

Jika buku-buku kesayangan Anda berserakan di rumah, Anda akan kesulitan merapikan dan membersihkannya. Apalagi bila buku tersebut mulai menguning bahkan sobek. Namun, kesulitan tersebut tak akan Anda alami kalau sudah memiliki rak buku dinding simple minimalis.

Manfaat rak buku akan memudahkan proses membersihkan buku-buku Anda, terutama kalau Anda menggunakan rak buku yang dilengkapi pintu kaca. Pintu rak buku dinding simple akan membuat buku-buku Anda terlindungi dari debu dan jenis kotoran lainnya.

5. Meminimalkan Risiko Rumah Berantakan

Kalau Anda meletakkan buku-buku secara sembarangan di rumah, sudah pasti interior rumah Anda terkesan berantakan. Namun, tidak demikian halnya kalau Anda memiliki rak buku sebab rak buku tersebut akan memuat buku-buku Anda agar rumah tidak berantakan.

Keberadaan rak buku minimalis juga tak akan menyulitkan Anda karena rak buku hanya perlu dibersihkan satu hingga dua minggu sekali. Manfaat rak buku yang satu ini akan membuat interior rumah Anda terkesan lebih luas dan nyaman.

6. Menyempurnakan Dekorasi Interior Rumah

Ternyata dekorasi rumah Anda juga bisa semakin sempurna kalau dilengkapi dengan rak buku dinding simple minimalis yang menarik. Sebaiknya Anda memilih model rak buku yang serasi dengan nuansa interior rumah. Manfaat rak buku dengan model yang tak biasa akan menghadirkan suasana interior yang artistik dan lebih istimewa.

Tips Memilih Rak Buku Dinding Simple Mulifungsi

1. Pastikan Lokasi Penempatan Tepat

2. Sesuaikan dengan Nuansa Ruangan

3. Pilih Model yang Multungsi dan Paling Pas dengan Ruangan

4. Pastikan Ketebalannya sesuai

Model rak Buku Dinding Simple

rak buku dinding simple
rak buku dinding simple

1. Rak Buku di Sudut Ruangan

Rak buku dinding simple di sudut ruangan cocok untuk Anda yang ingin memaksimalkan ruang di rumah.

Rak buku di sudut ruangan cocok untuk Anda yang ingin memaksimalkan ruang di rumah.

Sudut ruangan merupakan salah satu spot di rumah yang jarang dimanfaatkan. Jika Anda ingin memanfaatkan spot ini, Anda dapat membangun rak buku di salah satu atau beberapa sudut ruangan.

Sesuaikanlah ukuran rak buku dengan sudut rumah Anda. Jika sudutnya kecil, pilihlah rak yang kecil dengan desain yang mengular. Selain memasang rak buku, Anda juga dapat menjadikan sudut ruangan sebagai pojok membaca di rumah.

2. Rak Buku dari Perapian Bekas

Tidak ada salahnya mengubah perapian yang tidak terpakai menjadi rak buku minimalis.

Bosan dengan perapian yang sudah tidak terpakai? Anda dapat menyulapnya menjadi rak buku untuk dinding.

Caranya, Anda harus membersihkan debu yang dari sisa pembakaran, lalu menutup bagian atas perapian dengan kayu. Setelah itu Anda dapat menyesuaikan bentuk rak buku model minimalis dengan perapian yang ada.

Anda juga bisa mengecat rak buku ini dengan warna putih untuk kesan minimalis modern. Rak buku dari perapian bekas ini bisa menjadi tempat penyimpanan favorit di rumah karena menghadirkan suasana yang berbeda.

3. Rak Buku yang Terbuat dari Kaca

Rak buku dari kaca memberikan kesan futuristik di hunian Anda.

Tampilan berbeda pada rak buku untuk dinding juga bisa didapatkan dengan menggunakan material kaca. Desain rak buku dari kaca jarang dipakai karena beberapa orang mengkhawatirkan kualitasnya.

Padahal, dengan menggunakan kaca yang tebalnya sekitar 1 cm hingga 1,5 cm, Anda bisa mendapatkan rak buku yang cukup untuk menampung beberapa buku favorit. Perawatan rak buku dari kaca juga mudah dilakukan karena anti rayap dan bisa dibersihkan dengan kain kering ataupun kain basah.

4. Rak Buku Berbentuk Seperti Pohon

Rak buku berbentuk seperti pohon bisa diletakkan di atas lantai.

Anda dapat menyesuaikan ukuran rak buku model ini dengan tinggi atap rumah. Biasanya, tinggi rak buku yang berbentuk seperti pohon ini mencapai setengah dari tinggi dinding di rumah, sehingga Anda dan keluarga masih bisa dengan mudah mengambil ataupun memindahkan buku.

Selain di ruang keluarga, rak buku ini cocok diletakkan di kamar anak karena anak-anak juga bisa menyimpan mainan di papan yang terlihat seperti ranting pohon.

5. Rak Buku Terbuka

Rak buku terbuka juga bisa berfungsi sebagai tempat menyimpan aksesori dan hiasan rumah.

Rak buku ini berbentuk persegi panjang dengan satu atau dua sisi yang terbuka. Anda bisa menggantungkan beberapa rak buku ini di dinding untuk menyimpan buku, meletakkan tanaman hias, dan memajang aksesori atau hiasan rumah. Penggunaan material kayu pada rak buku ini akan menghadirkan kesan hangat di dalam ruangan.

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.