Rak Dapur Minimalis Tempel Dinding

Anda bingung meletakan peralatan memasak di dapur yang sempit? Tenang saja, rak dapur minimalis tempel dinding bisa menjadi solusinya. Ada beragam contoh inspirasinya yang bisa Anda tiru lho. 

Sebagian besar dari kita mungkin bingung mengatur ruang pada dapur minimalis berukuran 2×1m.

Tentu saja Anda harus benar-benar berhati-hati saat menyimpan barang atau peralatan untuk ukuran dapur minimalis.

Terutama, untuk peralatan masak dan peralatan makan, agar Anda tidak asal menaruh begitu saja dan membuatnya berantakan. 

Nah, dengan penerapan rak dapur, Anda bisa membuat dapur lebih rapi dan tertata. Anda bisa memadukan rak besi minimalis dengan lemari dapur gantung, jadi interior model dapur minimalis menjadi lebih estetik.

Rak dapur serbaguna banyak dibuat dengan model yang berbeda-beda. Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan. 

Berikut ini adalah beberapa inspirasi rak dapur minimalis tempel dinding yang bisa Anda tiru.

10 Inspirasi Rak Dapur Minimalis Tempel Dinding yang Bisa Anda Coba

Rak Dapur Minimalis Tempel Dinding
Rak Dapur Minimalis Tempel Dinding

Ada beberapa ide dan model rak dapur minimalis tempel dinding  yang bisa Anda terapkan, diantaranya:

Rak dapur minimalis dua panel

Inspirasi rak dapur minimalis tempel dinding yang pertama adalah rak dapur minimalis dua panel. Model rak minimalis ini menggunakan dua panel untuk menciptakan ruang fungsional yang maksimal.

Bahan multiplek dipilih dengan alasan lebih modern, lebih kuat dan lebih tahan lama. Anda bisa menggunakan rak dinding dapur minimalis ini untuk menyimpan bumbu dapur hingga dekorasi jam cantik agar Anda tetap tepat waktu dalam beraktivitas. 

Rak dapur minimalis L shape

Anda bisa contoh desain dapur seperti ini untuk menggabungkan dua ruang sekaligus lho! Nuansa modern dengan sentuhan warna putih minimalis menjadi alasan ruang lebih lapang dan besar.

Anda bisa menggunakan desain rak dapur minimalis tempel dinding berbentuk L dengan finishing minimalis berwarna putih agar terlihat bersih ya.

Bukan hanya untuk menyimpan bumbu dapur atau perabot rumah. Jika Anda menggunakan rak ini sebagai dekorasi, pastikan rak tersebut aman dan tidak membuat dapur terlihat lusuh. 

Rak dapur minimalis seperti tangga

Rekomendasi rak dapur minimalis tempel dinding selanjutnya ini cukup berbeda lho! Anda bisa menggunakan sisa kayu di rumah menjadi barang-barang yang berguna. Desain mirip tangga ini dipilih untuk memberikan kesan estetik.

Ukuran dapur ini mungkin terlihat kecil, namun Anda tidak perlu khawatir dengan penyimpanannya. Anda juga dapat  merasakan hawa lega dari jendela yang memberikan sirkulasi udara yang bervariasi.

Rak dapur minimalis satu panel

Salah satu cara untuk menyediakan ruang penyimpanan sebanyak mungkin adalah dengan memasang rak ambalan seperti model yang satu ini.

Model rak dapur minimalis tempel dinding ini dirakit dengan satu panel saja. Karena terdapat rak besi di setiap dindingnya, di dalamnya dapat ditampung berbagai peralatan dapur dan bumbu dapur.

Tanpa mengkhawatirkan ukuran dapur yang kecil, Anda bisa memanfaatkan ruang dinding secara kreatif sebagai ruang penyimpanan. 

Rak dapur minimalis satu panel dengan rak besi tempel di area besi

Mempunyai dapur tanpa kitchen kabinet bukanlah suatu masalah. Seperti dapur yang satu ini, menggunakan desain rak dapur minimalis pada bagian dinding yang terbuat dari triplek dan besi agar terlihat lebih modern dan elegan.

Interior dapur serba abu-abu ini terlihat jelas di backsplash dan memberikan kesan hangat dan nyaman saat memasak. 

Rak dapur minimalis menempel dinding lebih modern

Berbeda dengan model rak dapur tempel dinding minimalis ini. Anda bisa menggunakan rak dari multiplek dan besi dalam desain yang berbeda.

Jika Anda ingin menyimpan banyak bumbu atau peralatan masak, pilihlah rak ambalan yang sesuai dengan peralatan dapur Anda.

Selain itu, gunakan juga rak tempel yang hanya cocok untuk furnitur gantung, seperti spatula, teflon atau pisau. Hal ini tidak hanya membuat dapur lebih teratur, tetapi juga membuatnya terlihat lebih bersih. 

Minimalis Ala Skandinavia

Rak kayu minimalis modern adalah salah satu ciri desain dapur Skandinavia minimalis, rak nya juga fungsional.

Anda bisa memilih warna kayu yang natural dan menyelaraskannya dengan warna dinding yang dominan putih. Ya, warna ini memang netral. 

Rak Alumunium Mewah

Model rak aluminium mewah ini menjadi elemen fungsional dan bisa menampung banyak perlengkapan makan di rumah lho.

Anda bisa meletakkan cangkir kopi unik di rak dinding, menjadikan efek cantik pada dapur minimalis Anda. 

Rak Fungsional

Jika Anda membutuhkan banyak ruang untuk perabot, Anda dapat menggabungkan rak dinding kayu dengan jaring gantung dari besi.

Tempatkan piring dan gelas di atas rak kayu tersebut, sementara Anda bisa menggantungkan centong dan wajan di jaring besi tersebut.  

Rak Tempel Dinding Mini

Penggunaan rak kayu memang bisa meningkatkan kesan estetik pada dapur yang kecil. Bahan kayu inilah yang paling cocok untuk rak.

Dengan posisi susun tiga, memungkinkan Anda mengatur perabot makan berdasarkan jenis dan warna dengan cara yang unik. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Rak Bumbu Dapur Gantung Minimalis yang Estetik

6 Tips Dalam Memilih Rak Dapur Minimalis Tempel Dinding

  • Ukuran dan ruang dapur

Ukur dan periksa dapur Anda dengan cermat sebelum membeli rak. Anda harus memilih ukuran yang tepat serta sesuai dengan dinding dapur Anda tanpa menghalangi jendela, pintu, atau area kerja yang lainnya ya. Selain itu, pastikan juga rak tidak akan menghalangi pergerakan Anda di dapur ya!

  • Kualitas bahan

Pilihlah bahan berkualitas tinggi dan tahan lama. Jika Anda memilih rak kayu, pastikan juga kayu tersebut tahan lembab dan tahan lama.

Jika Anda menggunakan rak logam, pastikan kualitas logamnya bagus dan tidak mudah berkarat.

  • Kapasitas dan fungsi

Selanjutnya, tentukan kebutuhan penyimpanan Anda. Pikirkan barang-barang apa saja yang ingin disimpan di rak dapur, seperti piring, gelas, panci, bahan makanan atau peralatan dapur lainnya.

Pastikan kapasitas dan fitur rak yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan ya. 

  • Kemudahan pemasangan

Sebelum Anda membeli rak dapur minimalis tempel dinding, pastikan sudah dilengkapi dengan petunjuk pemasangan yang jelas dan mudah diikuti.

Perhatikan juga jenis pemasangan yang dibutuhkan, apakah menggunakan paku, sekrup atau sistem perekat khusus. Pastikan juga Anda memiliki alat untuk memasang rak dengan kuat dan  aman ya.

  • Desain dan estetika

Berikutnya, pertimbangkan juga tentang desain dan tema dapur Anda. Pilih rak dinding dapur minimalis yang sesuai dengan gaya dan desain dapur Anda ya.

Perhatikan warna, bentuk, dan gaya rak untuk memastikannya menjadi tambahan yang menyenangkan secara visual di dapur Anda. 

  • Ulasan dan rekomendasi

Usahan untuk mengecek dan membaca ulasan pelanggan tentang rak dapur tempel dinding minimalis yang Anda pertimbangkan.

Baca pengalaman orang lain dalam memakai produk tersebut untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kualitas, keandalan, dan kepuasan pengguna yang sebelumnya. 

Itulah beberapa rekomendasi rak dapur minimalis tempel dinding dan tips memilihnya agar tepat. Jangan lupa untuk memilih rak yang sesuai dengan dapur Anda ya. Selamat mencoba!

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website