Rak Dapur Minimalis yang Estetik dan Fungsional

Rak dapur minimalis menjadi salah satu kabinet penting untuk area memasak. Pasalnya, keberadaannya akan membuat peralatan lebih rapi dan bersih.

Walaupun dapur letaknya di bagian belakang rumah, namun apabila tampilannya rapi dan bersih tentu akan membuat nyaman ketika memasak atau beraktivitas di dapur.

Terlebih apabila rak dapur minimalis didesain sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan pasti akan memudahkan Anda menyimpan dan menata perabot juga bumbu-bumbu dapur.

Ide Rak Dapur Minimalis Fungsional dan Estetik

Rak Dapur Minimalis
Rak Dapur Minimalis

Begitu pentingnya rak tentu membuat semua orang ingin menambahkannya di area dapur.

Maka dari itu buatlah rak dapur minimalis yang memudahkan peralatan memasak Anda lebih fungsional. Berikut dibawah ini terdapat beberapa  model rak dapur minimalis.

1. Rak Dapur Minimalis Model Gantung

Rak bumbu dapur gantung minimalis bisa Anda gunakan apabila Anda tidak mempunyai lemari dapur. Rak ini tersebuat dari bahan material kayu sehingga ringan.

Anda bisa menaruh beberapa peralatan dapur di rak gantung ini. Selain peralatan dapur, juga bisa untuk menaruh beberapa bumbu-bumbu masakan.

Rak semacam ini terlihat modern, sehingga akan membuat dapur Anda lebih fresh, rapi, dan bersih.

2. Rak Dapur Minimalis Serbaguna

Rak dapur minimalis serbaguna sangat cocok untuk desain dapur yang kecil dan juga sangat fungsional karena selain untuk menaruh peralatan dapur, alat makan, bumbu-bumbu dapur juga dapat menaruh microwive.

Sehingga rak ini sangat fleksibel penggunaanya, jadi Anda tidak perlu menambakan banyak sstorage pada dapur minimalismu.

Jangan lupa untuk rajin membersihkannya agar dapur dan raknya nampak bersih dan rapi.

3. Rak Dapur Minimalis di Sudut Dapur

Model rak seperti ini biasnya terletak di bagian sudut meja dengan bentuk yang memiliki beberapa tingakatan guna untuk menyimpan bumbu-bumbu  dapur yang lengkap.

Selain itu Anda bisa menaruh alat makan bersih sebab rak ini telah didesain khusus untuk menaruh bumbu-bumbu dapur dan peralatan makan dan juga pisau bersih.

4. Rak Dapur Minimalis untuk Menaruh Cangkir

Model rak seperti ini adalah menggantung pada dinding dapur untuk menaruh cangkir dengan dengan cara menggantungkannya pada rak.

Ada banyak model rak untuk menggantungkan cangkir seperti ini. Selain untuk menaruh cangkir, rak ini juga bisa untuk menaruh piring dan mangkuk kecil.

5. Rak Dapur Minimalis untuk Peralatan Masak

Rak ini memiliki model yang sama dengan rak untuk menaruh cangkir. Rak peralatan masak ini diletakan dengan menggantungkannya pada dinding.

Fungsinya untuk menaruh peralatan-peralatan masak seperti panci berukuran kecil maupun sedang di atsnya kemudian untuk menggantung sutil atau penggorengan dibagian bawahnya.

Hanya saja mungkin untuk sebagian alat masak yang sudah terlihat hitam alangkah baiknya simpan di rak lemari agar dapur tetap terlihat cantik.

6. Rak Dapur Minimalis Sisipan

Dapur yang minimalis membuat Anda harus pintar-pintar mencari celah untuk bisa menaruh beberapa barang dapur karena ruangan yang terbatas.

Rak sisipan ini bisa Anda tarus di area yang sedikit kosong dan menyisipkannya pada area tersebut.

Rak sisipan ini bisa untuk menaruh bumbu-bumbu dapur. Ukurannya yang tidak besar dan tidak kecil ini sangat berguna karena tidak memakan banyak tempat.

7. Rak Dapur Minimalis di Bawah Sink

Sink atau biasa orang ketahui adalah tempat cuci piring yang selalu memiliki tuang atau space kosong dibawahnya. Maka dari itu untuk memanfaatkannya menjadi rak dapur.

Rak ini digunakan untuk menyimpan peralatan kebersihan baik itu sikat, lap, dan sebagainya yang dipakai untuk rumah.

Cara membuatnya yaitu dengan meletakkan rak besi dan menutup area bawah sink sehingga terlihat lebih rapi.

8. Rak Dapur Minimalis di Atas Sink

Jika sebelumnya rak dapur minimalis diletakkan di bawah sink, maka juga bisa diletakkan di atas sink.

Rak ini terbuat dari bahan aluminium yang digunakan untuk menyimpan peralatan makan seperti piring, mangkuk, sendok, dan garpu yang telah selesai dicuci.

Hal ini akan menghemat space  di dapur, dan juga akan memudahkan anda untuk meniristik terlebih dahulu peralatan makan yang sudah dicuci agar airnya dapat turun ke tempat pencucian piring.

9. Rak Dapur Minimalis Tersembunyi

Jenis rak tersembunyi seperti ini juga mulai banyak digemari dan dipakai oleh banyak orang agar semua perabot dapur yang disimpan dalam rak ini akan terlindungi dari kotoran debu dan menambah kesan rapi dalam interior dapur.

Rak ini bisa diletakkan di bagian kabinet dalam dapur sesuai kebutuhan dan keinginan Anda agar memudahkanmu untuk menatanya nanti.

10. Rak Dapur Minimalis dengan Kayu dan Terbuka

Rak dapur minimalis dengan kayu ini bisa Anda letakkan menempel di dinding untuk menyimpan beberapa perabot dapur dengan berbentuk papan kayu.

Rak ini selain diletakkan menempel di dinding juga bisa diletakkan di atas wastafel. Hal yang penting yaitu rak ini harus terhubung dengan kabinet dapur.

Dengan begitu Anda bisa menyimpan perabot dapur dalam kabinetnya yang tertutup namun Anda juga bisa menyimpannya di rak papan kayunya yang terbuka.

Tips Menata Rak Dapur Minimalis Agar Terlihat Rapi

Dapur merupakan area yang banyak menyimpan barang-barang maka akan lebih mudah mengambil atau mencari barang-barang maupun perabotan yang akan digunakan dan terlihat rapi maka perlu menatanya sedemikian rupa.

Bagaimana tipsnya agar rak dinding dapur minimalis terlihat rapi? Berikut terdapat tips yang bisa anda coba simak artikel di bawah ini.

1. Buatlah Zona Penyimpanan

Terkadang kita tidak bisa menontrol tempat menyimpanan barang-barang dapur dan asal menyelipkan secara acak pada sudut maupun celah yang kosong.

Maka dari itu Anda dapat mengatur dan membuat zona atau tempat penyimpanan barang perabot dapur sesuai dengan fungsi dan ukurannya.

Simpanlah perabot masak atau makan pada tempat yang telah dibuat sesuai dengan fungsi dan ukurannya, misalnya satu rak dikhususkan untuk menyimpan piring-piring atau rak lainnya yang dikhususkan untuk menyimpan panci penggorengan.

Buatlah Rak yang Meudahkan Akses Barang penting

Apabila Anda memiliki beberapa rak atau lemari dapur, sebaiknya Anda membuat tempat khusus untuk menyimpan barang-barang sering digunakan. Hal ini agar memudahkan Anda untuk mengaksesnya.

Tak hanya rak, jika barang-barang tersebut dapat digantungkan maka gantunglah pada dinding yang dapat Anda akses.

Wadah untuk Barang Kecil

Anda juga bisa siapkan wadah kosong untuk digunakan menyimpan barang-barang yang kecil seperti tutup-tutup botol dan gelas atau lainnya yang berukuran kecil kemudian Anda tarus dan simpan wadah tersebut pada rak atau lemari.

Rak di Atas Jendela

Cara ini bisa Anda gunakan dan cocok untuk dapur minimalis karena terbatasnya area untuk menaruhnya.

Kemudian fungsi ini bisa untuk meletakkan barang-barang pecah belah yang tidak besar ukurannya agar tidak memberatkan rak.

Demikian beberapa rak dapur minimalis yang bisa Anda terapkan untuk menghiasi dapur cantikmu dan juga terdapat beberapa tips untuk menata rak dapur agar terlihat lebih rapi.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *