Skip to content

3 Pilihan Desain Ruang Makan Apartemen Untuk Keluarga

Ruang makan apartemen merupakan salah satu bagian ruangan pada apartemen yang digunakan untuk melakukan aktivitas makan. Pada ruangan ini, biasanya anggota keluarga berkumpul untuk menyantap hidangan sarapan, makan siang, dan makan malam.

Maka dari itu selain digunakan untuk makan, ruang makan juga terkadang digunakan untuk tempat berkumpul keluarga. Adanya ruang makan pada apartemen akan sangat memudahkan Anda.

Karena dengan adanya ruangan ini, Anda tidak perlu bingung akan menyantap makanan dimana. Bayangkan jika tidak memiliki ruang makan, Anda akan makan di sembarang tempat seperti ruang makan atau ruang tamu apartemen.

Kemungkinan ruangan tersebut menjadi kotor akan sangat besar. Belum lagi jika makanan yang disajikan berkuah atau bersantan, bisa saja mengotori sofa dan karpet pada ruang tamu atau ruang keluarga.

Ditambah lagi, bau makanan yang disajikan akan menyeruak keseluruh bagian ruangan tersebut. Ditambah lagi, Anda harus repot membawa perabot makan dari dapur ke ruang lain yang jaraknya cukup jauh. Akan sangat merepotkan bukan?

Maka dari itu, adanya ruang makan itu sangat penting. Meskipun terkadang beberapa orang menyepelekan atau tidak memperhatikan keberadaan ruangan ini. Padahal, ruang makan bisa Anda letakkan dekat dengan dapur.

Selain menghemat ruangan, ini juga akan memudahkan Anda yang tidak pelu pergi ke ruang lain untuk menyiapkan makanan.

Anda cukup memanggil anggota keluarga Anda untuk berkumpul menyantap makanan sembari bercengkerama sebelum pergi beraktivitas di pagi hari, atau sebelum melanjutkan aktivitas lainnya.

Maka itu, ruang makan harus dilengkapi dengan perabot yang lengkap. Ruang makan biasanya dilengkapi dengan perabot seperti meja makan, beberapa kursi, kabinet yang multifungsi, dan perlengkapan makan seperti sendok, piring, dan gelas.

Segala perabot ini harus Anda tata dengan rapih untuk meningkatkan mood makan Anda. Karena ruang makan yang cantik, bagus, dan rapih akan sangat bagus untuk meningkatkan nafsu makan.

Contoh Desain Ruang Makan Apartemen

Jika Anda kebingungan bagaimana menata ruang makan apartemen yang bagus dan dapat menciptakan kehangatan bercengkerama dengan anggota keluarga, berikut disajikan macam desain ruang makan apartemen untuk keluarga yang bisa dijadikan inspirasi.

1. Ruang Makan Apartemen Mewah

ruang makan apartemen
ruang makan apartemen via 99.co

Desain ruang makan yang pertama adalah ruang makan apartemen mewah. Hidup dengan kemewahan adalah impian dari semua orang. Apalagi Anda yang mempunyai hunian apartemen mewah, patut bersyukur karena tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Pada apartemen mewah, setiap ruangan akan didesain semaksimal mungkin dengan furnitur dan perabot mahal. Tak terkecuali ruang makan. Meskipun bukan ruang utama, tetapi Anda tidak boleh menyepelekan desain ruang makan ini.

Jika semua ruangan didesain bagus, Anda juga harus memberikan kesan bagus dan mewah ke dalam ruang makan ini untuk menghadirkan keseimbangan antar ruangan. Seperti desain satu ini yang mengusung tema warna soft brown memberikan unsur manis dan cantik.

Karena fungsi ruangan digunakan untuk makan, perabot yang paling utama ditambahkan adalah meja dan kursi makan. Untuk meja makan, Anda dapat menggunakan meja berbentuk bulat berbahan dasar marmer yang dilapisi dengan kaca pada permukaannya.

Kaca ini ditambahkan, karena desain meja yang dibuat permukaannya dapat diputar, jadi Anda bisa memilih macam makanan tanpa harus memindahkannya. Bahan dasar marmer dipilih karena kualitasnya yang bagus dan lebih menghadirkan unsur kemewahan.

Tambahkan juga beberapa kursi sesuai dengan jumlah anggota keluarga Anda yang diletakkan mengitari meja makan bulat tersebut. sebenarnya, ruang makan ini untuk 4 – 6 orang.

Jika anggota keluarga Anda lebih dari itu, Anda bisa menggunakan meja memanjang yang muat lebih dari 6 orang.

Kursi yang ditambahkan, disarankan adalah kursi empuk yang dilapisi busa serta memiliki senderan untuk memberikan kenyamanan saat Anda sedang makan. Untuk model kursi sendiri, Anda bisa memilih ingin yang seperti apa.

Bisa menambahkan kursi busa polos atau kursi dengan manik yang disusun untuk memunculkan tekstur pada busa permukaan kursi seperti kursi pada film kerajaan. Jangan lupa untuk menambahkan kabinet multifungsi pada salah satu sisi ruang makan Anda.

Ini berfungsi sebagai tempat menaruh barang dan perabot makan Anda, seperti piring, sendok dan gelas. Dengan Adanya kabinet ini, akan berguna untuk menyimpan perabot tersebut agar awet dan tidak mudah kotor.

Selain itu, ini juga dapat menghadirkan unsur kemewahan sebab gelas dan piring yang disusun pada kabinet memunculkan kilau karena terbuat dari kaca. Disarankan juga, pilih gelas dan piring dengan model yang bagus.

Misalkan piring putih yang lebar dari keramik, dengan tambahan ukiran mengelilinginya. Juga gelas yang dipilih dengan model panjang atau gelas model bar menyesuaikan kemewahan piring. Kabinet tersebut juga dapat digunakan untuk menyimpan guci dan vas hias sebagai pemanis.

Seperti guci kecil yang terbuat dari keramik dengan motif bunga, atau vas hias sekaligus bunga sintesis yang dibuat rimbun dapat ditambahkan. Dalam penambahannya jangan terlalu banyak karena kabinet sudah terisi perabot makan, cukup masing-masing dua saja.

Jika Anda berkenan, bisa tambahkan karpet dengan bentuk bulat di area meja makan untuk membuatnya semakin sempurna. Anda juga bisa menambahkan tanaman cemara hias pada pojok ruang makan untuk menambah kesegaran.

Untuk lampu penerangannya, Anda bisa menggunakan lampu kristal bertingkat yang lumayan besar untuk menerangi seluruh ruangan. Lampu yang digunakan usahakan yang teraang tetapi sedikit redup untuk memunculkan warna kuning keemasan.

Untuk menambahkan kehangatan pada ruang makan, Anda bisa menambahkan lilis di tengah meja makan yang ukurannya besar. Anda juga bisa menambahkan kulkas untuk menyimpan minuman dingin di dalamnya.

Serta dapat menambahkan wastafel yang dilengkapi dengan meja sedikit panjang untuk menaruh sabun cuci tangan dan tempat sampah agar tidak ada sampah bekas makan berserakan.

Anda juga dapat menambahkan cermin yang cukup besar disini. Maka, ruang makan apartemen mewah Anda telah siap.

2. Ruang Makan Apartemen Sederhana

ruang makan apartemen
ruang makan apartemen via asset.kompas.com

Desain ruang makan yang kedua adalah ruang makan apartemen sederhana. Meskipun konsep yang diambil adalah sederhana, namun jangan salah dengan hal ini. Justru terkadang kesederhanaanlah yang menciptakan kehangatan antar anggota keluarga.

Apalagi dalam desain satu ini, sederhana yang dipilih adalah konsep desain dekorasi ruang makan sederhana yang dipadukan dengan unsur modern.

Jadi, meskipun yang dipakai furnitur dan perabot dengan harga di bawah barang mewah, tetapi akan membuat ruang makan pada apartemen Anda terlihat bagus dan menawan.

Sebelumnya, karena ruang makan ini menyatu dengan dapur, Anda bisa memisahkan keduanya dengan cara menambahkan sekat mengelilingi dapur dengan bentuk kotak. Tetapi, sediakan space seperti pintu untuk keluar masuk.

Sekat ini terdiri dari tembok setinggi dada orang dewasa dan bagian atasnya adalah kaca yang mencapai langit-langit. Ini akan seperti desain interior rumah luar negeri. Nah, selanjutnya pada sebelah dapur ini Anda bisa gunakan untuk ruang makan.

Meja yang tentunya harus ada, bisa Anda tambahkan yang berbahan dasar kayu berbentuk persegi panjang. Tetapi, diusahakan dari material kayu yang bagus dengan plisturan yang menambahkan kesan mengkilap pada meja makan ini.

Jangan lupa untuk memilih yang permukaannya dilapisi dengan kaca. Karena meja ini terbuat dari kayu, jika terkena noda makanan biasanya akan meresap dan susah dibersihkan.

Namun, jika permukaan dilapisis dengan kaca, cipratan noda makanan akan mudah dibersihkan hanya dengan lap dan air.

Untuk kursi yang ditambahkan juga bisa menyesuaikan jumlah anggota keluarga Anda. Desain ruang makan ini bisa digunakan untuk 6 – 8 orang.

Jika mungkin anggota keluarga Anda kurang dari jumlah tersebut, Anda bisa mengurangi jumlah kursi dan memilih meja yang tidak terlalu panjang agar saat makan, jarak antar orang tidak terlalu jauh.

Anda bisa menggunakan kursi dari anyaman rotan yang di cat dan di desain modern dengan senderan. Atau bisa menggunakan kursi dari bahan plastik dengan kaki penopangnya terbuat dari kayu.

Dan bisa juga menggunakan kuris busa empuk sebagai bentuk kenyamanan. Tetapi diusahakan jangan yang terlalu menonjol agar kesan sederhana lebih terlihat. Ini juga akan menghemat budget untuk perabotannya.

Seperti ruang makan pada umumnya, jangan lupa untuk menambahkan karpet yang bentuknya mengikuti meja yaitu persegi panjang di area meja makan. Jangan lupa juga untuk menambahkan lampu di atas meja makan untuk penerangan.

Untuk piring, gelas, dan perabot lainnya, Anda bisa meletakkanya di dapur. Jadi, ruang makan ini hanya terdiri dari meja dan kursi saja untuk makan.

3. Ruang Makan Apartemen Minimalis

ruang makan apartemen
ruang makan apartemen via asset-a.grid.id

Desain ruang makan yang ketiga adalah ruang makan apartemen minimalis. Ruang makan dengan ukuran yang minimalis, biasanya digunakan untuk Anda yang memiliki jumlah anggota keluarga kurang lebih 4 orang.

Juga, yang memiliki apartemen dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Desain satu ini akan sangat bisa diterapkan pada ruang makan apartemen tersebut.

Anda cukup menambahkan meja kotak kecil di sisa ruangan dekat dapur apartemen untuk ditambahkan meja kotak yang sedikit besar untuk makan 4 orang anggota keluarga Anda.

Desain minimalis bukan berarti tidak bisa menambahkan unsur kemewahan. Anda bisa menggunakan meja yang terbuat dari keramik atau marmer dengan kualitas yang bagus.

Kursi yang dipakai, bisa dengan kursi yang memiliki busa dan senderan yang di tata di samping meja dan saling berhadapan. Kaki kayu untuk menopang kursi bisa menggunakan kayu yang kuat agar bisa menopang berat tubuh.

Nah, untuk menyimpan perabot makan, Anda tidak perlu menggunakan kabinet besar yang biasanya berbentuk mirip almari.

Melainkan bisa menggunakan meja kotak yang didesain menempel dengan meja makan yang permukaannya terbuat dari marmer dan dibuat lebih tinggi.

Untuk penyimpanannya bisa menggunakan kabinet dibawah meja tersebut seperti almari kecil. Lalu, kabinet tersebut bisa digunakan untuk meletakkan piring, gelas, sendok dan perabot lain yang dibutuhkan untuk makan.

Pada desain ini, area meja makan tidak diberi lapisan karpet pada lantai. Tetapi jika Anda ingin menambahkan karpet disini juga diperbolehkan karena tidak akan memakan tempat pada ruang makan apartemen Anda.

Untuk penerangannya, bisa menggunakan lampu gantung yang diletakkan tepat di atas meja makan yang akan digunakan.

Hal ini dilakukan untuk membuat makanan yang akan Anda makan akan terlihat dengan jelas dan membuat hewan seperti lalat tidak datang ke makanan Anda. Ruang makan minimalis Andapun telah siap digunakan.

Demikian, beberapa macam desain ruang makan apartemen yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk ruang makan pada apartemen Anda.

Dengan desain tersebut, dijamin kehangatan dan keharmonisan akan tetap terjaga. Serta, dengan desain tersebut akan membuat nafsu makan dan keinginan Anda untuk memasak enak akan meningkat. (fy), Editted 10/01/2022 by diminimalis

We would like to thank if you would like to follow us on Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published.