11 Ide Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36

Memiliki ruang tamu di teras rumah type 36 bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Mengingat terbatasnya lahan yang seringkali menjadi kendala utama.

Namun, bukan berarti hal itu tidak mungkin, di sini Anda memang harus kreatif untuk mencapai hal tersebut.

Ya, ruang tamu memegang peranan penting dalam sebuah rumah. Ini adalah tempat yang akan Anda gunakan untuk menyambut tamu di rumah Anda.

Tentu saja, ada berbagai jenis ruang tamu yang dapat Anda pilih tergantung pada ukuran ruangan, anggaran, dan preferensi Anda.

Lalu, apa saja inspirasi desain ruang tamu di teras rumah type 36? Simak ulasannya berikut ini ya!

11 Inspirasi Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 yang Simple dan Estetik

Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36
Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36

Banyak cara yang bisa Anda usahakan untuk menerima tamu di luar ruangan rumah Anda jadi nyaman. Salah satunya dengan mendesain ruang tamu outdoor atau penempatan di teras rumah.

Nah, ada beberapa ide yang bisa Anda terapkan untuk mewujudkan desain ruang tamu di teras rumah type 36, diantaranya:

Ruang Tamu Gaya Boho yang Unik

Rekomendasi ruang tamu di teras rumah type 36 yang pertama adalah ruang tamu gaya boho yang unik. Ruang tamu ini cocok bagi Anda yang menyukai desain ruang tamu dengan aksen nyentrik.

Ruang ini menampilkan detail berwarna krem ​​dan dekorasi bohemian pada dinding, lantai, dan langit-langit teras. Desain ini cocok bagi Anda yang menginginkan ruang tamu yang lebih menarik perhatian.

Untuk menciptakan nuansa lebih bohemian, Anda bisa menambahkan detail bertekstur pada dinding dengan macrame, dream catcher, atau sarung bantal bermotif etnik.

Agar lebih bernuansa, Anda bisa memilih warna-warna cerah karena gaya bohemian ini identik dengan konsep  warna pecah-pecah.

Beberapa rekomendasi warna yang ceria dan cocok untuk gaya bohemian adalah pink, merah, dan turquoise.

Sebaliknya, warna gelap dinilai kurang cocok untuk menggambarkan suasana bohemian karena dianggap kurang identik. Agar semakin meriah, Anda juga bisa  menambahkan kombinasi pernak-pernik berwarna cerah lainnya.

Ruang Tamu Gaya Skandinavia

Dekorasi ruang tamu di teras rumah type 36 bergaya Skandinavia masih booming selama beberapa tahun hingga saat ini.

Desain ini mengedepankan ide kesederhanaan, kenyamanan dan keindahan serta dinilai cocok dengan gaya urban masa kini. Gaya Skandinavia sering digunakan pada kawasan pemukiman di Eropa Utara, seperti Swedia, Norwegia, dan Denmark.

Saat ini, desain Skandinavia juga telah diadopsi di seluruh dunia, termasuk Indonesia, karena dianggap cocok untuk segala iklim dan memberikan nuansa modern.

Untuk menciptakan interior ruang tamu Skandinavia, perhatikan warna-warna natural yang terinspirasi dari alam, seperti krem, coklat, dan motif bunga.

Tak hanya itu, warna putih juga biasa digunakan karena dianggap sebagai warna terbaik untuk memantulkan sinar matahari dan menerangi ruangan secara alami.

Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Gaya Retro

Desain ruang tamu bergaya retro terinspirasi dari tren tahun 70an hingga 90an. Gaya retro ini identik dengan penggunaan warna-warna cerah dan kontras untuk menciptakan kesan semangat.

Tips menciptakan gaya retro pada ruang tamu Anda, Anda bisa menambahkan furnitur kuno. Selain itu, penempatan karpet berwarna cerah dengan pola geometris pada ruang tamu juga menjadi ciri khas gaya retro lho!

Ruang Tamu dengan Suasana Pantai

Apakah Anda menyukai ruang tamu dengan nuansa kafe di pantai tropis? Desain ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Untuk desain ini, gunakan furnitur berupa meja yang cukup tinggi dan furnitur yang memberikan kesan hangat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan furnitur rotan atau kayu.

Untuk menciptakan kesan lebih santai, coba tambahkan beberapa aksesoris pantai yang bagus.

Jika halaman depan rumah Anda banyak terkena sinar matahari dan di waktu-waktu tertentu pancaran sinar matahari membuat ruang tamu Anda menjadi panas dan tidak nyaman, maka Anda bisa memasang tirai bambu untuk menjaga keteduhan.

Ruang Tamu Minimalis Sederhana

Desain ruang tamu di teras rumah type 36 selanjutnya adalah ruang tamu minimalis sederhana. Bagi Anda yang menginginkan ruang tamu sederhana, tanpa banyak ruang atau furnitur, maka desain yang satu ini sangat cocok untuk dicoba.

Konsep minimalis sendiri mengunggulkan kesederhanaan baik bentuk maupun isinya, termasuk peralatan yang dipakai.

Jika Anda mempunyai teras yang agak terbuka, sempit dan rawan cipratan air hujan, Anda bisa membuat kursi beton cor permanen berbentuk L. Selain tidak harus membeli kursi, perawatannya juga mudah dan tidak rusak oleh air hujan.

Untuk mejanya, Anda bisa menggunakan meja kayu berbentuk persegi panjang atau meja besi berbentuk bulat. Sayangnya, kursi versi  ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan panas jika Anda duduk dalam waktu lama.

Seperti yang Anda ketahui, desain ruang tamu di teras rumah type 36 ini cukup banyak diterapkan karena dinilai mampu memberikan suasana lebih natural.

Untuk mendapatkan nuansa kayu yang lebih kental, Anda bisa menggunakan furnitur kayu sederhana, mulai dari kursi sederhana, meja, ataupun rak.

Jika teras Anda memiliki ruang terbatas, Anda dapat membeli kursi kayu tersendiri daripada kursi kayu  panjang.

Gaya ruang tamu sederhana ini tidak membutuhkan banyak biaya lho! Harga furniture kayu jenis ini juga lebih terjangkau, terutama jenis kayu selain jati seperti  mahoni. Untuk furnitur yang seluruhnya terbuat dari kayu jati, harganya justru lebih mahal.

Ruang Tamu Teras Bernuansa Kayu

Agar tidak terlihat sepi dan hanya mengandalkan satu warna saja, cobalah letakkan tanaman hias berukuran kecil di atas meja.

Selain tampilannya yang minimalis dan cantik,  kayu juga menjadi salah satu elemen yang digemari karena sifatnya yang fleksibel. Selain itu, kayu juga bisa menciptakan kesan  hangat dan bersahabat.

Gaya Industrial

Rekomendasi ruang tamu di teras rumah type 36 berikutnya yang tidak kalah populer adalah gaya industrial. Ruang tamu jenis ini cocok bagi Anda yang menginginkan ruang tamu dengan tampilan unik.

Untuk mendapatkan ruang tamu bergaya industrial, Anda bisa menggunakan furnitur kayu dan meja berbahan rotan atau besi.

Kemudian, dinding depan (teras) bisa menggunakan batu bata atau bisa juga menggunakan model dinding plesteran yang belum dicat. Penggunaan beberapa dekorasi bergaya industrial juga  sangat disarankan.

Baca juga: Mengusung Furniture Kompak untuk Mengisi Ruangan Mungil

Ruang Tamu Gaya Jepang

Ruang tamu di teras rumah type 36 bergaya Jepang modern terlihat sangat cantik. Berbeda dengan desain teras klasik Jepang yang kaya akan unsur kayu, desain teras gaya Jepang modern lebih fleksibel dan menggunakan kombinasi elemen kayu dengan dinding batu yang sederhana.

Ruang Tamu dengan Banyak Tanaman

Ingin ruang tamu di teras rumah Type 36 Anda lebih sejuk dan bernuansa natural? Menerapkan desain ruang tamu bergaya botani adalah solusinya. Anda bisa memulainya dengan menambahkan tanaman indoor pada ruang tamu Anda.

Kemudian, ubah juga warna dinding menjadi warna natural seperti hijau tua, coklat, hingga biru muda. Selain itu, Anda juga bisa memilih furnitur berbahan kayu atau rotan untuk memberikan kesan lebih natural.

Desain Ruang Tamu Terbuka Rumah Type 36

Desain ruang tamu ini didesain dengan tata letak terbuka sehingga dapat memanfaatkan ruang  terbatas dengan lebih efektif. Ruang terbuka pada teras menciptakan sirkulasi udara yang baik dan memberikan kesan lapang.

Desain ini mengandalkan palet warna yang lembut dan hangat, seperti warna krem, abu-abu muda, hingga beige untuk menciptakan suasana ramah dan nyaman. Ya, warna-warna ini akan menciptakan kesan terang dan bersih.

Baca juga: Inspirasi interior rumah minimalis

Desain Ruang Tamu di Teras Tertutup

Ruang tamu teras tertutup adalah ruang yang dirancang dengan cermat untuk menyambut tamu dan menciptakan suasana hangat. Ruang tamu ini bisa dihias dengan tanaman hias, lukisan dinding hingga lampu hias untuk mempercantik teras.

Dengan kombinasi ruang terbuka dan perabotan nyaman, ruang tamu dengan teras tertutup adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menjamu tamu.

Itulah 11 rekomendasi desain ruang tamu di teras rumah type 36 yang bisa Anda coba. Meskipun rumah type 36 seringkali memiliki halaman depan yang luas dibandingkan dengan ukuran bangunannya, sebaiknya area teras jangan dibuat terlalu ramai oleh furnitur dan dekorasi ya!

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *