15 Ide Ruang Tamu di Teras Rumah, Estetik

Ruang tamu menjadi salah satu ruangan paling penting yang ada di rumah. Selain untuk menjamu tamu, ruangan ini juga menjadi ruangan pertama yang Anda temui saat memasuki rumah.

Namun, tidak setiap rumah memiliki lahan yang luas untuk dijadikan ruang tamu. Sehingga, ide ruang tamu di teras rumah ini mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk Anda.

Ada banyak referensi ide ruang tamu di teras rumah yang bisa Anda terapkan. Ya, Anda bisa menyulap teras menjadi ruang tamu dengan penataan meja dan kursi yang sesuai. Daripada penasaran, yuk simak artikel berikut ini ya!

15 Ide Desain Ruang Tamu di Teras Rumah Minimalis dan Estetik

Ruang Tamu di Teras Rumah
Ruang Tamu di Teras Rumah

Biar tidak mainstream, Anda bisa menerapkan ide penempatan ruang tamu di teras rumah dengan konsep sebagai berikut.

Model ruang tamu minimalis

Desain ruang tamu di teras rumah yang pertama adalah model ruang tamu minimalis. Apabila Anda tidak mempunyai teras yang luas, Anda cukup merapikan teras dengan menata sofa dan meja.

Anda juga bisa menambahkan dekorasi pada dinding agar ruang tamu tetap terlihat mengesankan.

Jangan lupa pilih sofa dan meja dengan warna senada agar ruang tamu Anda terlihat lebih tertata rapi ya!

Model ruang tamu semi outdoor

Area teras juga bisa dijadikan menjadi ruang tamu semi outdoor lho! Anda bisa mendekorasinya dengan menata bangku-bangku cantik dengan meja. Selain itu, tambahkan pula alas berupa karpet atau rumput sintetis agar suasana ruang tamu semakin hidup.

Untuk menambah kreasi pada ruangan, tak ada salahnya menambahkan beberapa tanaman hias di sekitar teras Anda.

Model ruang tamu serba putih

Model ruang tamu di teras rumah yang serba putih juga bisa menjadi saran untuk Anda. Pilihlah keramik dan cat teras dengan warna-warni untuk menciptakan kesan lapang ya!

Jangan lupa juga untuk memilih furnitur berwarna putih untuk penataan ruang tamu yang harmonis.

Perpaduan konsep industrial dan natural

Konsep industrial tidak pernah gagal untuk desain interior maupun eksterior. Seperti desain interior ruang tamu outdoor yang tampil unik dengan dinding aspal ini.

Untuk menciptakan suasana lebih dinamis, padukan furnitur dengan warna yang tepat dan tambahkan sentuhan warna cerah. Agar terlihat segar dan tidak monoton, sebaiknya tambahkan juga dekorasi natural seperti tanaman hijau atau bantal sofa bermotif daun.

Model ruang tamu di Teras Rumah sederhana

Bagi yang menginginkan nuansa ruang tamu sederhana, Anda bisa menyulap teras rumah Anda menjadi ruang tamu yang sangat sederhana.

Cukup tambahkan sofa dan meja kayu, maka ruang teras  Anda akan berubah menjadi ruang tamu yang super nyaman!

Model ruang tamu dengan konsep taman

Mengubah teras menjadi ruang tamu dengan taman merupakan ide menarik yang bisa Anda terapkan. Manfaatkan lahan di depan rumah Anda dengan membuat alas berupa struktur kayu, lalu tata teras menjadi ruang tamu.

Jangan lupa tambahkan berbagai jenis tanaman hias agar suasana ruang tamu semakin semarak!

Ruang Tamu di Teras Rumah dengan Warna Mencolok

Apakah Anda bosan dengan warna putih atau netral? Anda juga bisa bermain dengan warna berani seperti kuning cerah ini lho!

Ingatlah untuk memilih kursi dengan warna gelap seperti hitam, jangan terlalu banyak  warna yang menyilaukan.

Teras Ruang Tamu dari Tempat Duduk Beton

Jika Anda memiliki ruang teras yang terbatas dan tidak bisa meletakkan sofa di sana, cobalah membuat sofa permanen dari campuran beton atau semen.

Bentuknya L sesuai dengan ukuran ruangan, sandarannya dibuat seperti dinding roster agar terlihat lebih eye catching.

Tambahkan juga beberapa kursi rotan, pot tanaman dan meja besi kecil sebagai pelengkapnya.

Teras Ruang Tamu dengan Lampu Gantung Tradisional

Teras ruang tamu ini terletak di halaman rumah, atapnya dari batang padi kering, dinding dari papan kayu bercat putih, dan lantai menggunakan keramik bermotif agar semakin indah.

Tempat duduknya terbuat dari breeze block, dilapisi bantalan di atasnya untuk kenyamanan. Tambahkan juga bantal, beberapa pot tanaman, meja, hiasan dinding, tanaman gantung, dan hiasan menarik lainnya.

Jangan lupa menambahkan lampu gantung tradisional di bagian atasnya. Yuk, nikmati kenyamanan dan relaksasi sambil menikmati ruang outdoor yang asri di sini!

Teras Ruang Tamu Outdoor Mewah ala Resort

Bagi Anda yang memiliki rumah mewah dengan halaman depan luas, tak ada salahnya berkreasi dengan ruang tamu Anda. Ruang tamu ini memiliki teras luar ruangan dengan deretan sofa dan tirai kain sebagai penutupnya.

Rasakan relaksasi dan mengobrol seperti berada di resort di ruang tamu yang indah ini!

Baca juga: Inspirasi Rak Bunga Sudut Ruang Tamu Minimalis Menarik untuk Dicoba

Teras Ruang Tamu dari Kursi Kayu Bernuansa Hangat

Rekomendasi ruang tamu di teras rumah selanjutnya adalah ruang tamu dari kursi kayu bentuk L yang bernuansa hangat. Letakkan beberapa bantal tambahan di kursi kayu tersebut.

Kursi ini tidak memiliki sandaran di satu sisi, dan sandaran lainnya menggunakan sandaran dari dinding tembok.

Atapnya dilapisi rangka dekoratif dari kayu dan plastik fiber transparan. Cocok sebagai tempat bersantai yang nyaman bersama teman atau tamu Anda!

Teras Ruang Tamu dengan View Taman Samping Rumah

Nah, apabila sebelumnya teras dan ruang tamu terletak di depan rumah. Kali ini Anda bisa memanfaatkan teras samping rumah sebagai ruang tamu atau sekadar tempat bersantai yang nyaman. Tambahkan beberapa sofa besar yang nyaman, meja dan kursi kecil serta beberapa dekorasi lainnya.

Viewnya menghadap langsung ke taman sehingga Anda bisa menenangkan pikiran saat bersantai di tempat ini. Apakah Anda tertarik dengan desain ini?

Ruang Tamu dengan Sofa Krem Berbentuk Letter L yang Luas

Rekomendasi berikutnya adalah ruang tamu di teras rumah dengan deretan sofa empuk berwarna krem ​​​​berbentuk L, memenuhi salah satu sisi ruangan.

Di depannya ada meja kayu dengan banyak hiasan di atasnya. Di lantai bawah, jangan lupa tambahkan karpet berbahan kain minimalis dengan warna senada.

Lantai dan atapnya terbuat dari kayu bercat coklat tua yang memberikan suasana hangat dan tradisional. Di  depan tangga, tambahkan juga 2  kursi rotan untuk menambah tempat duduk. Nikmati kenyamanan mengobrol santai dengan tamu Anda di ruang tamu bergaya terbuka ini!

Ruang Tamu Bernuansa Japandi di Teras

Ruang tamu terbuka dengan suasana Jepang juga bisa dibangun pada rumah minimalis. Ide ini sangat cocok untuk mengekspresikan kesederhanaan.

Namun, tetap memberikan kenyamanan. Ruang tamu ini terletak di teras. Furnitur berukuran sedang ditempatkan sesuai dengan ukuran ruangan.

Untuk melindungi area ini dari percikan air hujan, atap tambahan diperlukan. Lalu, diletakkan pula sebuah dinding seperti kayu solid untuk menjaga privasi ruang tersebut.

Ruang Tamu Model Jawa lawas

Sesuai dengan namanya, ruang tamu ini dipenuhi dengan furnitur dan dekorasi Jawa kuno. Ruang tamu ini bisa ditempatkan di samping garasi dan menggunakan atap transparan untuk memaksimalkan cahaya.

Temboknya hanya ada pada satu sisi dengan menonjolkan warna merah bata. Agar semakin dramatis dan berkesan, Anda bisa menambahkan lampu gantung beraksen Jawa di tengah ruang tamu tersebut.

Itulah 15 rekomendasi desain ruang tamu di teras rumah yang bisa Anda coba. Desain-desain tersebut sangat estetik namun simple untuk diterapkan. Jadi, mana yang menjadi favorit Anda?

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar