10 Konsep Ruang TV Menyatu dengan Dapur

Ruang TV menyatu dengan dapur adalah salah satu solusi untuk menghadirkan kesan lebih luas pada rumah. Konsep ini cocok diterapkan pada hunian dengan lahan terbatas.

Selain menjadikan rumah tampak lega, beberapa keuntungan menyatukan ruang TV dan dapur juga punya beberapa keuntungan lainnya. Simak selengkapnya di bawah ini.

Keuntungan Membuat Ruang TV Menyatu dengan Dapur

Rumah adalah titik terbaik untuk disinggahi. Oleh sebab itu, tiap ruangannya harus dibuat dengan konsep tepat. Tujuannya ialah agar selama di rumah, Anda bisa merasakan kenyamanan maksimal.

Jika Anda membuat ruang televisi atau sebutan lainnya ruang keluarga, kemudian menyatukannya dengan dapur karena lahan sempit, pilihan tersebut dapat dikatakan tepat.

Alasannya, beberapa keuntungan bisa Anda dapatkan dari penerapan konsep tadi.  Adapun beberapa keuntungan mendesain ruang tv menyatu dengan dapur diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ruangan lebih lega sehingga minim risiko sesak.
  • Lebih kecil risiko panas sebab udara keluar masuk tanpa hambatan.
  • Pencahayaan ruangan di siang hari jadi lebih optimal.
  • Desain ruangan yang menarik bisa menghadirkan mood positif.
  • Konsep open space menjadikan perawatannya terasa lebih mudah.

10 Konsep Terbaik Ruang TV Menyatu dengan Dapur

Jika ingin menghadirkan konsep open space yang berkesan ketika ruang TV menyatu dengan dapur, pastikan menyiapkan rancangannya dulu. Apabila bingung, konsep ataupun rancangan terbaik ruang TV minimalis dan dapur bisa Anda dapatkan inspirasinya dari daftar berikut:

1. Aplikasikan Cat Pastel ke Dinding

Jika ingin ruang TV menyatu dengan dapur tampak luas, sebaiknya aplikasikan cat warna cerah. Apabila tidak ingin terlalu mencolok, pilih warna-warna pastel.

Pemilihan warna cat ini tidak hanya bermanfaat memberi kesan lebih spacious pada ruangan. Akan tetapi, ruang televisi di rumah Anda juga bakal terasa cozy sebab terasa teduh dan adem.

2. Hadirkan Furniture Modern dan Futuristik

Untuk memaksimalkan kesan nyaman pada ruang TV menyatu dengan dapur, selanjutnya hadirkan furniture modern dan futuristik. Mulai dari perabotan biasa, seperti sofa dengan tampilan kekinian, buffet televisi, rak, hingga alat elektronik penting.

Seperti kulkas, televisi, dan lain sebagainya. Supaya tidak terkesan berantakan, pastikan tidak lupa menata ulang posisi perabotan di ruangan.

3. Lengkapi Ruangan dengan Barang Multifungsi plus Dekoratif

Di ruangan dengan konsep open space ini, pasti ada beberapa bagian yang bisa tampak seperti kekurangan jika tidak diakali. Contohnya, tembok kosong yang terlalu luas menjadikannya terkesan kurang menarik.

Sebagai saran, area dekat tembok tersebut bisa dijadikan tempat menaruh rak buku besi putih. Rak tersebut mempunyai tampilan menarik, bisa dijadikan barang dekoratif, serta multifungsi.

Anda bisa memakainya untuk menyimpan barang lain juga. Seperti figura kecil dan tanaman artifisial.

4. Hadirkan Konsep Industrial di Bagian Dapur

Jika konsep ruang TV menyatu dengan dapur sebelumnya terkesan minimalis dan biasa, Anda bisa memilih gaya ruangan. Salah satu gaya yang terbaik Anda pilih adalah industrial. Terutama di bagian dapur.

Sebagai informasi, konsep industrial pada dapur open space dapat ditandai dengan tembok tanpa plesteran. Jika rumah Anda menggunakan bata merah, bagian tersebut bisa memberikan kesan menarik pada sudut dapur.

5. Pilih Konsep Klasik Didominasi Kayu untuk Area Makan

Beralih ke area untuk makan, sebaiknya pilih konsep ruangan klasik. Anda bisa memilih kursi dan meja kayu untuk melengkapi area tersebut.

Apabila area makan ditempatkan di dekat tembok, tak ada salahnya memasang hiasan motif kayu di dinding. Seperti struktur papan nama, motivasi, kaligrafi, dan lain-lain dengan alas kayu. Dengan hiasan tersebut, area ini bakal terasa lebih hangat.

6. Buat Ruang TV dengan Konsep Shabby Chic

Pada bagian ruang TV, konsep shabby chic bisa juga Anda pakai untuk menggantikan gaya sederhana tadi. Sebagai informasi, konsep ini memiliki fokus untuk menghadirkan ruangan yang terkesan unik dan lucu.

Desain ini biasa diterapkan pada kamar perempuan. Namun, tampilannya yang bisa memberikan kesan netral jadi cocok dipasang di ruangan lainnya juga, termasuk ruang TV.

7. Terapkan Lampu Klasik di Area Makan

Supaya tampak lebih berkesan lagi, terapkan lampu klasik dengan cahaya terang di ruang TV menyatu dengan dapur. Disarankan menggunakan LED supaya penerangannya maksimal tetapi sorotan cahayanya tidak menjadikan mata lelah.

Untuk penempatannya, bisa ditaruh di atas area makan. Baik menggantung tinggi di plafon maupun didekatkan pada area dining table.

8. Taruh Tanaman dan Pot di Sudut Dapur

Konsep lain yang tak kalah bagus diterapkan pada ruang open space ini adalah menaruh tanaman dengan potnya di sudut ruangan. Terutama di batas dapur, area makan, dan ruang televisi.

Dengan menaruh pot dan tanaman tersebut, ruangan tidak hanya akan terasa luas dan nyaman. Akan tetapi, kesannya juga tampak lebih segar dan menyejukkan mata. Apalagi ketika daun tanamannya baru berwarna hijau muda.

Baca juga: 6 Cara Menata Ruang TV Terbaik dari Sisi Kesehatan dan Estetika

9. Gunakan Hiasan Dinding atau Bingkai Foto Besar

Jika ada tembok yang kosong dan terkesan menjadikan ruangan kurang menarik, sebaiknya manfaatkan hiasan dinding. Baik berupa lukisan maupun figura dengan ukuran besar. Kemudian, taruh dekorasi ini di dinding yang kosong.

Langkah ini bisa menjadikan ruang TV dan dapur yang menyatu tampak lebih kekinian. Apalagi jika hiasan dinding yang digunakan berupa lukisan abstrak ataupun motif lain yang punya esensi tinggi.

10. Satukan Dua Ruangan dengan Konsep Semi Industrial

Konsep terbaik lainnya untuk ruang TV menyatu dengan dapur adalah menghadirkan gaya semi industrial di keseluruhan area. Mulai dari dapur, tempat makan, hingga ruang televisi.

Adapun cara untuk menjadikan seluruh ruangan ini tampak terkesan industrialis tidak perlu dengan membiarkan bata terekspos. Ruangan bisa dicat dengan warna monokrom, seperti abu-abu ataupun kombinasi hitam dan putih. Opsi lainnya, kesan industrial juga bisa hadir dari tembok tanpa cat.

Selain bagian dinding, furnitur seperti sofa, meja makan, lampu, dan perabotan lainnya perlu disesuaikan dengan gaya ruangan. Misalnya, alih-alih memakai kursi dan meja kayu, sebaiknya gunakan barang tersebut yang terbuat dari bahan besi.

Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Menyatukan Ruang TV dan Dapur

Ruangan dengan konsep open space tepat dihadirkan pada bangunan dengan lahan sempit. Akan tetapi, ruangan dengan konsep ini harus ditata semaksimal mungkin. Sebab jika tidak, kemungkinan besar ruangan tersebut bakal tampak tidak menarik.

Selain penataan, Anda juga harus memperhatikan perawatan di tiap areanya. Pastikan untuk membiasakan diri mengelap kompor setiap kali sudah memasak. Selain itu, Anda juga sebaiknya selalu lekas mencuci piring bekas pakai.

Tak hanya di bagian dapur, area makan dan ruang televisi juga harus dibersihkan secara rutin. Dengan begitu, ruangan tersebut akan tampak lebih menarik ketika dilihat dari sudut mana pun.

Itulah informasi seputar konsep ruang TV menyatu dengan dapur. Mulai dari keuntungan menerapkan konsepnya, beberapa inspirasi rancangan ruangannya, hingga hal yang penting diperhatikan. 

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *