Desain Ruang TV Minimalis 3×3 Nyaman dan Bikin Betah

Setiap hunian tentu mempunyi area untuk berkumpul bersama keluarga, salah satunya adalah hadirnya ruang keluarga atau ruang TV. Ruang TV adalah area yang sangat penting keberadaannya dalam sebuah hunian.

Sebab sedikit atau banyak kegiatan aktivitas penghuni rumah banyak dilakukan di ruang ini. Mulai dari menonton, berkumpul, hingga sekedar duduk santai sambil menikmati secangkir minuman seringkali dilakukan di ruang TV.

Sehingga tidak heran jika desain ruang TV minimalis 3×3 harus ditata se-nyaman dan estetis mungkin, agar penghuni merasa betah berada di dalamnya.

Setiap keluarga pastinya mempunyai satu ruangan favorit mereka yang dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul bersama. Tidak terkecuali ruang TV.

Di ruang TV minimalis 3×3 ini para anggota keluarga dapat mengobrol dengan santai sambil duduk di atas sofa yang empuk atau karpet serta menikmati tontonan bersama.

Ukuran pun tidak menjadi masalah jika ditata dengan tepat dan benar, tidak perlu menggunakan furnitur yang mahal, ruangan TV pun akan terasa nyaman jika ditata dengan tepat seperti desain ruang TV minimalis modern berukuran 3×3 yang akan dibahas berikut ini.

Desain Ruang TV Minimalis 3×3 Terbaik

Kira-kira seperti apa konsep desain ruang TV minimalis ukuran 3×3 yang bisa ditiru dan diterapkan sendiri di rumah?

Ruang TV Minimalis 3×3 Mewah

Desain ruang TV minimalis 3×3 ini memiliki kesan yang megah. Ruangan dengan nuansa mahal tidak harus mempunyai ukuran luas. Cukup dengan ruangan kecil bisa disulap menjadi ruangan yang mewah dan terlihat luas.

Syaratnya anda harus cermat dalam menata furnitur serta memilih dekorasi yang akan digunakan pada ruang TV anda. Khusus untuk ruang TV berukuran kecil, maka pilihlah furniture yang compact dan tidak terlalu besar.

Namun, pilih juga furnitur dengan model terkini sehingga memberikan kesan yang mewah dan pastinya modern. Supaya kesan mewah semakin terasa, jangan lupa untuk menggunakan paduan warna putih, atau emas pada dinding atau dekorasi ruangannya.

Ruang TV Minimalis 3×3 dengan Tambahan Furniture

Ruang TV biasanya terletak pada bagian rumah depan, apalagi bagi rumah yang memiliki ukuran tidak terlalu luas. Keuntugannya adalah cahaya matahari yang masuk cukup banyak dari jendela depan.

Anda hanya perlu memanfaatkan pencahayaan alami ini untuk mengatasi tampilan dan ukuran ruang TV yang mungil.

Selain sofa, meja tamu, karpet, dan rak TV sebagai furnitur standarnya, anda juga bisa menambahkan cermin dinding berukuran besar. Cermin besar ini nantinya akan ditempatkan di atas sofa.

Cermin dinding ini akan membantu memberikan ilusi pada ruang TV minimalis 3×3 sehingga akan memberikan efek yang lebih luas dan terang. Tak lupa juga untuk menambahkan lampu lantai sebagai aksen dekorasi dan pencahayaan tambahan.

Ruang TV Minimalis 3×3 dengan Sentuhan Warna Terang

Desain interior untuk ruang TV minimalis 3×3 yang fleksibel bisa dengan bebas berkreasi dengan warna dan material tambahan sebagai aksen yang aesthetik dan trendi.

Buat anda yang berjiwa muda dan urban, coba tambahkan satu warna terang favoritmu ke dalam ruang TV mungil anda sebagai aksen yang dapat memberikan karakter kuat pada ruangan.

Dalam ilustrasi ini, pemilik rumah juga bisa memakai warna kuning muda yang menjadi latar belakang panel rak TV dan rak dinding. Jika dipadukan dengan warna putih yang netral, warna kuning akan menjadi lebih stand out dan cerah.

Agar tetap mempertahankan tema warnanya, sofa berbentuk L warna biru tua juga bisa ditambahkan berikut dengan meja tamu bundar yang minimalis.

Ruang TV Minimalis 3×3 Bawah Tangga

Seperti yang kita ketahui, ruang TV minimalis bisa diposisikan di mana saja, termasuk di bawah tangga sekalipun. Posisi ini juga cukup space–saving, unik, namun tetap ideal untuk dipandang.

Letakkan TV di bawah tangga persis, agar dapat tertata dengan rapi dan presisi, sehingga tidak akan memakan cukup banyak tempat.

Jadi, area bawah tangga tersebut tidak hanya digunakan untuk meletakkan  TV saja tapi juga bisa menjadi tempat untuk rak display dan laci penyimpanan.

Dengan dominasi warna putih dan kayu netral, tampilan ruang TV minimalis 3×3 anda menjadi lebih minimalis jika dilihat.

Ruang TV Minimalis 3×3 dengan Meja TV

Jika menggunakan meja TV dengan kaki ruang TV minimalis 3×3 anda terasa sangat sempit, maka hal ini berbeda jika anda menggunakan meja TV model floating yang tidak akan memakan ruang lebih di ruang TV minimalis anda.

Desain panelnya terbilang cukup sederhana dengan perpaduan material kayu dan PVC berwarna putih. Anda juga dapat meletakkan sofa berhadapan langsung ke TV.

Meskipun terbilang mungil, akan tetapi ruang ini muat untuk ditempati 3 orang. Suasana berkumpul juga akan semakin nyaman berkat pemilihan warna cat temboknya yang terbilang minimalis dan mewah.

Pilih meja tamu yang mempunyai desain ramping agar tidak menghalangi jalan di area ruang TV minimalis 3×3 milik anda. Meja ini mengusung konsep puzzle yang mudah dibuka-pasang dengan material kayu, minimalis tapi unik.

Baca juga: 10 Ide Dekorasi Ruang TV Minimalis yang Simpel Namun Keren!

Ruang TV Minimalis 3×3 dengan Panel yang Tidak Memenuhi Dinding

Membuat panel TV yang memenuhi seluruh bidang dinding bisa jadi sangat berlebihan untuk ruang TV minimalis 3×3 anda. Cobalah dengan menggunakan desain panel yang hanya memenuhi 1/3 bidang dinding saja, termasuk juga bagian lemarinya.

Desain seperti ini terbilang sangat aman jika sewaktu-waktu anda ingin mengganti TV dengan ukuran yang lebih besar. Selain itu, anda juga bisa menggunakan meja TV yang sama ataupun memasangnya secara langsung pada dinding.

Ruang TV Minimalis 3×3 Konsep Lesehan Gaya Monokrom

Untuk menghasilkan kegiatan menonton film yang seru bersama dengan anggota keluarga, konsep lesehan pada ruang TV minimalis ukuran 3×3 bisa anda terapkan.

Kesan yang rileks dan hangat untuk desain ruang TV seperti ini bisa untuk menambahkan karpet dengan tema monokrom dengan jarak antara cabinet TV dan tempat duduk tidaklah terlalu tinggi, sehingga jarak pandang pada saat menonton  bisa seimbang dan nyaman.

Selain itu, agar lebih terlihat konsep monokrom nya anda bisa menambahkan kursi rotan dengan motif polkadot yang diletakkan untuk menambahkan kenyamanan saat menonton bersama dengan keluarga.

Ruang TV Minimalis 3×3 dengan Tambahan Tanaman

Inspirasi ruang TV minimalis berukuran 3×3 selanjutnya adalah dengan tambahan tanaman hias. Selain kehadiran sofa sudut yang nyaman dengan bantalan yang empuk, inspirasi ruang TV ini juga semakin lengkap dengan adanya tanaman indoor.

Menambahkan sentuhan alami pada ruangan merupakan tips yang bisa anda coba. Pasalnya, ketersediaan tanaman dapat memberi kesejukan.

Selain itu, anda juga bisa membuat rak untuk tumbuhan dengan pot yang berukuran kecil, seperti sukulen dan kaktus. Bisa pula menggunakan tanaman berukuran lebih besar.

Itulah beberapa penjelasan tentang inspirasi model ruang TV minimalis 3×3 yang dapat anda coba untuk diaplikasikan pada ruangan TV dirumah.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *