Rumah Batako Sederhana yang Menginspirasi

Tahukah Anda bahwa model rumah batako sederhana saat ini bisa menjadi ide terbaik untuk diterapkan.

Bagi Anda yang sedang membangun rumah, tampilan perumahan model seperti ini dijamin akan terlihat lebih beda dan menarik!

Selalu ada cara untuk membuat rumah tidak biasa. Salah satunya adalah penggunaan tembok tanpa plester.

Konsep ini mengingatkan pada dinding bata polos yang sering dijumpai pada rumah-rumah bertema industrial.

Sebelum Anda mulai membahas rencana dan gambar plester lebih detail, ada baiknya Anda membiasakan diri dengan materia tersebut.

Anda dapat menemukan banyak informasi yang berkaitan dengan rumah batako sederhana pada artikel ini

Apa itu Batako dan Seberapa Vital Fungsinya?

Batako merupakan salah satu bahan konstruksi yang cukup sering digunakan untuk pembuatan dinding. Batako terbuat dari campuran pasir kasar dan semen yang kemudian dipadatkan atau dipress.

Di beberapa tempat, batako malah dicampur dengan batu bara. Hal ini dilakukan lantaran ketersediaan bahan baku yang ada di wilayah tersebut.

Menariknya, ada beberapa model rumah batako sederhana yang tetap terlihat bagus.

Ide Desain Rumah Batako Sederhana untuk Berbagai Sisi

rumah batako sederhana
rumah batako sederhana

Inilah 10 rumah batako sederhana, estetik, dan indah yang bisa Anda tiru.

Penggunaan batako sebagai fasad dinding

rumah batako sederhana

Jika Anda ingin menghadirkan tampilan fasad rumah industrial yang menarik dan mengesankan, maka Anda bisa menggunakan batako untuk dinding depan rumah.

Hal ini dikarenakan batako memiliki karakteristik tampilan kasar yang sesuai dengan gaya desain industrial.

Selain itu, batako juga memiliki daya tahan yang cukup baik, sehingga Anda tidak perlu khawatir menggunakannya sebagai dinding luar rumah Anda.

Dinding batako untuk ruang tamu

Apakah Anda ingin menciptakan kombinasi serasi desain dengan fasad rumah? Jika demikian, Anda dapat mendesain ruangan di rumah Anda dengan dinding sederhana tanpa plester.

Salah satu idenya adalah dengan mengaplikasikannya di ruang tamu dengan furniture berwarna netral seperti abu-abu, coklat.

Atau menerapkannya pada satu sisi rumah batako sederhana Anda untuk menciptakan area yang terlihat lebih unik dan menarik.

Jika Anda ingin bermain dengan warna dan pola, Anda juga bisa mengaplikasikannya di salah satu sisi rumah.

Dinding batako dengan motif ukiran

Inspirasi desain rumah batako sederhana berikutnya yang bisa Anda aplikasikan pada dinding rumah adalah dengan menambahkan sentuhan seni seperti ukiran kontinental.

Struktur dinding bata ini bisa Anda gunakan di dalam rumah, misalnya di ruang tamu atau ruang keluarga.

Dengan batako yang ditempatkan dan diratakan dengan benar, Anda dapat menutupi dinding dengan cat dasar putih.

Namun tidak sepenuhnya, sebelum itu terlebih dahulu terbentuk pola gambar sesuai dengan yang Anda inginkan yang akan menjadi konsep utama pada desain ini.

Penggunaan dinding batako roster

Terdapat beberapa jenis batako yang cukup unik, salah satunya ialah batako roster. Bentuk dari batako ini ialah sengaja dibuat berlubang-lubang untuk keluar masuk udara.

Bata jenis ini juga cocok untuk konstruksi sebagai partisi di dalam rumah. Berkat bentuknya yang berlubang, dapat berfungsi sebagai sirkulasi udara tambahan di dalam rumah.

Selain itu, Anda bisa merasa lebih lapang dan sejuk di rumah karena batako roster ini mengadirkan tampilan fisik yang sedikit terbuka.

Baca: desain rumah minimalis

Penggunaan dinding batako memberi kesan industrial

Gaya desain arsitektur industrial merupakan salah satu dari sekian banyak gaya arsitektur yang akhir-akhir ini populer di Indonesia baik untuk rumah pribadi maupun bangunan komersial.

Secara sederhana pengertian arsitektur industrial adalah suatu gaya arsitektur yang menerapkan estetika dan kepraktisan atau kegunaan terhadap suatu kegunaan komoditi pada suatu tempat.

Desain industri sangat menekankan pada penciptaan bentuk, konfigurasi dan komposisi garis, warna, garis dan warna secara estetis.

Penerapan desain arsitektur industri lebih menitikberatkan pada adaptasi fisik bangunan dengan menggunakan teknik desain yang berbeda agar karakter asli bangunan tidak hilang.

Meski terlihat agak suram, namun gaya industrial memberikan tampilan khas yang modern, sederhana, namun penuh estetika.

Gaya industrial pada saat ini sedang menjadi trend sehingga banyak sekali tempat-tempat yang menggunakan konsep ini karena tampilan yang menarik serta unik. Gaya ini juga sering digunakan pada dekorasi kafe dan restoran.

Namun seiring berjalannya waktu, gaya industrial menjadi gaya favorit masyarakat untuk rumah. Penampilan menarik dan dewasa menjadi faktor utama mengapa gaya ini menjadi pilihan banyak orang.

Di masa lalu, orang Eropa menggunakan bangunan pabrik yang terbengkalai sebagai tempat tinggal.

Mereka membiarkan tampilan bangunan tidak dipoles atau diubah sedikit pun. Ini membuat gaya industrial menarik dan berbeda dari gaya lainnya.

Rumah-rumah industri yang tertinggal di sana menyebar ke banyak negara lain, termasuk Indonesia. Ketika Anda mendengar gaya industri, apakah itu ada hubungannya dengan industri seperti yang kita kenal?

Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena gaya industrial memang terinspirasi dari komponen industrial.

Namun tidak terbatas pada fungsi masing-masing bangunan yang lebih terpusat dan minim pada dekorasi yang kurang diperlukan.

Gaya industrial merupakan rumah yang benar-benar dapat menjalankan semua fungsi yang diinginkan oleh penghuninya.

Meminjam dari Tips Dekorasi, dekorasi gaya industrial juga cenderung terlihat apa adanya. Kedengarannya tidak mewah, minimalis atau elegan.

Model ini menghadirkan detail arsitektur terbuka seperti penggunaan batako, logam dan kayu yang tidak diolah, serta bahan bekas dan daur ulang.

Keuntungan besar memiliki rumah batako sederhana gaya industri adalah Anda memiliki kesempatan untuk menyesuaikan tampilan rumah Anda dengan furnitur dan dekorasi yang benar-benar unik.

Baca juga: Daftar Harga Hebel Per Kubik dan Jenisnya!

Penggunaan dinding batako dengan menampilkan kesan rustic

rumah batako sederhana

Inspirasi desain rumah batako sederhana berikut ini cocok untuk Anda yang ingin membangun rumah dengan gaya pedesaan.

Rustic, identik dengan penggunaan kayu, terlihat lebih kohesif saat Anda memadukannya dengan dinding terbuka. Furnitur kayu terlihat lebih terlihat dan estetis.

Penggunaan batako sebagai meja dapur

Selain dinding, Anda bisa menggunakan batako untuk membuat meja dapur. Meja dapur adobe ini bisa menjadi pilihan jika tidak ingin membeli kitchen set. Interior ini terlihat menarik, estetis, serta otentik.

Baca juga: 7 Kelebihan Batako Dibanding Batu Bata Merah

Penggunaan dinding rumah batako tema scandinavian

Jika Anda ingin membangun rumah batako sederhana yang memiliki sentuhan alam dan sederhana, namun tetap terlihat elegan, jangan lewatkan gaya ini.

Maka desain rumah tema Skandinavia merupakan konsep dari negara-negara Nordik yang telah menyebar ke berbagai negara seperti Denmark, Swedia, Norwegia dan negara lainnya.

Penggunaan batako pada dinding rumah bergaya Skandinavia sangat tepat, karena konsep dasar Skandinavia mengutamakan kesan sederhana, sehingga rumah bata yang unik dapat diwujudkan dengan dinding yang satu ini.

Mungkin itu saja ulasan singkat tentang berbagai inspirasi desain rumah batako sederhana yang bisa kami bahas kali ini. Semoga bermanfaat untuk menambah referensi Anda dalam memilih model terbaik.

Editor: UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar