Skip to content

10+ Referensi Konsep Desain Taman Dalam Rumah Minimalis

Banyak orang punya impian untuk memiliki taman dalam rumah alias taman indoor. Apalagi, konsep taman dalam rumah sendiri cukup banyak referensinya.

Sudah banyak yang mengadopsi konsep seperti ini di era modern seperti sekarang ini.

Jika Anda adalah salah satu yang berminat maka ini kesempatan baik untuk Anda mendesain model taman dalam rumah yang terbaik sesuai dengan konsep hunian Anda.

Apa saja Manfaat Taman untuk Sebuah Rumah?

Ada beragam manfaat dari menambahkan taman dalam rumah, diantaranya yaitu:

Tempat Sunyi untuk Relaksasi

Salah satu manfaat dari keberadaan taman dalam rumah adalah meredam suara bising. Saat ingin beristirahat dengan tenang di akhir pekan, sering kali kita terganggu dengan suara kendaraan di luar.

Nah, beberapa jenis tanaman seperti imodia, bunga soka, dan puring telur dapat ditambahkan pada taman Anda untuk meredam suara berisik tadi.

Cara kerjanya, tanaman peredam kebisingan akan berinteraksi dengan gelombang suara dan mengurangi intensitasnya melalui beberapa cara seperti membelokkan, memantulkan dan menyerap energi gelombang suara.

Dijamin tidak hanya membuat hunian terasa sejuk, tanaman tersebut akan membuat suasana lebih tenang.

Quality Time Area

Taman di rumah dapat dimanfaatkan sebagai area untuk bersantai bersama keluarga. Sambil melihat hijaunya tanaman, lengkapi kebersamaan keluarga dengan secangkir teh hangat dan camilan.

Jika lahan taman cukup luas, sempatkan untuk mengadakan piknik kecil bersama kerabat atau teman-teman.

Selain untuk area quality time, manfaat lainnya adalah sebagai alternatif ruangan bekerja. Saat jenuh bekerja di dalam ruangan dan butuh mencari ide kreatif, pindahkan sejenak tempat kerja Anda ke taman rumah.

Mata dan pikiran pun akan kembali segar saat melihat daun dan bunga yang indah. Ini sudah jadi semacam tujuan wajib dari banyak orang membuat taman rumah minimalis modern.

Area Scretching dan Olahraga

Penyebaran virus yang cepat membuat sebagian orang masih takut untuk berolahraga di luar rumah. Namun dengan adanya taman di rumah, Anda tidak perlu pusing mencari tempat untuk mengeluarkan keringat.

Manfaat yang satu ini dapat menyediakan lahan untuk berjemur di pagi hari dan melakukan aktivitas lainnya seperti yoga atau senam aerobik. Tidak perlu menghabiskan waktu berkendara ke tempat gym, kini olahraga dapat dengan mudah Anda lakukan di taman rumah.

Konsep Taman dalam Rumah (Model Interior)

Nah, untuk Anda yang masih bingung soal ide seperti apa yang akan dipilih, Anda bisa simak rekomendasi model dan konsep taman dalam rumah seperti berikut ini.

1. Dapur dan taman jadi satu

Suasana memasak dan makan bersama keluarga akan lebih segar dengan taman di luar ruangan. Taman dibuat dekat dapur dan seolah menyatu berkat pemakaian pintu kaca yang lebar.

Tambahkan kursi kecil untuk bersantai di tengah kumpulan tanaman hijau segar.

2. Taman Mini dengan rumput sintetis dalam Rumah

Ingin rumah segar tapi tak punya banyak waktu? Cobalah buat taman buatan dengan rumput sintetis.

Tambahkan juga pohon plastik di sisi belakang dan samping. Jangan lupa tambahkan mural langit agar tampak lebih alami.

3. Taman model Labirin

Ingin punya taman yang unik? Coba taman labirin ini. Anda akan terasa seperti di dalam gua atau labirin yang penuh dengan tanaman hijau.

Perhatikan penataan tanamannya supaya tetap indah dipandang mata.

4. Taman Hijau yang Asri

Kalau Anda benar-benar tak punya lahan atau ruang kosong, cobalah memasang lukisan tanaman di dinding rumah.

Ruang tamu atau ruang keluarga yang dilengkapi dengan lukisan ini tampak lebih segar. Tambahkan pencahayaan yang tepat agar tampak lebih hidup.

5. Taman dengan perpustakaan keluarga

Membaca buku sambil menghirup udara segar menjadi surga bagi semua orang. Taruhlah beberapa pohon dan tanaman gantung di dekat perpustakaan untuk mendapatkan nuansa kesegaran di rumah.

Sebaiknya Anda letakkan tanaman di dekat jendela supaya sinar matahari bisa masuk.

6. Taman Alami dengan Kolam

Kalau Anda lebih suka taman klasik dan alami, taman dengan kolam ini cocok untuk Anda. Tapi Anda juga perlu menyiapkan lahan yang luas untuk membuat taman seperti ini.

Sirkulasi air juga sangat penting untuk diperhatikan. Jika tidak dirawat dengan baik, genangan air ini dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

7. Taman Kecil di Dekat Kamar Mandi

Mandi tak hanya jadi aktivitas membersihkan diri. Anda juga bisa relaksasi dan melepas penat saat mandi.

Tambahkan tanaman yang menempel pada dinding untuk suasana kamar mandi yang lebih asri. Anda memakai tanaman asli atau buatan.

8. Taman dengan Deretan Pohon Palem

Ide landscape taman rumah minimalis yang satu ini dapat Anda aplikasikan di rumah kalau ti. Tamanak terlalu suka bunga.

Tanaman palem juga mudah dirawat. Perpaduan warna putih dengan daun hijau palem membuat rumah Anda terasa luas dan nyaman.

9. Taman Kecil di Tengah Ruangan

Bosan dengan taman yang begitu-begitu saja? Cobalah membuat taman di tengah ruangan seperti ini.

Atap terbuat dari kaca untuk membiarkan sinar matahari masuk. Jangan lupa siram tanaman secara rutin supaya tidak layu.

10. Taman dengan tanaman Rambat

Tanaman rambat di area taman dalam rumah bisa jadi ornamen yang membuat interior rumah Anda tampak sangat indah.

Anda bisa menggunakan tanaman asli maupun palu. Tempatkanlah hiasan dinding ini di tempat yang paling sering Anda pakai.

11. Rumah dengan Dinding Rumput

Kalau di rumah Anda benar-benar tidak ada ruang kosong untuk menanam bunga, cobalah menerapkan cara ini.

Pasang rumput sintetis di dinding rumah seperti contoh di atas. Rumah Anda akan tampak segar tanpa harus mengorbankan sedikit pun ruang. Tambahkan aksen bunga atau daun yang lebih besar di sudutnya sebagai variasi.

12. Taman dengan Sinar Matahari Buatan

Ingin membuat taman dalam rumah tapi tidak bisa membuat atap transparan? Tenang, Anda bisa memakai lampu sebagai sinar matahari buatan.

Dengan cara ini, tanaman bisa tetap berfotosintesis. Taman dengan sinar matahari buatan ini dapat diaplikasikan pada lantai bawah atau pada rumah dengan atap beton.

Oke itu dia 12 konsep taman dalam rumah yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat!

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.