Gunakan Tips dan Desain Ini untuk Teras Rumah Cantik dan Estetik

Teras merupakan salah satu bagian penting dari rumah. Wajar saja, jika banyak yang mengidamkan teras rumah cantik sebagai bagian dari nilai tambah sebuah hunian.

Banyak sekali model teras untuk hunian yang bisa dijadikan referensi. Selain tampilan yang sederhana, konsep tersebut juga mudah untuk diaplikasikan.

Untuk mempermudah Anda dalam menentukan pilihan, berikut ini disajikan beberapa inspirasi teras rumah cantik.

Tips Ciptakan Teras Rumah Cantik dengan Mudah

Area teras yang minimalis menjadi tantangan tersendiri untuk teras agar tetap terlihat cantik. Desain pembuatan teras juga perlu direncanakan sama halnya dengan merencanakan desain rumah.

Di bawah ini beberapa tips yang akan mempercantik teras rumah Anda.

Sesuaikan Lahan dengan Konsep Teras

Tips pertama untuk ciptakan teras rumah cantik adalah dengan menyesuaikan dan mengatur lahan.

Seperti yang diketahui, lahan untuk teras merupakan lahan dengan ukuran minimalis, sehingga Anda harus pandai-pandai dalam mengatur lahan tersebut supaya maksimal.

Dari lahan yang tidak terlalu luas, penting sekali untuk menentukan desain teras seperti apa yang diinginkan.

Apabila ingin menambahkan ornament tiang penyangga atau ornament lainnya, pastikan terlebih dahulu dengan ukuran supaya terlihat proporsional.

Sulap Dinding dan Pagar Sekreatif Mungkin

Setelah menentukan desain dengan mempertimbangkan lahan teras, untuk menyulap teras Anda bisa berkreasi melalui pagar atau dinding rumah. Ciptakan hal yang membuat suatu area dimana Anda suka menempatinya.

Bisa dengan menambahkan lukisan, tanaman gantung, atau cermin untuk memberikan kesan luas.

Selain itu, Anda juga dapat menghias pagar namun tetap mempertahankan kebersihan dan fungsinya. Biasanya, pagar dihias dengan tanaman merambat atau tanaman tinggi.

Tambahkan Teras dengan Furniture Khas

Satu hal yang tidak kalah pentingnya lagi yaitu menambahkan furniture sesuai dengan tema yang diambil. Umumnya, teras diberikan furniture kursi dan meja yang berfungsi untuk menerima tamu.

Dengan tujuan tersebut, pemilik perlu menciptakan pengalaman duduk bersantai. Ketika memilih furniture, pastikan bahan dan material mampu bertahan terhadap perubahan cuaca, baik panas maupun hujan agar awet untuk digunakan.

Bukan hanya itu, sesuaikan ukuran furniture dengan ukuran teras, tidak terlalu besar atau kecil sehingga terlihat lebih proporsional.

Beri Sentuhan Hijau pada Teras

teras rumah cantik

Tips selanjutnya yang dapat Anda coba ketika hendak mewujudkan teras rumah cantik yaitu dengan memberikan sentuhan hijau pada teras.

Sentuhan hijau ini seperti menambahkan taman mini di teras Anda. Selain biayanya yang tidak terlalu mahal, sentuhan hijau ini akan memberikan kesan asri dan segar.

Ketika Anda pulang kerja maka akan disambut oleh teras yang memberikan ketenangan dan keindahan.

Caranya yaitu dengan menambahkan tanaman-tanaman hijau atau bunga dalam pot. Bisa juga dengan memberikan ornament kerikil atau batu hingga rumput sintetis.

Atur Pencahayaan dengan Sebaik Mungkin

Tips terakhir untuk menciptakan teras rumah cantik versi Anda yaitu dengan mengatur pencahayaan.

Teras memang bukan bagian utama rumah, namun sebagai penunjang perlu juga memberikan penerangan seperti pada ruangan lain untuk malam hari. Anda dapat menggunakan lampu khusus taman untuk penerangannya.

Selain sebagai sumber pencahayaan, lampu juga akan menambah kesan estetik untuk sebuah teras.

Seperti penggunaan lampu warna kuning yang akan membuat suasana menjadi lebih hangat. Bisa juga dengan menggunakan lampu sorot apabila ingin menonjolkan bagian tertentu dari teras.

Rekomendasi Desain Teras Rumah Cantik dan Indah

Menentukan desain untuk teras rumah memang sedikit gampang juga sulit. Anda harus memilih konsep mana yang sesuai dengan desain rumah serta anggaran biaya yang ada.

Dengan begitu, teras rumah akan menjadi tempat nyaman bagi pemilik maupun tamu yang datang. Dibawah ini beberapa desain teras rumah untuk referensi Anda.

1. Desain Teras Rumah dengan Konsep Kebun

Desain teras rumah cantik yang pertama yaitu dengan mengusung konsep kebun. Tema ini pas jika digunakan untuk rumah dengan lahan yang minimalis. Anda hanya perlu menambahkan pot tanaman hias di teras.

Untuk pot sendiri, bisa menggunakan pot dari bahan gerabah untuk tampilan lebih alami dan cantik. Disamping itu, letakkan kursi dan meja tamu, bisa dari bahan rotan dengan hiasan bantal motif supaya lebih berwarna.

2. Desain Teras Rumah dengan Konsep Natural

Konsep selanjutnya yang cocok sebagai desain teras rumah yaitu konsep natural. Konsep satu ini cenderung membuat rumah nampak hangat dan nyaman.

Anda dapat memasang latai parket serta memanfaatkan furniture dari bahan kayu dan rotan untuk kesan naturalnya.

Agar lebih variatif, pasang wallpaper 3D berwarna putih pada bagian dinding teras. Konsep ini bisa dibilang ramah lingkungan juga ramah dikantong. Apalagi dengan lahan yang minimalis, tentu akan sangat tepat jika menggunakan konsep ini.

Baca juga: Rekomendasi Warna Cat Teras Rumah Klasik, Dijamin Cantik

3. Desain Teras Rumah dengan Konsep Boho

teras rumah cantik

Desain teras rumah cantik dapat Anda ciptakan melalui konsep boho. Konsep ini akan sangat cocok jika dikombinasikan dengan konsep natural. Dengan konsep boho, tampilan teras Anda akan tampak lebih estetik dan bervariasi.

Konsep ini memiliki ciri khas seperti menggunakan furniture dari bahan kayu, rotan, dan bahan alami lainnya. Selain itu, ditambahkan dengan tanaman-tanaman hijau dalam pot rotan.

Jangan lupa untuk menambahkan pajangan makrame dengan menggantungnya di area sudut teras rumah minimalis Anda.

4. Desain Teras Rumah dengan Warna Pastel

Selain konsep-konsep di atas, konsep dengan warna pastel juga memiliki banyak peminat. Hal ini dikarenakan konsep warna pastel terlihat lebih feminism dan kalem.

Untuk menciptakannya, Anda hanya perlu mengkombinasikan warna putih dengan merah dinding sebagai warna cat dinding. Sebagai pelengkap, tambahkan furniture berupa meja dan kursi berbahan rotan atau kayu.

Konsep warna pastel akan lebih cantik jika diberikan pajangan makrame warna merah muda serta letakkan pot yang berukuran sedang dengan pot berbahan rotan.

5. Desain Teras Rumah dengan Konsep Eropa

Jika Anda bosan dengan konsep yang itu-itu saja, bisa beralih pada konsep ala-ala eropa. Konsep ini sangat cocok digunakan untuk rumah yang tidak membutuhkan banyak lahan.

Disini hanya perlu bermain dengan warna cat dinding. Anda hanya perlu memakai warna-warna pastel kemudian menambahkan lampu khas eropa yang menggantung disisi kanan dan kiri pintu.

Lalu tambahkan rangkaian bunga yang ditempel dipintu depan. Agar unsur Eropa lebih melekat, letakkan bel pintu bentuk lonceng dibawah rangkaian bunga.

6. Desain Teras Rumah dengan Hiasan Batu Alam

Konsep batu alam memiliki banyak peminat, umumnya digunakan sebagai tempat usaha seperti coffe shop atau tempat lainnya. Jika Anda menginginkan sesuatu yang sederhana tapi tetap terlihat unik, bisa dengan menggunakan bebatuan alam.

Batuan alam jenis andesit cocok sebagai lenatai dasar teras, kemudian bagian pinggir diberikan batu gravel atau pebble. Tambahan furniture, menggunakan meja dan kursi dari bahan kayu dengan rangka besi hitam. Juga berikan tanaman hijau pada area sudut agar tampilan lebih segar.

Itulah tips dan beberapa konsep teras rumah cantik yang dapat dijadikan inspirasi. Anda hanya perlu mengadaptasinya dan merombak beberapa hal sesuai dengan keinginan.

Mungkin itu saja trik cerdas agar teras rumah cantik bisa terwujud. Jadi, mana konsep desain teras favorit Anda?

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website