Rekomendasi Warna Cat Teras Rumah Klasik, Dijamin Cantik

Teras merupakan salah satu bagian penting dari sebuah rumah khususnya yang bergaya klasik. Bahkan untuk warna cat teras rumah klasik seperti apa yang bagus dan estetik, ada yang harus berkonsultasi dengan ahli desain.

Saking pentinya untuk dipikirkan, teras mampu menggambarkan wajah dari sebuah rumah itu sendiri. Sebab bagi sebagian besar orang, kesan pertama saat memandang adalah segalanya.

Oleh karena itu, teras harus didesain semenarik mungkin mulai dari pemilihan warnanya hingga dekorasinya. Termasuk untuk hunian klasik, memilih warna cat teras rumah klasik dengan pertimbangan terbaik maka hasilnya juga akan terlihat baik.

Konsep klasik ini memang masih banyak diminati, pasalnya selain memiliki jiwa keestetikaan juga terlihat lebih kalem dan menenangkan.

Selain itu, klasik juga memberikan kesan elegan, keren serta indah sangat pas untuk konsep rumah Anda. Berikut ini rekomendasi warna cat teras rumah klasik Anda.

Opsi Warna Cat Teras Rumah Klasik

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa nuansa klasik masih banyak digandrungi sebagai eksterior hunian. Sebab, aplikasinya membuat rumah tidak terlihat kuno alias tua.

Gaya klasik bisa dibilang sesuatu yang berkelas dan terlihat elegan. Seperti pada beberapa pilihan warna cat teras rumah klasik di bawah ini.

1. Warna Abu-Abu Muda

Ingin tetap menonjolkan sisi klasik namun tidak mau terlalu ribet, Anda bisa menggunakan warna abu-abu diseluruh bagian dinding. Supaya tetap terlihat klasik, gunakan lantai tegel berwarna hitam pada bagian teras Anda.

Umumnya teras dilengkapi dengan kursi dan meja, pilih perabot yang terbuat dari bahan kayu atau sofa dari rangka kayu dengan bantalan besar. Untuk menambah keindahan teras, letakkan rak gantung berwarna putih di dinding teras yang dapat difungsikan untuk menyimpan tanaman hias.

2. Warna Off White

Pilihan warna cat teras rumah klasik yang kedua yakni warna putih. Warna putih umumnya banyak digunakan sebab warnanya yang netral dimana terlihat klasik dan paling aman ketika digunakan pada area rumah manapun.

Namun, jika Anda takut warna cat menjadi kotor, bisa mensiasatinya dengan warna off white. Warna off white yaitu menggunakan warna putih secara keseluruhan dan digradasi dengan warna abu-abu.

Off white tergolong warna cat teras rumah klasik yang cocok untuk Anda coba. Sebab warna ini akan memberikan kesan sederhana serta akan membuat teras Anda tidak terlihat mencolok.

3. Kombinasi Warna Abu-abu

Warna abu-abu memang sangat identik dengan nuansa klasik, seperti rekomendasi warna untuk teras rumah klasik Anda. penggunaan perpaduan warna abu-abu dengan warna lainnya menjadi opsi yang tepat.

Teknik kombinasi warna cat teras rumah minimalis klasik model ini dapat Anda lakukan dengan membagi dinding menjadi dua bagian. Lalu terapkan cat abu-abu muda pada area atas.

Untuk bagian tengah, aplikasikan cat abu-abu dengan gradasi warna yang diatas lebih tua dari warna sebelumnya.

Setengah bagian bawah dinding bisa didesain dengan tegel bermotif batu alam tapi tetap ada unsur warna abu-abu.

4. Warna Merah Bata

Untuk menampilkan warna cat teras rumah klasik, Anda bisa menggunakan warna merah bata. Merah bata memiliki kesan kuat yang tidak terlalu menonjol ataupun terlalu kalem.

Anda dapat mencampurkan warna merah bata dengan warna lain, putih misalnya.Teknik pengecatannya sendiri yaitu dengan memblok seluruh tembok dengan warna merah bata.

Kemudian, gunakan cat putih untuk membentuk ukiran menyerupai bentuk batu-bata pada dinding. Selain teras rumah terkesan klasik, teknik pengecatan tersebut juga membuat teras lebih unik. Warna merah bata juga cocok digunakan untuk rumah modern.

5. Warna Coklat Tua

Warna cat teras rumah klasik bisa Anda wujudkan dengan memberikan cat dengan warna coklat tua pada dindingnya. Jenis warna ini termasuk simple dan tidak terlalu mencolok. Warna coklat tua merupakan warna alam dan menciptakan ketenangan ketika dipandang.

Untuk memadukannya yaitu dengan membuat pilar pada teras terbuat dari bahan kayu, serta kusen pintu dan jendela biarkan menggunakan warna kayu yang natural.

Jika Anda ingin warna lain, bisa dengan mengkombinasikannya dengan warna yang lebih lembut. teras rumah yang dicat dengan warna ini tetap tampak elegan dan bisa juga menambahkan hiasan seperti bunga.

6. Warna Monokromatik

Jika Anda ingin warna cat teras rumah klasik yang sedikit berbeda bisa menerapkan warna monokromatik. Warna monokromatik adalah kombinasi warna yang pas untuk Anda pecinta warna netral.

Selain menggambarka sesuatu yang netral dan kalem, monokromatik juga memberikan kesan maskulin. Cat berwarna putih untuk kombinasi warna monokromatik alangkah baiknya tidak terlalu terang.

Bisa menggunakan warna off white agar kombinasi warna cat hitam tidak beda terlalu jauh. Dengan warna ini teras rumah Anda akan terkesan lebih kalem tetap klasik. Agar lebih bervariasi, Anda dapat mengaplikasikan warna monokromatik dengan furniture yang senada.

7. Warna Abu-abu Gelap

Rumah klasik umumnya menggunakan warna yang mengarah ke netral seperti penggunaan warna abu-abu. Warna abu-abu gelap merupakan warna yang domina kearah hitam, namun berbeda dari segi kepekatannya.

Warna abu-abu gelap bisa menjadi pilihan efektif dalam menciptakan suasana klasik pada bagian teras rumah.

Disamping itu, warna abu-abu gelap juga menambah kesan elegan pada eksterior rumah. Akan lebih lengkap jika Anda memadukannya dengan lantai warna senada.

Baca juga: 10+ Model Teras Rumah Panjang Paling Estetis

8. Warna Tropica Grey

Masih dengan warna abu-abu, namun untuk kali ini sedikit berbeda. Anda bisa mencoba warna tropica grey untuk konsep rumah klasik Anda. ketika Anda menerapkan warna ini, hasil akhirnya akan terlihat seperti warna biru diselimuti nuansa keabu-abuan.

Agar kesan klasik tetap menonjol, gunakan perabot dan elemen rumah yang didominasi warna hitam.

Bisa juga dengan menambahkan tanaman dengan pot dari bahan gerabah dan sejenisnya. Selain itu, padukan dengan pintu kayu supaya eksterior rumah nampak semakin bagus.

9. Warna Coklat Kayu

Tidak hanya warna coklat muda, Anda dapat menerapkan warna coklat kayu untuk memberikan kesan klasik terhadap teras rumah. Perpaduan antara warna coklat kayu dengan jendela berwarna putih menjadi pilihan yang tepat.

Dari kedua warna ini selain menambah aroma klasik sekaligus memberikan nuasnsa hangat pada fasad rumah.

 Ditambah lagi apabila Anda mengkombinasikan dengan lantai kayu pada area teras rumah. Bisa juga dengan menambahkan aksen alami berupa tanaman-tanaman di area teras.

10. Warna Krem Muda

Pilihan cat warna rumah klasik yang terakhir adalah warna krem muda. Warna krem muda memanh sekilas nampak seperti warna putih jika dilihat dari jarak yang jauh.

Dengan alasan tersebut, Anda dapat menerapkan warna krem muda untuk membenruk nuansa klasik pada teras rumah.  Agar tidak terkesan datar, bisa juga menambahkan beberapa perabot berwarna putih atau warna coklat untuk tampilan lebih elegan.

Warna terang seperti ini akan lebih bagus jika diberi penerangan berupa lampu, bisa lampu dinding maupun lampu sorot.

Itulah 10 rekomendasi warna cat teras rumah klasik yang umum diterapkan. Selain dari warna cat, konsep rumah klasik juga sangat didukung oleh furniture atau perabot yang digunakan.

Untuk menambah kesan klasik berikan sentuhan lukisan atau pajangan yang memiliki nilai estetika tinggi. Atau bisa juga dengan meletakkan beberapa tanaman hias disudut-sudut area teras.

Satu hal yang paling penting tidak lupa untuk menyesuaikan anggaran Anda. Jadi, apakah Anda sudah menentukan warna mana yang akan dipilih?

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018.