Ukuran Dapur Minimalis yang Ideal

Dapur merupakan area paling penting dalam sebuah rumah. Biasanya ukuran dapur lebih kecil dan minimalis jika dibandingkan dengan ukuran ruangan lain didalam rumah, seperti kamar tidur dan ruangan keluarga.

saat ini banyak dapur dengan ukuran kecil dan mengusung konsep dapur kecil minimalis. Ukuran dapur minimalis juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan ukuran mana yang paling pas dan sesuai dengan pemilik rumah.

Secara umum, ukuran dapur biasanya mengikuti berapa luas sisa ruangan yang tersisa dalam membangun rumah. Di Indonesia masih belum ada ukuran yang pasti untuk mengatur ukuran untuk dapur minimalis.

Namun, pastinya jika mempunyai ukuran yang pas untuk menciptakan dapur minimalis tentu akan lebih nyaman, karena nantinya ukurannya juga tidak terlalu besar atau bahkan terlalu kecil.

Berbagai Ukuran Dapur Minimalis yang Cocok Untuk Hunian Modern

Ukuran Dapur Minimalis
Ukuran Dapur Minimalis

Lalu, berapa ukuran ideal untuk membuat dapur minimalis? Berikut pembahasan tentang ukuran dapur minimalis yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang.

Dapur Minimalis Ukuran 2×1 Tanpa Kabinet Besar

Inspirasi pertama yang dapat anda gunakan adalah dapur minimalis dengan ukuran 2×1. Kabinet kayu dengan kombinasi warna putih pada kabinet bawah dapat membuat tampilan dapur menjadi lebih manis dan hangat.

Jika dilihat memang tampilan dapur yang satu ini cukup sederhana namun terkesan mewah dan elegan.

Jika kita lihat pada dapur ukuran besar umumnya ruangan kosong dibagian tengahnya diisi dengan kitchen island. Namun pada dapur berukuran kecil biasanya dibiarkan kosong agar terlihat lebih luas.

Hanya saja, anda masih dapat menempatkan meja makan minimalis pada area tersebut. Dengan catatan jika area dapur masih leluasa tanpa penggunaan sekat. Sedangkan untuk keperluan memasak, anda bisa menempatkan kompor tanam sink.

Ukuran dapur minimalis ini hanya dapat menempatkan satu cabinet kecil yang ditempel pada dinding. Menempatkan cabinet penuh pada dinding hanya akan membuat dapur menjadi sesak.

Dapur Minimalis Ukuran 2×1 Tanpa Kabinet Dinding

Dapur kecil akan menjadi sesak jika anda menempatkan furniture secara berlebihan. Solusi yang dapat anda tempuh agar dapur tampil lebih minimalis adalah dengan cara tidak menempatkan kabinet dinding pada dapur.

Dapur akan lebih nyaman jika menggunakan kebinet bawah yang disesuaikan dengan ukuran meja dapur anda.

Cabinet bawah yang besar juga memungkinkan masuknya gas elpiji berukuran 12 kilogram, hasilnya area dapur akan terasa lebih simpel dan minimalis.

Jika dirasa dapur cukup gelap, anda dapat menambahkan pencahayaan alami lewat jendela, maka dapur anda akan menjadi lebih minimalis dan tentunya membuat suasana dapur menjadi aestetik.

Dapur Minimalis Ukuran 1×1

Selanjutnya ukuran dapur minimalis 1×1. Bisa dibilang dapur berukuran 1×1 sangat kecil karena tidak seperti ukuran dapur pada umumnya.

Jika anda ingin punya ruang lebih ketika memakai dapur berukuran 1×1, beberapa langkah perlu anda terapkan, salah satunya dengan memakai perabotan dapur yang multifungsi.

Disisi lain, anda juga dapat menggabungkan ruang makan dengan ruang dapur jika luas lahan yang anda punya memang terbatas. Cara ini bisa dibilang cukup efektif untuk memangkas ruangannya.

Dapur Minimalis Ukuran 2×2

Ukuran dapur minimalis dengan luas 2×2 yang bersanding dengan beberapa ukuran terbaik untuk para penghuni rumah. Ukuran ini dapat anda pertimbangkan karena termasuk ukuran yang cukup mumpuni untuk diterapkan.

Ukuran dapur 2×2 juga masih dapat menunjang jika anda tertarik untuk memakai kitchen set dapur, tentu saja lebih terlihat rapi daripada anda hanya menggunakan meja dapur model biasa.

Dapur Minimalis Ukuran 2×3 Nuansa Putih

Anda dapat meniru ukuran dapur minimalis 2×3 dengan nuansa putih. Jenis dapur ini bisa dibilang mempunyai tampilan yang simpel dan sederhana.

Implementasi warna putih pada ruangan yang dominan pada ruangan membuatnya lebih terasa luas meskipun ruangannya bisa dibilang kecil dan hanya cukup untuk satu orang agar mobilisasi lebih leluasa.

Agar ruangan tidak monoton lantaran semua sisinya hanya menampilkan warna putih, maka anda bisa menambahkan vas bunga berukuran kecil disetiap sisinya sebagai hiasan.

Adanya vas bunga ini membuat desain dapur minimalis ukuran 2×3 dirumah akan terlihat lebih cantik.

Dapur Minimalis Ukuran 2×4 dengan Area Makan

Mempunyai dapur minimalis yang luasnya terbatas bukan berarti anda tidak bisa menggabungkannya dengan area makan.

Dapur kecil minimalis 2×4 masih dapat menampung meja makan berukuran kecil dengan beberapa kursi.

Membuat dapur menjadi area yang nyaman untuk memasak maupun menyantap hidangan memang impian banyak orang.

Agar lebih terlihat cantik dan nyaman sebagai tempat makan, anda dapat menambahkan beberapa dekorasi seperti tanaman hias, vas bunga, maupun hiasan dinding lainnya.

Dapur Minimalis Ukuran 3×4 Bentuk L

Ukuran dapur yang terbatas tidak seharusnya menjadi halangan bagi anda untuk berkreasi. Desain dapur minimalis 3×4 bisa anda bentuk menyerupai huruf L untuk menciptakan kesan yang lapang dan lebih luas.

Dengan posisi kompor yang dekat dengan lemari pendingin serta wastafel, maka proses memasak akan menjadi lebih mudah dan praktis.

Hadirnya kabinet dibagian atas memungkinkan dapur anda lebih bersih, dan tentunya lebih rapi.

Dapur Minimalis Ukuran 4×4 Model Skylight

Dapur minimalis jenis ini akan terasa hangat berkat adanya kaca skylight yang dipasang pada ruangan.

Lampu dipasang pada posisi area dekat dengan area untuk memasak, sehingga anda bisa melihat dengan jelas setiap bahan makanan dan bumbu yang sedang diolah.

Tidak hanya parabotan saja yang dapat disimpan pada dapur ini, sehingga kesannya lebih clean. Jika terasa terlalu monoton, anda bisa menambahkan tanaman hias sebagai pemanisnya.

Dapur Minimalis 2×1 Konsep Artsy

Konsep dapur minimalis 2×1 dengan konsep artsy dapat anda terapkan pada dapur dengan sentuhan keramik yang artistik.

Terlebih lagi jika letak dapur dengan model semi outdoor berdampingan langsung dengan taman dibelakangnya.

Tambahkan juga jendela besar yang berfungsi untuk penerangan agar tampak lebih alami.

Hal ini merupakan solusi terbaik untuk ukuran dapur minimalis anda, terlebih jika anda memilih untuk tidak menggunakan kitchen set.

Dapur Minimalis Kecil dengan Tambahan Dekorasi

Jika sebelumnya desain dapur minimalis ukuran kecil tanpa adanya dekorasi, maka model kali ini justru sebaliknya.

Dekorasi penuh dengan gambar tampak memenuhi dinding dapur. Ini tentu sangat pas terutama bagi anda yang ingin tampil lebih aestetik, hanya saja kesan dapur menjadi lebih padat.

Namun, hal itu bisa diatasi dengan menempatkan perabotan pada meja dapur. Adanya dekorasi dengan ambalan dinding, maka anda tidak perlu menempatkan lagi kabinet pada bagian dinding lain.

Perlu diingat bahwa kebersihan kabinet bawah yang lembap sehingga butuh perawatan jika anda menempatkan peralatan memasak disana.

Dapur Minimalis Ukuran 2×1 dengan Ambalan Dinding

Kata siapa ukuran dapur minimalis ukuran 2×1 tidak bisa tampil cantik dan terkesan mewah?

Meskipun berukuran kecil, anda masih dapat membuatnya tampil minimalis dengan menempatkan ambalan dinding sebagai dekorasi.

itulah pembahasan tentang ukuran dapur minimalis yang dapat anda tiru model dan bentuknya. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran dan penataan perabotan dapur, sehingga tidak akan membuat dapur menjadi sempit.

Editted by UN

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan kolam renang, jasa desain kolam renang, jasa renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar

Biaya bangun Rumah Ukuran 8x12
Perkiraan Biaya Bangun Rumah Ukuran 8×12
Membangun Rumah dengan Biaya 20 Juta
Begini Bangun Rumah dengan Biaya 20 Juta
Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 4x6
Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 4×6
biaya bangun rumah 2 lantai 5x7
Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 5×7
Desain Rumah 6x9 2 Kamar Tidur
Inspirasi Desain Rumah 6×9 2 Kamar Tidur
Desain Rumah Jepang Minimalis 2 Lantai
Desain Rumah Jepang Minimalis 2 Lantai, Eye Catching
Desain Rumah di Tanah Berundak
Inspirasi dan Tips Desain Rumah di Tanah Berundak
Desain Rumah 100 Meter 2 Lantai
Desain Rumah 100 Meter 2 Lantai, Mewah, Berkelas
desain interior minimalis
Desain Interior Minimalis di Setiap Ruangan
interior rumah type 36 2 kamar
Desain Interior Rumah Type 36 2 Kamar, Mewah dan Elegan
Desain Interior Rumah Type 36 2 Kamar
Kumpulan Desain Interior Rumah Type 36 2 Kamar
Interior Rumah Segitiga
Tips Memilih Interior Rumah Segitiga dan 6 Idenya
Cat Jotun untuk Ruang Tamu
Top 3 Warna Cat Jotun untuk Ruang Tamu
Cat Ruang Tamu yang Bagus
Inspirasi Cat Ruang Tamu yang Bagus
Desain Ruang Tamu Ukuran 2x1
Insight Desain Ruang Tamu Ukuran 2×1
Plafon PVC Ruang Tamu Minimalis
5 Plafon PVC Ruang Tamu Minimalis Terbaik
Lemari Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Lemari Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Warna Cat Ruang Keluarga yang Sejuk
Warna Cat Ruang Keluarga yang Sejuk
Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Desain Ruang Keluarga Minimalis Elegan
Desain Ruang Keluarga Minimalis Elegan
Wastafel Kamar Mandi Kecil
Wastafel Kamar Mandi Kecil: Solusi Ruang Terbatas
Desain Kamar Mandi Minimalis 2x3
12 Ide Desain Kamar Mandi Minimalis 2×3
Keramik Kamar Mandi Motif Batu
10 Inspirasi Keramik Kamar Mandi Motif Batu
ukuran kamar mandi ideal
Ukuran Kamar Mandi Ideal untuk Rumah Hunian