15 Desain Kamar Tidur Tingkat yang Estetik dan Cantik

Lahan yang semakin terbatas memaksa Anda untuk cerdik menata sebuah ruangan agar dapat berfungsi sesuai dengan lahan yang ada. Hal ini juga berlaku pada ruangan privat yaitu kamar tidur. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kini banyak orang yang menciptakan desain kamar tidur tingkat yang menarik dan estetik. 

Selain hemat tempat, kamar tidur bertingkat juga dijamin tampil unik dan estetis. Anda juga bisa membuat kamar bertingkat sesuai dengan ide yang Anda impikan. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas jenis-jenis desain kamar tidur tingkat yang bisa dijadikan inspirasi.

15 Desain Kamar Tidur Tingkat yang Estetik

  1. Desain Kamar Tingkat Minimalis

Desain kamar tidur tingkat yang pertama adalah desain minimalis. Kamar tidur bertingkat bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki ruangan terbatas. Selain dapat memaksimalkan ruang pada rumah Anda, kamar tidur bertingkat ini juga dapat membuat ruangan menjadi lebih estetik. 

Sama halnya ketika mencari sebuah hunian, walaupun Anda memiliki budget yang hanya cukup untuk membeli hunian dengan lahan terbatas, Anda selalu bisa mengakalinya agar tidak terasa sesak atau sempit. 

  • Desain Kamar Tingkat Dewasa Ukuran 3×3

Meskipun menggunakan lahan terbatas, kamar bertingkat juga bisa dibuat berukuran 3×3 meter di mana Anda akan mendapatkan tempat tidur yang cukup luas. Anda juga bisa memanfaatkan ruang di bawah tempat tidur untuk membuat ruangan lain. 

  • Desain Kamar Tingkat Dewasa Multifungsi

Tempat tidur bertingkat ini dapat menampung dua orang. Ya, sangat cocok untuk pasangan milenial. Di bagian bawah tempat tidur terdapat ruang tambahan yang dapat digunakan sebagai ruang kerja sekaligus tempat penyimpanan berbagai barang. 

  • Desain Kamar Tingkat ala Korea

Buat Anda para K-Popers pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep kamar bertingkat seperti yang satu ini. Ya, konsep kamar tidur ala Korea memang banyak digemari oleh kaum milenial. Anda juga bisa meniru kamar bertingkat ala Korea lho!

Aplikasikan warna-warna lembut seperti krem, putih gading untuk dekorasi interior khas Korea. Kesan estetis akan sangat terasa pada ruangan bergaya Korea ini. Dipastikan Anda akan merasa nyaman dan betah berlama –lama di kamar sembari menonton drama Korea!

  • Desain Kamar Tingkat Dewasa Industrial

Konsep kamar industrial identik dengan dekorasi batu bata, kayu, dan besi, tanpa banyak sekat. Anda bisa memanfaatkan mezzanine untuk membuat ruangan tingkat industrial seperti desain tipe ini. Desainnya yang sederhana akan memberikan ruangan Anda tampilan yang estetik dan elegan.

  • Tempat Tidur Tingkat Gaya Japandi

Gaya Japandi telah diterapkan pada banyak proyek perumahan di Indonesia. Singkatnya, gaya ini memakai elemen kayu dan diterapkan pada ruangan atau furnitur. Salah satunya adalah di kamar tidur bertingkat.

Gunakanlah jenis yang cukup kuat agar bisa bertahan cukup lama. Anda juga bisa menjadikan tempat tidur ini multifungsi dengan mengubah bagian depan tempat tidur menjadi rak buku. 

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Rumah Tingkat Separuh Belakang dan Manfaatnya

  • Tempat Tidur Tingkat 3in1

Kamar tidur bertingkat 3 ini cocok digunakan untuk keluarga dengan banyak anak namun luas kamarnya tidak terlalu besar. Karena tinggi, Anda juga harus harus berhati-hati terhadap kasur yang paling atas karena tubuh anak dapat menyentuh langit-langit. Caranya adalah jangan membuat kasur terlalu tinggi dan sediakan ruang yang cukup. Pasanglah kasur yang empuk dan berwarna cerah agar ruangan tidak terasa sempit. 

  • Kamar Tidur Tingkat Konsep Langit

Desain kamar tidur minimalis tingkat ini diperuntukkan bagi anak laki-laki. Desain yang satu ini menggunakan warna cat yang sedikit lebih gelap sehingga terkesan seperti malam hari. Kemudian, wallpaper yang digunakan adalah rasi bintang. Tepat di atas tempat tidur, digantung sebuah pesawat besar untuk menghidupkan konsep langit ini.

Pada tempat tidur tingkat, warna yang digunakan sama dengan warna dinding kamar. Kerangka dicat dengan warna gelap, kemudian kasur, bantal dan seprei bisa dipilih dengan warna lebih terang. 

  • Desain Kamar Tingkat Dewasa Tropis

Desain kamar tidur tingkat selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu berkonsep tropis. Ide kamar berkonsep tropis ini cocok bagi Anda yang menginginkan suasana natural dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik.

Dengan konsep tropis, suasana menenangkan akan Anda dapatkan melalui beragam tanaman hias dan tanaman merambat. Cahaya yang masuk juga dapat dimaksimalkan agar sirkulasi udara dalam ruangan menjadi jauh lebih sehat. 

  1. Desain Kamar Tingkat Dewasa Cozy

Kamar bertingkat dengan tampilan yang cozy akan sangat nyaman dan membuat Anda betah berlama-lama berada di dalam kamar. Material kayu yang digunakan untuk tempat tidur tingkat akan menambah kesan nyaman dan estetik. Anda juga bisa menambahkan lampu tumblr sebagai hiasan untuk menambah kesan cozy.

  1.  Desain Kamar Tingkat Dewasa dengan Lemari

Jika Anda menginginkan desain minimalis untuk kamar tidur dewasa, tempat tidur tingkat dengan lemari ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempat tidur bertingkat jenis ini banyak digunakan karena cocok untuk kamar dengan luas yang tidak terlalu besar.

Biasanya, desain ruangan tingkat ini terbuat dari bahan kayu dan dilengkapi dengan besi untuk tangganya. Jika Anda tertarik, Anda bisa membuat kamar tidur di atas lemari ini dengan custom untuk memberikan nilai sentimental pada tempat tidur tersebut.

  1. Tempat Tidur Tingkat dengan Pemandangan

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada bangun pagi sambil menikmati pemandangan alam di luar kamar. Tenang saja, desain kamar tidur dewasa ini akan mewujudkan impian tersebut lho!

Untuk menerapkannya, elemen terpenting adalah pintu geser dengan jendela besar. Dengan kondisi seperti ini, Anda tidak akan terganggu oleh penghalang saat menikmati panorama alam yang megah. 

  1. Desain Kamar Tingkat Dewasa Feminin

Bagi Anda yang ingin menonjolkan kesan feminim pada tampilan kamar, bisa juga menerapkan desain kamar tingkat feminin seperti yang satu ini. Untuk menambahkan sentuhan ekstra feminin, tambahkan furnitur dan dekorasi dengan warna-warna menenangkan seperti kombinasi pink, pastel, dan putih. Dijamin bikin Anda betah dan nyaman berlama-lama di kamar!

  1. Tempat Tidur Tingkat dengan Sofa

Biasanya, penerapan desain kamar tidur dewasa dengan mezzanine memerlukan biaya yang cukup mahal. Selain itu, pembangunan mezzanine untuk kamar tidur perlu direncanakan secara matang dan maksimal.

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih kamar dengan tempat tidur susun dan sofa. Desain tempat tidur ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas menyenangkan bersama teman dan anggota keluarga. Misalnya saja Anda bisa bersantai, berbincang-bincang, bermain video game bersama, dan masih banyak aktivitas menyenangkan lainnya. 

  1. Desain Kamar Tingkat Dewasa di Apartemen Studio

Untuk hunian di apartemen bergaya studio, kamar bertingkat sangat cocok diaplikasikan. Keterbatasan lahan dapat digunakan untuk berbagai ruangan dan kebutuhan yang berbeda. Setiap sisi ruangan bisa diubah menjadi ruang penyimpanan seperti rak vertikal di dinding. 

Itulah 15 inspirasi desain kamar tidur tingkat yang bisa dijadikan referensi. Anda juga bisa memilih desain yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda ya. Selamat mencoba!

Leave a Comment