Skip to content

Cara Menentukan Ukuran Garasi 2 Mobil yang Benar

Mau membuat garasi untuk dua mobil? Dalam menentukan ukuran garasi 2 mobil ini, nantinya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan ya. Tidak lain adalah soal keamanan dan kenyamanan.

Keamanan berarti saat garasi digunakan untuk parkir, mobil benar-benar aman dari benturan. Entah dengan tembok atau pintu mobil yang satunya.

Jadi, kalau mau buat garasi untuk dua mobil, wajib mempertimbangkan ukuran.

Kenapa ukuran penting?

Tidak lain yaitu soal kapasitas muat garasi yang mana jika dua mobil yang masuk maka setidaknya harus dua kali lipat ukuran dari garasi biasa untuk satu mobil.

Nah, bagaimana menentukan ukuran garasi 2 mobil yang jadi satu area garaasi?

Secara garis besar, ada dua ketentuan yang bisa dijadikan pathokan (baca acuan) dalam menentukan ukuran garasi 2 mobil, yaitu:

  • Ukuran masing-masing mobil
  • Luas area sisa untuk membuka pintu mobil, dll.

Dari dua poin ini kita akan menjadikan keduanya sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan ukuran garasi 2 mobil di rumah Anda.

Fungsi Penting Garasi Mobil di Rumah Anda

ukuran garasi 2 mobil

Tidak sedikit orang yang kesulitan membedakan antara garasi dan carport. Padahal secara umum keduanya hampir sama.

Yaitu sama-sama untuk menyimpan kendaraan agar terhindar dari segala potensi buruk dar luar yang kemungkinan mengenai mobil.

Berikut ini berapa fungsi garasi mobil kenapa Anda layak mempertimbangakn untuk memilikinya.

1. Mobil aman dari kerusakan

Kendaraan berupa mobil memang umum dimiliki masyarakat modern saat ini. Bahkan mobil sudah sering digunakan sehari-hari.

Oleh karenanya lah, ada baiknya Anda memiliki tempat tersendiri di salah satu sisi rumah Anda, untuk jadi garasi mobil sehingga kendaraan roda empat itu, tetap dapat terawat dengan baik.

Sebaliknya, kedaraan yang tidak disimpan di dalam rumah akan lebih rawan rusak karena tidak ada perlindungan.

2. Mobil lebih aman dari kejahatan

Dengan menyimpan kendaraan dalam garasi, tentu itu adalah bagian dari ikhtiar untuk menjaga mobil tersebut dari resiko hilang karena pencurian.

Bayangkan jika mobil Anda diparkir di depan/samping rumah tanpa dikasih pelindung atau ruang khusus. Penjahat pasti akan dengan mudah melancarkan aksinya.

3. Bisa jadi gudang sekalian

Meskipun fungsi garasi cukup jelas untuk mengandangkan kendaraan, nyatanya tempat ini bisa dipakai sekaligus untuk gudang dan area penimpanan barang-barang tertentu.

Artinya, garasi punya manfaat lebih dari sekedar ruang simpan untuk mobil/kendaraan lainnya.

Baiklah, setelah tahu berbagai fungsi dari garasi itu sendiri, selanjutnya kita bahas soal inti dari bahasan kali ini, yaitu ukuran garasi 2 mobil.

Ukuran Garasi yang Benar dan Ideal Secara Umum

Kita tahu bahwa mobil-mobil yang dibuat oleh berbagai vendor tentu saja dimensinya berbeda-beda. Untuk itu, penempatan garasi juga harus menyesuaikan.

Untuk menentukan ukuran garasi 2 mobil dan tunggal yang baik dan ideal, umumnya bisa dibagi kedalam tiga klasifikasi ukuran mobil yang berbeda.

Untuk mobil berukuran kecil seperti jnis MPV kompak, hatcback, membutuhkan setidaknya garasi dengan ukuran panjang 4,3 hingga 4,9 meter.

Sementara lebarnya bisa mencapai 1,5 hingga 1,8 meter dengan tinggi antara 1,2 – 1,5 meter.

Sementara itu, untuk mobil ukuran sedang seperti jenis SUV Medium dan sedan, membutuhkan garasi minimal 4,8 hingga 5,5 meter untuk panjangnya dan sekitar 1,7 hingga 1,9 meter untuk lebarnya. Tingginya cukup 1,4 hingga 1,8 meter.

Di lain sisi, jika Anda punya mobil berukuran besar seperti SUV dan pick up, minimal perlu menyediakan garasi dengan panjang 4,9 hingga 6 meter. Untuk lebarnya 1,8 hingga 2,2 meter dan tingginya 1,5 hingga 1,8 meter.

Cara Menentukan Ukuran Garasi 2 Mobil yang Tepat

ukuran garasi 2 mobil

Ukuran garasi 2 mobil yang ideal biasanya memiliki panjang dan lebar sekitar 6 hingga 6,5 meter. Kemudian jangan lupa untuk memastikan jarak antara mobil.

Idealnya, jarak antar mobil dalam satu garasi yang sama sekitar 80 cm. Dengan kondisi ukuran seperti ini, ketika pintu mobil satunya terbuka, tidak akan mengenai pintu mobil sebelahnya.

Sebaiknya, Anda jangan lupa juga untuk membangun garasi sesuai dengan dimensi mobil. Untuk ukuran mobil seperti Toyota New Yaris, yaitu panjang 4,145 meter, lebar 1,730 meter, tinggi 1,500 meter, maka ukuran di atas sangatlah cocok.

Apalagi dengan sisa ruang yang ada, Anda dapat menaruh berbagai barang lainnya di dalam garasi. Jadi garasi mobil minimalis Anda semakin fungsional lagi.

Kesimpulan

Ini kesimpulan pendek terkait eksekusi ukuran garasi untuk dua mobil ya.

Nah, jika Anda memiliki lebih dari 1 mobil, dan ingin menempatkannya di carport juga, Anda harus perhitungkan ukuran carport dengan lebih seksama. Biasanya mobil diparkirkan berdampingan (menyamping), bukan berjajar ke belakang.

Tentunya, Anda harus perhatikan ukuran lahan yang tersedia untuk kebutuhan Anda. Berikut ini rekomendasi ukuran carport untuk 2 mobil:

  • Lebar: 6 meter
  • Panjang: 6 meter
  • Tinggi: 2,5 meter
  • Jarak aman dengan dinding samping: 1 meter
  • Jarak antara mobil: 60-80 cm
  • Kemiringan lantai: 1-2,5% ke arah depan
  • Jalur ban mobil: 50-75 cm
  • Ruang gerak di sekitar: 1 meter

Baca juga: Garasi Mobil Minimalis Samping Rumah

Dengan merencanakan ukuran yang tepat, mau berapapun mobil yang diparkir akan muat dan enak saja. Termasuk ukuran garasi 2 mobil yang sedang kita bicarakan saat ini. Semoga dengan perencananan yang matang, hasil desainnya juga akan bagus dan sesuai keinginan.

Editted 22/07/2022 by UN.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.