Tips Menentukan Ukuran Garasi Mobil Innova yang Ideal

Punya mobil Innova tapi baru ingin ada rencana membuat garasinya? Berapa sih ukuran garasi mobil innova yang pas supaya mobil bisa parkir dengan aman dan nyaman?

Sebelum bicara soal  ukuran garasi mobil Innova yang nanti akan dibuat, tentunya perlu dibahas dulu tentang ukuran dimensi mobilnya karena nanti garasi akan ibarat sebagai kandangnya, jadi mesti lebih luas.

Kita mulai pembahasannya dari yang paling dasar ya, yaitu pengertian garasi dan fungsi pentingnya bagi Anda atau siapapun yang punya kendaraan roda empat.

Pengertian Garasi dan Fungsinya

Tahukah Anda bahwa ada sebagian orang yang kesulitan untuk membedakan antara carport dan garasi, padahal keduanya hampir sama. Yaitu, sama-sama untuk menyimpan kendaraan agar terhindar dari segala potensi buruk dar luar.

Berikut ini beberapa fungsi garasi mobil kenapa Anda “wajib” untuk memilikinya.

1. Mobil lebih aman dari kerusakan oleh alam

Mobil sebagai salah satu moda transportasi memang umum dimiliki masyarakat modern saat ini. Bahkan mobil sudah jadi armada yang digunakan sehari-hari.

Oleh karenanya lah, ada baiknya Anda memiliki tempat tersendiri di salah satu sisi rumah Anda untuk jadi tempat menaruh mobil sehingga tetap terawat dengan baik.

Sebaliknya, kendaraan yang tidak disimpan di dalam area khusus akan lebih rawan rusak karena tidak ada perlindungan.

2. Mobil lebih aman dari tindak kejahatan

Dengan menyimpan kendaraan dalam garasi, tentu itu adalah bagian dari ikhtiar untuk menjaga mobil Anda dari resiko hilang karena pencurian.

Bayangkan jika mobil Anda diparkir di depan/samping rumah tanpa dikasih pelindung atau ruang khusus. Penjahat pasti akan dengan mudah melancarkan aksinya.

3. Bisa jadi gudang untuk menyimpan barang-barang

Meskipun fungsi garasi cukup jelas untuk mengandangkan kendaraan, nyatanya tempat ini bisa dipakai untuk sealigus gudang dan area penyimpanan barang-barang tertentu.

Artinya, garasi pun punya manfaat lebih dari sekedar ruang simpan untuk mobil/kendaraan lainnya.

Baiklah, setelah tahu berbagai fungsi dari garasi itu sendiri, selanjutnya kita bahas soal inti dari bahasan kali ini, yaitu ukuran garasi mobil Innova.

Ukuran Garasi Ideal secara Umum

Kita tahu bahwa mobil-mobil yang dibuat oleh berbagai vendor tentu saja dimensinya berbeda-beda. Untuk itu, ukuran ruang garasi untuk menempatkannya juga harus menyesuaikan.

Untuk menentukan ukuran garasi mobil yang ideal, umumnya bisa dibagi kedalam tiga klasifikasi ukuran mobil yang berbeda.

Untuk mobil berukuran kecil seperti jenis MPV kompak, hatcback, membutuhkan setidaknya garasi dengan ukuran panjang 4,3 sampai dengan 4,9 meter.

Sementara lebarnya bisa mencapai 1,5 – 1,8 meter dengan tinggi antara 1,2 – 1,5 meter.

Sementara itu, untuk mobil ukuran sedang seperti jenis SUV Medium dan sedan, membutuhkan garasi minimal 4,8 sampai 5,5 meter untuk panjangnya dan sekitar 1,7 hingga 1,9 meter untuk ukuran lebarnya. Untuk tingginya cukup 1,4 hingga 1,8 meter saja.

Di lain sisi, jika Anda punya mobil berukuran besar seperti SUV dan pick up, minimal perlu menyediakan garasi dengan panjang 4,9 hingga 6 meter. Untuk lebarnya 1,8 hingga 2,2 meter dan tingginya 1,5 hingga 1,8 meter.

Jadi, berapa ukuran garasi mobil Innova Anda? Tergantung mobil Anda termasuk golongan tipe mobil yang mana.

Baca juga: Desain Model dan Ukuran Garasi Mobil Avanza yang Pas

Ukuran Garasi Mobil Innova Berdasarkan Tipenya

Sebelum bicara soal ukuran garasi, tentu kita mesti tahu dulu dimensi mobil yang akan masuk dan menempati garasinya. Karena kali ini kita bicara soal mobil Innova, jadi kita bahas dimensi mobil innova ini.

Ukuran Mobil Innova Terbaru

ukuran garasi mobil innova

Innova dikenal sebagai mobil keluarga karena bentuknya yang besar dan mampu menampung banyak penumpang. Lalu berapa sih sebenarnya ukuran mobil Innova itu?

Panjang dan Lebar

Kelihatan besar sebagai sebuah mobil, berapa sebenarnya ukuran mobil Innova?

Panjangnya mencapai 4.735 mm atau 4,73 meter sehingga wajar jika sering dijuluki sebagai mobil keluarga. Untuk jumlah penumpang bisa muat sampai dengan 7 orang sehingga memang cukup besar.

Karena panjangnya ini, otomatis kaki penumpang juga jadi lega. Penumpang diberi keuntungan untuk lebih nyaman saat menaiki mobil ini.

Serapa lebar mobil Innova?

Kita ambil contohnya saja Toyota Kijang innova terbaru ya.

Dilansir dari laman resmi Toyota, ukuran lebar mobil Innova terbaru adalah sekitar 1,83 meter yang mana ukuran ini tergolong besar.

Dimensi keseluruhan

Selain panjang dan lebar, ukuran tinggi juga bagian dari dimensi mobil Innova itu sendiri.  Tinggi mobil Innova sendiri sekitar 1,79 meter.

Artinya, jika digabung dengan panjang dan lebarnya, maka dimensi dari mobil Innova adalah sekitar  1,83 meter x 4,73 meter x 1,79 meter.

Dimensi ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap penentuan ukuran garasinya. Sehingga, Anda mesti memahami ini karena penting dalam penentuan desain garasi mobil di rumah Anda.

Anda mesti membuat garasi dengan ukuran lebih besar dari ukuran dimensi mobilnya bukan?

Rekomendasi Ukuran Garasi Mobil Innova

ukuran garasi mobil innova

Dalam menentukan ukuran garasi rumah minimalis di rumah Anda, ada pathokan ukuran yang bisa diambil sebagai rekomendasi, yaitu di angka 3×6 meter dimana lebarnya 3 meter, panjang 6 meter, dan tingginya 2,8 meter..

Ukuran ini bisa dikatakan paling aman untuk menjadi ukuran garasi mobil innova.

Menentukan ukuran garasi sangat pas jika memperhatikan seberapa besar ukuran mobil innova Anda. Sebab masing-masing tipe mobil Innova juga berbeda-beda.

Untuk itu, sebaiknya dalam menentukan ukuran garasi mobil Innova Anda juga harus mempertimbangkan keleluasaan saat keluar masuk mobil, atau buka tutup pintu.

Jika disimpulkan, dalam menentukan ukuran garasi mobil Innova adalah pada dimensi mobil itu sendiri.

Ukuran paling aman adalah seperti disebut di awal, yaitu 3×6 meter dengan tnggi sekitar 2,8 meter. Ukuran ini mampu menampung innova tipe apapun termasuk yang terbaru dengan dimensi yang cukup besar.

Jika memang tidak cukup dengan ukuran tersebut maka prinsipnya, Anda bisa menambahkan dimensinya masing-masing 50 cm untk memudahkan dalam mobilitas keluar masuk.

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.