Ukuran Kloset Duduk Standar untuk Membuat Anda Nyaman

Bicara soal ukuran kloset duduk, yang dimaksud disini adalah sekalian dengan dimensi kamar mandinya. Kenapa penting memperhatikan ukuran kloset duduk yang akan dipakai?

Tentu saja karena ini berkaitan dengan kenyamanan saat menggunakannya untuk buang hajat.

Jadi desain ukuran merupakan suatu hal yang perlu Anda perhatikan ketika memasang jenis kloset ini. Mengapa? Karena jenis kloset yang pas dapat menambah kenyamanan serta memperindah kamar mandi Anda.

Dengan banyaknya berbagai model kloset duduk, tentu berbagai merk menawarkan berbagai fitur yang berbeda sesuai dengan jenisnya. Meskipun mempunyai banyak jenis, akan tetapi tujuan dirancangnya kloset ini tak lain bersifat fungsional.

Fungsional tersebut tak lain adalah memberikan kenyamanan tersendiri bagi para penggunanya. Lalu, seperti apakah jenis dan ukuran kloset duduk yang standar dan baik? Untuk mendapatkan jawabannya, simak penjelasan pada artikel kali ini.

Mengenal Ukuran Kloset Duduk Sesuai Jenisnya

ukuran kloset duduk

Kloset duduk sendiri, terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Oleh karena itu, pilihlah jenis kloset duduk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

Berikut adalah ukuran kloset duduk sesuai dengan jenisnya:

Kloset Duduk One Piece Toilet Atau Monoblok

Jenis kloset duduk yang pertama adalah monoblok atau one piece toilet. Jenis pertama ini sudah dilengkapi dengan bagian tangka air yang tentunya sudah menyatu dengan badan toilet itu sendiri.

Jenis toilet duduk satu ini jika Anda lihat, maka akan nampak sederhana mulai dari pemasangannya hingga tak terlalu banyak memakan tempat. Adapun keunggulan dari jenis kloset duduk ini yaitu pemasangannya yang mudah, kuat, dan tentu tidak mudah mengalami kebocoran maupun pecah.

Tak hanya itu saja, ketika Anda membersihkan kloset duduk dengan jenis ini, maka tidak terlalu merepotkan. Akan tetapi sayangnya, jenis kloset duduk ini mempunyai harga yang cenderung lebih mahal dan juga berat.

Kloset Duduk Two Piece Toilet atau Duoblok

Untuk jenis kloset duduk yang kedua ini, mempunyai bagian tank air yangs sudah dipisah dengan badan klosetnya. Kloset ini tentu mempunyai keunggulan dibandingkan dengan kloset monoblok, yaitu cara pasangnya yang jauh lebih mudah.

Apalgi, kalau Anda ingin memindahan kloser ini, maka tidak akan mengalami kesulitan. Kloset ini menjadi pilihan banyak orang, karena lebih ringan dan biasanya dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan kloset monoblok.

Tabung Atas

Jenis kloset ini, yaitu kloset duduk dengan bagian tabung penyiramannya terdapat di atas kloset dan menjadi satu dengan kloset sehingga nampak seperti sebuah sandaran atau kursi.

Tabung Bawah

Jenis kloset duduk tabung bawah, yaitu jenis kloset duduk yang mempunyai bagian tabung penyiramannya yang sudah disatukan dengan kloset sehingga tidak terlihat. Akan tetapi, ukuran kloset duduk dengan jenis ini menjadi lebih besar sehingga lebih banyak memakan tempat.

Mirip dengan ukuran kloset jongkok yang tidak terlihat tabung. Kloset ini terlihat sangat simpel dan elegan.

Kloset Duduk Gantung

Jenis kloset duduk yang terakhir adalah berjenis gantung. Sesuai dengan namanya, kloset ini dapat Anda pasang dengan menangggung atau menggantungkannya di bagian dinding kamar mandi Anda.

Sedangkan untuk tangka airnya sendiri, sudah tertanam pada dinding kamar mandi. Kloset gantung ini, termasuk jenis kloset yang sederhana dan sangat rekomendasi bagi Anda yang mempunyai ruang kamar mandi tidak terlalu besar serta terbatas.

Maka, sangat cocok jika di kamar mandi Anda dipasang kloset jenis gantung ini.

Ukuran Kloset Duduk Paling Nyaman dan Standar

Sebelum Anda melakukan pemasangan kloset, tentu alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu ukuran kloset duduk yang diperjual belikan di pasar.

Hal ini bertujuan agar pemasangan kloset pada kamar mandi Anda berjalan dengan lancar tanpa diadakan pengubahan ide atau rancangan berikut penjelasannya:

Posisi Kloset

Hal pertama yang harus Anda perhatikan terkait penentuan ukuran kloset duduk adalah tentang instalasinya terlebih dahulu. Perhatikan, bahwa instalasi kloset duduk adalah menempel pada dinding secara permanen.

Sedangkan pada bagian bawahnya, dipasangkan saluran pembuangan kotoran dan air. Alangkah baiknya, jika kloset duduk dipasang dekat pintu masuk toilet agar desain kamar mandi Anda jauh lebih indah.

Sekedar saran, Anda bisa juga memasang dinding pembatas atau kaca agar nampak jauh lebih mewah dan elegan.

Jet Washer

Setiap kloset duduk, harus mempunyai jet washer yang dapat berfungsi untuk membersihkan setelah buang air kecil ataupun buang air besar. Adapun aturan untuk pemasangan jet washer, yaitu 5 hingga 10 cm dari pinggir kloset.

Selain itu, pemasangan jet washer ini juga harus Anda lengkapi dengan pipa kran yang mempunyai ketinggian sekitar 50 cm dari permukaan lantai. Sedangkan untuk tuas yang digunakan untuk menggantungkan jet washer adalah 75 cm dari lantai toilet.

Luas dan Jarak Dinding

Instalasi harus Anda pasang sejarak 5cm dari bagian belakang kloset ke bagian dinding. Alasannya, karena hal ini akan sangat berguna bagi Anda. Terutama memudahkan ketika ada petugas cleaning service yang ingin membersihkan bagian belakang kloset.

Sedangkan untuk jarak antara dinding dnegan kloset bagian depan, paling minimal 60 cm. Mengapa demikian? Sebab ukuran pintu kamar mandi biasanya bisa 70cm, maka sebaiknya Anda memberikan jarak sekitar 80.

Ukuran kamar mandi ideal juga mempunyai standarnya yang perlu Anda perhatikan, yaitu dengan luas 90cmx 150 cm sehingga memungkinkan 2 orang dapat masuk ke toilet secara bersamaan.

Jenis tipe yang dapat Anda gunakan adalah tipe sliding, maka akan mengurangi resiko menutup pintu tidak rapat sehingga air lebih mudah untuk menembus keluar.

Tempat Tissue

Selain memperhatikan letak jet washer, Anda juga harus memperhatikan tentang peletakan tempat tissue. Untuk peletakannya sendiri, alangkah baiknya di sebelah kiri kloset agar mudah dilihat oleh Anda.

Sedangkan untuk jarak pemasangannya sekitar 10 cm dari pinggir kloset dan setinggi 75 cm dari lantai toilet.

Baca juga: 5 Contoh Terbaik Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Jongkok Shower

Dimensi Ukuran Kloset Duduk

ukuran kloset duduk

Secara umum, untuk ukuran standar kloset duduk adalah tinggi 40cm dengan lebar sekitar 70-73 cm. Akan tetapi, lebar kloset duduk ini tergantung pada merk kloset yang Anda pilih di pasaran.

Adapun ukuran lubang elips memanjang yang digunakan untuk tempat Anda duduk ketika buang air besar adalah panjang 20 cm dengan lebarnya 30 cm. jenis kloset ini berbeda dengan kloset jenis jongkok yang sudah dilengkapi dengan penutup.

Namun kloset duduk ini justru mempunyai dua penutup. Pada bagian penutup pertama, yaitu penutup dnegan fungsinya untuk tempat duduk.

Sedangkan penutup kedua, yaitu untuk menutup bagian toilet secara penuh. Apabila Anda ingin kecil dan menggunakan kloset duduk, maka silahkan membuka kedua jenis penutup tersebut.

Itulah sedikit ulasan mengenai jenis, ukuran kloset duduk, serta jarak pemasangannya sehingga dapat menambah kenyaman para penggunanya ketika buang air besar. Sekedar mengingatkan, bahwa memilih kloset duduk harus dibarengi dengan wawasan terkait ukurannya agar sesuai dengan kondisi kamar mandi Anda yang sudah direncanakan.

Selain itu, Anda juga harus paham tentang pemasanngannya, agar tertata dengan baik tanpa ada kesalahan apapun. Terimakasih, semoga bermanfaat!

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Comment