5 Kelebihan Atap Spandek Lengkung untuk Konstruksi Rumah

Bisa jadi Anda adalah salah seorang yang tidak tahu apa itu atap spandek lengkung? Atap spandek lengkung ini sendiri sudah masif dipakai untuk memenuhi kebutuhan atap rumah/hunian.

Model atap dari bahan galvalum ini dipercaya sangat cocok untuk dipakai pada berbagai jenis konstruksi rumah.

Jika dilihat dari sisi kelebihan dan kekurangannya, atap spandek terutama yang membentuk lengkungan ini, cukup unggul dibandingkan model lain.

Biasanya, penerapan atap spandek model lengkung ini untuk menutupi area yang tidak terlalu luas. Alias bukan ruang utama.

Contohnya sebagai atap carport minimalis, teras belakang dan depan rumah, dan masih banyak lagi.

Banyak yang memilih model ini tentu saja bukan tanpa alasan. Pasalnya, model ini sangat tepat untuk membuat atap tidak hanya berfungsi normal sekedar melindungi dari panas dan hujan.

Namun juga menghadirkan nilai estetika yang sulit ditemukan pada model lain.

Sebelum bahas ke kelebihan dan kekurangan serta estimasi harganya, kita bahas dulu apa itu atap spandek.

Pengertian Atap Spandek

Atap Spandek merupakan salah satu material atap yang terbuat dari bahan Zincalume (Campuran Zinc dan Alumunium) atau biasa sebut dengan galvalume.

Nah, galvalum ini umumnya berbentuk lengkungan sehingga banyak dijumpai atap spandek melengkung yang banyak dipakai untuk melengkapi konstruksi rumah.

Jenis atap spandek ini khususnya spandek lengkung mempunyai bahan dengan komposisi seperti bahan spandek lainnya. Yaitu 43 % seng 55% aluminium, dan 1,5% silikon.

Komposisi ini dibuat bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas atap ini sendiri sehingga bisa dibentuk lengkung atau bulat. Jenis atap ini diproduksi dengan mesin khusus untuk membending/melengkungkannya.

Jenis-jenis atap Spanduk Lengkung dan Penggunaannya

atap spandek lengkung

Atap spanduk lengkung sendiri umumnya memliki dua jenis variasi. Yaitu spandek lengkung gelombang besar dan spandek lengkung gelombang kecil.

Biasanya, atap Spandek model lengkung ini banyak digunakan sebagai atap bangunan pada pabrik, tempat parkir, ruko, teras, halte, hingga lapangan olahraga.

Tidak hanya berdasarkan bentuknya, jenis atap spandek model ini juga bervariasi sesuai dengan warnanya. Seperti warna hijau, merah, biru, dan sebagainya.

Ukuran atap spanduk lengkung

Untuk Anda yang mau pakai, tentu hal pertama selain model dan warna yang ingin diketahui adalah soal ukuran.

Berapa ukuran lebar atap spandek?

Apakah pembeliannya bisa dicustom atau tidak, ini yang sering jadi pertanyaan.

Ukuran ketebalan spandek lengkung sendiri cukup bervariasi, mulai dari 0,3 mm, 0,35, sampai dengan 0,5 mm.

Sementara itu untuk panjangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan rangka atap bangunan yang akan ditutupi. Adapun lebar atap spandek lengkung hanya sekitar 750 mm – 1000 mm.

Ini berarti untuk mendapatkan atap spandek melengkung menutupi area yang dimaksud aharus membeli dalam jumlah beberapa lembar yang kemudian disatukan.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Spandek Lengkung

Atap spandek lengkung di pasaran ada beberapa warna selain warna natural atau silver. Ada warna merah, biru, hijau dan krim.

Secara konstruksi, atap spandek memiliki variasi kelengkungan yang berbeda-beda sesuai dengan penggunaannya atau bahkan sesuai pesanan.

Sama halnya dengan material konstruksi lainnya, atap spandek lengkung juga punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Nah, kira-kira apa kelebihan dan kekurangan atap spandek lengkung itu?

Berikut ini akan kami list kelebihan dan kekurangan atap spandek khususnya model melengkung ketika dijadikan sebagai atap area rumah.

1. Pemasangan cepat dan praktis

atap spandek lengkung

Kelebihan pertama dari atap spandek lengkung adalah pemasangannya yang cepat dan praktis. Ini berarti, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga saat instalasi atau pemasangan pada rangka.

2. Harga lebih murah

Dari sisi harga, atap spandek lengkung lebih murah dari model atap genteng atau sejenisnya. Dengan harga yang murah, maka Anda bisa setidaknya menghemat biaya pembelian apalagi jika Anda harus beli dalam jumlah banyak lembar.

3. Bobot lebih ringan

Kelebihan lainnya yang melekat pada atap spandek lengkung adalah bobotnya yang ringan sehingga tidak membebani rangka ataupun struktur bangunan dibawahnya.

Dengan kata lain, atap spandek ini cocok untuk diterapkan pada perumahan yang berlokasi di wilayah rawan gempa/bbencana alam.

4. Bahan Kuat dan tahan lama

Kelebihan lainnya dari atap spandek lengkung ini adalah sifatnya yang tahan lama dan tidak perlu perawatan khusus. Dengan begitu, maka tidak perlu mendapatkan ekstra pekerjaan rumah tambahan untuk Anda.

5. Aman untuk rumah di pegunungan

Terakhir, kelebihan atap spandek lengkung ketika dipakai adalah cocok untuk dipakai pada perumahan dengan kekuatan angin yang tinggi.

Ini akan meminimalisir terjadinya ambruk yang beresiko besar dibandingkan atap genteng atau beton.

Sementara kelebihannya cukup banyak, tentu saja atap spandek lengkung juga punya kekurangan, diantaranya ialah:

  • Karena terlalu ringan sehingga mudah terbawa angin
  • Perlu beli beberapa lembar untuk bisa menjadi atap utuh
  • Variasi model terbatas

Baca juga: Memilih Material Desain Atap Balkon Rumah Minimalis Terbaik

Harga atap spandek lengkung sesuai modelnya

Untuk harga masing-masing model atap spandek lengkung ini tentunya berbeda-beda, tergantung dari dimana akan dipasang.

Misalnya untuk Kanopi yang bentuk lengkungnya hanya di bagian ujungnya saja tentu harganya berbeda dengan atap untuk lainnya.

Biasanya, cara mendapatkan atap seng spandek lengkung bisa langsung ke toko material atau memesan via online.

Memesan secara online pada beberapa toko biasanya bisa dengan hanya mengirimkan gambar atap spandek lengkung dan spesifikasi yang dipesan sesuai kosntruksi bangunan yang dikerjakan. Maka beberapa waktu kemudian akan dikirim oleh pihak toko.

Adapun estimasi harga dari masing-masing model atap spandek lengkung per meter berdasarkan ketebalannya ialah sebagai berikut:

NoTebalLebarHarga Per meter (Rp)
1Harga Spandek Lengkung Tebal 0.25 mm1000 mm (1 meter)80.000
2Harga Spandek Lengkung Tebal 0.30 mm1000 mm (1 meter)90.000
3Harga Spandek Lengkung Tebal 0.35 mm1000 mm (1 meter)98.000
4Harga Spandek Lengkung Tebal 0.40 mm1000 mm (1 meter)108.000
5Harga Spandek Lengkung Tebal 0.45 mm1000 mm (1 meter)118.000
6Harga Spandek Lengkung Tebal 0.50 mm1000 mm (1 meter)125.000

Harga di atas berlaku untuk wilayah jabodetabek. Sebagian besar toko akan memberikan gratis ongkir untuk pengantaran wilayah Jabodetabek yang tentunya jika pesanannya banyak.

Jadi jika pengiriman ke luar daerah maka akan dikenakan tambahan biaya pengantaran. Harga tersebut juga tentu saja bisa berubah sewaktu-waktu sehingga harus update secara berkala.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Atap Asbes untuk Hunian

Kesimpulan

Di pasaran, ada banyak Model Atap Spandek Lengkung yang bisa dipilih untuk melengkapi material konstruksi atap rumah Anda.

Atap spandek ini termasuk banyak dipilih karena kelebihannya yang sulit ditemukan pada material atap lainnya.

Dari mulai bobotnya yang ringan dan fleksibel, harganya relatif murah, sampai dengan kualitas ketahanannya yang di atas rata-rata membuat model atap ini banyak dipilih.

Di atas juga sudah ditampilkan estimasi harga atap spandek lengkung per meternya berdasarkan ketebalan. Jadi Anda bisa memilih berapa ketebalan yang ingin Anda terapkan sebagai atap rumah minimalis Anda.

Dengan memilih atap spandek lengkung, instalasi pemasangannya juga jadi lebih singkat sehingga tidak memakan biaya pengerjaan oleh tukang.

Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda dalam memilih model atap spandek lengkung terbaik versi Anda.

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Comment