Cara Memilih Ukuran Wastafel Kamar Mandi, Jangan Asal!

Ukuran wastafel kamar mandi jadi salah satu poin yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membeli perlengkapan lainnya. Pasalnya, ukuran wastafel kamar mandi ini bakal menentukan fungsionalitas dan kenyamanannya saat digunakan.

Selain untuk dua hal tadi, wastafel kamar mandi juga dapat dijadikan interior yang memberi kesan elegan pada ruang ritual mandi Anda. Mengingat hal-hal ini maka ukurannya benar-benar penting diperhatikan.

Untuk Anda yang bingung perlu memilih ukuran mana, simak artikel tentang ukuran wastafel kamar mandi dan tips memilihnya berikut ini.

Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Wastafel Kamar Mandi yang Tepat?

Guna mendapatkan wastafel dengan ukuran tepat untuk kamar mandi Anda, simak cara memilihnya di bawah ini.

1. Perhatikan Panjang Wastafel

Cara pertama yang penting Anda lakukan guna menemukan ukuran wastafel kamar mandi paling tepat ialah mengukur panjangnya. Untuk diketahui, ukuran panjang pada wastafel terdiri dari dua.

Di antaranya adalah panjang bagian luar atau sink length dan panjang bagian dalam atau basin length. Sebagai saran, pastikan Anda memilih ukuran yang tidak terlalu besar ataupun kecil. Terutama ketika diterapkan ke dinding. 

2. Perhatikan Lebar Wastafel

Sebagai informasi, lebar wastafel adalah ukuran tegak lurus dari bagian dinding ke bagian depan wastafel. Anda perlu memastikan ukuran ini tergolong pas.

Tujuannya ialah agar ketika Anda membuka keran, jaraknya jadi tidak terasa terlalu jauh.

3. Perhatikan Kedalaman Wastafel

Tak kalah penting dari dua ukuran tadi. Ukuran wastafel kamar mandi yang tepat juga bisa ditentukan dengan kedalamannya. Makin dalam ukurannya, risiko terciprat air yang sudah masuk ke wastafel dipastikan makin minim.

4. Perhatikan Tinggi Wastafel

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan untuk memilih wastafel dengan ukuran tepat ialah memperhatikan ketinggiannya. Untuk diketahui, tiap-tiap wastafel sudah pasti memiliki ukuran berbeda-beda dalam hal panjang, lebar, kedalaman, maupun ketinggian.

Jika Anda masih bingung harus memilih yang mana, berikutnya akan dibahas mengenai model wastafel serta ukuran rata-ratanya.

Berbagai Model Wastafel dan Ukurannya

Berikut adalah beberapa model wastafel yang umum ditemukan dipasaran serta ukurannya yang bisa dijadikan pilihan:

  • Model Wastafel Standar (Persegi Panjang dan Oval)

Model wastafel kamar mandi yang pertama umumnya dibuat dengan bentuk kombinasi. Yaitu, persegi panjang di bagian luar dan oval di bagian dalamnya.

Wastafel yang biasa disebut model standar ini umumnya terdiri dari tiga pilihan ukuran. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Wastafel Standar Ukuran Kecil:

Memiliki panjang sekitar 15 inci sampai dengan 20 inci. Sementara itu, lebarnya adalah 9 inci hingga 12 inci. Adapun kedalaman bak atau wastafel standar kecil adalah 5 inci hingga 7 inci.

  • Wastafel Standar Ukuran Sedang:

Biasanya memiliki panjang antara 20 inci sampai 30 inci. Sementara itu, lebarnya 19 inci hingga 24 inci. Untuk kedalamannya sendiri, wastafel standar sedang biasanya memiliki ukuran 7 inci. Serupa dengan ukuran kecil.

  • Wastafel Standar Ukuran Besar: 

Ukuran wastafel kamar mandi dengan model standar tetapi paling besar memiliki panjang 30 inci sampai 50 inci. Sementara itu, lebarnya serupa dengan ukuran sedang. Namun, kedalaman rata-ratanya hanya 5 inci.

Ukuran di atas sangat umum di pasaran. Namun, beberapa produk mungkin berbeda dalam hal panjang, lebar, maupun ketinggiannya. 

Meski demikian, keunggulan wastafel model kombinasi ini ialah memudahkan dalam hal pembersihan baknya. Pasalnya, tidak ada sudut kedalaman sehingga wastafel jadi mudah bersih ketika dilap saja sekalipun.

  • Model Wastafel Bulat

Model wastafel bulat bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin mencari furniture ini dengan desain lebih elegan.

Untuk diketahui, model wastafel bulat biasanya dibuat dalam bentuk menyatu dengan meja. Alhasil, kamar mandi Anda akan terlihat lebih rapi.

Adapun ukuran wastafel kamar mandi secara umum adalah 7 inci hingga 20 inci. Ukuran tersebut bisa ditemukan pada model wastafel bulat kecil, standar, hingga besar. Mengenai kedalamannya, rata-rata ada di angka 5 inci sampai dengan 8 inci.

  • Model Wastafel Dinding

Jika Anda tertarik memasang wastafel dinding, ukuran produk yang bisa dipertimbangkan di antaranya, panjang 16 inci hingga 24 inci. Sementara itu, lebarnya adalah 15 inci hingga 18 inci.

Untuk kedalamannya sendiri ialah 5 inci hingga 8 inci. Anda bisa memilih model wastafel dinding jika ingin kamar mandi terkesan lebih luas dan selalu bersih.

  • Wastafel Model Kapal

Meski cukup jarang digunakan pada hunian atau rumah masa kini, Anda bisa saja memilih wastafel model kapal. Kerap disebut wastafel over-counter, jenis ini juga bisa memberikan kesan lebih elegan pada kamar mandi Anda.

Adapun ukuran wastafel kamar mandi model kapal yang umumnya tersedia di pasaran ialah 14 inci hingga 17 inci. Sementara itu, kedalaman ukuran wastafel ini biasanya hanya 4 inci hingga 7 inci.

  • Model Wastafel Pedestal

Model wastafel terakhir yang bisa Anda pilih jika ingin mendapatkan ukuran tepat ialah pedestal. Tipe wastafel satu ini umumnya mempunyai panjang antara 22 inci sampai dengan 28 inci.

Sementara itu, lebarnya mulai dari 16 inci hingga 20 inci. Standar kedalaman atau tinggi luarnya. Untuk ketinggiannya, rata-rata adalah 29 inci hingga 34 inci.

Model satu ini cocok untuk kamar mandi yang memiliki konsep mewah dan elegan.

Baca juga: Ukuran Wastafel Cuci Piring Idealnya Berapa Sih?

Tips Menentukan Ukuran Wastafel Kamar Mandi

Selain tahu ukuran wastafel dan model serta ukurannya secara umum, Anda juga perlu tahu tips menentukannya. Jelasnya, ketika akan membeli wastafel baru untuk kamar mandi, Anda perlu memastikan ukurannya bagus untuk ruangan.

Untuk diketahui, berikut adalah tips yang bisa dilakukan guna mendapatkan ukuran wastafel yang tepat:

  • Perhatikan letak di mana wastafel akan ditaruh. Ini memengaruhi ukuran yang bagus dipilih dan ditempatkan di kamar mandi Anda.
  • Jika ingin memilih ukuran wastafel paling kecil, sementara kamar mandi Anda terbilang besar, sebaiknya taruh di sudut ruangan. Hindari menaruhnya di pertengahan dinding sebab akan memperlihatkan kesan kurang pas.
  • Untuk Anda yang mencari wastafel besar, sebaiknya pilih model kapal atau wastafel di atas meja. Model wastafel ini tergolong bagus untuk kamar mandi dengan ukuran luas. Adapun ukuran paling besarnya adalah 24 inci.
  • Pertimbangkan memilih model wastafel ganda jika kamar mandi dibuat di luar kamar. Jika memilih menggunakan wastafel ganda, perhatikan panjangnya agar tidak sampai membuat kamar mandi Anda terkesan sempit. Sebagai saran, Anda bisa memilih ukuran 16 inci yang termasuk varian terkecil.

Pada dasarnya, ukuran wastafel untuk kamar mandi yang bervariasi dapat dengan mudah ditemukan sebab variasinya yang banyak. Sementara itu, varian mana yang sebaiknya dipilih sebaiknya disesuaikan dengan ukuran kamar mandi Anda.

Selain memastikan ruangan terkesan rapi, wastafel dengan ukuran tepat juga bisa memberikan kenyamanan maksimal saat digunakan.

Itu dia informasi mengenai ukuran wastafel kamar mandi yang perlu diketahui. Pastikan Anda memilih ukuran yang tepat agar fungsi dan esensinya terasa maksimal. 

Leave a Comment