14 Ide Desain Kamar Mandi di Bawah Tangga

Ketika tamu datang ke rumah, beberapa dari mereka pasti ingin menumpang untuk pergi ke kamar mandi. Sebagai pemilik rumah, tentu tidak nyaman jika kamar mandi pribadi ini digunakan oleh orang luar.

Oleh karena itu, Anda bisa membuat kamar mandi khusus tamu saja. Jika lahan hunian terbatas, Anda bisa membuat kamar mandi di bawah tangga lho. 

Meski ukurannya kecil, desain kamar mandi bawah tangga tetap bisa tampil unik dan nyaman. Anda dapat mendesain dan menata berdasarkan ukuran. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa pembangunan kamar mandi diperlukan metode dan teknik khusus, karena letak ruang di bawah tangga seringkali asimetris.

Akan tetapi, Anda tetap bisa mempunyai kamar mandi dengan konsep idaman Anda. Yuk simak beberapa inspirasinya berikut ini !

14 Desain Kamar Mandi di Bawah Tangga yang Estetik

Kamar Mandi di Bawah Tangga
Kamar Mandi di Bawah Tangga

Kamar Mandi Tema Redup yang Cantik

Inspirasi desain kamar mandi di bawah tangga yang pertama yaitu bertema redup yang cantik. Tak hanya tema kamar mandi dengan aksen cerah, aksen gelap juga bisa Anda gunakan dengan cantik. Inspirasi redup ini menciptakan pemandangan indah di kamar mandi saat digunakan.

Meskipun terlihat cantik, Anda juga perlu berhati-hati dengan jenis pencahayaan redup yang akan digunakan, karena kamar mandi merupakan bagian rumah yang sensitif. 

Desain Minimalis dengan Paduan Garis Kotak-Kotak

Inspirasi desain kamar mandi di bawah tangga yang kedua yaitu perpaduan garis kotak-kotak. Bagi Anda yang ingin mendesain kamar mandi yang tidak monoton, memadukan garis kotak-kotak bisa menjadi contoh yang cantik dan inspiratif.

Garis kotak-kotak hijau juga bisa Anda jadikan tema untuk dekorasi kamar mandi Anda di rumah, yang bisa menciptakan kesegaran dan kenyamanan.

Agar lebih estetik lagi, aksen hijau juga bisa dipadukan dengan aksesori kamar mandi berwarna putih yang estetik. 

Kamar Mandi dengan Warna Krem yang Luas

Penggunaan warna di kamar mandi sempit bawah tangga menjadi elemen pendukung  yang kuat. Oleh karena itu, Anda juga bisa menggunakan warna krem ​​untuk menciptakan kamar mandi yang nyaman di bawah tangga.

Selain desain interior, pintu kamar mandi juga bisa menjadi contoh yang bagus untuk menambah fungsionalitas rumah. 

Kamar Mandi Bawah Tangga Inspirasi Tradisional

Sering dijadikan sebagai desain rumah minimalis, kamar mandi bawah tangga juga sangat unik dengan inspirasi tradisional.

Tema tradisional ini terlihat jelas dalam penggunaan lantai kayu dan ubin dekoratif kontemporer .

Sementara itu, penggunaan lantai kayu pada kamar mandi ini tidak hanya terkesan tradisional, namun juga terasa nyaman untuk dipijak. 

Inspirasi Feminin di Bawah Tangga

Selain tema universal tanpa membedakan gender, tema feminin juga sangat cocok diterapkan pada kamar mandi bawah tangga.

Salah satu penerapan yang baik adalah dengan menggunakan warna biru dan pink dalam desain kamar mandi rumah yang estetik.

Tak hanya dengan menggunakan warna, Anda juga bisa menambahkan desain dekoratif dan estetik pada dinding kamar mandi. 

Inspirasi Kamar Mandi Tema Monokrom Catur

Ide desain kamar mandi di bawah tangga yang keenam yaitu monokrom catur. Tema catur adalah inspirasi desain kamar mandi yang cantik dan menarik untuk ditiru.

Pasalnya, tekstur hitam putih di dinding kamar mandi akan menciptakan tema yang sangat cantik. Untuk menambah suasana monokromatik bertema klasik, Anda juga dapat menambahkan lampu aksen model lama dengan attention to detail terbaik.

Kamar Mandi Bawah Tangga Bergaya Victorian

Inspirasi kamar mandi di bawah tangga selanjutnya yaitu bergaya Victorian. Walaupun ukurannya kecil, kamar mandi bawah tangga ternyata tetap bisa terlihat cantik lho.

Salah satunya adalah gaya Victoria yang terkenal. Anda bisa menggunakan wallpaper bermotif khas Victoria untuk menghiasi dinding. Kemudian, tambahkan cermin dengan bingkai berukir. 

Kamar Mandi Bawah Tangga Gaya Rustic dengan Cermin Besar

Beberapa tamu meminta untuk menumpang ke kamar mandi dengan alasan ingin merapikan riasan dan pakaian.

Agar mereka merasa nyaman di kamar mandi bawah tangga, Anda bisa menggantungkan cermin berukuran sedang hingga besar. Berikan juga lampu di sisi kanan dan kiri.

Untuk menonjolkan gaya rustic, gunakanlah wastafel kayu dan letakkan keranjang rotan di bagian bawah untuk menampung tisu atau handuk bekas.

Ingin kamar mandi di bawah tangga ini terlihat lebih menarik? Tambahkan saja vas bunga di meja wastafel. 

Kamar Mandi dengan Cermin Untuk Kesan yang Lebih Lapang

Ruangan kecil dan sempit seringkali membuat orang merasa tidak nyaman, terutama bagi penderita claustrophobia.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut pada kamar mandi bawah tangga adalah dengan memasang cermin di beberapa sisi dinding.

Untuk kamar mandi bawah tangga minimalis modern, Anda dapat menggunakan cermin polos tanpa bingkai dengan bentuk yang rumit. 

Kamar Mandi Bawah Tangga Bergaya Minimalis

Selanjutnya adalah desain kamar mandi di bawah tangga dengan gaya minimalis. Untuk menghemat ruang dan mencerminkan kesederhanaan, Anda bisa memilih kloset dan tombol flush yang terpasang di dinding.

Tidak masalah jika Anda juga menggunakan wastafel kecil, selama tamu dapat menggunakannya.

Bagian bawah wastafel dibuat seperti lemari agar pipa tidak terlihat berantakan. Sediakan penerangan yang cukup agar mereka lebih nyaman berada di kamar mandi bawah tangga ya. 

Tampilkan Keramik Dekoratif dan Menarik

Inspirasi kamar mandi di bawah tangga selanjutnya yang dapat diterapkan yaitu dengan memasang lantai keramik dekoratif maupun dinding. Ya, desainnya tidak akan membuat kamar mandi menjadi monoton.

Agar lebih hidup, terapkan gaya keramik dengan tema dan warna yang serasi dengan ruangan. Tidak hanya dari keramik, Anda juga bisa menambahkan desain pintu kamar mandi sesuai dengan keramik yang dipilih.  

Kamar Mandi Lurus Vertikal

Untuk beberapa rumah super minimalis, memilih kamar mandi vertikal bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain hemat ruang, kamar mandi pun akan terasa lebih padat.

Untuk memecah suasana padat kamar mandi vertikal, Anda bisa memadukannya dengan warna krem ​​agar lebih leluasa dan segar. Anda juga bisa memasang dekorasi kayu di lantai untuk memberikan kesan autentik. 

Nuansa Kinclong Serba Putih

Jika Anda tidak menyukai desain yang ramai, Anda tidak perlu khawatir! Warna –warna polos seperti putih juga bisa menimbulkan kesan mewah.

Dengan menerapkan warna serba putih, kamar mandi minimalis Anda akan terlihat jauh lebih higienis dan kinclong lho!

Ditambah lagi, warna putih juga akan memberikan kesan lebih luas, sehingga kamar mandi sederhana dan minimalis Anda tidak akan terasa sempit lagi! 

Desain Garis Minimalis

Kamar mandi minimalis dipadukan dengan desain garis minimalis? Wah, sungguh kombinasi yang sempurna!

Anda bisa memasang desain garis minimalis pada dinding agar suasana kamar mandi tidak monoton. Tak hanya itu, Anda juga bisa memadukannya dengan warna-warna pastel agar lebih nyaman dan sejuk. Dengan begitu, kamar mandi minimalis ini tidak akan terasa membosankan deh!

Itulah 14 inspirasi desain kamar mandi di bawah tangga yang bisa Anda tiru. Tentu, semua desain kamar mandi bawah tangga tersebut akan menjadi lebih nyaman jika dibersihkan secara rutin ya! Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *