Pernahkah anda mendengar istilah soda ash? Jika Anda paham, lalu apakah Anda mengetahui secara detail tentang fungsi soda ash untuk air kolam renang Anda? Mungkin, tidak banyak dari Anda yang paham akan hal ini.

Well, berenang adalah suatu olahraga favorit kebanyakan orang. Karena selain menyenangkan juga menyehatkan. Ya, dengan berenang, berat badan Anda dapat terkontrol bahkan tubuh Anda menjadi lebih bugar dan juga sehat.

Jika Anda pecinta olahraga ini, tentu ingin melakukannya secara rutin. Dalam hal ini, Anda setidaknya harus pergi ke kolam renang umum setiap hari atau membangun kolam renang di rumah Anda sebagai solusi. 

Kolam renang tak harus mewah. Cukup sederhana saja asalkan kualitasnya terjaga. Artinya, jika memang Anda mempunyai kolam renang sendiri, Anda harus rajin membersihkannya dan tentu merawatnya dengan baik. Anda bisa melakukan treatment seperti pengaplikasian soda ash. Langsung saja, mari kita simak penjelasan tentang soda ash.

Mengenal soda ash secara umum

Soda ash merupakan suatu bahan yang digunakan untuk membersihkan dan merawat kolam renang yang mana bahan ini berbentuk bubuk berwarna putih dan lembut. Nama kimia dari soda ash adalah Na2CO3. Bahan ini dibuat dari bahan asam karbonat dan garam sodium.

Secara teori, bahan ini merupakan sejenis garam natrium yang mana terbentuk dari suatu bahan tepatnya asam karbonat. Meskipun bahan ini terbentuk atau terbuat dari asam, ternyata soda ash mempunyai sifat basa. Soda ash pun mampu membentuk suatu larutan alkali. Tentunya larutan alkali yang terbentuk tersebut cukup kuat. 

Soda ash sebenarnya hampir sama dengan bahan lain yang juga berfungsi sebagai pembersih air. Atau obat penjernih kolam renang seperti PAC dan tawas. Yang membedakannya adalah cara kerjanya. Banyak yang menggunakan soda ash untuk merawat kolam renang entah pribadi maupun umum.

Selain bermanfaat untuk perawatan kolam renang, sebenarnya soda ash juga punya banyak kegunaan lain. Ya, soda ash juga bisa digunakan untuk pembuatan kaca yang kuat dan juga anti pecah. Bahkan sebagian orang juga memanfaat bahan ini sebagai pemngembang roti atau kue.

Fungsi Soda Ash dalam perawatan kolam renang

Bagitu banyak manfaat dari soda ash. Tetapi Penggunaanya harus dengan cara yang tepat agar tidak terjadi hal buruk. Karena, soda ash tidak berbeda dengan bahan kimiawi yang lain, yang mempunyai efek samping. Soda ash dapat berakibat buruk terhadap kesehatan apabila penggunaannya dilakukan dengan cara yang tidak tepat atau sembarangan. 

1. Mengikat kotoran yang terdapat dalam air kolam renang

Cara yang paling utama untuk merawat sebuah kolam renang yakni dengan selalu menjaga atau memastikan keadaan airnya selalu bersih.

Bagaimanakah caranya? Disinilah fungsi penggunaan soda ash. Soda ash akan bekerja dengan mengendapkan segala kotoran yang terdapat dalam kolam renang. Dengan fungsi ini, kemudian Anda dapat menghilangkan kotoran tersebut dengan memasukkannya ke dalam filter air.

Umumnya, kolam renang mengandung begitu banyak lumut yang mana Anda mungkin tidak dapat melihatnya pada lantai juga dinding kolam renang. Dengan pemberian soda ash, semua lumut, kotoran, atau endapan lainnya akan dapat menumpuk dengan mudah mengendap ke dasar. Sehingga, hal ini akan mempermudah Anda untuk membersihkan kolam renang kesayangan Anda. 

2. Meningkatkan dan menjaga pH air

Dalam kolam renang, pH air menjalankan peran teramat penting terkait kesehatan air kolam. Umumnya, pH air mengalami penurunan dengan sangat cepat saat air hujan mengenai air dalam kolam renang tersebut. Ataupun saat terjadi penambahan air kolam renang seperti air tanah atau sumur.

Untuk menghindari hal ini, soda ash sangat diperlukan. Tentunya guna meningkatkan atau setidaknya menjaga pH air. Dengan demikian, air akan tetap bersih dan juga jernih. Lalu, bagaimana jika pH air meningkat? Tentunya, Anda harus menerapkan cara lain agar pH air turun atau stabil. 

3. Menyerap kelembaban

Sifat asam yang dimiliki soda ash memang baik sekali untuk menyerap kelembaban sehingga air tetap terjaga. Mungkin sebagian orang tidak begitu memperdulikan masalah kelembaban ini. Padahal, kenyataannya ini berpengaruh terhadap kualitas air kolam renang.

Ya, seringkali kelembaban mengakibatkan air kolam menjadi kotor dan bau. Untuk menghindarinya, soda ash bisa digunakan untuk menyerap kelembapan tersebut.

Bahkan, tingkat atau level alkali air akan terjaga dengan bahan ini sehingga pH tidak akan mengalami penurunan dengan begitu cepat. Sehingga air pun terjaga kesehatannya. Jadi, soda ash berguna untuk perawatan kolam renang agar airnya tetap jernih. 

4. Menjernihkan dan melembutkan air

Point ini sudah dijelaskan singkat di atas. Soda ash mempunyai sifat yang mana mampu menjadikan air nyaman dan lembut saat mengenai kulit. Tentu ini sangatlah penting agar kulit Anda tidak rusak dan tetap nyaman.

Anda tentunya mengetahui adanya banyak kasus bahwa banyak yang mengalami kerusakan kulit seperti kasar atau timbul bercak putih bahkan lecet setelah berendam di kolam renang.

Apa penyebabnya? Tentu dikarenakan keadaan air yang tidak terawat. Jadi, agar hal ini tidak terjadi pada Anda, Pertimbangkan untuk merawat kolam renang Anda dengan memanfaatkan soda ash. 

Efek Samping penggunaan bahan Soda Ash

Walaupun ada begitu manfaat atau fungsi soda ash untuk air kolam renang, ternyata ada juga efek sampingnya. Apa saja? Di antaranya adalah:

  1. Soda ash biasanya dapat menimbulkan rasa panas dan perih jika terkena mata bahkan mata menjadi merah. Hal ini kerap kali terjadi apabila Anda terlalu banyak menggunakan soda ash pada kolam renang Anda. Untuk mengatasi efek seperti ini, Anda dapat membersihkan mata Anda dengan cairan khusus pembersih mata atau bisa juga dengan air mineral. 
  2. Soda ash dapat pula menimbulkan rasa gatal, panas, dan juga kasar jika mengenai kulit. Biasanya kasus seperti ini terjadi jika pengguna langsung menggunakan kolam renang setelah baru saja proses pemberian soda ash di kolam renang.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal demikian, setidaknya anda harus menahan diri untuk tidak menggunakan kolam renang setelah pemberian soda ash sampai beberapa jam ke depan. Agar kotoran dalam kolam mengendap terlebih dahulu dan air kembali bersih.

Dengan begitu Anda bisa terhindar dari efek ini. Kemudian setelah berenang, segeralah mandi dengan air bersih dan juga mengolesi kulit dengan pelembab.

Tips mengaplikasikan soda ash ke kolam renang

Saat Anda hendak menggunakan bahan ajaib ini, yang harus dilakukan pertama kali adalah mencampurkan soda ash dengan air. Kemudian mengaduknya sampai rata.

Jika langkah tersebut sudah dilakukan, selanjutnya menuang campuran tersebut ke kolam renang. Pastikan tidak langsung menuang semua. Tapi dengan cara sedikit-sedikit.

Anda juga harus memastikan bahwasannya mesin filter kolam renang sedang dalam keadaan atau posisi sirkulasi. Hal ini agar larutan tersebut akan merata ke semua bagian kolam. 

Lalu, apakah bisa langsung digunakan? Tidak, karena prosesnya belum selesai. Anda harus menunggu dulu sekitar 24 jam. Selama 24 jam tersebut, nantinya soda ash akan bekerja dengan mengendapkan semua kotoran kolam renang dan umumnya berwarna kecoklatan. Artinya, semua lumut yang terdapat dalam kolam renang telah musnah dan bahkan air kolam tidak lagi terikat dengan lumut tersebut.

Untuk langkah selanjutnya, Anda harus mengambil atau membersihkan semua endapan kotoran tersebut. Untuk melakukannya, dapat memanfaatkan mesin penyedot, lebih tepatnya vacum head. Atau, dapat juga menggunakan selang. Tapi, lebih disarankan untuk memakai alat sedot (Vacuum).

Kenapa harus alat sedot?

Kotoran kolam renang yang telah membentuk sebagai endapan sebenarnya merupakan kumpulan butiran yang begitu kecil. Berbentuk halus sehingga pasti akan sangat sulit bagi Anda jika menuntaskan pekerjaan ini dengan cara manual.

Selain itu, kotoran yang mengendap tadi harus segera dibuang kedalam sebuah pembuangan. Kemudian dialirkan menuju selokan yang sebelumnya sudah melalui sebuah penyaringan atau filter. Pastikan filter selalu bersih. Jika kotor, Anda harus membersihkannya dulu. Intinya, proses pembersihan ini harus dilakukan dengan baik dan benar-benar jernih juga bersih.

So, dengan penggunaan soda ash, nantinya, kolam renang Anda akan terjaga kebersihan dan kejernihannya. 

Perhatikan beberapa faktor sebelum menakar dan menggunakan soda ash!

Sebelum memutuskan untuk menggunakan / menentukan takaran soda ash, Anda harus memperhatikan beberapa faktor penting. Salah satunya yakni ukuran sebuah kolam renang yang Anda gunakan. Faktanya, jika kolam renang semakin luas, artinya kolam renang tersebut membutuhkan chemical yang tinggi. Tapi jangan jadikan hal ini sebagai patokan. Ada banyak faktor lain yang harus pertimbangkan lagi. Yang pasti, kondisi atau keadaan kolam renang harus Anda perhatikan betul.

Tidak hanya ukuran, air kolam pun menentukan seberapa banyak soda ash yang harus dituangkan. Jika air tersebut terbilang baru, maka soda ash yang dibutuhkan akan lebih banyak. Terlebih, jika air kolam renang yang sudah lama dan berwarna hijau, maka soda ash yang dibutuhkan juga akan jauh lebih banyak. Hal ini bertujuan agar air dapat cepat kembali jernih. 

Selain itu, soda ash juga digunakan dan ditambah takarannya jika kolam renang Anda diberi tambahan air sumur atau air dari sumber lain. Ini disebabkan kandungan klorin kolam renang akan mengalami penurunan saat kedatangan air baru. 

Well, takaran umum penggunaan soda ash yakni sekitar 1 kg untuk kolam renang dengan air 100 M3. Takaran sejumlah ini menaikkan pH sejumlah 0,2. Selebihnya, Anda bisa menyesuaikan dengan panduan takaran tersebut. 

Kesimpulan

Penggunaan soda tidak dilarang dan tidak pula diwajibkan. Tapi, banyak yang merekomendasikan pemakaian bahan ini karena dapat membantu menjaga kolam renang Anda tetap jernih dan sehat. Memang, secara alami, bahan ini mampu menjadikan air jauh lebih bersih. 

Anda akan merasakan manfaat ini, jika mengaplikasikannya dengan tepat. Kualitas air kolam renang akan selalu terjaga. Tapi, jika Anda salah dalam pengaplikasiannya, maka akan ada beragam efek samping yang akan Anda hadapi. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

Well, semoga dengan penjelasan mengenai soda ash, fungsi, efek samping, dan juga cara pengaplikasiannya di atas dapat menambah wawasan dan referensi Anda semua. Anda dapat dengan mudah mendapatkan bahan ini karena memang bahan ini cukup populer. Selamat mencoba dan rasakan fungsi soda ash untuk air kolam renang Anda!

nv-author-image

Umbul Narmadi

Ayah dari 3 anak. Di sini tempat saya belajar menulis tentang dunia usaha / bisnis. Suka membaca, asalkan bukan bacaan yang serial. Bekerja di PT. DIMULTI - I Love blogging !View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *