Indonesia merupakan salah satu negara tropis. Tidak jarang bercuaca sangat panas dan membuat masyarakat ingin bermain air. Hanya untuk sekadar mendinginkan suasana. Dengan keadaan seperti ini, Anda yang memiliki lahan yang cukup besar bisa memanfaatkannya menjadi waterpark. Tenang saja, di Indonesia ada banyak kontraktor waterpark yang siap membantu dan mewujudkan impian.

Daftar isi buka

Definisi Waterpark

Berbicara mengenai waterpark, sebenarnya waterpark itu apa? Waterpark itu berasal dari kata water yang artinya air dan park yang artinya taman, jadi bisa dikatakan juga sebagai taman air. Waterpark adalah salah satu bentuk wahana rekreasi yang mana hampir semua wahana berhubungan dengan air dan wahananya sangat amat lengkap.

Kelebihan Berbisnis di Bidang Waterpark di Indonesia

Setelah mengetahui apa itu waterpark, apakah Anda tertarik untuk menjalankan bisnis di bidang ini? Jika Anda masih ragu, maka lebih baik mengetahui apa saja kelebihan dalam berbisnis waterpark di Indonesia. sehingga akan lebih meyakinkan Anda lagi. Apa saja kelebihan dari membuka usaha di bidang permainan air ini? Simak penjelasan selengkapnya:

1. Kurangnya Lahan untuk Membuat Wahana Air/Kolam Renang Sendiri di Rumah

Kelebihan yang pertama adalah banyak keluarga yang tidak bisa membuat kolam renang atau wahana air sendiri di rumah karena keterbatasan lahan. YA, Anda pasti tahu sendiri bahwa ledakan penduduk ini sangat berakibat buruk pada ketersediaan lahan. Apalagi kini banyak bermunculan kaum pengusaha yang memilih membuat perumahan dan menggunakan lahan yang cukup besar.

Hal ini membuat banyak keluarga memilih untuk melakukan kegitanan permainan air. Salah satunya dengan datang ke waterpark. Mereka bisa melakukan berbagai permainan air dengan mudah. Bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang lengkap bersama dengan keluarga. Ataupun bermain dengan teman-teman sehingga lebih asyik dan seru. Jadi, tidak akan rugi jika Anda mewujudkan bisnis waterpark.

2. Sering Menjadi Tujuan Rekreasi Keluarga

Apakah Anda juga memperhatikan bahwa banyak sekali waterpark yang digunakan sebagai ajang untuk rekreasi keluarga? Tentu pasti Anda sudah tahu. Waterpark memiliki fasilitas yang sangat lengkap dari mulai untuk anak-anak sampai untuk orang dewasa. Inilah sebabnya banyak keluarga yang memilih untuk berekreasi di waterpark. Keamanan dan kelengkapannya pun sudah sangat terjamin.

3. Masyarakat Bisa Bermain Wahana Air dengan Lebih Aman dan Nyaman

Masih berkaitan dengan yang di atas bahwa dengan adanya waterpark ini maka masyarakat bisa bermain berbagai jenis wahana air atau sekadar menikmati keindahan di sana. Banyak masyarakat memilih melakukan rekreasinya di waterpark karena menilai lebih aman dan nyaman.

Semua wahana sudah diperhitungkan dengan baik dan matang, sehingga ketika digunakan tidak akan menimbulkan suatu permasalahan yang berarti.

Saat ini, kontraktor pelaksana pembuatan waterpark sudah banyak yang berkompeten. Mereka sudah berpengalaman dalam melakukan berbagai perhitungan dari mulai desain hingga keamanan dan kenyamanannya.

Dengan memiliki standar yang baik, mereka sangat layak dan cocok untuk dijadikan partner Anda dalam membangun dan mewujudkan bisnis tempat wisata waterpark/waterboom. Waterpark juga dianggap lebih aman dibandingkan dengan berwisata ke pantai yang tidak pernah terprediksi cuacanya.

4. Dengan Kualitas Terbaik, Masyarakat Tidak Peduli dengan Harga

Untuk terjun ke bisnis waterpark ini buatlah yang paling maksimal. Maksimal di sini yang dimaksud bukan lah yang besar akan tetapi maksimal kualitasnya. Walaupun kecil tetapi memiliki kelengkapan yang baik maka hal ini akan menjadi suatu daya tarik. Tidak hanya itu, kebersihan, keamanan, kenyamanan juga menjadi salah satu daya tarik utama.

Nah, dengan kualitas terbaik yang Anda tawarkan, maka masyarakat tidak akan pernah peduli dengan harga yang Anda patok. Semahal apapun jika kualitasnya baik, maka masyarakat tidak akan segan untuk membayar. Oleh karena itu, bisa Anda manfaatkan untuk mengambil keuntungan yang lebih banyak lagi.

Jenis-jenis Waterpark yang Bisa Anda Bangun untuk Bisnis

Sebelum Anda membangun waterpark, sebaiknya Anda juga mengetahui terlebih dahulu bahwa ada beberapa jenis waterpark yang bisa Anda pilih. Tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan, keinginan, dan juga lahan yang Anda miliki. Ada 4 jenis waterpark yang umum ada di Indonesia. Ingin tahu apa saja? Penjelasannya ada di bawah ini:

1. Mini Waterpark 

Yang pertama adalah mini waterpark. Dari namanya pasti Anda juga sudah tahu artinya. Mini waterpark merupakan taman air yang ukurannya kecil. Biasanya dibuat dengan lahan yang cukup kecil. Akan tetapi walaupun kecil, masih bisa diberikan wahana yang cukup kompleks sehingga disebut dengan mini waterpark.

Mini waterpark ini biasanya berisi beberapa wahana sederhana seperti perosotan, ember tumpah, dan juga kolamnya sudah cukup beragam. Ada yang untuk anak-anak atau dangkal, sedang, dan juga dalam untuk orang dewasa atau yang ingin berenang untuk olahraga.

Untuk membuat mini waterpark ini, harganya juga akan lebih murah jika dibandingkan dengan yang medium atau yang besar. Mini waterpak banyak dibangun di daerah-daerah yang memiliki keterbatasan modal. Dan di wilayah yang memiliki lahan tidak terlalu besar.

2. Medium Waterpark

Yang kedua adalah medium waterpark. Medium artinya sedang-sedang, ya tidak kecil dan tidak besar juga. Medium waterpark biasanya hadir di beberapa kota/kabupaten yang modalnya tentu lebih besar daripada mini waterpark. Waterpark ini menggunakan lahan yang lebih besar dibandingkan yang mini. Untuk pembuatannya pun juga lebih rumit dan juga lebih mahal harganya dibandingkan yang mini.

Untuk medium waterpark ini juga ada beberapa wahana tambahan dari yang mini serta lebih kompleks lagi. Jika mungkin yang mini waterpark hanya menyediakan perosotan yang biasa, maka medium memberikan berbagai jenis perosotan yang lebih beragam dan ditambahkan beberapa wahana yang lainnya.

3. Large Waterpark

Selanjutnya ada juga large waterpark atau taman air yang ukurannya besar. Untuk waterpark jenis ini biasanya menggunakan lahan berhektar-hektar yang tentunya sangat luas dan kompleks. Bahkan hampir semua wahana bisa Anda temukan di sini. Tidak hanya lengkap tetapi juga modern dan juga kekinian.

Ada beberapa wahana yang jarang ada di waterpark lain yang lebih kecil. Kolamnya juga cukup lengkap dari mulai kolam biasa, kolam anak-anak, kolam air panas, kolam air dingin, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan besarnya waterpark ini, mungkin pengunjung tidak akan puas jika hanya berkunjung dalam satu hari saja. Karena saking besarnya.

4. Custom Waterpark

Beberapa kontraktor menawarkan 3 paket utama yaitu mini waterpark, medium waterpark, dan juga large waterpark. Anda juga bisa memilih/menggunakan paket custom waterpark. Custom di sini artinya Anda bisa memodifikasi atau merencanakan berbagai jenis rencana di dalam pembuatan waterpark ini sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

Anda bisa membuat mini waterpark yang fasilitasnya banyak dan juga wahananya lengkap. Anda bisa memilih beberapa wahana dari luar negeri, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua rencana pembangunan, desain, wahana, dan lain sebagainya ada di tangan Anda. Sehingga tidak melulu nurut dengan kontraktor. Anda berhak atas desain dan juga fasilitas apa saja yang rencananya akan diadakan di dalam waterpark Anda sendiri.

Wahana Permainan dan Kelengkapan Waterpark yang Bisa Anda Gunakan

Yang namanya waterpark, pastinya di bayangan kita adalah besar dan lengkap bukan? Nah, tentu ada beberapa wahana pendukung yang bisa digunakan dan dipasang di dalam waterpark itu sendiri. Lalu, apa saja kelengkapan dan juga wahana permainan yang bisa dipasang itu? Berikut akan dijelaskan 10 buah, tetapi sebenarnya masih banyak lagi lainnya:

1. Wave Pool (Kolam Ombak)

Kolam ombak adalah kolam yang berisi air dengan diberikan suatu  tekanan udara sehingga airnya mirip dengan ombak di pantai. Anda bisa menikmati ombak di pantai dengan aman dengan ini.

2. Musical Water Fountain (Air Terjun Musik)

Air terjun musik merupakan salah satu jenis air terjun yang mana gerakan airnya bisa menyesuaikan dengan musik yang akan digunakan. Jadi, seolah-olah air yang keluar menari-nari di udara mengikuti  alunan lagu.

3. Water Slide (Perosotan Air)

Perosotan air adalah wahana wajib di setiap waterpark. Anda bisa menggunakan perosotan kecil untuk anak-anak dan juga bisa menggunakan perosotan yang tinggi dan berkelok-kelok untuk digunakan oleh para pengunjung yang dewasa.

4. Aqua Bucket (Ember Tumpah)

Ember tumpah juga wajib ada di setiap waterpark. Anda harus memperhitungkan untuk hal ini. Jangan sampai tertinggal untuk menambahkannya pada daftar wahana kepada kontraktor yang Anda pilih dalam menangani proyek Anda.

5. Jamur Air

Jamur air juga harus ada. Karena wahana ini sangat menjadi favorit anak-anak. Ya, bentuknya yang seperti jamur, lucu bisa mengeluarkan air yang sangat segar untuk bermain anak-anak, bahkan orang dewasa juga.

6. Flying Fox

Walaupun bukan wahana air, flying fox ini juga menjadi salah satu daya tarik para pengunjung karena dengan wahana ini Anda bisa melihat keindahan waterpark secara keseluruhan dari atas udara.

7. Lazy River (Kolam Arus)

Kolam arus juga bisa Anda masukkan ke dalam daftar pesanan kepada kontraktor, Pasalnya kolam arus ini juga sangat disukai oleh beberapa orang karena bisa digunakan untuk menjelajah seluruh bagian waterpark.

8. Kiddy Pool (Kolam Anak)

Yang paling penting dan utama adalah kolam anak. Walaupun waterpark ini sangat sering digunakan oleh orang dewasa akan tetapi anak-anak juga sangat menyukainya. Oleh karena itu harus disediakan kolam khusus untuk anak.

9. Olympic Pool (Kolam Renang Biasa)

Yang berikutnya adalah kolam renang biasa yang mana bisa digunakan untuk berenang dengan aliran air yang tenang. Bisa digunakan untuk latihan olahraga. Bisa digunakan untuk kepentingan perlombaan. Dan bahkan bisa juga untuk berenang-renang dengan teman-teman atau sanak saudara.

10. Jaccuzi Pool (Kolam Kecil untuk Air Panas)

Dan yang terakhir akan dibahas adalah jaccuzi pool yang merupakan kolam kecil yang isinya adalah air panas. Dengan adalanya kolam jacuzzi, bisa membuat siapa saja yang berendam di sana akan merasa nyaman.

Jangan Lupa dengan Sarana Pendukung Lain

Waterpark bukan hanya soal apa saja keasyikannya di sana, tetapi juga harus lengkap dengan sarana pendukung yang lain. Ada beberapa sarana prasarana yang perlu Anda perhatikan. Biasanya juga sudah satu paket dalam penawaran kontraktor waterpark. Atau sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Apa saja sarana pendukungnya? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Food court atau Tempat Makan

Yang pertama ada food court atau tempat makan. Bermain air ini walaupun tidak berenang, biasanya menimbulkan rasa lapar yang luar biasa. Pasti Anda sendiri juga sudah pernah mengalaminya sendiri. Bukan hanya karena lelah bermain air akan tetapi  hawanya yang dingin membuat perut kita otomatis menjadi terasa sangat lapar.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menyediakan food court atau tempat makan. Akan lebih baik lagi jika Anda mempersilahkan banyak pedagang makanan yang masuk. Sehingga banyak pilihan makanan yang bisa menjadi opsi bagi para pengunjung di sana. Dengan begitu, maka akan menjadikan keuntungan yang lebih besar bagi Anda pemilik waterpark. Dan juga para pebisnis lainnya yang terlibat di dalamnya.

2. Ticketing atau Tempat Penjualan Tiket

Kedua, harus ada pul ticketing atau penjualan tiket. Sebelum masuk ke dalam waterpark, biasanya orang harus membeli tiket terlebih dahulu. Tiket ini bisa dalam bentuk kertas, gelang, atau bahkan bukan apa-apa dan hanya sebagai salah satu syarat masuk waterpark itu sendiri.

Ticketing ini pastinya sangat penting sebagai jalan utama bagi para pengunjung untuk bisa menikmati permainan air yang sangat seru. Tempat untuk tiket ini wajib ada. Harus dibuat dengan baik dan benar agar lebih efektif dan efisien. Apalagi saat musim liburan tiba. Akan ada banyak orang berkunjung. Jadi wajib dipersipkan dengna baik. Jangan sampai menyusahkan diri sendiri.

3. Ruang Bilas, Toilet, Kamar Mandi

Yang namanya tempat permainan air, pasti setelah bermain air kita semuanya jadi basah. Air kolam renang yang digunakan bersama-sama, pastinya tidak sebersih air bersih pada umumnya. Oleh karena itu, pengunjung yang ingin beristirahat sebelum mandi, bisa bersih-bersih di tempat bilas.

Tempat bilas ini konsepnya terbuka bahkan hanya seperti menggunakan shower saja. Tapi bagi pengunjung yang ingin buang air atau yang ingin mandi juga perlu dipersiapkan ruangan khusus. Ruangan yang lebih tertutup yaitu toilet dan juga kamar mandi. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik bisnis juga harus sangat memperhatikan kehadiran dari beberapa fasilitas ini.

4. Ruang Genset dan Perlengkapan Waterpark Lain

Yang namanya berkutat dengan air, banyak pula peralatan yang dibutuhkan. Menggunakan air sebagai salah satu wahana permainan memerlukan perawatan yang sangat ekstra karena air sangat rawan kotor, berjamur, dan lain sebagainya. Oleh karena itu peralatan atau mesin yang digunakan juga sangat banyak. Apalagi waterpark yang Anda buat ini ukurannya sangat besar.

Berbagai jenis peralatan dari mulai genset, mesin pompa, mesin penyaringan air, mesin penguras kolam, dan lainnya. Peralatan tersebut pasti jumlahnya sangat banyak. Oleh karena itu, harus dipersiapkan pula ruangan khusus agar nantinya peralatan tersebut tidak berserakan dan juga lebih rapi.

Tahapan Menggunakan Kontraktor Waterpark

Nah, untuk membuat waterpark, tentunya membutuhkan kontraktor bukan? Kecuali Anda sendiri kontraktornya. Anda bisa membuatnya sendiri sesuai dengan keinginan.

Jika menggunakan kontraktor maka akan ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan antara Anda dan juga kontraktor itu sendiri. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa tahapan yang biasa dilakukan jika menggunakan jasa kontraktor:

1. Survei Lokasi

Tahap yang pertama dilakukan biasanya adalah dengan survei lokasi terlebih dahulu. Saat Anda sudah mengontak kontraktor waterpark, kemudian sudah banyak bertanya mengenai pelayanannya. Hal pertama yang mereka perlukan adalah melakukan survei lokasi. Ya, mereka akan datang ke lahan yang telah Anda sediakan sebelumnya, sehingga lebih mudah untuk dinilai.

Pada tahap ini, biasanya pihak kontraktor akan mengukur tanah, melihat kondisi tanah di sana, perencanaan wahana yang akan digunakan, dan masih banyak lagi lainnya. Survei lokasi ini biasanya akan menghasilkan suatu denah atau peta (site plan) yang akan dibuat nantinya. Kontraktor dan Anda bisa berdiskusi mengenai wahana apa saja yang akan digunakan. Serta di mana letak-letaknya.

2. Survei Kelayakan Lokasi yang akan Digunakan

Jika lokasi sudah dilakukan survei, selanjutnya adalah survei kelayakan lokasi yang akan digunakan untuk membuat waterpark itu sendiri. Sekilas dari judulnya sama tetapi hal ini berbeda jauh. Jika survei lokasi adalah menyangkut bagaimana keadaan lahan, tanah, peta, denah, dan lain sebagainya, untuk survei kelayakan lokasi ini sangat berkaitan dengan sekitar lahan.

Pada saat survei, pihak kontraktor akan mempertimbangkan apakah lokasi tersebut strategis? Apakah masyarakat di sekitar tempat tersebut memiliki animo terhadap tempat wisata ini nantinya? Bagaimana jalur untuk menuju ke tempat tersebut, susah atau mudah? Bagaimana tingkat perekonomian orang yang ada di sana?, dan lain sebagainya.

3. Perencanaan

Setelah lokasi sudah dilakukan survei maka selanjutnya adalah melakukan perencanaan yang matang. Hal ini merupakan kelanjutan dari survei pertama yang menghasilkan siteplan / peta atau denah. Pada perencanaan ini, mulai dibuat suatu perencanaan yang lebih lanjut. Mengenai akan seperti apa nantinya bentuk dari waterpark itu sendiri. Bagaimana penataan wahana yang akan digunakan, dan lain sebagainya.

Perencanaan ini juga dilakukan untuk menentukan di mana bangunan utama akan dibangun. Kemudian, di mana bangunan pendukung yang akan dibangun sebagai sarana prasarana para pengunjung. Perencanaan ini sangat berkaitan erat dengan Anda sebagai calon pemilik bisnis. Komunikasi Antara Anda dan kontraktor harus berjalan dengan baik. Dengan begitu, hasilnya akan menjadi lebih memuaskan untuk Anda dan juga calon pengunjung nantinya.

4. Pekerjaan Dimulai

Jika sudah dilakukan perencanaan yang matang, selanjutnya adalah pelaksanaan pekerjaan. Hal ini tentu diawali terlebih dahulu dengan pembayaran baik secara tunai maupun dengan uang muka sesuai dengan kesepakatan antara Anda dan juga kontraktor tersebut. Pekerjaan akan dimulai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya pada saat pembayaran.

Ketika pekerjaan dimulai, pada saat itu juga akan didirikan fondasi dan mulai dilakukan pekerjaan sesuai dengan gambar yang telah disiapkan sebelumnya. Anda sebagai pemilik, tinggal menunggu dan juga mengawasi jalannya pelaksanaanp pembangunan. Jika memang ada yang mengganjal di tengah jalan, bisa didiskusikan kembali. Sehingga nantinya tidak menimbulkan kekecewaan.

Cara Memilih Kontraktor Waterpark yang Baik dan Benar

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali kontraktor waterpark akan tetapi untuk mencari yang terbaik mungkin Anda juga menjadi bingung. Tenang saja, sebab di bawah ini akan kita jelaskan mengenai beberapa cara untuk memilih kontraktor waterpark yang baik dan benar agar Anda tidak terjerumus pada oknum yang tidak bertanggung jawab:

1. Memiliki Track record yang Jelas Baik

Cara yang pertama adalah lihat track record-nya. Track record ini sangat penting apalagi wahana waterpark yang cukup ekstrim. Pastikan bahwa beberapa produk waterpark buatannya ini memang benar-benar bagus dan juga aman digunakan.

Hal ini penting untuk dinilai, karena tidak sedikit kontraktor yang lalai dengan keamanan. Setelah pembukaan atau uji coba waterpark malah menimbulkan korban jiwa. Jangan sampai hal ini menimpa Anda.

Jelas maslah ini tidak dikehendaki oleh siapa saja bukan? Oleh karena itu, memilih kontraktor yang tepat adalah kewajiban. Cek kembali apakah kontraktor tersebut telah membuat berbagai jenis waterpark yang aman atau tidak. Anda bisa melihat dari portofolio yang diberikan dan juga memastikan bahwa mereka benar-benar menulis kenyataan di dalamnya.

2. Banyak Klien yang Menggunakannya dan Terbukti Berkualitas

Yang kedua masih sangat berkaitan dengan yang di atas. Pilihlah kontraktor yang sudah memiliki banyak klien. Dan buktikan juga kualitasnya. Misalnya mereka mengaku telah membuat waterpark A maka Anda harus memastikan bahwa waterpark A ini memiliki kualitas yang baik. Anda bisa berkunjung sendiri atau bisa juga dengan melihat review dari beberapa wisatawan. Dengan ini, maka Anda bisa menilai sendiri bagaimana pekerjaan dari kontraktor tersebut.

Jika menurut Anda masih kurang memuaskan, Anda juga berhak untuk ganti kontraktor yang lainnya. Mencari kontraktor yang pas memang harus dilakukan. Sebab ini adalah proyek besar dan membutuhkan anggaran biayayang sangat besar.

3. Up-to-date

Pastikan juga kontraktor yang Anda gunakan adalah kontraktor yang up-to-date. Update dengan apa saja yang terjadi saat ini. Bisa juga diartikan sebagai pemikiran yang kekinian. Jadi model-model waterpark dan juga wahananya tidak kuno dan membosankan. Ada sentuhan-sentuhan seni yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi waterpark Anda.

Hal ini perlu diperhatikan. Pasalnya zaman semakin berkembang dan bisnis seperti ini pun juga banyak yang menggunakannya. Jika sampai Anda salah memilih kontraktor, maka ada potensi saat waterpark Anda jadi akan kalah saing dengan kompetiror. Tentukan tema tertentu agar mudah dalam melakukan penggambaran. Gunakan konsep / tema apa yang berbeda dari tempat lainnya.

4. Bisa Menyesuaikan Keuangan Klien

Jangan lupa juga untuk memilih kontraktor yang dapat menyesuaikan keuangan klien. Hal ini perlu sekali dilakukan. Apalagi jika Anda hanya memiliki anggaran terbatas. Dengan anggaran yang terbatas, seharusnya kontraktor juga harus pandai mengatur keuangan sehingga tetap menghasilkan waterpark yang baik dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh klien.

Jadi, walaupun modal Anda kecil akan tetap bisa membuat waterpark sendiri atas diskusi dan juga jalan keluar dari pihak kontraktor. Pastikan juga, jika anggaran biayanya dirinci secara teliti dan hati-hati. Sehingga tidak ada lagi biaya tambahan yang akan membuat anggaran Anda menjadi bengkak. Lakukan persetujuan hitam di atas putih, untuk memperkuat kesepakatan kedua belah pihak.

5. Bukan Hanya Pekerjaan tetapi juga Memberikan Layanan Konsultasi

Yang paling penting dalam membangun suatu waterpark adalah konsultasi. Ya, mungkin Anda yang masih awam dalam hal ini, memerlukan pencerahan terkait dengan pembuatan waterpark. Terkadang pemilik bisnis sudah melakukan perencanaan yang sangat baik, akan tetapi ternyata masih ada beberapa yang kurang akibat latar belakang yang bukan di bidang bangunan atau teknik.

Oleh karena itu,  layanan konsultasi ini sangat penting untuk membetulkan beberapa perencanaan yang mungkin kurang perhitungan. Karena pengalaman dan latar pendidikan yang mumpuni tentu perhitungan kontraktor akan lebih baik dan lebih tepat. Jadi perencanaan Anda akan terus didiskusikan hingga mencapai suatu kenyamanan dan keamanan.

Penutup

Itulah penjelasan yang super lengkap bagi Anda yang ingin memulai bisnis di bidang pariwisata. khususnya di bidang waterpark. Kini Anda bisa mulai memilih kontraktor waterpark yang menurut Anda sesuai. Selamat mencoba, dan semoga bisnis Anda di bidang waterpark berjalan lancar.

nv-author-image

Umbul Narmadi

Ayah dari 3 anak. Di sini tempat saya belajar menulis tentang dunia usaha / bisnis. Suka membaca, asalkan bukan bacaan yang serial. Bekerja di PT. DIMULTI - I Love blogging !View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *