Skip to content

10 Rekomendasi Peluang Usaha Makanan yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Peluang usaha makanan yang menjanjikan pastinya banyak dicari oleh masyarakat. Karena tentunya banyak yang tertarik dengan sebuah usaha yang nantinya bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

Alasan Mengapa Bisnis Makanan Memiliki Peluang yang Lebih Besar

Jika melihat ke belakang, tentunya tidak semua orang bisa melakukan bisnis atau usaha. Hal ini karena bisnis identik dengan modal yang besar. Namun tidak dengan sekarang, dimana siapapun bisa menjalani bisnis.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari perkembangan jaman yang semakin mempermudah dan meringankan pekerjaan manusia.

Kondisi seperti ini juga turut mempengaruhi pola pikir masyarakat dimana saat ini orang cenderung berpikir lebih smart agar waktu dan tenaga lebih efisien namun tetap memberikan hasil yang maksimal.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis usaha yang bisa ditekuni. Bisa disesuaikan dengan passion, trend yang sedang ada. Ataupun disesuaikan pula dengan modal yang dimiliki. Namun sebagai calon pengusaha yang smart tentu harus bisa membaca peluang dan situasi.

Sebisa mungkin pilihlah jenis usaha yang memiliki prospek yang baik ke depannya. Salah satu jenis usaha yang terbilang menawarkan peluang yang lebih besar adalah dalam hal makanan.

Peluang usaha makanan yang menjanjikan memang bukan sekedar ucapan karena seperti yang diketahui bahwa makanan adalah hal yang wajib bagi manusia. Selalu menarik dengan segala bentuk dan cita rasanya.

Tips Agar Usaha Makanan Berjalan Lancar

Ketika sudah memutuskan akan menekuni sebuah usaha, tentunya segala sesuatunya harus dipikirkan matang – matang.

Semua hal yang berkaitan dengan usaha tersebut harus dipersiapkan dengan baik dan dipikirkan pula Plan B sebagai antisipasi ketika suatu saat terjadi sebuah kendala yang tidak terduga.

Sebenarnya setiap pengusaha memiliki rahasia atau trik tersendiri untuk membuat usaha yang dijalankannya tetap lancar.

Secara garis besarnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mendirikan sebuah usaha. Berikut ini adalah tujuh (7) diantaranya.

1. Jenis Usaha

Hal pertama yang harus diperhatikan saat mendirikan sebuah usaha adalah menentukan jenis usahanya. Menekuni usaha sesuai passion memang sah – sah saja namun jika prioritas Anda adalah meraih keuntungan, maka dirikan usaha yang memang sedang trend.

Lakukan survey pasar dan carilah apa yang sedang trend. Memproduksi atau menjual apa yang memang sedang dibutuhkan oleh masyarakat tentunya akan membuka peluang yang lebih besar bagi Anda untuk memperoleh keuntungan.

2. Bahan Baku

Berikutnya, Anda juga harus memperhitungkan bahan baku. Usahakan bahan baku dari produk yang Anda buat tersebut bisa diperoleh dengan mudah.

Jarak atau lokasi yang dekat membuat Anda lebih mudah mendapatkannya. Dari segi harga tentunya juga akan lebih murah. Namun pastikan bahwa bahan baku yang Anda pilih adalah yang berkualitas.

3. Proses Produksi

Mengenai proses produksi juga harus dipikirkan. Setiap produk memiliki durasi dan proses produksi yang berbeda. Pertimbangkan kembali tenaga dan modal yang dimiliki apakah sesuai dengan proses produksinya.

4. Strategi Pemasaran

Dunia digital membuat persaingan bisnis semakin ketat. Tidak sedikit jenis usaha konvensional dioptimalkan menjadi usaha online. Hal ini membuat Anda harus lebih smart dalam mengatur dan merencanakan strategi marketing. Agar nantinya usaha yang Anda jalankan tetap bisa bersaing secara sehat dengan kompetitor lainnya.

5. Lokasi Usaha

Meskipun sekarang ini semua hal bisa dilakukan secara online, mamun urusan lokasi usaha juga patut dipikirkan. Hal ini karena lokasi usaha juga akan turut andil dalam menjangkau konsumen lebih mudah. Selain itu proses distribusi bahan baku dan pengiriman barang juga tentunya akan menjadi lebih mudah.

6. Management Keuangan

Keuangan juga menjadi hal yang riskan. Meskipun proses produksi lancar, pemasaran mulus dan segala hal yang berkaitan dengan usaha berjalan dengan baik, namun jika tidak diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang benar, pastinya juga akan berantakan.

Untuk itu, management keuangan juga harus rapi dan tertib agar tidak menimbulkan kendala dikemudian hari.

7. Evaluasi

Yang terakhir, ada evaluasi. Terlepas ada atau tidaknya kendala selama Anda menjalankan usaha, evaluasi tetap wajib dilakukan. Hal ini sebagai bentuk upaya untuk menilai kembali proses yang sudah berjalan.

Merencanakan dan menyusun strategi baru jika diperlukan, dan termasuk juga dengan evaluasi mengenai apa saja yang harus dipertahankan serta apa saja yang harus diperbaiki.

Dengan beberapa tips di atas, maka diharapkan akan membantu usaha Anda agar lebih tertata dan terarah. Dengan begitu, nantinya akan meminimalisir resiko ataupun kendala. Bahkan sangat bisa untuk melejitkan keuntungan jika dijalankan dengan konsisten.

Rekomendasi Usaha Makanan yang Menawarkan Peluang Menjanjikan

Jika Anda berencana ingin menekuni dunia bisnis (khususnya kuliner atau makanan), maka sebaiknya Anda cermat dalam hal perencanaan.

Sebisa mungkin pilihlah jenis makanan yang memiliki peluang besar. Berikut ini ada beberapa rekomendasi jenis makanan yang bisa dijadikan pilihan untuk usaha. Karena terbilang menjanjikan.

1. Catering

usaha catering
usaha catering

Jenis Peluang usaha makanan yang menjanjikan pertama yang bisa dicoba adalah catering. Memang catering membutuhkan konsisten tinggi terutama pada kualitas rasa dan kualitas segi pelayanan.

Untuk rasa tentu harus enak, syukur bisa memiliki ciri khas. Sedangkan untuk pelayanan tentu harus ramah agar customer betah berlangganan di catering Anda tersebut.

Katering cukup menjanjikan karena kini masyarakat cenderung memilih hal yang praktis. Ketika ingin menjalankan hajat atau acara, rasanya terlalu ribet jika harus memasak sendiri. Masyarakat lebih memilih untuk menggunakan jasa catering yang jelas praktis dan lebih berpengalaman soal memasak.

2. Gorengan

usaha gorengan
gorengan tahu

Berikutnya Peluang usaha makanan yang menjanjikan adalah usaha gorengan. Gorengan sudah bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karena gorengan merupakan cemilan favorit untuk menemani teh atau kopi saat bersantai.

Gorengan terbilang menjanjikan karena dari segi modal tidak terlalu besar. Apalagi segmen pasar juga mudah karena siapapun menyukai gorengan ini, sehingga pastinya akan lebih mudah meraih keuntungan.

3. Makanan Beku

usaha makanan beku
usaha makanan beku

Frozen food kini banyak diminati oleh ibu rumah tangga. Pasalnya makanan ini cukup praktis. Bisa disimpan di dalam kulkas dalam waktu lama. Dibuat dari berbagai bahan dan bisa diolah dalam beragam olahan.

Misalnya saja siomay, sosis, nugget, kentang goreng dan masih banyak lagi.
Peluang usaha makanan yang menjanjikan yang satu ini patut dicoba. Mengingat saat ini orang lebih menyukai proses memasak yang simple dan cepat.

4. Keripik Aneka Rasa

usaha keripik
keripik

Keripik merupakan makanan ringan yang digemari seluruh masyarakat. Keripik ini variasinya sangat banyak. Bisa dilihat dari bahan baku yang digunakan maupun dari segi varian rasanya.

Keripik sangat cocok untuk teman bersantai sehingga makanan ini memang terbilang laris manis dipasaran.

Jika Anda menekuni bisnis keripik, maka Anda harus berinovasi dengan menciptakan cita rasa atau bahan baku yang unik.

Rasa yang khas dipadu dengan kemasan yang menarik akan membuat usaha keripik aneka rasa ini menjadi sebuah Peluang usaha makanan yang menjanjikan. Terlebih bahan bakunya juga sangat mudah ditemukan disekitar kita.

5. Warteg/Angkringan

usaha warteg
usaha warteg

Meskipun banyak orang yang hobi makan di restoran atau cafe mahal, namun masih banyak juga yang lebih suka makan dipinggir jalan. Bukan karena lokasinya, melainkan karena cita rasa dan suasana yang ditawarkan.

Salah satu peluang usaha makanan yang menjanjikan dan cocok bagi Anda yang berbudget minim adalah dengan mendirikan warteg atau angkringan.

Menu yang disajikan bergam. Bisa nasi putih, nasi goreng, nasi uduk, gorengan, es teh, es jeruk dan lain sebagainya. Jika ingin lebih khas, Anda bisa memilih berjualan angkringan yang terkenal murah namun justru banyak peminatnya.

6. Aneka Snack

Peluang usaha makanan yang menjanjikan selanjutnya yaitu aneka snack. Snack ini bisa berbagai macam bentuk. Misalnya lidi lidian, buah yang diubah jadi keripik dan lain sebagainya.

Lakukan survey pasar, kira – kira snack apa yang belum ada. Ciptakan resep tersendiri dan jadikan snack buatan Anda tersebut bisa menambah warna baru dalam dunia kuliner.

7. Roti Bakar

usaha roti bakar
roti bakar

Roti bakar banyak diminati masyarakat. Meskipun bahan utamanya adalah roti yang hanya dipanggang, namun dengan varian topping aneka rasa membuat roti bakar ini terasa nikmat. Sangat cocok sebagai pendamping kopi ataupun teh.

Anda bisa mencoba menjajal usaha roti bakar ini karena memang menawarkan peluang usaha makanan yang menjanjikan. Selain bahan bakunya mudah didapat, proses memasaknya juga cepat.

8. Aneka Kue

Kue biasanya dijadikan menu pendamping teh, kopi atau susu. Sangat cocok untuk teman saat bersantai. Banyak cafe maupun restoran yang mendirikan usaha kue semacam ini.

Anda bisa membuat resep unik untuk menciptakan kue yang tak hanya beda dari nama dan penampilan saja, namun juga enak dari segi rasanya. Anda bisa mencoba membuat menu kue basah ataupun kering.

Jenis usaha kue seperti ini memberikan peluang usaha makanan yang menjanjikan terutama menjelang lebaran.

9. Aneka Bakso

Siapa yang tak kenal dengan bakso. Bakso yang disajikan dengan kuah panas dengan campuran mie, tahu iris, irisan sawi serta ditaburi dengan saus maupun kecap memang sangat menggugah selera.

Masyarakat Indonesia menjadikan makanan yang satu ini sebagai menu yang pas disantap kapan saja, terutama disaat musim hujan.

Rasa hangat gurih dan pedas dari saus sambalnya benar – benar memanjakan lidah. Rasanya tak mengherankan jika makanan ini dipilih sebagai salah satu menu yang memberikan peluang usaha makanan yang menjanjikan.

10. Aneka Sate

usaha sate
sate kambing

Sate adalah makanan khas Indonesia yang juga sudah mendunia. Keunikan rasa dan rupanya memang mampu menarik siapapun untuk mencicipi. Tanpa terkecuali dengan masyarakat Indonesia yang sudah pasti tidak mungkin menolak dengan makanan yang satu ini.

Mendirikan usaha dengan menu utama sate, juga bisa memberikan Peluang usaha makanan yang menjanjikan. Anda bisa bereksplorasi dengan rasa dan varian jenisnya misalnya sate ayam, sate kambing, sate taichan dan masih banyak lagi.

Dilihat dari sederet penjelasan di atas, rasanya tak mengherankan jika memang terdapat banyak sekali jenis makanan.

Tentunya jenis-jenis makanan yang menjadi peluang usaha makanan tersebut sangat menjanjikan keuntungan.

Sebenarnya semua usaha bisa saja memberikan peluang sukses, hanya saja semua tergantung dari bagaimana anda mengelola dan mengembangkannya.

Jika kebetulan Anda memang sedang mencari peluang usaha makanan yang menjanjikan, beberapa jenis makanan di atas bisa dijadikan pilihan alternatif. Karena tergolong jenis makanan yang banyak disukai oleh masyarakat.

Semakin banyak yang suka, maka itu artinya semakin besar pula peluang Anda untuk meraih keuntungan besar.  Jadi tunggu apalagi, segera pilih sekarang juga. Tentukan jenis usaha makanan apa yang ingin Anda kelola.

nv-author-image

Umbul Narmadi

Ayah dari 3 anak. Di sini tempat saya belajar menulis tentang dunia usaha / bisnis. Suka membaca, asalkan bukan bacaan yang serial. Bekerja di PT. DIMULTI - I Love blogging !View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.