Memilih Material Desain Atap Balkon Rumah Minimalis Terbaik

Jika Anda suka dengan desain atap balkon dari beberapa material terbaik, sebenarnya banyak pilihannya. Tingga konsep desain atap balkon seperti apa yang Anda inginkan.

Seberapa luas area yang ditutupi dan fungsi maksimal seperti apa yang diinginkan. Nanti, tinggal dikerucutkan pemilihannya menjadi beberapa material yang memang kriterianya sesuai dengan yang Anda harapkan.

Dari sekian banyak pilihan yang ada, pilihan terbaiknya bisa disesuaikan dengan selera. Tapi juga harus mempertimbangkan kekuatan materialnya.

Di bawah ini akan kita bahas beberapa macam material atap yang bisa dan biasa dipakai sebagai atap balkon rumah.

Kita akan mulai pembahasannya dari pentingnya memilih material terbaik untuk atap balkon rumah Anda.

Kemudian setelah itu, dilanjut dengan memilih satu dari sekian banyak material desain atap balkon yang akan dipakai.

Pentingnya Memilih Atap Balkon Terbaik

Ada beberapa alasan penting kenapa dalam memilih desain atap balkon rumah harus mempertimbangkan material setelah menentukan desainnya. Diantara alasan tersebut ialah:

1. Balkon sama pentingnya dengan area ruangan lain

Mengapa desain balkon minimalis harus diberi atap terbaik? Karena posisinya sama dengan ruangan lainnya.

Balkon meskipun posisinya di samping, belakang rumah, dan stereotipnya hanya sebagai tambahan saja, namun justru perannya cukup penting.

Bila mau dianggap lebih, tanpa adanya balkon, rumah Anda bisa jadi akan terlihat biasa saja dan ketika hujan akan basah karena hujan terbawa angin.

2. Balkon bisa jadi fungsinya vital karena bisa menggantikan ruang tengah

Jika dilihat dari sisi fungsinya, balkon bisa jadi bisa menggantikan peran ruang tengah dimana bisa dimanfaatkan untuk tempat berkumpul keluarga.

Tinggal ditambahkan beberapa elemen tambahan sepeti kursi dan meja santai, dan mungkin kalau konsepnya natural bisa ada tambahan tanaman.

Dua alasan di atas sebenarnya sudah cukup kuat untuk membuat Anda berpikir keras bagaimana memilih material terbaik untuk desain atap balkon rumah Anda.

Sekarang, kita beranjak ke beberapa pilihan material atap yang bisa Anda pertimbangkan untuk dipilih dan dipasang sebagai atap balkon rumah Anda.

Macam-macam Material Desain Atap Balkon

Ada beberapa jenis material atau desain atap yang bisa Anda jadikan pilihan untuk melindungi bagian atas balkon rumah Anda.

desain atap balkon

1. Atap Dak Beton

Terbuat dari kombinasi besi dan cor beton, atap model dak bisa jadi pilihan terbaik untuk atap balkon rumah Anda.

Atap dak beton sendiri banyak dipakai pada rumah-rumah modern minimalis.

Dak beton kekuatannya cukup bisa diandalkan untuk menghambat perubahan cuaca. Konstruksinya pun cukup kuat sehingga layak diandalkan untuk penggunaan jangka panjang.

Di bagian sisi-sisinya bisa ditambahkan pipa pembuangan untuk air hujan.

2. Genteng Tanah Liat

Material ini banyak digunakan pada rumah gaya apapun pada umumnya. Materal genteng terbuat dari tanah liat yang dipress dan dibakar sehingga dari sisi kekuatannya cukup lumayan.

Meski diterapkan sebagai atap balkon, genteng tanah liat tetap membutuhkan rangka untuk pemasangannya.

Genteng dipasang pada atap miring dan akan cukup kuat karena menggunakan sistem saling mengunci.

3. Genteng Metal

Tidak jarang yang menggunakan genteng metal sebagai atap balkon rumah. Dengan bentuk lembaran seperti halnya seng, genteng metal dipasang pada rangka atap dengan sekrup sehingga cukup kuat.

Pemasangannya tidak jauh berbeda dengan genteng dari tanah liat. Dengan ukuran yang bervariasi, antara 60-120 cm untuk lebarnya, dan ketebalan 0.3 mm serta panjangnya antara 1.2-12 m membuatnya pas saja untuk menutupi atap balkon rumah Anda.

4. Genteng Aspal

Opsi lainnya ada genteng aspal. Bahan meterial yang satu ini terbuat dari campuran aspal dan bahan kimia lainnya.

Ada dua type genteng aspal yang ada di pasaran. Pertama, tipe datar sehingga pemasangannya cukup ditumpuk pada rangka dan diperkuat dengan sekrup.

Sementara model kedua, jenisnya bergelombang, yang mana untuk pemasangannya cukup disekrup pada balok gorden saja.

5. Genteng Keramik

Dari sisi kekuatan dan tampilan yang unik, genteng keramik juga bisa diandalkan. Genteng jenis ini bagus karena telah mendapatkan finishing glazur yang sempurna.

Penggunaan genteng keramik hampir sama dengan jenis genteng yang lain, modelnya bertumpu pada kayu dan beton.

Jika atap balkon rumah Anda menggunakan genteng keramik, hasil akhirnya akan terlihat bagus. Meskipun disarankan untuk menggunakan material atap yang sesuai dengan seluruh ruangan lainnya.

6. Genteng Kaca

Genteng kaca bisa dipasang pada salah satu sisi saja sekedar untuk memudahkan cahaya alami masuk. Bentuknya mirip atau sama persis seperti halnya genteng biasapada umumnya.

Baca juga: 4 Jenis dan Desain Balkon Apartemen Yang Modern

7. Kain Terpal

desain atap balkon

Penggunaan kain terpal sudah biasa sebagai desain atap balkon sehingga jika Anda menggunakannya maka cukup lumrah-lumrah saja.

Penggunaannya sudah cukup masih karena tidak hanya pada atap balkon saja. Tetapi cocok juga untuk kanopi ventilasi.

Terbuat dari kain terpal yang tebal namun elastis membuatnya mudah dipasang dan cukup kuat menutupi seluruh area balkon.

Kain terpal sebagai atap rumah ini akan terpasang pada rangka besi dengan baik. Sebagai pengaitnya, penggunaan sekrup bisa diandalkan untuk membuatnya menempel ksauat pada dinding.

Dengan pemasangan seperti halnya layar biasa, atap kain terpal mudah dilepas-pasang dan ini sering jadi alasan sebagian orang lebih memilih kain terpal sebagai salah satu material desain atap balkon rumah mereka.

Jika ditarik kesimpulan, ada beberapa material terbaik yang bisa dipakai untuk menciptakan balkon yang bagus. Dengan material desain atap balkon terbaik, maka rumah Anda akan terlihat lebih gagah dan keren. Jadi, mana menurut Anda material terbaik untuk balkon rumah minimalis Anda?

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.