Ide Kece Untuk Desain Dapur Kamar Mandi dan Ruang Makan

Menyatukan beberapa ruangan dengan fungsi berbeda pasti tidaklah mudah, seperti desain dapur kamar mandi dan ruang makan. Ini sangat harus dipikirkan untuk rumah yang memiliki lahan sempit atau rumah dengan model modern minimalis.

Dengan rumah model minimalis, maka sudah seharusnya penataan ruang dan barang harus diperhatikan dengan baik.

Keuntungan Menerapkan Desain Dapur Kamar Mandi dan Ruang Makan

Menggabungkan beberapa ruangan saat ini sering dilakukan untuk menghemat lahan serta menciptakan ruangan yang multifungsi. Dengan menggabungkan beberapa ruangan ini tentu akan menghasilkan suatu ruangan yang terasa lebih lapang dan nyaman bagi para penghuninya.

Selain itu, terdapat beberapa keuntungan lainnya jika anda menerapkan desain dapur kamar mandi dan ruang makan ini di rumah. Misalnya, menjadi lebih hemat energi listrik karena hanya perlu menerangi satu ruangan saja.

Keuntungan lain tentu saja untuk mempermudah penghuni rumah saat beraktivitas karena berada di satu ruangan. Bagi Anda yang memiliki hunian dengan keterbatasan lahan, pastinya sangat disarankan untuk memilih desain ini untuk diterapkan.

Dengan begitu, ruangan yang ada di rumah Anda bisa digunakan dengan maksimal. Untuk biaya pembuatan desain ini pasti juga lebih hemat jika dibanding dengan ruangan yang dibangun sendiri-sendiri.

Tentu saja biaya ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ukuran ruangan dan material yang digunakan.

Jika bisa dieksekusi dengan baik, maka rumah dengan dapur kamar mandi dan ruang makan menjadi satu ini bisa dijadikan investasi yang baik. Bahkan bisa menjadi nilai tambah untuk rumah Anda.

Meski memang cukup memberi keuntungan, namun desain seperti ini pasti juga memiliki beberapa kelemahan tersendiri.

Seperti halnya soal kebersihan, karena Anda menggabungkan 3 ruangan sekaligus menjadi satu, maka sangat penting menjaga kebersihan supaya tidak menimbulkan bau tak sedap.

Baik itu yang berasal dari dapur maupun dari kamar mandi. Kelemahan selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dipikirkan matang-matang adalah tentang privasi.

Karena tiga ruangan dengan fungsi berbeda-beda ini menyatu, tentu saja privasi akan sedikit terganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Seperti misalnya Anda ingin ke kamar mandi, sementara keluarga lainnya sedang makan. Kondisi ini tentu sangat mengganggu kenyamanan semua orang.

Desain Dapur Kamar Mandi dan Ruang Makan

Menerapkan desain dapur kamar mandi dan ruang makan menjadi satu memang harus mempertimbangkan banyak hal. Berikut ada beberapa ide desain yang bisa Anda terapkan agar ruangan bisa berfungsi dengan baik dan memberi kenyamanan.

Dapur dan Kamar Mandi Serba Putih

Ide Desain dapur kamar mandi dan ruang makan selanjutnya adalah mengusung warna putih.

Untuk membuat kesan lapang untuk ruangan ini, Anda bisa menerapkan cat warna putih pastinya. Sebelum itu, pastikan material kitchen set yang Anda pakai mudah dibersihkan dan tidak berpori.

Menggunakan meja makan bundar di sisi dapur juga bisa dijadikan solusi tepat untuk membuat ruangan jadi terasa semakin luas.

Ruang Berbentuk L

Secara umum, ruangan berbentuk L banyak digunakan karena bisa berfungsi memanfaatkan area secara maksimal agar tercipta ruang dapur kamar mandi dan ruang makan yang luas.

Tata serapi mungkin perabotan yang dibutuhkan supaya tidak mengganggu aktivitas di ruangan tersebut.

Menonjolkan Kesan Aestetik

Area sempit memang sering menimbulkan ketidaknyamanan, namun bukan berarti tidak bisa terlihat menarik. Meskipun Anda meletakkan banyak jenis perabotan di sana, meletakkan beberapa pot dan pernak pernik hiasan lainnya tentu akan membuat Anda betah.

Apalagi ruang makan yang masih menjadi satu ruangan. Tentu hiasan ini bisa menambah kenyamanan Anda saat menikmati hidangan yang tersaji di  meja makan. Paling penting, tata semuanya serapi mungkin.

Mengusung Nuansa Marmer dan Granit

Jika Anda memiliki dana lebih, maka bisa menggunakan lantai marmer dan meja granit untuk menciptakan kemewahan di tengah ruang minimalis yang sangat terbatas.

Akan semakin lengkap jika Anda tambahkan unsur kayu di ruangan tersebut. Warna putih untuk kamar mandi bisa dipilih sebagai pembeda ruangan.

Desain Dapur Kamar Mandi dan Ruang Makan di Bawah Tangga

Manfaatkan area bawah tangga semaksimal mungkin. Salah satunya adalah memanfaatkannya untuk area dapur dan ruang makan agar aura minimalis semakin terasa. Sementara untuk kamar mandinya, bisa dibuat berdekatan dengan tangga dan dapur.

Baca juga: 5 Tips Menata Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu

Kamar Mandi yang Saling Berdekatan

Selain menggunakan dinding tebal, Anda juga bisa memisahkan kamar mandi dengan dinding yang cukup tipis saja. Fungsi utama dari dinding ini adalah pembatas.

Jadi jika ruangan Anda tidak memungkinkan untuk memberi sekat dinding yang tebal, maka bisa memilih sekat dinding tipis. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan serta menutup pintu kamar mandi ketika sudah selesai menggunakannya.

Tips Desain Dapur Kamar Mandi dan Ruang Makan

Terlepas dari beberapa kekurangan desain dapur kamar mandi dan ruang makan saling berdekatan. Menurut pandangan feng shui, penataan kamar mandi yang berdekatan dengan dapur ternyata bisa mendatangkan rezeki bagi penghuninya.

Meski begitu, menentukan hunian modern minimalis dengan desain seperti ini tentu juga tidak cukup hanya dengan menerapkan desain yang aestetik saja. Jika ingin menggunakan desain dapur kamar mandi dan ruang makan untuk hunian Anda nanti, berikut ada beberapa tips yang wajib disimak:

  • Ventilasi Udara

Untuk desain dengan menyatukan 3 ruangan berbeda dalam satu ruangan, tentu saja keberadaan ventilasi udara harus benar-benar diperhatikan supaya sirkulasi udara di ruangan tersebut lancar. Hal ini juga bisa untuk meminimalisir adanya bau, baik itu yang berasal dari kamar mandi ataupun dari masakan.

  • Pengharum Ruangan

Selain ventilasi udara, agar ruangan selalu segar bisa disiasati dengan menggunakan pengharum ruangan. Dengan begitu, kemungkinan adanya bau yang tidak sedap bisa teratasi.

Selain itu, selalu upayakan keadaan kamar mandi juga selalu wangi dengan selalu rajin membersihkan dan menyikat lantainya.

  • Ukuran Jarak

Meski konsep yang diusung adalah minimalis, namun usahakan jarak antara kamar mandi dengan dapur dan ruang makan tidak terlalu mepet.

Berikan jarak yang cukup untuk mengurangi masalah sanitasi serta privasi. Apabila memungkinkan, Anda bisa memberikan pintu geser atau tirai untuk memisahkan ruangan tersebut.

  • Pemilihan Material Lantai dan Dinding

Bahan baku yang dipilih untuk kamar mandi juga meminimalisir masalah privasi dan sanitasi. Oleh sebab itu, untuk lantai kamar mandi usahakan untuk menggunakan material dari keramik.

Lantai kamar mandi umumnya berbahan khusus yang bisa menyerap air, sehingga lantai tidak mudah lembab ataupun bau. Pembuatan dinding kamar mandi juga sebaiknya diperhatikan.

Buatlah ukuran dinding kamar mandi lebih tinggi agar bau dari kamar mandi tidak terlalu berpengaruh. Buatlah dinding kamar mandi lebih tebal supaya bisa meredam suara seseorang sedang buang air kecil maupun besar.

Itulah beberapa desain dapur kamar mandi dan ruang makan serta beberapa tips dalam pembuatannya.

Memiliki lahan terbatas tidak akan menghalangi Anda memiliki hunian yang rapi dan aestetik. Yang paling penting adalah, selalu menjaga kebersihan setiap ruangan agar bisa memberikan kenyamanan bagi siapa saja.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *